Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,265
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,167
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,123
benedict

261,583
rahadian

240,910
bara

228,942
nabilalalala

216,882
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,175
suranto

100,765
admin

99,000
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Proses Terbentuknya Kesadaran Nasional

Tersebamya paham-paham bam di kawasan Eropa dan Amerika membawa pengaruh kepada poia pikir dan teknik-teknik baru untuk mengusir dan mengenyahkan kemiskinan, penindasan, imperialisme, kolonialisnie, dan penderitaan di kawasan Asia dan Afrika. Pola pikir itu juga merasuki semangat kelompok-kelompok elite (golongan terpelajar) di kalangan bangsa-bangsa Asia dan Afrika. Kelompok elite sebagai inti tumbuhnya semangat nasionalisme tersebut sangat dipengaruhi oleh beberapa paham baru, antara lain nasionalisme, liberalisme, sosialisme, dan demokrasi.
Nasionalisme adalah paham atau ajaran untuk mencintai bangsa dan negaranya sendiri, dengan kata lain semangat nasionalisme adalah kesadaran keanggotaan setiap warga negara dalam suatu bangsa yang secara potensial atau aktual berupaya secara bersama-sama untuk mencapai, mempertahankan, dan mengabdikan diri demi kemakmuran kemerdekaan serta kejayaan bangsa dan negara.
Nasionalisme Indonesia adalah suatu gerakan kebangsaan yang timbui pada bangsa Indonesia, untuk menjadi sebuah bangsa yang merdeka dan berdaulat. Nasionalisme awalnya berkembang di Eropa. Pada akhir abad ke-18 di Eropa mulai beriaku suatu paham bahwa setiap bangsa harus membentuk suatu negara sendiri dan bahwa negara itu harus meliputi seluruh bangsa masing-masing. Kebanyakan bangsa-bangsa itu memiliki faktor-faktor objektif tertentu yang membuat mereka berbeda satu sama lain, misalnya persamaan keturunan, persamaan bahasa dan daerah budaya, kesatuan politik, adai istiadat dan tradisi, atau juga karena persamaan agama. Gerakan nasionalisme dan cita-cita kebangsaan yang berkembang di eropa pada hakikatnya memiliki sifat cinta kebangsaan. Nasionalisme yang berkembang di Eropa kemudian menjalar ke seluruh dunia. Memasuki awal abad ke-20 nasionalisme mulai berkembang di negara-negara Asia dan Afrika, termasuk Indonesia. Nasionalisme di Asia dan Afrika bukan hanya suatu perjuangan kemerdekaan untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan, tetapi memiliki tujuan yang lebih mendalam sehingga nasionalisme itu memiliki beberapa aspek, seperti politik, sosial, ekonomi, dan budaya.

1.    Aspek politik
Nasionalisme bersifat menumbangkan dominasi politik imperialisme dan bertujuan menghapus pemerintahan kolonial.
2.    Aspek sosial ekonomi
Nasionalisme bersifat menghilangkan kesenjangan sosial yang diciptakan oleh pemerintahan kolonial dan bertujuan menghentikan eksploitasi ekonomi.
3.    Aspek budaya
Nasionalisme bersifat menghilangkan pengaruh kebudayaan asing yang burukdan bertujuan menghidupkan kebudayaan yang mencerminkan harga diri bangsa, setara dengan bangsa lain.

Faktor-faktor yang Melatarbelakangi Munculnya Pergerakan Nasional
Perlawanan rakyat Indonesia terhadap penjajah mengalami kegagalan disebabkan belum adanya kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan guna melawan penjajah karena bingkai pendidikan bangsa Indonesia pada saat itu masih rendah. Akhirnya, secara lambat laun kesadaran itu mulai muncul dan berkembang. Lahir, tumbuh, dan berkembangnya keragaman ideologi pergerakan nasional tidak dapat dilepaskan dari kondisi dalam negeri dan keadaan intemasional. Ada dua faktor yang memengaruhi munculnya nasionalisme di Indonesia, yaitu faktor internal dan faktor ekstemal.
a.    Faktor internal
Faktor-faktor dari dalam yang mendorong kesadaran nasionalisme adalah sebagai berikut.
1.    Pertakuan diskriminatif dari kolonial dan imperialis Barat (Belanda) menimbulkan kesengsaraan dan penderitaan terhadap rakyat Indonesia yang akhimya menimbulkan perasaan senasib.
2.    Adanya kenangan kejayaan masa lalu.
3.    Timbulnya kaum cerdik pandai akibat adanya politik etis.
4.    Lahimya kelompok terpelajar Islam.
5.    Kesadaran bangsa Indonesia akan harga dirinya sebagai suatu bangsa yang ingin hidup bebas dan merdeka seperti bangsa-bangsa yang lain.
b.    Faktor eksternal
Faktor-faktor dari luar yang mendorong kesadaran nasionalisme adalah sebagai berikuL
1.    Munculnya fase kesadaran pentingnya semangat nasional dan perasaan senasib.
2.    Peristiwa Perang Dunia I menyadarkan para terpelajar mengenai penentuan nasib sendiri.
3.    Munculnya dorongan untuk melawan imperialisme Barat karena adanya konflik ideologi antara kapitalisme/imperialisme dan sosialisme/komunisme.
4.    Lahirnya nasionalisme di Asia dan Afrika memberi inspirasi kaum terpelajar di Indonesia bahwa imperialisme harus dilawan melalui organisasi modem.
5.    Kemenangan Jepang atas Rjsia tahun 1904-1905, telah menyadarkan bangsa Asia, khususnya Indonesia, akan kekuatan dan kemampuannya sebagai bangsa Asia yang telah mampu rnengalahkan bangsa Eropa yang selalu menganggap bangsa yang super.
Oleh karena faktor-faktor di atas rraka timbullah kesadaran nasionalisme sebagai bangsa Indonesia sehingga mempunyai tekad dan kesadaran untuk memperoleh kembali kemerdekaan Indonesia setelah beberapa ratus tahun dijajah bangsa Eropa.

Proses Terbentuknya Kesadaran Nasional, 4.3 out of 5 based on 4 ratings

Penulis :
Telah menulis sebanyak 39 artikel
Mendapatkan 143 komentar
  Rating tulisan 5 dari 5

6 Comments

  1. ielha

    October 12, 2011 at 9:11 am

    thanks yaa,, artikel ny bgus,,,
    soo,tgas q jd kelaar.. makasii buangd iah :!: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. cerry

    October 17, 2011 at 10:50 am

    :-) thx ya….artikelnya bagus
    PR jdi selesai :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. Muesticha

    October 24, 2011 at 12:00 pm

    thx tgaz qw jdi slsai :!: :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. name tags

    September 1, 2012 at 1:03 pm

    Unquestionably imagine that which you stated.

    Your favorite reason seemed to be on the internet the easiest thing to take note of.
    I say to you, I definitely get irked even as other people consider concerns that they just
    don’t realize about. You controlled to hit the nail upon the highest and outlined out the entire thing with no need side-effects , people can take a signal. Will probably be back to get more. Thanks

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  5. maria

    October 23, 2012 at 3:19 am

    Baggusss yahhh mudahh dipahamiiii :) :)
    aku melihat aku memperjuangka akuu mempeerrrtahannkannn ********

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  6. Indah

    November 9, 2012 at 2:49 pm

    Artikel nya bagus :) thanks ya tugas jadi selesai xD

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>