Best Author
sangdedi

743,207
octa

484,121
fitrotinnikm

456,603
idjah

444,725
dwi

312,709
adit

309,674
resta-andara

273,565
benedict

261,561
rahadian

240,244
bara

228,914
nabilalalala

216,570
kurnitap_

154,122
kuswanto

139,069
suranto

100,765
admin

98,822

Fisika Dasar tentang Massa Jenis Zat

Massa jenis : tahu gak apa yang dimaksud massa jenis ??
Begini.. coba kita renungkan baik-baik, misal ada satu karung kerupuk sama satu karung besi..
nah kira-kira kalo kita angkat beratan yang mana ?? :|

hayoo.. kenapa bisa beratan besi ?? kan sama-sama satu karung ?? :o
itu yang namanya massa jenis..

Massa jenis merupakan perbandingan antara volume dengan massa dari suatu benda.
jadi misalnya ada suatu benda yang ukurannya kecil, tapi massanya besar, nah bisa dibilang bahwa massa jenis dari benda tersebut besar juga.

rumusnya :

ρ = M / V

keterangan :

ρ = massa jenis ( cara baca : rho )
M = Massa
V = Volume

Nah, seperti yang kita semua tahu, bahwa setiap benda pasti memiliki massa jenis yang berbeda-beda (namanya juga MASSA JENIS ) artinya beda JENIS BENDA-nya beda MASSA JENIS-nya dong :D
maka dari itu, misal ada suatu benda A, B, C, D yang kita gak tahu terbuat dari bahan apa, yah caranya tinggal kita ukur aja massa jenisnya, kalau massa jenisnya sama ( misal, A dan D sama massa jenisnya ) berarti benda tersebut ( benda A dan D ) terbuat dari bahan yang sama.

contoh soal :

Tiga buah zat ( A, B, dan C ) masing-masing mempunyai massa berturut-turut adalah 150 gr, 100 gr, dan 200 gr. Volume dari zat tersebut berturut-turut adalah 50 cm3, 25 cm3, 40 cm3. Hitunglah massa jenisnya! Dan tentukan, apakah dari ketiga benda tersebut ada yang terbuat dari bahan yang sama ?

ρ = M / V

A : massa jenisnya = 150/50 = 3 gr/cm3
B : massa jenisnya = 100/25  = 4 gr/cm3
C : massa jenisnya = 200/40 = 3 gr/cm3

Benda A dan C memiliki massa jenis yang sama, sehingga kedua benda tersebut terbuat dari bahan yang sama.

Penulis :
Telah menulis sebanyak 26 artikel
Mendapatkan 514 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

53 Comments

  1. cunu

    June 7, 2009 at 1:25 pm

    ohh gitu tohh, hehe :D :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. Herry Santoso

    October 20, 2009 at 5:49 am

    Hati2 dengan contoh soalnya. Saya kurang setuju bila dua benda memiliki masa jenis yang sama dapat diartikan terbuat dari bahan yang sama.
    Contoh: Benda yang melayang di dalam air, berarti memiliki massa jenis yang sama dengan air, tetapi tidak berarti benda tersebut tersusun dari air.
    Ini Sekedar masukan, semoga berguna.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • elvani oktavia

      October 5, 2013 at 10:43 am

      menarik sihh tpi qw cba yah
      apa betul tuh soal

      :D :-) :( :o 8O :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :arrow: :poop:

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
    • elvani oktavia

      October 5, 2013 at 10:48 am

      tidak masuk akal
      soalnyya membingungkan :roll:

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  3. Herry Santoso

    October 20, 2009 at 5:50 am

    Oh, ya……
    Saya senang bila bisa bertemen. Ok

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. Dhee Rahma

    October 28, 2009 at 2:13 pm

    jawaban contoh soal :
    C : massa jenisnya = 200/40 = 3 gr/cm3

    mas dika,, itu koq 200/40 = 3 siy??
    bukannya hasilnya 5 ya mas :D
    cuma koreksi lho mas
    lam knal mas dika :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. daucuscarota

    October 31, 2009 at 8:16 am

    :!: :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. Romiyan P.Sirait

    November 3, 2009 at 2:05 am

    thx Brother!

    gw mw Promosi: add facebook gw :P romiyan_7@yahoo.com okeh :|

    bro,lw anak mana?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. Greneto J.M

    November 7, 2009 at 10:16 am

    Makasaih ya dah kasih tw caranya…………. :lol: :D :P :oops: kasih :!: deh lain kali yang lebih susah lagi :o :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. Greneto J.M

    November 7, 2009 at 10:19 am

    MAS itu kok C: masa jenis 200/40=3gr/cm3
    bukanya 5 ya mas cuma koreksi doank :P :arrow: :| :roll: :o :-) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. fastman

    November 23, 2009 at 12:51 pm

    saya seneng diajarin :!: :o
    tpi saya cuma mau coreksi 8)
    tentang kesalahan anda :twisted:
    tpi berusahalah dan hati-hati lain kali 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. jonhar

    December 10, 2009 at 1:48 pm

    :!: good posting,..
    8O Massa jenis = Berat Djenis ( BD ),..????
    Tolong pencerahannya. Salam Sukses.,TQ.

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. benedict

    benedict

    December 10, 2009 at 3:52 pm

    MASSA tidak sama dengan BERAT
    BERAT = MASSA x GRAVITASI
    makanya, (seharusnya yang benar) satuan berat adalah Newton (sama seperti satuan GAYA)
    sedangkan MASSA satuaannya adalah Kg :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. jonhar

    December 11, 2009 at 10:18 am

    kemudian,..apa beda berat dengan massa,..?? bagaimana menetukan massa satu benda,.??

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. benedict

    benedict

    December 11, 2009 at 11:57 am

    BERAT adalah ukuran beban dari suatu hal setelah dipengaruhi gravitasi
    secara garis besar,
    Berat = GAYA = Massa x Gravitasi
    sedangkan Massa adalah beban dari suatu hal yang masih belum dipengaruh oleh Gravitasi

    pengertiannya begini :
    Berat kita di bumi dan di bulan akan berbeda, dikarenakan besar gravitasi di bumi dan bulan berbeda, sedangkan massa kita akan selalu sama.

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. dinda humairah

    February 7, 2010 at 9:03 am

    :lol: aduh makasih nih… ini membantu saya betul… :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. dinfa

    February 24, 2010 at 2:07 pm

    wedeeeh makasih , walau ga aku baca dari awal tapi bermanfaat buat remidi fisika ku :lol: :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. erni

    April 16, 2010 at 3:57 am

    OHH EAH……………………………….. :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. feny

    April 26, 2010 at 12:24 pm

    wah ujian praktik saya jadi sedikit terbantu :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. Temmy

    April 26, 2010 at 12:41 pm

    saya krg stuju kalo blg massa jenisnya sama brarti terbuat dari bahan yang sama. misalnya saja ad sebuah benda yang memiliki massa jenis 1000 kg/m3 dan di celupkan ke air, maka benda tsb akan melayang tetapi belum tentu benda tsb tersusun dari air. makasih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  19. nelli manalu

    April 30, 2010 at 6:03 am

    krg seru krn g da pembgsan konsp mengajar d lapamgan guru :( :cry:
    tlg krmkn cr mngjr massa jenis d ruangan kls :wink: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. waaaaaaaah bsa bot adx Q cka fska

    June 15, 2010 at 6:36 am

    :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. harys

    August 22, 2010 at 4:52 am

    :D Q sbel dngan pelajaran fsika… :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. yessi

    October 3, 2010 at 4:32 am

    APANYA CONTOH DARI BENDA YG melayang di air? :-) :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. karin

    October 11, 2010 at 9:33 am

    aku ngk begitu suka ama fisika :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  24. M.ZAKY.YAHYA

    November 3, 2010 at 1:42 pm

    KO W NYAR MASSA BENDA MALAH BEGINIAN YG MUNCUL

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  25. bono

    November 7, 2010 at 12:15 am

    makasihh ..
    I Like It :wink:
    :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  26. grace ovicha

    November 12, 2010 at 10:54 am

    KOK GA ADA SOAL LAIN?
    SKALIGUS PEMBAHASANNYA Y !!! :!: :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  27. nia

    November 19, 2010 at 8:01 am

    :mrgreen: :twisted: :evil: :cry: :oops: :P :P :P :P :x :x :lol: 8) :? 8O :o :o :( :( :-) :-) :-) :-) :D :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  28. Farroh

    February 5, 2011 at 11:08 pm

    Terus gimana caranya ngerubah g/cm3 jadi kg/m3 ? :cry: :roll: :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  29. adit

    February 8, 2011 at 6:50 am

    :D :-) :( 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: mantap

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  30. kang bijak

    February 13, 2011 at 10:45 am

    g/cm3 = 0.001 kg/0.01m = 0.1 kg/m3

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  31. Sinta

    March 2, 2011 at 8:07 am

    :!: :lol: :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  32. izza

    March 6, 2011 at 2:31 am

    Nanya dunk: Kalo benda melayang tuh harusnya massa ma volume bendanya sama besarnya ato lebih besar massa drpd volume?! bingung neh!
    misalnya…ada benda dg massa 38 g n volume 48m3 trus ada juga benda yg massanya 144g dg volume 144 m3. Nah mana yg melayang?! tolong aku…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  33. Calvin

    May 4, 2011 at 9:42 am

    Lha terus gimana caranya menghitung massa, ditimbang di bumi kan namanya berat, jadi musti ditimbang dimana ?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  34. gugun

    May 31, 2011 at 10:45 am

    aku gak suka banget ma fisika tapi aku mau pelajari terus fisika agar aku suka ma fisika aku ngga suka ma fisika krena bikin pusing otak

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  35. Anisa Ratna Madani

    July 20, 2011 at 12:20 pm

    :D :-) :o 8) :lol: :P :oops: :evil: :wink: :arrow: :|
    aku suka dan emang panteng di acungi :!: ………..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  36. henkky

    July 21, 2011 at 8:10 am

    wow,keren :lol: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: 8) 8) 8) 8) 8) :o :D :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  37. qonitasabillahhaq

    July 27, 2011 at 1:35 am

    ssipp bgt ,,,,,,,,
    pelajaran fisika ni iia
    menyenangkan ,,,,,,,,,,,,,,
    makasih banget iaaa

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  38. qonitasabillahhaq

    July 27, 2011 at 1:37 am

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :arrow:
    thank you

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  39. silvidwi

    July 27, 2011 at 1:40 am

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  40. sawaluddin

    September 11, 2011 at 7:59 am

    BINGUNG SOAL TENTANG MASSA JENIS

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  41. violitta

    September 11, 2011 at 1:43 pm

    hummm…
    Susah juga,,
    Tapi tetep semangat :-) :( 8O :cry: :roll: :?: :idea: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  42. sinta

    October 8, 2011 at 1:21 pm

    ehmm…mau tanya bang, kenapa masa jenis padatan logam besi yang panas lebih kecil dibandingkan masa jenis padatan logam besi yang dingin??? please reply…bwt tugas neh…makasih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  43. azmi

    October 26, 2011 at 4:38 am

    gelas A berisi air dan ada lilin, dan gelas B tidak berisi air dan ada lilin, jika kedua lilin di hidup kan yang mna cepat mati?
    jawab y,,,, plessse :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  44. arihazky,,

    November 20, 2011 at 3:59 am

    emh,mo nanya nii ,,,,lpa lg.
    knpa perahu sebesar apapun tdk tenggelam ,tp batu yang kecil bsa tenggelam di air?pasti krena mssa jenis kan…
    bsa dijlaskan,,,
    mkasii, :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  45. devi agni

    November 24, 2011 at 8:55 am

    ooooo yaa mksih ya ka’ dngn itu aq bsa mnambah wawasan :D :!: :oops: :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  46. Rhatiezh

    November 29, 2011 at 11:32 am

    Oke beutzzzz!!!! :lol: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  47. Erinna Stevany Evellyne

    November 29, 2011 at 1:04 pm

    :!: :D makasih ya :arrow: LOVE YOUUU :*:*:* bisa ngerjain tugas adekku deh

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  48. Erinna Stevany Evellyne

    November 29, 2011 at 1:22 pm

    :oops: makasih yahh :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  49. ilyas

    December 13, 2011 at 7:07 am

    kalo massa jenis benda yg gak dketahui voumenya gmn cara ngukurnya??
    misalnya batu..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  50. Try Out Online

    January 17, 2013 at 7:56 am

    Infonya sangat bermanfaat gan !!!!
    jangan lupa mampir ya :)

    segera gabung di kompetisi cerdas cermat online seri 2
    total hadiahnya uang jutaan rupiahh loh :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  51. very

    October 27, 2013 at 12:03 pm

    Kalau satu karung kapas sama satu karung pasir volumenya yg banyak ap

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>