Best Author
sangdedi

743,253
octa

484,365
fitrotinnikm

456,613
idjah

444,779
dwi

312,845
adit

309,744
resta-andara

273,817
benedict

261,561
rahadian

240,290
bara

228,914
nabilalalala

216,598
kurnitap_

154,132
kuswanto

139,179
suranto

100,765
admin

98,848
iwan

80,055
kupukupu

78,090

Fisika Panas : Suhu, Kalor, dan Perubahan Wujud

Pertama2 saya mau menjelaskan tentang pengertian KALOR atau PANAS
Kalor merupakan suatu bentuk energi yang besarannya dapat diukur menggunakan suatu pengukur suhu. Terdapat 4 jenis satuan suhu yang dipakai di seluruh dunia, Celcius, Reamur, Farenheit, dan Kelvin. Satuan Internasional untuk satuan suhu adalah Kelvin.

Suhu sendiri merupakan suatu pengukuran yang digunakan untuk menunjukan seberapa banyak energi panas yang ada pada suatu tempat. Ingat !! yang diukur adalah seberapa panas tempat tersebut bukannya seberapa dingin. Panas dapat diukur tetapi dingin tidak dapat diukur !!

Sebagaimana halnya Energi pada umumnya, maka energi kalor atau energi panas dapat berubah bentuk dari satu bentuk ke bentuk lain. Contohnya terjadi pada pembangkit listrik tenaga panas bumi, yang mengubah energi panas menjadi energi listrik.

Dengan energi kalor kita bahkan dapat mengubah wujud suatu zat. Seperti contohnya, lilin yang dipanasi lama kelamaan akan meleleh, hal ini berarti panas mengubah wujud lilin yang tadinya padat menjadi cair.
Contoh lain terjadi ketika kita merebus air, jika air kita panaskan secara terus menerus maka lama kelamaan air akan menguap menjadi uap air, hal ini mengubah bentuk air yang berbentuk cairan menjadi uap air yang berbentuk gas.

Fisika Panas : Suhu, Kalor, dan Perubahan Wujud, 4.0 out of 5 based on 1 rating

Penulis :
Telah menulis sebanyak 8 artikel
Mendapatkan 591 komentar
  Rating tulisan 4 dari 5

35 Comments

  1. zakuza

    April 27, 2009 at 1:12 pm

    :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

    SEBENARNYA BLOGNYA BAGUS ISINYA JUGA BAGUS SIH TAPI G USAH DKASIH PHOTO DONK KARENA ANDA G SEBAGUS ATAU SEGANTENG DIRIKU
    :D :D :D :D :D :D :D
    :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:
    8) 8) 8) 8) 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. Faisal

    May 14, 2009 at 4:40 am

    Tulisan na bagus koq… http://klikbelajar.com/wp-includes/images/smilies/icon_razz.gif

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. Rahadian

    Rahadian

    May 14, 2009 at 8:13 pm

    makasih yah :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. adiest

    May 15, 2009 at 11:06 am

    mAs. . mAs. .
    MaTeRiNyA dIlEnGkApIn DoUnK. .

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. dee

    May 25, 2009 at 2:10 pm

    8O
    Mas, kalor ma panas ntu beda ngga’??

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. Rahadian

    Rahadian

    May 26, 2009 at 10:02 am

    kalor itu bahasa yg lebih keren dr panas. Jd kalor = panas. :D

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. Bery Nur Arif

    May 30, 2009 at 4:23 am

    :-)
    lumayan tulisannya
    saya gemar membaca tapi jarang menulis
    sekarang saya mau tanya
    apa beda panas dengan kalor???
    saya tunggu jawabannya,
    salam kenal,
    bloger baru
    :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. yulianto

    June 15, 2009 at 2:26 am

    8) coba jelaskan secara singkat kalor sama panas

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. yulianto

    June 15, 2009 at 2:29 am

    :P kalor ma panas tu ngk beda cuma tulisanta doank yg berbeda

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. Rahadian

    Rahadian

    June 15, 2009 at 12:51 pm

    @yulianto : Setuju :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. MSAUQI

    October 6, 2009 at 12:26 pm

    :oops: lua emag mnrt sy stj-stj aja……….. 8) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. Nanda

    October 17, 2009 at 5:34 am

    salam kenal y…. :arrow:
    saya suka bacanya, singkt pdt & jelas
    tapi jangan terlalu singkat dunk!!!! :(
    kn pengn baca lebih bnyak lgi…… :-)
    klo bs dtmbahin y :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. Herry Santoso

    October 20, 2009 at 5:43 am

    Saya senang anda, membuat tulisan ini. dapat menjadi perbandingan dengan apa yang saya ketahui, anggap saja teman belajar.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. Andrian dery

    November 13, 2009 at 2:10 pm

    8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) saya mau tanya apakah saya seperti ini…? 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. elly

    November 24, 2009 at 12:04 pm

    bagaimana hubungan antara satuan mks dan cgs???????????????????????
    contoh hubungan sebaigai berikut apabila 1 apampere=10A :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. elly

    November 24, 2009 at 12:06 pm

    bagaimana hub. antara besaran dengan satuan mks dan cgs??????????????????????????
    ex. hubungan 1apampere=10A

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. anisa

    December 8, 2009 at 10:11 am

    saya suka penjelasan yang singkat cuman penjelasan na harus detail juga dund…….. :wink:
    saya mo tanya gimana sich kerja termometer saat perubahan suhu?????????????? :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. panggil ndaa

    March 2, 2010 at 11:39 am

    :cry: mas kok setelah baca jadi tambah ngga ngerti?
    lhoh? :? sebellllll….
    arghhh pengen teriakkkk :x trus meledakkkkkkkkkk :x :x :x :x :x :x :x :idea: pikir dongg
    mohon bantuannya 8O :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  19. panggil ndaa

    March 2, 2010 at 2:13 pm

    :idea: :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. werq

    March 18, 2010 at 1:27 pm

    Aneh

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. rest_tree

    April 9, 2010 at 7:39 am

    thanks artikelnya dah mbantu tugasku meski kurang lengkap

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. rahayu armi

    May 27, 2010 at 2:34 am

    http://klikbelajar.com/wp-includes/images/smilies/icon_biggrin.gif :D :D :D :D :D :D :D :D
    mkch….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. ucil

    July 20, 2010 at 1:19 am

    :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    tapi masih bingung….. :idea: :idea: :idea: :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  24. nanda

    January 4, 2011 at 8:50 am

    mengapa bila tangan menyentu

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  25. Chubby

    January 22, 2011 at 3:58 pm

    kalor sama panas itu beda mas…. kalo Kalor adalah suatu bentuk energi yang diterima oleh suatu benda yang menyebabkan benda tersebut berubah suhu atau wujud bentuknya sedangkan Panas adalah energi yang berpindah akibat perbedaan suhu. Satuan SI untuk panas adalah Joule. :D

    Coz saya ngajarin murid saya seperti itu mas…. 8O :D :evil:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  26. muhammad ghalib

    January 24, 2011 at 7:57 am

    cara penyampaiannya bagus tp saya kurang ngerti tuch :( :wink: :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  27. Daus

    February 11, 2011 at 12:35 pm

    di tunggu RUMUS¬≤ nya … :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  28. harry

    March 18, 2011 at 9:59 am

    kalor sama panas itu sama ajha :lol: :D :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  29. ulfah

    April 26, 2011 at 5:41 am

    thx sangat membantu.drpd buka buku coz bukunya dah ilang.tolong share contoh pemanfaatan konveksi dan radiasi panas thx :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  30. joy

    June 1, 2011 at 11:12 am

    I LOVE VIRGA FOREVER
    :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  31. ganjhar

    September 15, 2011 at 1:04 pm

    :twisted: Mateerinya klo bisa diperbanyak gan,, nanggung :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  32. vita

    October 5, 2011 at 1:50 pm

    sontoh soalnya donk :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  33. Cent

    October 19, 2011 at 8:27 am

    Great!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  34. Thaufik

    July 27, 2013 at 9:42 am

    Thank Lumayan Buat tugas Sekolah D Celcius, Reamur, Farenheit, dan Kelvin.:D
    @GURUnya KILLER niih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  35. Intan Yan

    October 6, 2013 at 5:56 am

    @Chubby bisa dijelasin lagi gga tentang perbedaan kalor dengan panas???? :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>