Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,247
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,157
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,123
benedict

261,583
rahadian

240,910
bara

228,942
nabilalalala

216,882
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,175
suranto

100,765
admin

98,998
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Tumbuh dan berkembang

1.  Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran makhluk hidup karena terdapat suatu proses yang dinamakan pembelahan serta pembesaran suatu sel. Pertumbuhan pun juga dapat diukur serta dapat juga dinyatakan secara kuantitatif:
2.    Perkembangan adalah proses makhluk hidup yang sedang menuju ke masa  dewasa. Perkembangan itu ternyata tidak hanya dapat diukur atau dinyatakan dengan bilangan saja, tetapi perkembangan juga bisa dinyatakan melalui suatu perubahan bentuk dan tingkat masa kedewasaan.

1.   Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan hidup bisa terjadi karena adanya suatu pembelahan mitosis pada titik tumbuh yang diikuti dengan pembesaran atau pemanjangan sel. Pertumbuhan dan perkembangan ini juga dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. Kalau Pertumbuhan primer merupakan hasil dari suatu kegiatan yang terjadi pada sel jaringan meristem primer, sedangkan pertumbuhan sekunder merupakan hasil dari suatu kegiatan jaringan meristem sekunder. Kecepatan dari pertumbuhan pada tumbuhan bisa diukur melalui alat yang bernama auksanometer. Dan Berikut ini lah faktor-faktor yang  dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.
a.    Gen adalah faktor pembawa sifat keturunan pada tumbuhan. Gen itu letaknya di dalam kromosom yang di dalam terdapat inti sel pada tumbuhan.
b.    Hormon yaitu suatu zat yang sangat dibutuhkan sekali dalam suatu proses yang akan dilakukan dalam tubuh tumbuhan. Dan Berikut ini adalah Beberapa hormon yang  dapat mempengaruhi dalam laju pertumbuhan pada tumbuhan sebagai berikut.

1) Auksin, yaitui hormon yang letaknya itu di dalam tubuh tumbuhan dan berfungsi sekali dalam memacu pemanjangan  batang, pertumbuhan akar, pertumbuhan buah, fototropisme, dan geotropisme.
2}   Giberelin fungsinya itu untuk memacu perkecambahan pada biji dan tunas, pemanjangan batang, pertumbuhan daun, bunga, dan buah, serta dapat juga mempengaruhi dalam pertumbuhan dan diferensiasi pada akar.
3)    Sitokinin fungsinya adalah mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan dan diferensiasi pada akar, serta dapat juga memacu pembelahan dan pertumbuhan sel, perkecambahan dan pembungaan, dan dapat juga menghambat  proses penuaan pada tumbuhan.
4)    Asam absisat hormone ini berperan sangat penting dalam proses penghambatan  suatu pertumbuhan, menutupnya stomata sewaktu kekurangan air, dan dapat menunda pertumbuhan (dormansi) pada tumbuhan.
5)    Gas etilen yang sangat berperan dalam proses memacu pemasakan buah dan batang tubuh menjadi lebih tebal.
6)    Kaulokalin yang berfungsi untuk merangsang dalam proses pembentukan di dalam batang pada tumbuhan.
7)    Rhizokalin berfungsi sekali untuk merangsang proses pembentukan dalam akar.
8)    Filokalin yang berfungsi untuk merangsang suatu pembentukan dalam daun.
9)    Antokalin yang berfungsi untuk merangsang suatu proses pembentukan dalam bunga.

c.    Cahaya, terutama sekali ialah Cahaya Matahari, yang diperlukan sekali dalam proses pembuatan makanan dalam tumbuham atau dikenal dengan nama fotosintesis.
d.    Suhu. Suhu yang diperlukan oleh tumbuhan agar tumbuhan bisa tumbuh dan dapat berkembang dengan baik disebut suhu optimum. Sedangkan Suhu yang terendah adalah ketika suatu tumbuhan masih bisa tumbuh dan berkembang nah, itu disebut dengan yang namanya suhu minimum, dan kalau suhu tertinggi itu disebut dengan suhu maksimum.
e.    Air sangat penting bagi tumbuhan karena dapat digunakan untuk pertumbuhan dalam suatu proses yang namanya fotosintesis, dan menjaga kelembapan pada tumbuha ,serta dapat membantu perkecambahan biji yang terjdi pada tumbuhan

2.    Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan
Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan terjadi di seluruh bagian tubuh. Pertumbuhan pada hewan merupakan hasil dari suatu kegiatan pembelahan sel secara mitosis. Nah ngomong-ngomong soal mitosi, mitosis itu apa ya..?
Mitosis itu adalah Pembelahan pada bagian tubuh hewan, kecuali pada sel kelamin. Dan inilah Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada hewan yaitu gen, hormon, air, suhu, aktivitas, makanan, dan sinar Matahari.

Metamoforsis
Metamorfosis ialah perubahan bentuk serta struktur tubuh pada hewan, dari mulai Fase embrio sampai fase dewasa metamorphosis dibagi menjadi 2 macam, yaitu :

Metamorfosis sempurna merupakan tahap dalam perubahan bentuk pada tubuh hewan yang jelas dan dapat dibedakan , mulai dari telur, larva atau ulat, hingga hewan dewasa. Metamorfosis sempurna terjadi pada kupu-kupu

Metagenesis adalah pergiliran keturunan antara fase vegetatif (yang menghasilkan spora) dan fase generatif (terjadi karena peleburan sel-sel kelamin antara spermatozoid (sel kelamin jantan) dan sel telur/ot/um (sel kelamin betina)). Metagenesis umumnya dapat ditemukan pada tumbuhan lumut dan paku.

Tumbuh dan berkembang, 3.5 out of 5 based on 6 ratings

Penulis :
Telah menulis sebanyak 35 artikel
Mendapatkan 442 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>