Best Author
sangdedi

743,253
octa

484,363
fitrotinnikm

456,613
idjah

444,779
dwi

312,845
adit

309,734
resta-andara

273,797
benedict

261,561
rahadian

240,290
bara

228,914
nabilalalala

216,598
kurnitap_

154,132
kuswanto

139,179
suranto

100,765
admin

98,848
iwan

80,055
kupukupu

78,090

Belajar Deret Volta dan Cara Menghapalnya

Bagi kalian yang duduk di bangku SMA terutama pasti kalian pernah diajarkan mengenai deret Volta pada pelajaran Kimia. Bagi yang belum pernah atau sudah pernah tapi lupa :D , akan aku jelaskan tentang deret Volta dan cara menghapalnya. Mudah-mudahan kalian menjadi paham atau kembali paham :D.

Pengertian “Deret Volta” itu sendiri adalah

“Suatu urutan unsur-unsur logam yang berdasarkan potensial standarnya.”

Lalu bagaimana maksudnya itu? Begini, setiap logam itu mempunyai sebuah nilai (potensial) tertentu yang selalu sama yang diberikan oleh alam. Namun antara unsur logam yang satu dengan yang lain berbeda nilainya.

Lalu bagaimana cara mengetahuinya? Caranya nilai logam tersebut harus dibandingkan. Nilai yang dimaksud disini adalah potensialnya. Untuk selanjutnya akan aku gunakan potensial biar lebih ilmiah :wink: .

Dengan apa? Dengan elektroda standar.

Elektroda standar? Elektroda standar adalah elektroda yang potensialnya sudah diketahui sebelumnya, contoh elektroda standar Hidrogen mempunyai potensial 0 (nol) Volt.

Lalu elektroda standar itu diapain? Misalnya kita memakai elektroda standar Hidrogen, maka elektroda standar tersebut dihubungkan dengan logam yang akan diukur menggunakan sebuah voltmeter. Nilai yang terbaca adalah nilai potensial standar dari logam yang kita ukur!! Lihat cara merangkainya dibawah

deret volta

Kalau penjelasan diatas sudah dimengerti maka lanjut ke Alessandro Volta. Alessandro Volta kemudian menyusun logam-logam tersebut berurutan dari yang potensialnya paling kecil di sebelah kiri kemudian yang paling besar di sebelah kanan.

Lithium-Kalium-Barium-Calsium-Natrium-Magnesium-Aluminium-Mangan-Zinc-Cerium-Cadmium-Cobalt-Nickel-Stanum-Plumbum-(Hidrogen)-Cuprum-Hydrargyrum-Argentum-Platina-Aurum

singkatnya

Li-K-Ba-Ca-Na-Mg-Al-Mn-Zn-Cr-Fe-Cd-Co-Ni-Sn-Pb-(H)-Cu-Hg-Ag-Pt-Au

Urutan logam ini selain menunjukkan potensial yang naik dari kiri ke kanan juga menunjukkan bahwa logam-logam disebelah kiri lebih mudah bereaksi daripada logam sebelah kanan. Selain itu logam-logam tersebut dari kiri ke kanan makin mudah direduksi namun makin sulit dioksidasi. Sebaliknya, dari kanan ke kiri makin mudah untuk dioksidasi dan makin sulit untuk direduksi.

Urutan logam ini karena sering keluar di ujian makanya aku hapalkan, banyak sekali tipe-tipe hapalan untuk deret volta ini. Masing-masing memang punya cara sendiri untuk menghapal tergantung dari kecocokan hapalan tersebut dengan jiwa mereka :D . Sekedar berbagi ada beberapa tipe hapalan yang aku temui:

1. Tipe Mantra dari Alessandro Volta (Tipe hapalan dari penulis sendiri, murni dan sampai sekarang penulis masih menggunakannya)

Kabacana-megalmenzen-cerfecedco-nisnpeb-cuhagpetau

2. Tipe Camat (Ada beberapa versi namun ini menurut teman yang ada disebelahku sekarang karena dia masih menggunakannya)

Kalau bapak camat nanti meninggal, Minah zangan cari feri si cacad coalnya nisannya bikin di pabrik

3. Tipe Cukur tapi Bau (Ada nabi, ada cowok simpanan, dan ada yang sehabis cukur jadi bau) oleh Melnick

Lihat Kanan Banyak Calon Nabi Manggil Ali Minta iZin Cari FeNi Cowok Simpanan Prabu Habis
Cukur Hingga Agak bAu

4. Tipe Pembantu buat Cuci Harga Perak (Wow, harga perak bisa dicuci) oleh ZeroFour

Bli kaos baju clana namun mengapa Ali minta Zein cari fembantu cadangan coz nanti senin
pembantu harus bisa cuci harga perak platina emas

5. Tipe Magazine oleh togejiro2485

Lik bacana magazine,ali zaenal cari feconisin di pabrik Hidrogen cuman harga agak penting australia

6. Tipe Crot oleh Prambors

LiKBaCaNa-ManGan-AlMaN-ZiiiiiNg-CRooot-FeNiSnnya-Timbal-CuH-gAg-Ptau

7. Tipe Bapak Kaisar oleh sylvia

Lihat Kalau Bapak Caisar Nanti Meninggal Ala Mana Zaman Firaun Nabi Sulaiman Pemberantas Buta Huruf Crupuk Hangus Agak Pahit Au

Untuk sementara itulah tipe-tipe hapalan yang pernah aku temui, akan diupdate lagi kalau ada tambahan. Atau teman-teman punya tipe hapalan sendiri?

Penulis :
Telah menulis sebanyak 7 artikel
Mendapatkan 623 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

18 Comments

  1. Firda

    May 27, 2009 at 3:09 pm

    Waouw…Jembatan keledai yang lucu! :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. Bara Sukaton

    Bara Sukaton

    May 28, 2009 at 10:58 am

    punya versi sendiri ?

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. Debooshe

    June 6, 2009 at 9:07 am

    Mkc, seru bgt cra ngafalx..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. ERSALINA NIDIANTI

    August 28, 2009 at 7:28 am

    he,.he,.he :P :o :arrow:
    lucu,. jdi mdh ngaplin deret volta,. smga bza mmbntu u/ sukses dlm ngrjkn soal2 kimia yg brhbngan dgn elektrokimia
    thanxz

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. Bara Sukaton

    Bara Sukaton

    August 28, 2009 at 7:57 am

    alhamdulilah … deret volta ku yang ‘kabacana’ masih kepake sampe kuliah loh :D

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. togejiro2485

    November 8, 2009 at 3:25 pm

    kalo kayak gini gmn?
    Lik bacana magazine,ali zaenal cari feconisin di pabrik Hidrogen cuman harga agak penting australia … :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. temennya togejiro

    November 8, 2009 at 3:30 pm

    yup setuju dengan Lik BaCaNa Magazine ALi Zaenal Cari Feconisin Di pabrik Hidrogen cuma harga agak penting australia… :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. Bara Sukaton

    Bara Sukaton

    November 9, 2009 at 11:09 pm

    @togejiro dan temennya : bagus :!: sudah aku tambahkan di atas ,,, tapi Mangan (Mn) dan Cadmium (Cd) ga ada ya :D

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. Prambors

    February 18, 2010 at 5:13 pm

    LiKBaCaNa-ManGan-AlMaN-ZiiiiiNg-CRooot-FeNiSnnya-Timbal

    CuH-gAg-Ptau

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. dhini

    March 4, 2010 at 4:38 am

    sering-sering nulis singkatan yang lain kak… :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. sylvia-doebelpatri

    October 11, 2010 at 11:53 am

    :o kalo di sekolah aku, ” Lihat Kalau Bapak Caisar Nanti Meninggal Ala Mana Zaman Firaun Nabi Sulaiman Pemberantas Buta Huruf Crupuk Hangus Agak Pahit Au…” 8) hehehe…
    rada lucu en weird sih,… :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. Bara Sukaton

    Bara Sukaton

    October 18, 2010 at 1:12 pm

    @Prambors : haha gilee luu … vulgar tapi jadi gampang ngingetnya ya
    @sylvia : mantab .. aku taruh diatas yah :wink:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. erdiansyah

    October 29, 2010 at 12:29 pm

    :!: LiKBaCaNa AgakFeNiSin Cari CoCu Hingga MaNa AlAu Hari Puber Moga iZin :!: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. aditya

    August 9, 2011 at 5:39 am

    mantap sekali kumpulan jembatan kedelainya hehehe :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. wardah

    November 12, 2011 at 1:10 pm

    keren tu .. cra mghfl a..
    unik,kreatif..hehehe :!: :P :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. Chica

    November 20, 2011 at 11:43 am

    Keren keren keren,,,, :!: :!: :!: :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. Rama

    September 16, 2012 at 2:51 pm

    cuma sekedar menambahkan,,
    “Lihat Kalau Bapak Camat Nanti MeninggAl, Minah Zangan Cari Feri Cacad Coalnya NiSannya bikinan Pabrik Harus diCuci Hingga Agak Putih hArum”
    :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. Fel

    September 30, 2012 at 3:54 pm

    Versi gabungan dari sy sm teman2 sekelas lainnya. Kalimatnya dipotong2 supaya rada nyambung gt, wkwk.
    Lia punya Kerbau CAntik NAmanya MeGa.
    Alam MN ZeiN CaRi FElix punya CD?
    COwok Nikah SN Pria Banci.
    dah HanCur, HanGus pula si AGung PuTAU.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>