Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,265
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,167
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,123
benedict

261,583
rahadian

240,910
bara

228,942
nabilalalala

216,882
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,175
suranto

100,765
admin

99,000
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Belajar Bermain Gitar: Membaca tablatur bending dan sliding

Wuaaah, dah lama gak kesini taunya udah rame aja,, salam kenal buat semuanya. Tulisan ini aku buat untuk ngelanjutin tutorial membaca tablatur yang kemaren,, hehe gak kemaren juga si, udah lama banget sebetulnya. Kali ini aku mau berbagi tentang membaca tablatur untuk teknik bending dan tapping pada gitar.

Udah tau kan apa itu bending dan sliding pada gitar? kalo belum aku kasih sedikit penjelasan ya, teknik bending itu teknik menaikkan nada sampai beberapa tingkat. Caranya senar yang kamu petik dapat ditarik ke bawah atau keatas. Kalo yang namanya sliding itu sama seperti bending yaitu menaikkan nada juga tapi caranya jari kamu dislide alias diseret ke fret yang lebih tinggi lalu dibalikkin lagi.

Kalo udah tau apa itu bending dan sliding, ini ada contoh tablatur yang memakai teknik bending. Lihat ya,

E ——————————————————

B —————10b12—————————-

D ——————————————————

G ——————————————————

A ——————————————————

E ——————————————————

Tablatur diatas maksutnya adalah senar kedua dari bawah dipetik pada fret ke 10 lalu dinaikkan nadanya sampai suaranya sama seperti fret ke 12. Mungkin juga kalian pernah mendapatkan tablatur seperti ini

E ———————————————————-

B —————10b12r10—————————-

D ———————————————————-

G ———————————————————-

A ———————————————————-

E ———————————————————-

Nah lo kok ada r nya ?? itu maksutnya adalah release alias nada yang udah dinaikkin dibalikin lagi ke nada awal.

Sekarang sliding ya, ini contoh tablaturnya ..

E —————————————–

B ————-9/11\9—————-

D —————————————–

G —————————————–

A —————————————–

E —————————————–

Artinya senar kedua dari bawah kamu petik di fret ke 9 lalu kamu seret jari yang buat nahan senar ke fret 11 trus seret lagi ke fret 9. Hehe kalo masi belajar emang kerasa rada-rada sakit di ujung jari. Tapi gak papa, practice makes perfect, lama-lama kalo udah biasa juga jadi gak sakit. Alias ujung jarinya udah kapalan (kapalan=kulitnya menebal) hehehe.

Penulis :
Telah menulis sebanyak 4 artikel
Mendapatkan 63 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

15 Comments

  1. anakadam

    February 28, 2009 at 5:03 am

    mau nanya, kalo di tablatur yang saya punya kok untuk sliding notasinya ‘s’ ya yang bener yang mana nih ??

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. sangdedi

    sangdedi

    February 28, 2009 at 10:17 pm

    sama aja koq.. :-)
    tapi yang paling umum yah tandanya kayak gituh
    nanti juga lama2 kita gak butuh tab lagi koq.. percaya deh.. :wink:
    mungkin s itu kepanjangan dari ‘slide’ tapi itu mungkin loh yah :D

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. ujal

    ujal

    March 1, 2009 at 2:37 am

    notasi ‘s’ digunakan juga di beberapa tablature untuk menotasikan slide, tetapi hal ini tidak biasa. Yang umum digunakan adalah / dan \.

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. kharis kharis

    March 22, 2009 at 9:45 am

    gue mau nanya, klo suara yang kayak ayam gitu itu namanya bending ia ?
    ada cara cara tertentu gk sih klo mau nge bending ?
    tnx ia..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. kharis kharis

    March 22, 2009 at 9:46 am

    bending ada teknik tersendiri gk sih ?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. sangdedi

    sangdedi

    March 22, 2009 at 6:17 pm

    numpang jawab yah ujal :-)
    @kharis : setau saya bending itu teknik dasar dalam bermain gitar, ada banyak banget variasi dari bending.
    misal gini :
    1. Senar di-bending lebih dulu, lalu dipetik, trus baru diturunkan ke nada awal.
    2. Senar dipetik lebih dulu lalu kemudian senar dibending.
    (ini baru perbedaan paling dasar)
    ada lagi yang menggunakan 2 senar secara bersamaan,
    misal : dimainkan pada senar 2 (fret 5) dan senar 3(fret 7), yang dibending senar 3(fret 7) sehingga suaranya akan naik menjadi 1 nada sehingga nada yang dimainkan akan terdengar sama dengan nada yang dimainkan di senar 2 (fret 5) << teknik ini akan terdengar seperti suara gajah (sering dimainkan Andra-dewa19)
    ada juga teknik bending yang dicampur dengan teknik alternate picking (jadi suaranya akan terdengan naik 1 oktaf dari nada asli)
    banyak deh pokoknya kalo mau dijabarkan satu per satu

    CMIIW yah ujal :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. ujal

    ujal

    March 24, 2009 at 3:09 pm

    Iyah cukup banyak memang teknik khusus buat bending, nanti akan aku bahas disini,

    btw sepertinya mas dedi juga jago nih ya maen gitarnya .. :D

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. Fernando

    June 17, 2009 at 2:22 am

    Thanks ya broo,,,,
    Q mw nanya E di tali ke 6 apa bedanya dgn E tali 1???????
    :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. RYANBETTER

    October 8, 2009 at 5:57 pm

    TEKNIK PICKING TU GMANA SIH

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. tomson

    June 11, 2010 at 12:58 pm

    wahh..
    lumayan lah buat nambah”in ilmu..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. MAUREEN

    June 17, 2010 at 2:50 pm

    cool… :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. rrheza pain

    September 8, 2010 at 3:54 am

    menarik juga , tp kalau yg dinamakan open tuning pada guitar tu apa, trus tolong perbanyak lagi tekhnik gitar lain, misalnya aja hammer on atau pull of :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. ARIE

    January 24, 2011 at 6:43 pm

    :-) kasih lah…tekhnik2 dasar semua dari bending,taping.palm muting dst…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. ALVY

    March 3, 2011 at 5:30 am

    wow… is awesome…!!
    lanjutkan lagi tulisannya… biar kita sering sering main ke sini. hehehe :D :!:

    n kalau bisa, tehnik guitar itu apa ajah sih? pengen tahu…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. rulle

    October 16, 2011 at 2:12 am

    arpeggio adalah notasi sempurna dari sebuah chord yang dipetik secara bergantian, sebenarnya bukan hal yang rumit, karena jika anda mainkan pada sebuah gitar akustik kemudia anda mainkan chord sempurna ato banyak org selalu dan biasa menyebutnya dengan kata chord balok ato not balok kemudian anda strum ato petik, maka hal itu sama dengan arpeggio.

    |———————–7(turun)–12(naik)p7——————|
    |——————–8(turun)—————-8(naik)—————|
    |—————–9(turun)———————-9(naik)———–
    |————–9(turun)—————————-9(naik)———
    |7(turun)–10(naik)————————————10(naik)–7(turun)–|
    |——————————————————————
    tulisan naik-turun dalam kurung adalah contoh dari pergerakan pick.
    selamat mencoba teman. :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>