Fisika Satuan Internasional dan Pengukuran

Pengukuran adalah suatu perbandingan nilai besaran yang diukur dengan suatu ukuran dari besaran sejenis yang dipakai sebagai satuan.
Satuan merupakan sesuatu hal yang digunakan untuk menjadi pembanding dalam suatu pengukuran.

Sistem Satuan Internasional (SI); sistem satuan yang berlaku secara internasional (mendunia).
Sistem satuan internasional dibagi menjadi dua yaitu:
Sistem MKS (meter, kilogram, sekon atau detik).
Sistem CGS (sentimeter, gram, sekon atau detik).
Contoh sistem Satuan Internasional (SI) ditunjukkan dalam tabel di bawah ini.

No Besaran MKS CGS
1. Panjang m cm
2. Massa kg gram, ons, pounds
3. Waktu detik menit, jam, hari
4. Gaya newton dyne
5. Energi joule kalori, erg
6. Suhu kelvin Celcius, Fahrenheit, Reamur
Fisika Satuan Internasional dan Pengukuran, 3.0 out of 5 based on 2 ratings

Penulis :
Telah menulis sebanyak 8 artikel
Mendapatkan 580 komentar
  Rating tulisan 4 dari 5

83 Comments

  1. firman

    July 26, 2009 at 4:00 am

    bagaimana konfersi dari 1 kg udara ke psi atau bar

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. firman

    July 26, 2009 at 4:02 am

    Gpm itu kepanjangan dari apa?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. Rahadian

    Rahadian

    July 27, 2009 at 10:23 am

    Terima kasih atas pertanyaannya ams Firman :wink:
    saya akan jawab satu2 pertanyaannya yah :!:
    Jawaban no 1.
    1 KG/CM2 = 0.9810 BAR
    1 KG/CM2 = 14.225 PSI
    1 PSI = 0.0690 BAR
    1 BAR = 14.500 PSI
    1 BAR = 1.0193 KG/CM2
    1 PSI = 0.0703 KG/CM2

    Jawaban no.2
    GPM adalah singkatan dari gallon per minute, GPM merupakan satuan untuk mengukur suatu aliran cairan..

    kira2 menurut saya seperti itu
    terima kasih :-)

    p.s : Kalau anda berkenan tolong rating tulisan saya yah :wink:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: +2 (from 2 votes)
    • claudea

      August 14, 2013 at 3:28 am

      Masa jenis air adalah 1 gr cm pangkat min 3.nyatakan dalam system mks,
      Rumusnya gmna?ϑάπ cara penjelasannya?

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  4. Kukuruyuk

    August 19, 2009 at 2:57 pm

    Hhmm,saya kurang mengerti :(
    rasanya saya ingin dijelaskan lebih lanjut mengenai bahan satuan international :!:
    kalau tidak keberatan tolong kirimkan balasan/bahan dari apa yang saya inginkan,
    terima kasih,

    Kyla

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. Rahadian

    Rahadian

    August 19, 2009 at 4:44 pm

    wah, sistem satuan internasional kan hanya seperti itu saja mbak.
    Sistem satuan Internasional adalah satuan yang disepakati secara universal, jadi memudahkan orang2 untuk menentukan satuan dari suatu benda..
    sama aja kayak bahasa internasional kan Inggris, itu kan karena kesepakatan dunia bahwa bahasa internasional adlah bahasa inggris, jadi orang kan dari negara2 manapun asal bisa berbicara bahasa inggris jadi mudah komunikasinya, begitu juga untuk satuan internasional, hal tersebut merupakan kesepakatan bersama. :!:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. farara

    September 2, 2009 at 10:23 am

    klo ralat pengamatan tuh pa’an???? 8O :? :?: :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. putra muzal candra

    September 3, 2009 at 2:28 pm

    satuan internasinal yang lainnya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. putra muzal candra

    September 3, 2009 at 2:30 pm

    SATUAN INTERNASIONAL YANG LAIN

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. muhammad nurul fahmi

    September 23, 2009 at 1:35 pm

    kalo satuan “sq mi” ituh satuan buat menyatakan apa????

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. asepDG

    October 1, 2009 at 10:46 am

    Satuan Untuk Static Diaplacement, static stress & static nodal stress ??
    Tolong Uraianya ! ! !

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. galih

    October 6, 2009 at 3:57 am

    apa arti ralat pengukuranitu dan macam macam serta contohnya :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. myllllli

    October 16, 2009 at 4:19 am

    :P :twisted: :arrow: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. musthafa

    December 14, 2009 at 10:46 pm

    maaf sesuai yang anda posting MKS [meter,kilogram, dan sekon] sedangkan CGS[centimeter,gram, dan sekon] jadi untuk waktu baik dalam SI maupun CGS satuannya sama yakni sekon

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. oktavia

    January 23, 2010 at 9:52 am

    apakah fisika itu?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. arum

    February 11, 2010 at 6:11 am

    satuan internasional pwm itu apa ya…?? :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. Rahadian

    Rahadian

    February 13, 2010 at 8:45 am

    @musthafa: terimakasih atas koreksinya :wink:
    @oktavia: fisika (kalau menurut saya) adalah ilmu yang mempelajari tentang fenomena alam
    @arum: pwm ?? pulse width modulation?? :roll:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. joni

    April 20, 2010 at 3:26 pm

    mas mau tanya dong, GPa itu satuan apa ya ?? hubungannya dengan MPa dan psi seperti apa ?? terimakasih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. nur wulan

    July 19, 2010 at 7:59 am

    APA YA SATUAN MKS DAN CGS ITU??????? :arrow: :twisted: :D 8) :mrgreen: :arrow: :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  19. pras

    July 21, 2010 at 6:25 am

    kenapa satuan meter dijadikan satuan internasonal

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. siti aminah

    July 21, 2010 at 12:26 pm

    aku bs di bantu gak, dimensinya berat itu apasihh???

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. fahri

    July 24, 2010 at 11:20 am

    :D :!: :twisted: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. belia fransiska

    July 26, 2010 at 12:11 pm

    apa sich arti mengukur…???
    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. apple 4ever

    August 3, 2010 at 12:41 pm

    bgz tp___krg lengkap keterangannya :arrow: :!: :!: :-) :D :cry: :lol: 8) :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  24. tan3

    August 22, 2010 at 9:46 am

    Pengertian sistem satuan MKS dan CGS apa?? :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  25. unyu

    September 23, 2010 at 12:23 am

    kok yang saya tau SI itu awalnya adalah sitem MKS, dan SI berbeda dengan sistem CGS?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  26. yayang

    September 23, 2010 at 2:31 am

    10 liter berapa dm3???? tlong y???

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  27. wahyu wandira

    September 24, 2010 at 2:17 pm

    :-) 8) :lol: :P :evil: :roll: :wink: :?: :arrow: :| :!: :D :twisted: i like it fisika,,, but you..??

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  28. keysyah

    October 7, 2010 at 3:58 pm

    tolong kepanjangan dari “MPa” Apa?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  29. yoki harlan

    October 19, 2010 at 5:01 pm

    bisa minta tabel2 pengukuran apa saja yang di konversikan?misal 1kwintal:100kg,…tapi dalam international SI.,,contoh newton,PSI,BAR dsb

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  30. nisa

    November 10, 2010 at 12:43 pm

    :D :-) :( :o 8O :? :lol: :lol: :!: :?: :idea: :mrgreen: :| :cry: :evil: :oops: :P :x :lol: 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  31. Haris Husain

    November 13, 2010 at 3:37 pm

    :mrgreen: tx atas semua infoX. Kalu bisa dikirim ke email saya donk, selengkap-lengkapx ea!? Tx ats bntuanx. . . .

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  32. Andhika Kurnia

    November 28, 2010 at 6:50 am

    kalo mengkonversi psi ke gram atau sebaliknya bisa ngga?trim atas jawabannya :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  33. m1y1

    December 12, 2010 at 1:05 pm

    SULIT KALI FISIKA
    blom notasi vektor,vektor analisis,penguraian vektor
    byk lg dech yg ngk ku mengerti
    :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :| :| :| :| :| :| :| :| :| 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  34. alm

    January 27, 2011 at 7:49 am

    saya mw nanya buat satuan berat….
    kl 1 lb= …… Kg
    1 N = ….. Kg
    1 lb = …. N= …. Kg
    mkasih :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  35. dominikmemy

    January 27, 2011 at 9:11 am

    1 kg = 10 N = 2,20462 Lb

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  36. dominikmemy

    January 27, 2011 at 9:14 am

    sekedar info !!!
    sistim pengukuran ada dua yaitu sistim matrik dan sistim inggris ;
    BERAT
    - sistim metrik
    1 mg = 0,0154 grain
    1 gr = 1000 mg = 0,0353 ounce
    1 kg = 1000 gr = 2.2046 pounds
    1 ton = 1000 kg = 1,1023 short ton
    1 ton = 0,9842 long ton
    -sistim inggris
    1 ounce = 437,5 grains = 28,350 gr
    1 pound = 16 ounces = 0,4536 kg
    1 short cwt = 100 pounds = 45.359 kg
    1 long cwt = 112 pounds = 50.802 kg
    1 short ton = 2000 pounds = 0,9072 ton
    1 long ton = 2240 pounds = 1.0161 tonnes
    PANJANG
    Sistim metrik
    1 mm = 0,0394 in
    1 cm = 10 mm = 0,3937 in
    1 m = 100 cm = 1.0936 yds
    1 km = 1.000 m = 0,6214 mile
    sistim inggris
    1 inch = 2,5400 cm
    1 feet = 12 inches = 0,3048 m
    1 yard = 3 feet = 0,9144 m
    1 mile = 1760 yards = 1.6093 km
    materi referensi:
    berbagai sumber

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  37. rizky widiatama

    February 6, 2011 at 7:43 am

    wah kaka ” RAHADIAN ” pinter ya :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  38. MARDIYAN

    February 9, 2011 at 1:18 am

    gimana cara download rumus satuan fisika d sini??? :twisted: gimana cara download rumus satuan fisika d sini???

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  39. angga

    February 10, 2011 at 1:32 pm

    ada yg tw kepanjangan lb gk??
    8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  40. indra soebekti

    February 17, 2011 at 10:58 pm

    Motor tank bawa kayu..
    thank’s ya gan.!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  41. alm

    February 25, 2011 at 8:49 am

    8O
    mkasih wat jawabanny….
    tp kmarin saya jga dapat data 1 kg = 4,4 lb
    saya jadi bingung…..
    kl bleh tau refensi yang di pakai pa???
    sekalian link wat referemsiny….
    makasih…
    senang bisa bergabung dengan web ini…… :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  42. ika farah

    March 1, 2011 at 2:52 pm

    bisa minta tlong gak???bantu mengkonversi satuan ini ya…
    1mb=??N/m2
    1 atm=?? kg/cm2
    1 watt=??BTU/min
    1 ly/min=?? W/m2
    1 ly/min=?? W/cm2

    makasi sebelumnya.. :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  43. ika farah

    March 1, 2011 at 2:59 pm

    kak mau tanya,,
    1mb=…N/m2
    1 atm=…kg/cm2
    1 watt=…BTU/min
    1 ly/min=…W/m2
    1 ly/min=…W/cm2

    makasi ya kak.. :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  44. Inggried Sumtaki

    March 10, 2011 at 9:39 am

    Saya mau tanya, satuan internasional, british dan teknis dalam mekanika fluida itu apa saja…???
    Soalnya saya msh bingung… internasinal dan british (Inggris) itu sama???
    Mohon penjelasannya….
    Thnks b’4….. :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  45. mha

    March 20, 2011 at 8:54 am

    apa saja besaran serta satuan dalam tubuh manusia.?

    berapakah percepatan kerja jantung manusia.?
    :!:
    8O
    :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  46. Yuza

    April 10, 2011 at 12:25 am

    Slam knal,,
    Gw boring bnged klo bljar yg nmax fisika….
    gmn yach carax agr gk boring???????
    thkns…. 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  47. Jijo

    April 11, 2011 at 1:28 pm

    saya mau nanya nih bos :
    1 bar = … atm
    1 watt = … atm
    1 HP = … bar
    1 galon = … liter
    1 eta = … cm3
    1 eta/menit = … cm3/detik
    terima kasih bos sebelumya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  48. Febrianda

    May 30, 2011 at 5:14 am

    kak rahadiaan syarat2 sistem SI apa

    I LIKE FISIKA
    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  49. nadifufu

    May 30, 2011 at 7:24 am

    Saya mau jawab pertanyaan Febrianda~~

    Syaratnya :
    1. Bersifat Internasional, artinya dapat digunakan di seluruh dunia
    2. Bersifat tetap, artinya tidak berubah dalam keadaan apapun.
    3. Mudah ditiru, artinya mudah diperbuat dan diperbanyak untuk keperluan sehari-hari.

    Oke :!:

    (I REALLY LOVE PHYSIC) :D :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  50. stebo

    July 6, 2011 at 8:40 am

    mas apakah satuan SI dari ini..
    ATM
    Pa
    bar
    Psi
    cmHg
    mmHg
    cmh2
    Ihp
    g/bhph
    kcal/kg
    mmWC
    mohon bimbingannya mas

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  51. henri

    July 12, 2011 at 3:38 am

    Bar singkatan dari apa ya mas atau satuan dari hitungan apa

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  52. surya

    July 15, 2011 at 1:45 am

    Ass.Tlg tolong jabarkan NAMA BESARAN FISIKA,LAMBANG DIMENSINYA serta SATUAN INTERNASIONALnya kalau boleh sebanyak 20

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  53. lia kamaliah

    July 23, 2011 at 1:58 pm

    25 M/S = … KM/JAM
    72 KG/JAM = … M/S
    100 kWh = … joule
    72000 joule = … kWh
    500 newton = … dyne
    500 dyne = … newton
    100 joule = … erg
    1000 erg = … joule
    100 pascal = … dyne
    100 mico colom = … pico colom
    gmn cara’a??

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  54. dinda

    July 24, 2011 at 7:59 am

    saya mau tanya misalx:
    besaran Satuan SI satuan cgs
    ………. 10m ………….
    ………. ……….. 1,500 cm2
    Masa jenis 450kg/m3 ………….
    …………. ………… 12cm/s
    …………. 1,5m/s2 ………

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  55. gracela

    July 25, 2011 at 11:47 am

    GUNANYA SATUAN INTERNASIONAL ITHU APA SIH??
    KENAPA HARUS MENGGUNAKAN SATUAN INTERNASIONAL.?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  56. lia kamaliah

    July 26, 2011 at 1:08 pm

    tolong dong di jawab sekarang

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  57. medy

    August 11, 2011 at 2:39 am

    kalo boleh tau cgs apa ?
    MKS apa :!: :cry: ?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  58. Qhie Qhie Noer Rahmasari

    August 11, 2011 at 9:16 am

    Mksih ya, :-)

    itu dapat membantu pr ku.. :wink:

    :!: :!: :!: :!: :!: :!: :-) :-) :-) :-) :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  59. Qhie Qhie Noer Rahmasari

    August 11, 2011 at 9:18 am

    FISIKA ITU…
    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  60. riska

    August 18, 2011 at 6:34 am

    Saya kesulitan mencari satuan ukuran yang non baku dan yang baku
    TOLONG donk kak kasih tau :D :-) :( 8O :? :lol: :x :x :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  61. ali akbar

    August 22, 2011 at 4:23 am

    mengapa satuan dari satuan fisika harus mempunyai nilai yg tetap.. bersifat umum dan dapat dikonversi kedalam sistem satuan yg lain yg sejenis..?? :!: :!: tlong di jwab ya tmen2

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  62. apri widiarti

    September 13, 2011 at 8:47 am

    mas tolong bantu saya, karna saya merasa kesulitan belajar
    1 bar=…….N/m2
    1 bar=…….dyne/cm2
    1 pascal-….N/m2
    1 pascal=……psi
    1 pascal=…….dyne/cm2
    1 In/mmHg=….N/m2
    1 In/mmHg=…..psi
    1 In/mmHg=….dyne/cm2
    1 In/mmH2O=….N/m2
    1 In/mmH2O=…..psi
    1 In/mmH2O=….dyne/cm2
    tolong saya ya masss,,,,,,,,,,,,,

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  63. Muhammad Alfi Al Ikhas

    September 13, 2011 at 2:23 pm

    ada yang bisa soal ini gak? :roll:

    1. Sesuatu yang dapat diukur dan dapat dinyatakan dengan angka/nilai disebut …………………………………………..

    2. Acuan yang digunakan untuk membandingkan ukuran suatu benda dengan benda lain adalah …………………………………..

    3. Besaran fisika terdiri dari …………. Dan ……………..yang diperoleh dari pengukuran

    4. Contoh panjang meja 5 meter, Panjang merupakan ………………. Dan meter merupakan ……………..

    5. Tuliskan besaran fisika yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari

    6. Besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu untuk menetapkan satuan-satuan besaran yang lain disebut ………………….

    7. Tuliskan kelompok besaran pokok dengan tabel lengkap dengan lambang satuan dan besaran …………………….

    8. Besaran yang satuannya diturunkan dari satuan besaran pokok dengan cara perkalian/pembagian disebut ……………………….

    9. Tuliskan contoh besaran turunan dengan tabel lengkap dengan lambang satuan dan besaran ……………….

    10. Sistem satuan yang digunakan di seluruh dunia adalah ………………dan sebutkan contoh satuan dasarnya…………………………

    11. Sebutkan 3 syarat sistem Satuan Internasional …………………., ……………………, …………………………..

    12. Lengkapi tabel dibawah ini :

    PENURUNAN SATUAN UNTUK BESARAN PANJANG DALAM SI

    1 Kilometer (km) 1000 m 10m3

    ……………………… ………… 10 m

    ……………………… 10 m ………..

    1 desimeter(dm) 0,1 m ……….

    …………………….. 0,01 m ……….

    ……………………………. ………….. 10-3 m

    PENURUNAN SATUAN UNTUK BESARAN MASSA DALAM SI

    1 ton 1000 kg 103 kg

    ……………. 100 kg 102 kg

    1 Hektogram ………………………. 10-1 kg

    …………………… 0,000001 kg ……………………..

    …………………… ………………… 10-9 kg

    PENURUNAN SATUAN UNTUK BESARAN WAKTU DALAM SI

    1 Hari 24 Jam

    ………. 60 Menit

    1 menit ……………..

    Jadi, 1 hari rata-rata = 24 x 60 x …………….= ………………. sekon

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  64. salwa

    September 15, 2011 at 10:42 am

    berapa pangkat dari piko, micro? :roll: :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :P :oops: :cry: :evil: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  65. linda

    October 3, 2011 at 5:18 am

    yang ini di baca apa y ‘inHg’ secara resminya?? trus beda Psi,Psia,Psig ap y???

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  66. herman

    October 13, 2011 at 10:14 am

    satuan ingris itu apa? kalau soal sbbb;
    a.14,2 km
    B.8,14 n/m
    dibuat ja kedalam satuan inggris jadi brapa y?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  67. ryan

    October 22, 2011 at 1:15 pm

    berapa sih kedalaman kolam agar mendatakan tekanan sebesar 1 atm?
    kasih tau ya
    dah mumet ni?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  68. rasqi_kaisar

    October 31, 2011 at 2:47 pm

    ka,,klo definisi dari 1 meter tuh apa??

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  69. mirna

    November 2, 2011 at 10:26 am

    :-) k bisa kasitau 50 rumus fisika beserta cgs dan mks nya,tolong dong k.????

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  70. WAWAN

    November 26, 2011 at 1:12 pm

    1 AMPERE ITU BERAPA WAT
    1 KW ITU BERAPA WAT

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  71. viki

    December 5, 2011 at 6:08 am

    ternyata sulit sekali belajar mtk
    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  72. salsabila

    December 18, 2011 at 11:22 am

    volume satuan internasionalnya apa ka .? tolong jwb :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  73. zahirul

    August 30, 2012 at 7:28 am

    contoh ukuran panjang dan brat benda yg masuk dlam MKS DAn CGS

    dan apa perbedaan MKS dan CGS

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  74. zahirul

    August 30, 2012 at 7:32 am

    pless jawab ^_^

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  75. gung panis

    December 3, 2012 at 6:21 am

    2gr/cm kubik = …… kg/m kubik

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • hosianna sitompul

      August 5, 2013 at 10:33 am

      aku mau jawab pertanyaan dari gung panis jawab nya adalah 2o

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  76. Inna rothul uyun

    March 20, 2013 at 12:13 am

    Assalamu’alaikum Mw tnya:
    Dalam persamaa berikut,jarak x dinyatakan dalam meter, waktu t dalam sekon, dan kecepatan v dalam meter per sekon. Apakah satuan satuan SI untuk konstanta C1 dan C2
    1. x = C1 dan C2
    2. v = C1 exp ( – C2 t)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  77. sadam

    May 21, 2013 at 4:14 pm

    Mas tolong saya!!dalam sebuah tanki Berapa kah jumlah kubik air yang di tampung dalam 1 jam bila tekanan pompa 90 gpm,diket =d :180 cm alat tanki dan tinggi tanki

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  78. hosianna sitompul

    August 5, 2013 at 10:22 am

    aku mau nanyak apa ya syarat syarat satuan ? jawab ya siapa yang bisa menjawabnya sekarang juga

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • hosianna sitompul

      August 5, 2013 at 10:34 am

      jawaban soal dari gung panis adalah 20

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  79. lugoh

    August 20, 2013 at 12:24 pm

    saya mau tanya apa sistem CGS dan MKS itu ?
    tolong jawab ya, jawabnya yang lengkap kata-katanya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  80. Arum Maharsi

    September 10, 2013 at 12:45 pm

    Kalo ada yang mau tanya-tanya PELAJARAN apapun, MAKSIMAL KELAS 1 SMP, saya Insya Allah akan menjawab. Silakan kirim ke arummaharsi_fadilah@yahoo.co.id atau untuk fast respon silakan sms.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>