Best Author
sangdedi

743,217
octa

484,199
fitrotinnikm

456,603
idjah

444,759
dwi

312,777
adit

309,690
resta-andara

273,639
benedict

261,561
rahadian

240,254
bara

228,914
nabilalalala

216,580
kurnitap_

154,132
kuswanto

139,117
suranto

100,765
admin

98,826

Belajar Fisika : Resonansi

Resonansi merupakan proses bergetarnya suatu benda dikarenakan ada benda lain yang bergetar, hal ini terjadi dikarenakan suatu benda bergetar pada frekwensi yang sama dengan frekwensi benda yang terpengaruhi.
Bingung yah ? :D
apabila ada suatu gitar yang dipetik pada nada D, pasti dawai ke-4 akan ikut bergetar juga..
kenapa ?? karena dawai ke-4 gitar biasanya bernada D juga, sehingga karena kesamaan frekwensi ini, maka senar tersebut juga ikut bergetar walau tidak disentuh

gitar

lalu rumus dari resonansi itu apa sih ??

rumus resonansi

l = panjang kolom udara di atas permukaan air dalam tabung (m)

n = resonansi ke-n (n = 1, 2, 3, …)

λ = panjang gelombang (m)  ;  λ = V (cepat rambat suara di udara) x F(frekwensi)

contoh soal :

Sebuah sumber bunyi beresonansi pertama kali pada saat tinggi kolom udara 100 cm. Jika pada frekuensi sumber bunyi 350 Hz, maka hitunglah:
a.   Panjang gelombangnya?
b.   Panjang kolom ketiga ketika terjadi resonansi?

Penyelesaian:
Diketahui:

l = 50 cm => 0,5 m
f = 250 Hz

jawab :

a. Menghitung panjang gelombang.

0.5 = {[2(1) - 1] / 4} x λ
0.5 / 0.25 = λ
λ =  2 m

b. Penjang Kolom Ke-3

l3 = {[2(3) - 1] / 4} x 2
l3 = 5/2
l3 = 2.5 m

Gimana ngerti gak ?? :o

Belajar Fisika : Resonansi, 5.0 out of 5 based on 2 ratings

Penulis :
Telah menulis sebanyak 10 artikel
Mendapatkan 454 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

94 Comments

  1. yana

    April 17, 2009 at 7:13 am

    JELASKAN PROSES TERJADINYA GELOMBANG BERDIRI YANG TERBENTUK PADA DAWAI

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  2. Administrator

    nabilalalala

    April 18, 2009 at 8:45 pm

    setau saya yang namanya gelombang berdiri, itu karena adanya interferensi antara gelombang datang dan gelambang pantul..
    thx

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: +2 (from 2 votes)
  3. Jessica

    May 11, 2009 at 10:00 am

    Tolong jelaskan MASALAH2 YG DITIMBULKAN RESONANSI.
    Thx… :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • nabilah

      June 12, 2013 at 6:27 am

      menurut saya benda akan bergetar..

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: -2 (from 2 votes)
  4. Administrator

    nabilalalala

    May 11, 2009 at 8:05 pm

    masalah yang timbul apabila terjadi resonansi adalah
    ikut bergetarnya kaca pada jendela apabila terjadi petir, oh iya ngomong2 pernah lihat penyanyi yang bisa memecahkan gelas dengan suaranya tidak ?
    hal itu juga terjadi dikarenakan resonansi loh.. :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: +2 (from 2 votes)
  5. arico

    May 16, 2009 at 3:51 am

    alat alat apa saja yang bekerja berdarsarkan resonansi???
    Thx 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  6. Rahma

    July 1, 2009 at 4:40 am

    Belalang dapat terapung diatas air karena:
    tegangan permukaan air atau masa jenis serangga lebih kecil dari pada air .. ? :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. Administrator

    Nabilalalala

    July 2, 2009 at 8:31 pm

    belalang itu terapung diatas permukaan air dikarenakan adanya tegangan permukaan air
    dan bukan dikarenakan massa jenis belalang tersebut
    Hal ini sama dengan ketika sebuah paperclip diletakkan secara perlahan dengan arah yang horizontal diatas permukaan air, maka paperclip tersebut dapat mengambang juga diatas permukaan air dikarenakan adanya tegangan permukaan meskipun kita tahu bersama bahwa paperclip terbuat dari besi dimana massa jenisnya lebih besar dibandingkan dengan air

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. Onto

    August 19, 2009 at 2:35 am

    kalo di pikir kenapa rumus bisa di dapat seperi itu, semua rumus di peroleh krn percobaan berkali-kali… api q belum jelas kenapa rumus yang di dapat seperti itu ataukah ada penjelasan yang lain… thx… :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. ryan

    October 13, 2009 at 2:26 am

    syarat terjadinya resonansi itu apa aja..? :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. rya

    October 13, 2009 at 10:03 am

    syaratnya itu harus sama frekwensinya baru bisa terjadi resonansi :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. aiiy

    October 21, 2009 at 12:21 pm

    tolong berikan contoh pristiwa resonansi dalam isolasi yg bersifat menguntungkan dan merugikan dalam kehidupan sehari-hari.. thx :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. icus nak pati

    October 29, 2009 at 12:50 pm

    apbila suatu gelombang datang mengenahi batas medium , maka ada kemungkinan gelombang tersebut dipantulkan,gelombang pantulan mempunyAI arah rambat yang berlawanan dengan gelombang datang , tetapi frekuensinya sama.perpaduan antara gelombang datang dan gelombang pantul pada medium yang sama , akan diperoleh gelombang stasioner.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. Gegi

    November 26, 2009 at 6:30 am

    tolong jelasin donk apa itu resonansi RLC…. thank’z yaw :wink:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. okta

    December 7, 2009 at 11:12 pm

    TLG DUNX JLASIN LG RUMUS YNG DI ATZ.Q msh lom ngrt :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. ruben kharisma

    January 5, 2010 at 10:25 am

    salah tuh penjelasannya fren….

    pengertian resonansi bukan begitu…coba gimana kalo garpu tala…???
    itukan tidak di getarkan, tapi di benturkan atau di beri ganguan fisik…
    thx

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. nabilalalala

    nabilalalala

    January 5, 2010 at 3:49 pm

    setau saya garpu tala adalah alat yang digunakan untuk menyetem nada pada gitar..
    jadi memang garpu tala pertama2 digetarkan (dengan diberi gangguan fisik)
    lalu kita menyetem gitar dengan mnyesuaikan dengan nada yang ada pada garpu tala tersebut..
    atau sebaliknya.. gitar kita setem lalu kita bunyikan sehingga dapat menggetarkan garpu tala dengan peristiwa resonansi, apabila hal ini terjadi maka steman nada pada gitar sudah sesuai dengan nada yang ada pada garpu tala :-)

    kalo menurut penjelasan kamu apa mengenai resonansi ??

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  17. endro

    January 9, 2010 at 4:39 pm

    hey
    NABILA
    nma fb na pa?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  18. Lustrie Geg

    January 14, 2010 at 4:44 am

    berapa frekuensi Resonansi itu? :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  19. halim wijya

    January 19, 2010 at 11:10 am

    akibat resonansi apa sih dalam bentuk nyata???(keuntungannya dan kerugianya)
    tolong aku donkzzz.
    dijawab secepatnya…….
    thankss 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. nabilalalala

    nabilalalala

    January 19, 2010 at 8:36 pm

    @lusthrie : tergantung berapa besar frekw terjadinya resonansi

    @halim : bergetarnya dawai gitar saat ada nada yang sama bergetar, bergetarnya kaca saat ada petir, dsb

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. cempaka

    February 4, 2010 at 3:32 am

    :mrgreen: :| :arrow: :idea: :wink: :-) :o :? 8) :lol: :lol: :x :oops: :twisted: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :D :-) :o 8O :? :? :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :wink: :!: :?: :idea: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  22. miru

    February 8, 2010 at 2:25 pm

    Apa aja sih bntuk” resonansi di kehidupan shri”?
    Trus keuntungan dan kerugian resonansi apa aja sih?
    Satu lagi, kok kakak bisa pinter sih? Hehe…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. nabilalalala

    nabilalalala

    February 8, 2010 at 11:03 pm

    contoh resonansi pada peristiwa sehari2 :
    - ikut bergetarnya kaca rumah saat ada petir
    - bergetarnya badan gitar + piano saat dimainkan
    - ikut bergetarnya dinding rumah + kaca saat ada BOM yang meledak

    Keuntungan Resonansi :
    - dapat digunakan pada alat musik, contohnya gitar, saat dimainkan badan gitar ikut beresonansi untuk bergetar pada nada yang sama, hal ini bisa membuat nada yang dipetik berbunyi lebih lama

    Kerugian resonansi:
    -pada peristiwa Bom yang meledak, kaca dan dinding rumah dapat rusak dikarenakan mereka bergetar seiringan dengan suara BOM
    - pada helikopter, pilot merasakan frekwensi dari mesin helikopter yang menyebabkan gangguan pandangan pada mata dan hilangnya konsentrasi

    semoga membantu :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  24. Chornelius P. S. Zalukhu

    February 9, 2010 at 5:35 am

    Memang benar semua apa yang anda ungkapkan. :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +2 (from 2 votes)
  25. ipank

    March 2, 2010 at 3:46 am

    makasih ya resonansinya,,,
    hihi,,, :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  26. ICA

    March 2, 2010 at 9:09 am

    coBa JeLazhttp://klikbelajar.com/wp-includes/images/smilies/icon_biggrin.gifKan kNaPA WkTU mAlAm hAri BunYi tErdENgAR BLebIh JeLaZ dAri PaDa sIanG HaRI???

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  27. Mia

    March 15, 2010 at 1:31 pm

    Wah… website yg bagus & bermanfaat. Salut buat penulisnya! Saya jg sedang mendalami ilmu resonansi melalui Teknologi yg cukup baru dikembangkan, namanya AFT (Amized Fusion Technology). Dgn teknologi tsb resonansi dpt dilihat dan dirasakan lgsng pada manusia. Buat yg tertarik bisa hub saya, di: wesmira@yahoo.com. Buat penulis, bisa tahu alamat email Anda? Mgkn kita bisa saling berbagi ilmu. Terimakasih :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  28. cinchaen

    March 17, 2010 at 11:28 am

    :D :-) :( :roll: :o :( 8O :? 8) :lol: :x :!: :mrgreen: :| :arrow: :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  29. meta

    March 24, 2010 at 7:01 am

    Maaf, saya mau tanya tentang kerugian dan keuntungan resonansi dalam kehidupan sehari-hari secara lengkap. Tolong dijawab ya???? :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  30. manal

    March 24, 2010 at 7:36 am

    Wah website ini sngat menguntungkn sya,.
    saya hany ingn tahu ap manfaat n kerugian resonansi yg lain.?
    mksh,moga prtanyaan ini bsa membantu saya,.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  31. sangdedi

    sangdedi

    March 27, 2010 at 5:24 am

    bukannya udah ada yah tuh diatas, si embaknya nulis tentang kerugian dan keuntungan resonansi ?? :D :D

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  32. dicky

    April 20, 2010 at 4:01 am

    maaf,saya hanya bertanya keuntungan dan kerugian resonansi :D :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  33. varen

    April 20, 2010 at 6:15 am

    saya juga mau nanya keuntungan dan kerugian resonansi ? tolong di bales secepatnya :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  34. regan

    April 20, 2010 at 12:33 pm

    kerugian dan keuntungan resonansi apa sih ? :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  35. windii

    April 26, 2010 at 6:09 am

    ya ampun aq pling bngung tntang resonansi. aq pngn tnya ap rmusny cpat rmbat glombang?n aq jg bngung tntang efek doppler,,???
    please tlng bles ya?? :( :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  36. Aqilah

    April 30, 2010 at 10:35 am

    Eh, mksudna resonansi pertama, resonansi kedua, resonansi ketiga tuch pa??? :? Sklian jelasin yach!!! :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  37. tarra

    May 6, 2010 at 1:01 pm

    tolong sebutkan isi dr azaz dapler :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  38. adila

    May 29, 2010 at 8:51 am

    bagaimana resonansi pada kecapi? apakah sama seperti pada gitar? dan berapakah nilai frekuensi da, mi, na, ti, la, da? makasi… :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  39. Ghaditz

    June 9, 2010 at 8:56 am

    :x :x :x :x :x :x :x :x
    Resonansi contonhya apa aj ?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  40. ndo do tontoe

    June 11, 2010 at 6:18 am

    yg nyatat na ko cntik X sehhh/…. :-) :arrow: :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  41. Bejo

    June 21, 2010 at 2:20 pm

    setau saya yang namanya gelombang berdiri, itu karena adanya interferensi antara gelombang datang dan gelambang pantul..
    thx
    ————————–
    Gelombang berdiri terjadi karena adanya interferensi atau superposisi gelombang yang berlawanan arah. Gelombang datang dan gelambang pantul hanya salah satu contoh saja. (Gelombang datang dan pantul merupakan gelombang yang berlwanan arah). Intinya gelombang berdiri terjadi jika gelombang berlawanan arah.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  42. Bejo

    June 21, 2010 at 2:23 pm

    tuh buat balas komentarnya nabila. lam kenal nabila… :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  43. Bejo

    June 21, 2010 at 2:32 pm

    @ ICA : kenapa malam hari bunyi terdengar lebih jelas daripada siang hari ?
    ————–
    Pada siang hari, banyak sekali gelombang bunyi yang bergentayangan :| Bisa berupa suara manusia, bunyi kendaraan, bunyi musik, dan sebagainya. Gelombang – gelombang bunyi tersebut saling berinterferensi destruktif sehingga tidak terdengar jelas.

    sebaliknya pada malam hari hanya sedikit gelombang bunyi yang berkeliaran sehingga hampir tidak ada interferensi atau interferensi destruktif.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  44. Bejo

    June 21, 2010 at 2:45 pm

    @ varen & regan : kerugian dan keuntungan resonansi apa sih ?
    ————————
    Pernah bermain ayunan ? salah satu keuntungan resonansi adalah anda bisa bermain ayunan. Ayunan bisa berayun ayun dengan simpangan atau amplitudo yang besar karena frekuensi dorongan sama dengan frekuensi ayunan.

    Pernah bermain gitar ?
    keuntungan lain dari resonansi adalah anda bisa mendengar bunyi gitar akustik yang merdu. ketika senar dipetik, getaran senar akan menggetarkan badan atau permukaan gitar. Masih banyak conoh lain…

    ————-

    Jika ada ledakan bom pada suatu bangunan atau didekat suatu bangunan maka jendela kaca bangunan itu bisa pecah. Ini conton kerugian resonansi.

    Contoh lainnya, suatu jembatan gantung atau jembatan layang bisa ambruk jika ada terpaan angin yang frekuensinya sama dengan frekuensi alami jembatan

    Kerugian resonansi

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  45. nabilalalala

    nabilalalala

    July 7, 2010 at 12:43 pm

    @bejo: terima kasih banyak yah sudah bantu jawab :wink:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  46. gina

    August 28, 2010 at 12:47 pm

    dua buah dawai terbuat dari kawat dengan masa dan panjang yang sama. kedua dawai diberi tegangan yang sama. apabila kedua dawai digetarkan, mempunyai frekuensi 420 Hz. kemudian, salah satu dawai tegangannya ditambah 44%. jika sekarang kedua dawai digetarkan, akan timbul pelayangan sebesar ..?

    caranya gimana? tolong dijawab dong. thx :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  47. fisika-ceria

    September 29, 2010 at 1:02 am

    permisi.., ternyata banyak fisikawan2 muda di sini :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  48. dea

    October 3, 2010 at 1:33 pm

    d atas tlah d paparkan rumus resonansi it adlah 2n-1 per 4.. tetapi yg d ajarkan guru d skolah rumusnya 2n+1 per 4…. yg bnar yg mna??????? :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  49. surya gunawan

    October 6, 2010 at 4:54 am

    yap…sangat betul…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  50. metal_vodka@yahoo.com

    November 7, 2010 at 11:04 am

    misalny pada biola, jenis kayu akan mempengaruhi bunyi suara yg dihasilkan, bukan sekedar ruang resonansi, panjang dawai atau tekanan [menggesek/memetik] pada dawai ??? jadi, cara meningkatkan kualitas resonansi pada alat musik gmn yaa ?? ty :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  51. Boy sadam

    November 9, 2010 at 5:20 am

    Wah Makasih yah atas info nya :oops: ,kebetulan aku hari ini praktikum tentang resonansi,do’ain aku yah semoga lulus responsi :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  52. gina

    November 29, 2010 at 10:09 am

    mksih ea info nya :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  53. bello

    January 4, 2011 at 9:03 pm

    misi misi
    salam kenal maaf baru gabung… :oops:
    oia mbak mo nanya nih
    gimana kalo gelombang bunyi pesawat supersonic tuh yang bisa buat kaca pada pecah ampe bumi gonjang – ganjing ,bisa disebut resonansi gak???
    :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  54. Rachmi

    January 25, 2011 at 2:00 pm

    karakteristik bunyi apa aja sih? :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  55. Mhyela

    January 26, 2011 at 1:57 am

    Maaf, tolong sebutin macam-macam resonansi, dan jelaskan artinya….!!!!!! :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  56. BUNGA

    February 1, 2011 at 1:26 pm

    peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena adanya sumber bunyi disebut… :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  57. Hazna

    February 11, 2011 at 4:15 am

    :lol: :( :-) :D :( 8 :twisted: O :? 8) :P :x :arrow: :mrgreen: :| :| :?: :wink: :roll: :twisted: :D :twisted: :o 8O :o :o :o :o :o :( :-) :D :lol: 8) :P :idea: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  58. Hazna

    February 11, 2011 at 4:17 am

    xixixixixixixixixixixixixixixixixixixi ….
    :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  59. Hazna

    February 11, 2011 at 4:18 am

    :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  60. dinda

    February 20, 2011 at 5:59 am

    kak bantuin aku dong untuk ngerjain tugas !
    tolong sebutin 20 contoh resonansi yang ada di dalam kehidupan sehari-hari ..

    plisss bantuin yach .

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  61. dinda

    February 20, 2011 at 6:18 am

    kak plisz di bls..
    tugasnya di kumpul besok ..

    sebutin 20 contoh kerugian dari resonansi . :? :( :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  62. akbar

    February 27, 2011 at 12:53 pm

    TQ yh …. aq jdi ngerti RESONANSI……..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  63. Nandda

    March 1, 2011 at 3:41 am

    :-) :P makasii ya mbak’e aq jadii mudeng ttg resonansi…walaupun pakek bahasa indo…website nie sangat membantuuu…. 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  64. ulul

    March 17, 2011 at 7:08 am

    aqhuw mhauw nanyak nich
    contoh alat musik apa saja yang dapat beresonansi dan jelaskan
    :!: :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  65. Cyber

    March 17, 2011 at 12:05 pm

    ==a butuh banget nih PR males nyari d buku :D ihihihi Tolong di jawab ya Resonasi yg Menguntungkan & Merugikan tuh apa aja sih !??!?!?!?! :cry: Males banget nyari hihiihh

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  66. rena

    March 18, 2011 at 4:45 am

    syarat benda bisa terapung, jika Fa>W apa Fa=W ?
    apa tergantung pda kondisi terapungnya juga?ada benda yang terbshi semu, ada jg yang sebgian…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  67. sabrina

    March 21, 2011 at 10:19 am

    apasih syarat resonansi ?http://klikbelajar.com/wp-includes/images/smilies/icon_lol.gif

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  68. salsa ayu

    March 23, 2011 at 2:45 am

    :!: :D :-)
    terima kasih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  69. biella

    March 23, 2011 at 8:21 am

    faktor apa saja yang mempengarui resonansi…?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  70. putri

    March 23, 2011 at 10:54 am

    kaka :)
    bantuin aku dong .
    5 contoh peristiwa resonansi itu apa aja ya ?

    pliss, jawabnya cepet soalnya besok udah di kumpul nih PR !

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  71. siti

    March 29, 2011 at 3:25 am

    skrg cuma ngomongin resonnasi ya??? :D
    yg lain dunk!!! :o
    lg bnyak tugas fisika ni :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  72. Aplonia

    March 29, 2011 at 4:03 am

    Syarat-syarat terjadinya Resonansi? :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  73. nys_eva@ymail.com

    April 25, 2011 at 3:09 pm

    alat peraga yang bisa dipakai untuk resonansi selain gitar apalagi….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  74. IDA

    May 2, 2011 at 6:52 am

    KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN DARI PERISTIWA RESONANSI ITU SEPERTI APA CIH KA’……????

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  75. rani

    May 28, 2011 at 11:38 am

    k’ tlng jlskan SYARAT terjadi nya RESONASI !!!!!
    thx ….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  76. rani

    May 28, 2011 at 11:40 am

    k’ tlng jlskan SYARAT terjadi nx RESONASI !!!!!
    thx …
    :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  77. rani

    May 28, 2011 at 11:41 am

    tlng jlskan SYARAT twrjdiinya RESONASI !!!
    THX …

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  78. rani

    May 28, 2011 at 11:43 am

    JLSKAN SYARAT terjadii nya RESONASI !!!
    THX

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  79. cika

    June 7, 2011 at 7:21 am

    resonansi itu apa si
    jelaskan dong?
    thx

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  80. doradetrina

    June 21, 2011 at 8:42 am

    wah saya terbantu bnged dnga perbincangan para ahlli2 fsika ne..trimakasihhh :-) :-) :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  81. defika

    October 4, 2011 at 1:59 am

    mengapa metode resonansi dapat di pakai untuk menentukan kecepatan di udara???
    8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  82. defika

    October 4, 2011 at 2:07 am

    tanya lagi,,
    kalo ada pernyataan gini :
    resonansi terjadi bila permukaan tabung resonansi sebagai perut dan permukaan air di dalam tabung resonansi sebagai simpu geombang bunyi?
    bener ngag? :o :-)
    kalo salah ?benernya gmn?
    help :o :o :o :o :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  83. Cartoon Dyqta

    October 6, 2011 at 8:29 am

    klu boleh nanya nie . .
    dr penjelsan yg di utarakan td . . .
    katanya resonansi terjadi karena kesamaan frekuensi ya ?
    nah trus katanya klu bnda yg punya frkuensi sama bsa saling menggetarkan apabila salah satu bendanya bergetar . .
    n kita tahu suatu benda dapat
    bergetar karena diberi gaya kan , ,
    klu gtu resonansi salah satu proses penghantaran gaya ya ??
    atau gmana ?
    bingung . . ???
    :roll: :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  84. irga

    October 9, 2011 at 4:18 am

    kenapa Harus garpu tala yg di gunakan seorang composer musik untuk
    nyetem nada dasar ?
    contohnya ada gitar…… 8) seberapa akurat si getaran dari arputala itu? kenapa gk bsi biasa misalnyaa

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  85. indra

    October 12, 2011 at 11:44 am

    tolong di bantu, cara mengetahui berapa frekuensi yang di butuhkan supaya benda itu bisa ikud bergetar itu gimana ?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  86. imam

    October 19, 2011 at 6:54 pm

    thank’s nabila..
    kebantu semua nii dari kebuntuan yang ada.. :lol: :D :!:
    sukses.. :o :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  87. luna

    November 21, 2011 at 6:03 am

    Bagaimana resonansi dapat terjadi pada gitar? 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  88. lanjar

    November 24, 2011 at 7:23 am

    saya bingung ne sm rumus fisika,…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  89. tania

    May 22, 2013 at 2:35 pm

    tolong dong sebutin masalah yangg ditimbulkan pada resonasi (minimal 4) plisss

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  90. Rizqi Sumi

    May 30, 2013 at 1:50 am

    duhhhh pusing bljr fisika tpi ada asikknya..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  91. andara

    September 9, 2013 at 1:53 pm

    itu 2 yang paling pertama dapet dari mana??

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  92. Arsyandi

    October 28, 2013 at 4:47 am

    *disebabkan
    *frekuensi

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  93. Saras rama

    January 23, 2014 at 2:49 am

    Praktikum resonansi paling sderhana donk. Dan penjelasan ny. Please ya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>