Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,247
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,157
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,123
benedict

261,583
rahadian

240,910
bara

228,942
nabilalalala

216,882
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,175
suranto

100,765
admin

98,998
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Sains

Definisi Sains
Sains itu kalau kata si Nash L.K dalam buku ya dia yang berjudul The Nature of Natural Sciences sains itu seperti suatu cara/metode yang kegunaannya untuk dapat mengamati sesuatu benda/objek. Pada zaman dahulu sains itu berarti pengetahuan umum yang isinya tentang apa saja yang sudah diketahui manusia. Dan kalau pada zaman sekarang, sains itu sudah berkembang menjadi pengetahuan ilmiah yang rasional dan objektif yang artinya bebas dari hal-hal  yang berbau negative atau isu-isu kepercayaan gitu deh….

Metode Ilmiah
Di dalam ilmu sains kita sering banget kan denger kata/kalimat seperti metode ilmiah, ngomong-ngomong metode ilmiah apaan si..??? :roll:
menurut ilmu sains Metode ilmiah itu adalah suatu langkah kerja yang teratur, sistematis, dan terkontrol yang berguna sekali untuk memecahkan suatu masalah/problem yang ada dalam sains. Metode ilmiah ini dilakukan semata-mata hanya untuk memperoleh pengetahuan ilmiah secara objektif, konsisten, sistematis, dan universal. Inilah Urutan kerja yang dilakukan dalam melakukan metode ilmiah yang digambarkan pada diagram yang dapat kita lihat seperti  berikut ini.

Pengertian Hipotesis
Kalian pernah dengar nggak tentang hipotesis..??? :?:
Hipotesis itu kayak semacam jawaban sementara atas rumusan masalah yang hanya dapat diperoleh berdasarkan teori/data yang ada. Hipotesis juga disebut sebagai suatu metode ilmiah yang tersusun dalam bentuk pernyataan, bukan dalam bentuk pertanyaan.

Pengertian Eksperimen (percobaan)
Eksperimen (percobaan) adalah usaha dalam sistematik yang sudah direncanakan untuk menguji suatu hipotesis dengan variabel yang sudah diuji/diamati sebelumnya….

Pengertian Variabel
Ternyata varabel itu nggak hanya di dunia matematika saja lho..!!!
di dunia fisika pun juga ada Pengertian Variabel itu ialah suatu besaran yang dapat diubah/berubah sehingga dapat mempengaruhi peristiwa/hasil penelitian. Menurut penelitian variable dapat dibagi menjadi 3 macam variable, yaitu :
1.    variabel manipulasi, yakni variabel yang sengaja diubah/dirancang dalam suatu penelitian,
2.    variabel kontrol, yakni variabel yang memiliki nilai standar yang berfungsi sebagai konstanta/ketetapan, dan
3.    variabel respon, yakni variabel yang berubah sebagai akibat dari pengaruh variabel manipulasi.

Definisi Pengamatan Kualitatif
Pengamatan kualitatif adalah pengamatan yang dilakukan dengan menggunakan alat indra, tanpa mengacu kepada suatu satuan ukuran baku.

Definisi Pengamatan Kuantitatif
Pengamatan kuantitatif adalah pengamatan yang dilakukan dengan menggunakan alat ukur yang mengacu kepada suatu satuan baku tertentu.

Pengertian Inferensi
Inferensi itu ialah kesimpulan sederhana yang merupakan penjelasan/interpretasi dari hasil pengamatan.

Penulis :
Telah menulis sebanyak 49 artikel
Mendapatkan 588 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>