Atom dan bagianya

Atom itu seperti bagian yang terkecil yang ada di dalam suatu unsur yang masih punya sifat unsur tersebut. atom itu juga terdiri dari suatu unsur yang punya suatu sifat yang berbeda dengan unsur atom lainnya.

Perkembangan teori atom
a.    Teori atom Dalton
Teori atom Dalton adalah teori yang dirumuskan oleh John Dalton yaitu sebagai berikut:
1)    Setiap unsur yang terdiri dari atas partikel-partikel yang terkecil yang nggak bisa lagi dibagi-bagi dan itu disebut dengan atom.
2)    Semua atom yang terdiri dari unsur yang sama, punya ukuran dan massa yang sama  juga  dan berbentuk seperti bola pejal.
3)    Atom itu nggak bakal bisa dirusak, dimusnahkan, atau diciptakan melalui reaksi dari unsur kimia.
4)    Melalui reaksi kimia, atom-atom yang terdiri dari sebuah pereaksi akan mempunyai susunan yang baru dan akan atom tersebut saling terikat satu sama lain dengan rasio atau perbandingan bilangan tertentu.

b.    Teori atom J.J. Thomson (1897)
Thomson adalah seorang ilmuwan kimia yang menyatakan atom sebagai bola yang bermuatan positif dengan berbagai elektron yang sudah tersebar di permukaannya. Atom itu punya sifat netral dan bentuknya itu kayak roti kismis.

c. Teori atom Ernest Rutherford (1911)
Ernest Rutherford adalah ilmuwan kimia yang mengemukakan teori atomnya setelah ia melakukan percobaan yaitu percobaan penembakan lempengan emas tipis dengan partikelnya  Alpha. Rutherford akhirnya menyimpulkan bahwa atom ini mepunyai ruang, serta terdiri atas inti atom yang bermuatan positif, dan mempunyai elektron yang jumlahnya sama dengan jumlah proton. Elektron itu bergeraknya mengorbit serta mengelilingi inti atom.

d.     Teori atom Neils Bohr Hipotesis atom. Teori dari Bohr Hipotesis yaitu sebagi berikut:
1)    Atom itu terdiri atas intisel yang bermuatan positif serta dikelilingi oleh elektron-elektron yang muatanya negatif yang mengelilingi inti atom dalam suatu lintasan orbit tertentu.
2)    Elektron itu dapat berpindah dari satu lintasan ke dalam lintasan lain dengan cara menyerap atau memancarkan suatu energi. Jika Elektron berpindah ke lintasan yang lebih tinggi maka suatu elektron akan menyerap suatu energi. Jika beralih ke lintasan yang lebih rendah maka suatu elektron akan memancarkan suatu energi.

Teori atom modern ,
Konsep dari suatu atom modern ialah menyatakan bahwa suatu atom itu tersusun atas inti atom dan efek-efek dari elektron yang berada pada suatu orbital-orbital tertentu. Inti atom itu tersusun atas proton CE-neutron yang mendominasi massa atom. Orbital merupakan suatu ruang yang sudah terdapat”. elektron yang terletak pada kulit atom

Struktur atom
Atom itu tersusun atas partikel dasar, yaitu seperti inti atom (nukleus), yang di dalamnya
terdapat tiga partikel sebagai berikut.
Partikel        Muatan        Simbol
a. Elektron        -1(neegatif)        e
b. Proton        +1 (positif)        p+
c. Newton        0 (Netral)        n

Susunan atom
Jumlah atom yang dimiliki oleh inti atom menyatakan nomor atom, sedang,jumlah proton ditambah neutron menunjukkan nomor massa atom. Lambang asuatu unsur dinyatakan dengan notasi berikut.
Keterangan:
X      : Lambang unsur
A      : Massa atom
Z      : Nomor atom
A-Z  : Jumlah neutron

Contoh: 16 (massa atom)
0
8 (nomor atom)

Konfigurasi elektron
Elektron berada dalam kulit atom dan persebarannya dinyatakan sebagai konfigurasi elektron yang mengikuti aturan sebagai berikut.
a.    Pengisian elektron dimulai dari kulit K, L, M, dan seterusnya.
b.    Jumlah maksimum elektron pada kulit ke-n adalah 2n2 (n= menyatakan kulit dan dimulai dari dalam).
c.    Jumlah maksimum elektron pada kulit terluar adalah 8.
5.    Elektron valensi
Elektron valensi adalah jumlah elektron pada kulit terluar suatu atom. Contoh:
6C    : 2 4      ;    elektron valensinya 4
gO    : 2 6      :;    elektron valensinya 6

Ion
Ion adalah atom atau kumpulan dati suatu atom yang bermuatan listrik. Ion yang bermuatan listrik negatif disebut dengan kation, sebaliknya kalau yang bermuatan positif disebut  dengan anion. Ion yang terdiri atas satu atom disebut dengan ion tunggal dan yang melebihi dari satu atom disebut denagn ion poliatomik. Contoh:
1.    Kation tunggal    : Na+, Mg2+, K+
2.    Kation poliatom    : NH4+
3.    Anion tunggal    : O2″, CI”, N3″
4.    Anion tunggal    : CO;2, PO;3, SO;2, OH”
Lon itu akan terbentuk jika atom kehilangan atau mendapat satu elektron atau lebih untuk membentuk suatu kulit yang terluar dan stabil. Ion positif terbentuk pada saat atom melepaskan satu elektronnya dalam susunan konfigurasi elektronnya untuk mencapai keadaan kesetimbangan. Ion negatif terbentuk saat atom menangkap satu elektron dalam susunan konfigurasi elektronnya untuk mencapai keadaan kesetimbangan.

Molekul
Molekul merupakan bagian yang lebih kecil dari suatu molekul yang senyawa dan masih memiliki sifat senyawa tersebut. Molekul itu tersusun atas dua atau lebih atom yang berikatan dan dapat dituliskan sebagai rumus kimia. Molekul yang tersusun atas atom dari unsur sama yang bergabung secara kimia disebut molekul unsur. Contohnya, 02 H2, N2.
Molekul unsur yang terdiri atas dua atom dinamakan dengan molekul diotamik. Molekul unsur yang terdiri atas lebih dari dua atom dinamakan dengan molekul poliatomik. Contoh molekul poliatomik adalah 03, P4, dan Sg. Sedangakan Molekul yang dibangun oleh atom yang berbeda disebut dengan molekul senyawa. Contoh molekul senyawa adalah H20, C02, NaOH, dan CH4.
Molekul air dapat dihasilkan dari reaksi antara molekul
unsur Hidrogen dan molekul unsure oksigen

Penulis :
Telah menulis sebanyak 31 artikel
Mendapatkan 431 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>