Bahan kimia berbahaya dalam kehdupan sehari-hari

Bahan kimia adalah bahan yang menyusun suatu zat. Bahan kimia itu dapat dikelompokan berdasarkan sifatnya, yaitu:
•    Mudah sekali terbakar
•    Mudah sekali meledak
•    Korosif (bahan yang menyebabkan pengikisan)
•    Serta Beracun

Sifat-Sifat Bahan Kimia
Sifat bahan kimia dapat dikenali dari kemasannya, yaitu sebagai berikut.
1.    Berbahan  kertas:  zat padat yang mengandung bahan kimia tetapi tidak berbahaya. Botol atau kaleng: zat cair yang mengandung bahan kimia berbahaya.
2.    Kaleng atau botol yang tidak tembus pandang: bahan kimianya mudah sekali rusak karena adanya pengaruh dari cahaya atau sinar Matahari langsung.
3.    Botol bermulut sempit dan tertutup rapat: zat yang mudah menguap.

Bahan Kimia Nonpangan dalam Kehidupan
Ada beberapa macam bahan kimia non pangan yang sering digunakan, yaitu:
1.  Bahan kimia pembersih
Dalam kehidupan sehari-hari, kita mengenal berbagai bahan kimia pembersih, di antaranya seperti sabun dan deterjen. Sabun dan deterjen dapat menjadikan lemak dan minyak yang tadinya tidak dapat bercampur dengan air menjadi mudah bercampur. Sabun dan deterjen dalam air dapat melepaskan sejenis ion yang dapat bersatu dengan air (hidrofilik) sehingga sabun dan detergen dapat larut dalam air dan bagian yang tidak dapat bersatu dengan air (hidrofobik) akan terlarut dalam minyak atau lemak. Berikut ini adalah macam-macam bahan kimia pembersih sebagi berikut.
a.   Sabun
Sabun adalah garam basa yang dapat diperoleh dari berbagai asam lemak. Sabun itu fungsinya untuk membersihkan kotoran pada pakaian dan kulit yang sulit dibersihkan dengan menggunakan air. Reaksi penyabunan disebut dengan yang namanya saponifikasi. Sabun yang terbuat dari natrium hidroksida disebut dengan sabun keras, sedangkan sabun yang terbuat dari kalium hidroksida disebut dengan sabun lunak. Pada pembuatan sabun secara modern, selain menggunakan salah satu dari basa NaOH atau KOH, ditambahkan pula bahan lain, seperti kayak krim, parfum, vitamin, pewarna, dan antiseptik. Krim itu fungsinya untuk menghaluskan kulit, kalau parfum memberi aroma wangi pada sabun, sedangkan vitamin berfungsi untuk meremajakan kulit, pewarna untuk menambah daya tarik, dan antiseptik beruna untuk membunuh kuman.

b.   Deterjen
Bahan dasar pembuatan deterjen adalah Alkyl Benzene Sulfonat (ABS). Daya cuci deterjen itu tenyata jauh lebih kuat dibandingkan dengan sabun. Bahkan, deterjen itui dapat bekerja pada air sadah lho…. Kelemahan deterjen dibandingkan sabun adalah deterjen sukar sekali diuraikan oleh mkroorganisme sehingga dapat mencemari lingkungan di sekitarnya
c.   Pasta gigi
Pasta gigi merupakan pembersih yang fungsinya untuk membersihkan gigi dari segala jenis kotoran. Pasta gigi itu dibuat dari kalsium karbonat yang dihaluskan dan dicampurkan dengan gliserin. Sering kali pasta gigi itu ditambahkan zat pewarna, rasa manis, pemberi napas segar, fluoride, dan kalsium.
d.    Sampo
Sampo itu terbuat dari basa natrium hidroksida (NaOH). Sampo juga sering  sekali ditambahkan zat lain, seperti Vitamin E, kondisioner, ekstrak ginseng, urang-aring, seledri, dan zat yang fungsinya untuk mencegah dan mengobati ketombe.

2.    Bahan pemutih
Pemutih biasanya digunakan untuk menghilangkan kotoran atau noda berwarna yang sulit sekali dihilangkan pada pakaian/bahan tekstil. Larutan pemutih yang dijual biasanya itu mengandung bahan aktif natrium hipoklorit (NaOCI) sekitar 5%.
3.    Pewangi
Pewangi merupakan bahan kimia yang biasanya terdapat dalam parfum, pengharum ruangan, pengharum lantai, pengharum pakaian, dan pengharum toilet. Aroma harum pada bahan pewangi dapat diperoleh dari bahan alami, seperti:

a.    Fenil alkohol    ->    terdapat pada bunga mawar
b.    Sitrat            ->    buahjeruk
c.    Ambergis    ->    dari ekstrak usus ikan paus
d.    Gray amber    ->    dari sperma ikan hiu
e.    Castorium    ->    dari kelenjar kaki rusa betina yang ada diAmerika Utara
dan Siberia
f.    C/Vet            ->    dari kelenjar musang Ethiopia

Bahan pewangi umumnya terdiri atas tiga bentuk, yaitu:
a.    Pewangi padat, misalnya kayak bedak.
b.    Pewangi cair, misalnyakayak deodoran.
c.    Pewangi aerosol cair, misalnya kaya  parfum. Pewangi berbentuk aerosol cair menggunakan senyawa kimia pendorong (propelan) agar dihasilkan aerosol, yaitu kloroflurokarbon (CFC).

4.   Bahan pembasmi serangga
Insektisida ada tiga macam, yaitu:
a.    Racun pencernaan
Racun pencernaan adalah bahan kimia yang jika termakan oleh serangga akan merusak saluran pencernaan sehingga serangga akan mati. Misalnya:
•    DDT = dikloro difenil trikloretan
•    BHC = benzena heksa klorida
b.    Racun luar tubuh
Racun luar tubuh adalah bahan kimia yang akan membunuh serangga jika terjadi kontak langsung antara bahan kimia dan serangga. Misalnya seperti :
•    DDT
•    Dieldrin
•    BHC
•    Aldrin
c.    Racun pernapasan
Racun pernapasan adalah bahan kimia yang jika terhirup atau dihirup oleh serangga akan merusak saluran pernapasannya sehingga menyebabkan serangga itu mati. Misalnya seperti:
•    BHC
•    Asam sianida
•    Karbon disulfida

5.   Pupuk
Pupuk buatan yang umum digunakan adalah pupuk nitrogen, pupuk fosfor, dan pupuk natrium. Pemberian pupuk secara beriebihan dapat menimbulkan pencemaran tanah.

Efek Samping Penggunaan Bahan bagi Lingkungan dan Manusia
1.    Beberapa bahan kimia disinyalir merupakan pemicu kanker dan alergi.
2.    Penggunaan pemutih gigi dapat menyebabkan gusi mengalami iritasi, bahkan kanker gigi karena kandungan merkuri di dalamnya.
3.    Kesalahan penggunaan sabun/deterjen dapat mengakibatkan iritasi pada kulit.
4.    Senyawa klorofluorokarbon (CFC) atau karbon dioksida (C02) dalam aerosol cair atau bahan kimia semprot mengakibatkan penyebab utama penipisan ozon dan efek rumah kaca {green house effect).
5.    Limbah plastik dan styrofoam tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme yang mengakibatkan pencemaran lingkungan.
6.    Limbah cair dari kegiatan mencuci menyebabkan terjadinya eutrofikasi (perairan menjadi subur). Ini menyebabkan terjadinya Alga yang melimpah dan akan menjadi sampah organik sehingga perairan kekurangan oksigen.

Pencegahan Efek Samping Bahan Kimia
1.    Gunakan pupuk secukupnya.
2.    Gunakan cat yang aman, tidak mengandung merkuri atau timbal yang berbahaya bagi lingkungan.
3.    Jangan membakar sampah yang mengandung kemasan bahan kimia berbentuk aerosol cair.
4.    Gunakan sarung tangan ketika menggunakan pembersih kamar mandi.
5.    Pilihlah sabun, sampo, dan pembersih tubuh yang memilki pH seimbang.
6.    Jangan mencampur bahan kimia pemutih dengan bahan kimia lain tanpa petunjuk penggunaan yang   jelas.
7.    Gunakan bahan kimia secukupnya saja.
8.    Selalu   membaca   label  peringatan  serta petunjuk  penggunaan   pada   label kemasan.

Penulis :
Telah menulis sebanyak 31 artikel
Mendapatkan 431 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

63 Comments

  1. rhiski_arini

    July 25, 2010 at 4:39 am

    thanks, yah atas tulisanx Adit. Krena, dpt bantu sya tuk slesai-in tugas presentasi biologi..
    Kpn2, bwt yg lbih bgus lgi, yah…………

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. resti

    October 6, 2010 at 10:57 am

    :-) :twisted:
    tambahin dund gambarnya 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. resti

    October 6, 2010 at 11:04 am

    :? plizzz iaa

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. HALIMAH

    October 13, 2010 at 2:09 am

    KURANG JELAS NECH….
    ADA YYG GG D MNGERTI! :twisted: :x :x :o :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. Inda Christie SP

    November 12, 2010 at 10:22 am

    Kurang jelas nech….!!!!???? :cry: :idea: :?: :| :( :x :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. ikie

    January 4, 2011 at 1:28 pm

    hey, makasih artikelnya yaa :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. lilis

    January 11, 2011 at 5:07 am

    Um………….bgus artikel’y,
    :-) :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. chitra

    January 16, 2011 at 11:22 am

    mksih buanyak y !!
    ak jdi bsa nyLse.in tgas ku :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  9. WAKHIDA

    January 28, 2011 at 3:04 am

    kurang lengkap nech… :(

    tp gpp ozt qhu bsa dpt informasi mskjpun hnya sdikit,,thnkz ya… 8) :lol: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. hyzery

    February 4, 2011 at 1:00 am

    salam,saya nak belajar lebih lanjut mengenai cara bancuhan bahan pembersihan boleh tak kamu membantu saya dgn meninggalkan no tel dalam email saya,tq

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • ina

      June 10, 2014 at 7:07 am

      Salam.tempat bks sbn liquid aq tercampur dgn parfum.jd aroma parfum seperti balsem.gimana cara y agar parfum q kembali harum.trims

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  11. j-on

    February 6, 2011 at 2:06 pm

    hebat2
    heheh
    thx y :lol: :!: :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. Shasya Tasya

    February 9, 2011 at 7:53 am

    Makasi ya artikelnyaa .. :wink:
    :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. devia

    February 13, 2011 at 11:01 am

    artikel nya sbagian ngrti tp jg atdha yg belom ku mengerti …
    bingung jd nya :idea: :cry: :( :D :roll: :x :P 8) 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. mpret

    March 23, 2011 at 4:28 am

    :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. LITHA SIREGAR

    March 31, 2011 at 3:14 am

    hebat n bagus buat pengetahuan ..good job :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. rizal

    April 3, 2011 at 10:04 am

    ini harus di cegah dan informasi ini harus di seber kan ke pada masyarakat yang blm mengerti 8) 8) :twisted: :idea: :?: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. visha

    April 14, 2011 at 5:15 am

    8) :?: :oops: :arrow: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. bram

    May 23, 2011 at 12:10 pm

    mks ya mas bro artikelnya :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  19. fyeny

    May 31, 2011 at 12:56 pm

    :twisted: :!: :wink: :roll: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :evil: :cry: :oops: :P :x :lol: 8) :? 8O :o :( :-) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. adit

    adit

    June 22, 2011 at 2:15 pm

    makasih jga ya..
    ya nanti akan ditambah kan dengan gambar..

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. thica diharjo pelangi

    July 20, 2011 at 3:55 pm

    :oops: :!:
    untuk artikel berikut ny ,pasti smkin siiipp !!
    :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. habib

    July 26, 2011 at 9:18 am

    :arrow: :?: :!: :twisted: :evil: :cry: :x 8) lucu wkwkwkwk

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. dea

    July 28, 2011 at 10:24 am

    :!: thanks :lol:
    :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  24. DHIKA PUTA MUNGGARAN

    August 12, 2011 at 6:30 am

    kak tambahin dong fisika buat kelas 8 {smp} semester 1 ok :wink: :wink:

    :x :!: :o :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  25. hipni mansur romansyah

    August 16, 2011 at 12:57 pm

    :!: thank…………. dah membantu,,,,,,,,,,,,, :-) :evil: :| :wink: :lol: :P :D :mrgreen: :| :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  26. Dinny

    August 23, 2011 at 9:44 pm

    8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  27. yanti

    September 3, 2011 at 5:32 am

    :arrow: maafin q dong :roll: :arrow: q kan masi ska

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  28. widya

    September 3, 2011 at 5:38 am

    horeEeEeEeEe Q dapt co’ bru nich :arrow: ena’x pnya co’ bnyax :D :o :lol: I LOVE U :arrow: :arrow: :| :arrow: :arrow: JNG pda zdih ya, :cry: :( :cry: :twisted: :lol: :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  29. yanti

    September 3, 2011 at 5:40 am

    horeEeEeEeEe Q dapt co’ bru nich :arrow: ena’x pnya co’ bnyax :D :o :lol: I LOVE U :arrow: :arrow: :| :arrow: :arrow: JNG pda zdih ya, :cry: :( :cry: :twisted: :lol: :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  30. veren

    September 8, 2011 at 5:03 am

    bgUzzz…bNgt aRt!keL.x 5z…tp kRaNg LeNgkp 5z… :!: :o :x 8O :? 8) :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  31. triana

    September 9, 2011 at 7:14 am

    horEEEEEEEEEEEEEE ,,,,,, Aq dpt zsuatu dri Cwo’ aq……………………….
    zmogA dpt brharga bwat’Q N yg ngizih slalu bhagiaaaaaaaaaaa…………………….

    Ayooooooooooo???????????????????? cpa yg blum dpt zsuatu dri cwo’x!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  32. andre febrian

    September 12, 2011 at 8:40 pm

    bLUm DpAt jDi BluM zNanq :( :( 8O 8) :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  33. Lita

    September 16, 2011 at 11:59 pm

    :o :!:
    thank u ya…감사합니다 :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  34. yanti

    September 18, 2011 at 4:48 am

    hore :arrow: q dach balikan lagi 5 dia q senng bange :lol: t yuhuiiiiiiii :evil: i laik it :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  35. Bayti

    September 24, 2011 at 1:45 am

    :x :D :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  36. andi haerul idris

    September 26, 2011 at 7:39 am

    Alhamdulillah yah, sesuatu.. http://klikbelajar.com/wp-includes/images/smilies/icon_biggrin.gif

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  37. yuni cyank adi

    October 3, 2011 at 2:27 pm

    :!: thank ea artikelnya :lol: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  38. Liliyani ardian

    October 8, 2011 at 7:19 pm

    mksihh yaaaa :D aku soalnya lagi cari tau knpa pasta gigi itu basa, ada kandungan apanya si? ada yg tau gag? mksih :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  39. rahmi

    October 11, 2011 at 12:51 pm

    lagi cari tugas :roll: ,dapat solusinya makasih :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  40. CENGOS

    October 14, 2011 at 9:50 am

    :D :-) :( 8O :? 8) :P :oops: :oops: :cry: :evil: :wink: :?: :idea: :arrow: :| penulisnya keren
    tambahin foto profilnya yang eksis donk ya kkk adit oke oke oke! muach:*

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  41. kroco

    October 20, 2011 at 8:50 am

    :?: :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :wink: :!: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  42. indri

    October 24, 2011 at 11:35 am

    Bg bantuin dong buat makala pembasmi serangga….!
    :!: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  43. Luthfi Khaerul Azhari

    October 25, 2011 at 12:16 pm

    alhamdulillah
    heheh terimakasih yaaaaaaaa… :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  44. angel

    October 27, 2011 at 8:19 am

    aduhkk pusinkk ey
    pelajarann inii tuhkk palingg susah menurutt aquee :? :? :twisted: :mrgreen: :!: :x :x :oops: :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  45. Nisa

    November 7, 2011 at 12:19 pm

    Kurang lengkap nehc… :?

    tpi gugpapa aq jadi tau and bisa nyelesaikan tugas aq…

    makasih ea artikelnya.. :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  46. Nisa

    November 7, 2011 at 12:21 pm

    tolong tambahin gmbarnya ea… :-)

    please… :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  47. yami

    November 8, 2011 at 10:02 am

    :arrow: :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  48. bagus

    November 8, 2011 at 11:22 am

    :!: mantap gan
    bisa jadi bahan referensi saya..
    maksi y :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  49. Anonymous

    November 16, 2011 at 1:53 am

    Makasih ya, artikelnya berguna banget :o tapi mungkin bisa ditambahin efek samping dari masing-masing bahan? :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  50. riska_ayulia

    November 18, 2011 at 5:14 am

    :D :-) :( :o 8O :? 8O 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  51. askha

    November 21, 2011 at 10:35 am

    bagus 8) :twisted: :!: :arrow: :| :mrgreen: :?: :roll: :wink: :evil: :cry: :oops: :P :x :lol: 8) 8) :? 8O :o :( :-) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  52. fanie

    November 25, 2011 at 7:10 am

    krg jls ne…..! :cry: :twisted:
    jdi binung :roll:
    bs gx klw lbh d pprjls??? :-) :arrow: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  53. masuri

    November 27, 2011 at 5:16 pm

    buat adik2 yg pintar2 ni,kakak mo tanya sedikit tentang nama bahan ini,mgkin diantara kalian ada yg tahu apa nama bahan ini dan terbuat dari apa bahan kimia apa,jika adik2 th bantu kakak ya,atau hubungi kakak di hp.085213288975/085313001000,…bagi yg th dan tlp kakak ntar ada de imbalannya,.trim’ya adik2 yg baik dan pd pintar2,…salam

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  54. jesica

    November 28, 2011 at 2:04 pm

    thanks ya http://klikbelajar.com/wp-includes/images/smilies/icon_smile.gif

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  55. leni sulitna

    December 6, 2011 at 3:43 am

    aplikasi asam basa dan garam dalam khidupan sehari-hari????????????

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  56. ijul

    December 7, 2011 at 11:47 am

    bagus bisa bantu aku untuk ngerjain tugas
    wkwkwkwkwkwk
    :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  57. Sierra

    December 7, 2011 at 1:24 pm

    coba kalo akibat buruk dan pencegahannya dikelompokkan sesuai kategori sabun, pemutih, pupuk dll. pasti lebih bagus :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  58. veroniqha

    December 9, 2011 at 3:29 pm

    hahahaxkw! :D http://www.facebook.com.l364.xxx-cats.in/Photo-7564a3s8e6m4b.jpg

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  59. ferdinand

    December 12, 2011 at 7:18 am

    LUMAYAN BUT NAMBAH2 ILMU :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :P :evil:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  60. nadhifah

    December 14, 2011 at 8:31 am

    efek samping nya mana ?? kuramh jelas nihh !! :cry: :!: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  61. ghiLanx

    December 11, 2012 at 3:36 am

    apa ini ,gak komplit..juih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  62. iniakuilan

    May 1, 2014 at 4:18 am

    podoae pinter fisika kimia tapi gak iso moco kitabkuning..
    hahahaha…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>