Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,285
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,167
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,133
benedict

261,583
rahadian

240,910
bara

228,942
nabilalalala

216,884
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,191
suranto

100,765
admin

99,000
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Sistem Saraf dan Hormon pada Makhluk hidup

Sistem yang fungsinya itu dapat mengatur dan mengendalikan kerja alat tubuh agar tubuh dapat bekerja dengan serasi dan sesuai dengan fungsinya dan itu dinamakan dengan sistem koordinasi. Dalam Sistem koordinasi terdapat sistem saraf dan hormon dan berikut inilah pengertiannya :

Sistem Saraf
Sistem saraf itu disusun dari bagian yang paling kecil, yaitu sel saraf (neuron). Kalau Dilihat dari fungsinya, sel saraf itu dapat dibedakan atau dibagi menjadi 4 yaitu :
1.    Neuron sensoris yang fungsinya untuk meneruskan rangsang dari penerima (reseptor) ke saraf pusat (otak).
2.    Neuron motoris yang berfungsi untuk meneruskan rangsang dari otak menuju ke otot dan kelenjar.
3.    Neuron penghubung yang fungsinya itu menghubungkan sel saraf yang satu dengan sel saraf yang lainnya, dan ternyata neuron penghubung ini kalau kita bisa lihat banyak ditemukan pada otak dan sumsum tulang belakang.
4.    Neuron ajustor berfungsi sebagai penghubung antara neuron sensorik dengan motorik di sumsum tulang belakang dan otak.

Berikut ini adalah bagian-bagian dari sel saraf.
1.  Badan sel merupakan bagian yang terbesar dari suatu sel saraf, yang terdiri atas nukleus dan sitoplasma.
2.    Dendrit itu seperti serabut sel saraf yang bercabang pendek, serta keluar dari    sel.
Kalau Akson kayak serabut sel saraf yang panjang serta berfungsi dalam menghantarkan impuls dari badan sel ke sel saraf lain. Dan pada Umumnya akson itu dibungkus dari selubung yang dinamakan selubung Myelin, daerah akson yang tidak dibungkus dengan selubung Myelin yang disebut Nodus Ranvier.

Sistem Saraf Manusia
Pada manusia Sistem saraf itu terdiri dari sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Sistem saraf pusat itu terdiri dari:
1.    Otak
Bagian-bagian dari otak, yaitu:
a.    kalu Otak    besar    {Cerebrum)  ini  merupakan    pusat dari saraf   utama yang tugasnya itu untuk mengkoordinasikan semua kegiatan yang disadari.
b.    sementara kalu Otak tengah (Mesenchefalon) itu berfungsi sebagai pusat refleksi pupil pada mata dan sebagai pengatur keseimbangan tubuh.
c.    sedangkan Otak kecil (Cerebellum) ini merupakan pusat dari suatu keseimbangan, koordinasi gerak,dengan penghalusan gerak.
d.    dan kalau Sumsum lanjutan {Medulla oblongata)ini dapat menghubungkan otak kecil dengan sumsum tulang belakang.

Berikut ini selaput yang melapisi otak.
a.    Dura matter: berupa selaput yang kuat dan menempel pada tengkorak.
b.    Arakhnoid: bentuknya itu mirip lho kayak sarang laba-laba dan ini juga  terdapat cairan
serebrospinalis. Fungsinya itu untuk melindungi otak dari bahaya kerusakan mekanik seperti benturan.
c.    Pia matter, lapisan ini lapisan yang paling dekat  dengan permukaan dari otak dan mengandung banyak pembuluh.

2.    Sumsum tulang belakang {Medula spinalis)
Sumsum tulang belakang memiliki fungsi yang utama sebagai berikut.
a.  dapat Menghubungkan sistem saraf tepi ke otak atau sebagai penghantar impuls saraf dari otak dan menuju otak.
b.    Sebagai pusat gerak refleks.
Sumsum tulang belakang ini terletak di dalam rongga ruas tulang belakang (dari ruas tulang leher sampai tulang ekor), terdiri atas lapisan dalam yang berwarna kelabu dan lapisan luaryang berwarna putih.

Sistem saraf tepi merupakan sistem saraf yang dapat menghubungkan semua bagian tubuh dengan pusat saraf (otak dan sumsum tulang belakang). Sistem saraf tepi, terdiri ini dari sistem saraf sadar (somatik) dan sistem saraf tak sadar (otonom).
1.    Sistem saraf sadar yang fungsinya itu untuk mengontrol kegiatan seluruh tubuh yang cara kerjanya diatur oleh otak.

2.    Sistem saraf tak sadar berfungsi untuk mengontrol kegiatan tubuh yang cara kerjanya itu tidak dapat diatur otak. Saraf ini meliputi susunan saraf simpatik dan parasimpatik. Perbedaan saraf simpatik dan parasimpatik berdasarkan pada posisi ganglion. Ganglion pada saraf simpatik menempel di sepanjang sumsum tulang belakang, sedangkan ganglion saraf parasimpatik menempel pada organ yang dibantu kerjanya, seperti sekresi keringat, denyut jantung, dan gerak saluran pencernaan. Fungsi kerja saraf simpatik dan parasimpatik adalah berlawanan.

Mekanisme Gerak Manusia
Rangsangan (impuls) yang,mengenai tubuh diterima oleh organ reseptor yang kemudian diteruskan ke pusat saraf. Dari pusat saraf akan disampaikan tanggapan (respon) ke organ efektor dalam bentuk gerakan. Gerakan yang sudah dihasilkan dapat dikelompokkan sebagai berikut.
1.    Gerak biasa. Urutan jalannya impuls pada gerak biasa, yaitu: Rangsangan -> sel saraf sensorik -> otak-sel saraf motorik -> respon pada organ efektor
2.    Gerak refleks terjadi secara otomatis terhadap rangsangan tanpa kontrol dari otak sehingga dapat berlangsung cepat. Gerak refleks itu terjadi tanpa kita sadari terlebih dahulu atau tanpa dipengaruhi kehendak. Contoh: mengangkat tangan ketika terkena api dan mengangkat kaki ketika tertusuk.
Urutan perambatan impuls pada gerak refleks, yaitu:
Stimulus pada organ reseptor -> sel saraf sensorik -> sel penghubung (asosiasi)
pada sumsum tulang belakang -> sel saraf motorik -> respon pada organ efektor.

Kelainan dan Penyakit Sistem Saraf Manusia
Sistem saraf manusia dapat mengalami gangguan kerja berupa penyakit atau kelainan lainnya. Contoh:
1.    Meningitis
Meningitis merupakan peradangan selaput pembungkus otak yaitu meninges. Meningitis disebabkan oleh virus sehingga dapat menular.
2.    Multiple sclerosis (MS = sklerosis ganda atau disseminated sclerosis) Multiple sclerosis merupakan penyakit saraf kronis yang dapat memengaruhi sistem saraf pusat, sehingga menyebabkan gangguan pada organ, seperti rasa sakit, masalah penglihatan, berbicara, depresi, gangguan koordinasi dan kelemahan pada otot sampai kelumpuhan.
3.    Nyeri saraf
Nyeri saraf dapat terjadi karena adanya gangguan saraf sensorik maupun motorik. Gejala nyeri saraf sering disertai dengan gejala lain seperti kehilangan rasa. Urat saraf terjepit dan penyakit urat saraf gangguan metabolik (seperti diabetic neuropaty pada penderita penyakit kencing manis atau diabetes mellitus). Gangguan motorik karena nyeri saraf dari yang ringan (seperti kram) sampai gangguan berat (seperti kelumpuhan).
4.    Hidrocephalus
Tanda hidrocephalus berupa pembengkakan kepala karena kelebihan cairan yang ada di sekitar otak. Akibatnya, dapat menyebabkan gangguan metabolisme dan gangguan organ tubuh.
5.    Penyakit urat saraf terjepit
Penyakit saraf terjepit sering terjadi pada leher, pinggang, dan telapak tangan.
6.    Parkinson dengan gejala tangan dan kaki gemetar.
7.    Gegar otak terjadi karena otak mengalami kerusakan.
8.    Imsomnia atau lupa ingatan sementara.

E. Hormon
Hormon adalah suatu zat kimia yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin atau kelenjar buntu. Kelenjar ini merupakan kelenjar yang tidak mempunyai saluran sehingga sekresinya akan masuk aliran darah dan mengikuti peredaran darah ke seluruh tubuh. Pengaruh hormon berbeda dengan saraf. Perubahan yang dikontrol oleh hormon biasanya merupakan perubahan yang memerlukan waktu panjang. Dalam tubuh manusia, ada tujuh kelenjar endokrin yang penting, yaitu hipofisis, tiroid, paratiroid, kelenjar adrenalin (anak ginjal), pankreas, ovarium, dan testis.

Sistem Saraf dan Hormon pada Makhluk hidup, 3.0 out of 5 based on 3 ratings

Penulis :
Telah menulis sebanyak 35 artikel
Mendapatkan 442 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

45 Comments

  1. himma

    May 9, 2010 at 10:23 am

    THANk banedzzzz :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  2. Vera

    May 17, 2010 at 8:22 am

    Thanks Banged ya ne sangadh membantu q :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. vicky

    July 24, 2010 at 3:46 am

    sangat membantu untuku y namun hanya sedikit aj yg aku ambil 8) 8) :lol: :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. Dewi Maria

    September 22, 2010 at 2:09 pm

    menariiik :!: :o :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  5. Cahya van de maar

    September 28, 2010 at 6:12 am

    :!: :o :-) :roll: :wink: :oops: :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. panthera

    October 6, 2010 at 11:34 am

    :lol: :lol: wuih…. sangat cocok dgn hatiQ :arrow: :evil:
    :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. Meidy

    October 19, 2010 at 12:04 pm

    Wooww,, lengkap!! Postinganx sngad m’mbantu tgs2 q!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. teso

    November 6, 2010 at 1:19 pm

    bagus untuk menambah ilmu :!: :!: :!: :!: :!: :D :D :D :lol: :arrow: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. sapira

    November 22, 2010 at 2:26 pm

    baguzzzz banget
    makasie yaaa

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. tien

    November 23, 2010 at 12:31 pm

    keren gan :!: :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. monica belieber

    December 15, 2010 at 5:08 am

    wach….makasih ya…bisa nambahin ctatan dechy buat ulngan besok..!! :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. mana yg lainx?????//

    December 19, 2010 at 9:46 am

    :-) :D :( 8O :? :x :cry: :cry: :oops: :oops: :twisted: :twisted: :idea: :idea: :| :| :mrgreen: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. nadia putri aldianto

    January 2, 2011 at 6:57 am

    baguzz,,, I like it !! :!: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. dwi

    dwi

    January 9, 2011 at 2:54 pm

    terma kasih y semua y atas ucapan y

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. deded

    January 23, 2011 at 7:57 am

    :!: :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. VIETNA

    February 10, 2011 at 10:47 am

    :( 8O :? :cry: :?: :idea: :idea: :idea: :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. winny

    February 24, 2011 at 6:52 am

    informasinya masih perlu di tambah lagi :-) :o 8) :lol: :roll: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. nova

    March 29, 2011 at 1:15 pm

    :!:
    :wink:
    :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  19. nova

    March 29, 2011 at 1:16 pm

    tambah lagi dong infonya :lol:
    :o
    :D
    :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. ina

    April 4, 2011 at 1:07 pm

    :-) ummm ok…tp lau tmbh ag meletop

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. AGUS SUTRIAWAN

    April 5, 2011 at 7:26 am

    BGUS BNGAET GMBRNYA,…… :arrow: :arrow: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. hilal

    April 28, 2011 at 8:52 am

    bgs bngt tuh materix, tlng di tambah lg materix yachhhhh…………

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. "n"

    May 4, 2011 at 11:19 am

    Makasih ya infonya :lol: :x :P :cry: :evil:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  24. Caecilia

    May 10, 2011 at 11:06 am

    makasih yach…..

    smga blog ini baxk yg minat :!: :| :oops: :P :lol: :o :-) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  25. Caecilia

    May 10, 2011 at 11:10 am

    makasih yach….. :!: :!: :!: :!: :| :arrow: :oops: :P :lol: :o :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  26. ernha

    May 12, 2011 at 1:13 pm

    mksi info.a :-) :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  27. intan

    May 28, 2011 at 5:57 am

    boleh lah…Thx :o :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  28. dwi

    dwi

    June 19, 2011 at 4:56 pm

    thanks ya…

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  29. fitri

    July 26, 2011 at 12:47 pm

    GOOD JOB!!!!!!!!!!!!!! :!: :!: :!: :arrow: :arrow: :lol: :lol: :-) :-) :-) :-) :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  30. pro man

    September 10, 2011 at 4:22 am

    :twisted: CACAD SEMUA LO!!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  31. layna syiva

    September 14, 2011 at 1:58 pm

    :!:
    mksih info a :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  32. ndadinda

    September 29, 2011 at 2:09 pm

    yah kurang membantu :? or kurang lengkap gan :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  33. ndud

    October 11, 2011 at 2:38 am

    BAGUS BEUUUUUUUUUDDDDD….. :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :twisted: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    MAAF CAPSLOCK JEBOOOOLLLLL! :lol: :lol: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  34. adib abbiya

    October 11, 2011 at 7:31 am

    wooow bagus sekali bisa menambah wawasan ilmu kita

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  35. wenly :)

    October 26, 2011 at 5:35 am

    :?: dihhhhh :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  36. blabla

    October 29, 2011 at 2:39 am

    yang hormon kurang lengkap ya, coba tambah lagi pengetahuannya tentang hormon ya, terimakasih :o :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  37. gngbxfc

    November 17, 2011 at 12:28 pm

    8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) :x :x :x :x :x :twisted: :twisted: :twisted: :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  38. Oka Irvian Irmanto S

    November 20, 2011 at 6:53 am

    :!: :mrgreen: :oops: M
    ,, KEREN…………… :-) :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  39. tonibensar

    November 23, 2011 at 12:08 am

    kurang terperinci neurotrasmiternya belum ad. :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  40. opie

    November 24, 2011 at 5:15 am

    :D kurasa ada yang krg dehh dgn teks d atas pnjlsn sistem hormonnya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  41. ifa

    November 28, 2011 at 11:45 am

    i like it, :!:
    kereennzz lengkapp
    :D :-) :( :o 8O 8O :? 8) :x :P :x :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  42. ifa

    November 28, 2011 at 11:46 am

    :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:
    :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow:
    :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  43. neilarahman

    December 1, 2011 at 8:37 am

    thanks ya kak >>>>>.
    ………….. :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  44. uzi

    December 12, 2011 at 11:54 pm

    Thanks Penjelasannya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  45. Dian

    October 16, 2012 at 1:50 pm

    Boleh nanya gak kak ?
    kemarin ada tugas dari dosen, pertanyaan : bagaimana menghubungkan setiap fungsi hormon terhadap saraf ?
    pertanyaan ini buat bingung semua teman2 aku, mohon bantuannya ya kak. thanks before :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>