Best Author
sangdedi

743,207
octa

484,131
fitrotinnikm

456,603
idjah

444,725
dwi

312,719
adit

309,674
resta-andara

273,565
benedict

261,561
rahadian

240,244
bara

228,914
nabilalalala

216,570
kurnitap_

154,122
kuswanto

139,071
suranto

100,765
admin

98,822

Pewarisan sifat dalam makhluk hidup

Pewarisan sifat atau yang lebih dikenal dengan hereditas merupakan suatu  pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya. Ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat disebut dengan genetika. Pewarisan sifat itu dapat ditentukan oleh kromosom dan gen.

A. Istilah dalam Pewarisan Sifat dan Persilangan

1.          Kromosom adalah struktur benang yang ada di dalam inti sel yang tugasnya bertanggung jawab dalam hal sifat keturunan (hereditas). Yang Tersusun atas sentromer dan lengan kromosom.

2.          Genatau disebut dengan istilah “substansi hereditas” yang terletak berada di dalam kromosom.

3.          Genotipe adalah suatu sifat dasar yang tidak tampak serta bersifat tetap pada individu. Genotipe itu berkodekan dengan simbol huruf yang diambil dari huruf paling depan dari sifat yang dimiliki oleh individu yang dipersilangkan.

4.      Alel adalah anggota dan suatu gen yang punya suatu pengaruh berlawanan.

Misalnya, T menentukan sifat tinggi pada suatu tanaman, sedangkan t menentukan batang pendek. Dengan demikian, T dan t merupakan alel satu terhadap yang lain.

5.          Fenotipe merupakan sifat-sifat yang tampak pada suatu individu serta dapat diamati dengan panca indra. Misalnya seperti warna bunga merah, rambut keriting, rambut lurus, tubuh besar, badan tinggi, hidung mancung, kulit kuning, dan buah besar.

6.          Dominan merupakan salah satu sifat suatu individu yang dalam proses persilangannya mengalahkan atau menutupi pemunculan sifat individu lain dalam persilangan.

7.          Sifat resesif merupakan suatu sifat kebalikan dari sifat dominan, yaitu sifat suatu individu yang tidak muncul dalam keturunannya karena terkalahkan atau tertutupi oleh pemunculan sifat sejenis dari individu lain dalam persilangan.

8.          Intermediet adalah sifat suatu individu yang pemunculannya merupakan gabungan antara sifat kedua induk yang dipersilangkan.

9.    Hibrida punya arti sebagai hasil perkawinan antara dua individu yang punya sifat berbeda. Berikut ini istilah yang sering digunakan.

a.       Persilangan monohibrida, merupakan persilangan antara dua individu dengan satu sifat beda.

b.       Persilangan dihibrida, yaitu persilangan antara dua individu dengan dua
sifat beda.

c.       Fl  : Hasil persilangan pertama (keturunan pertama)

d.    F2 : Hasil persilangan kedua (keturunan kedua)

e.       P  : Parental/induk/orang tua

B. Menentukan Garnet dari Genotipe Tetua

Dalam suatu Proses pembentukan garnet berlangsungnya itu melalui proses pembelahan sel secara meiosis, dengan terjadi pengurangan jumlah kromosom sebanyak setengah jumlah kromosom sel induknya. Oleh sebab itu, gen yang terdapat di dalam kromosom sel anak juga menjadi setengah jumlah gen sel induknya.

Rumus umum yang dipakai untuk mencari jumlah macam garnet ialah 2″. Tanda n merupakan jumlah alel heterozigot, yaitu genotipe yang mempunyai pasangan alel berbeda. Contoh:

1.          TT, jumlah alel yang heterozigot adalah 0 sehingga jumlah gametnya adalah 2° = 1 macam, yaitu T saja.

2.          Tt, jumlah  alel yang heterozigot adalah  1 sehingga jumlah gametnya adalah 21 = 2 macam, yaitu T dan t.

3.          TtBB, jumlah alel yang heterozigot adalah 1 sehingga jumlah gametnya adalah 21 = 2 macam, yaitu TB dan tB.

4.   TtBb, jumlah alel yang heterozigot adalah 2 sehingga jumlah gametnya adalah 22 = 4 macam, yaitu TB, Tb, tB, dan tb.

C. Persilangan Monohibrida

1.      Persilangan Monohibrida Dominan Penuh

a.     Persilangan ini terjadi antara dua individu yang mempunyai sifat
dominan penuh dengan individu lain yang bersifat resesif.

b.     Hasil Fl seragam, dengan genotipe dan fenotipe semua keturunan Fl
sama.

c.      Apabila persilangan dilanjutkan dengan menyilangkan individu sesama
Fl akan dihasilkan keturunan ke-2 (F2), dengan tiga macam genotipe
dan dua macam fenotipe

2. Persilangan Monohibrida Dominan Tak Penuh (Kodominan)

a.       Persilangan ini terjadi antara dua individu dengan sifat yang tidak
dominan tetapi juga tidak resesif terhadap sesamanya.

b.       Individu Fl merupakan perpaduan sifat kedua induknya, sadangkan pada
F2 dihasilkan keturunan perbandingan genotipe dan fenotipe 1: 2:1.

D. Persilangan Dihibrida

1.          Persilangan   dihibrida   adalah   persilangan   antara   dua   individu   dengan memerhatikan dua sifat yang berbeda.

2.          Menghasilkan individu Fl yang seragam, yaitu semua keturunannya terdiri dari satu macam genotipe dan satu macam fenotipe.

3.          Perbandingan fenotipe F2 adalah 9: 3: 3:  1 dan jumlah kombinasi  F2 sebanyak 16 buah.

4.          Genotip F2 ada 9 buah.

Perbandingan fenotipe F2:

Berbuah lebat, rasa manis: berbuah lebat, rasa masam: berbuah sedikit, rasa

manis: berbuah sedikit, rasa masam = 9: 3: 3: 1.

Genotipe F2 ada 9 macam, yaitu:

LLMM, LLMm, LIMM, LIMm, LLmm, Llmm, IIMM, lIMm, llmm.

Pewarisan sifat dalam makhluk hidup, 4.7 out of 5 based on 3 ratings

Penulis :
Telah menulis sebanyak 35 artikel
Mendapatkan 433 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

68 Comments

  1. riyanti

    September 1, 2010 at 7:41 am

    kyakny krg lgkap

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  2. tanriyzabeth

    September 13, 2010 at 4:46 am

    monohibrid dan hibridasi itu apa ya ? :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • Putri Anggri Devita

      October 7, 2013 at 8:23 am

      Monohibrid = Persilangan 1 sifat beda
      Dihibrid = Persilangan 2 sifat beda

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
      • Putri Anggri Devita

        October 7, 2013 at 8:25 am

        Kalo hibidrasi itu perkawinan dengan menyilangkan 2 sifat beda, contohnya ya monohibrid sama dihibrid tadi..

        VA:F [1.9.22_1171]
        Rating: 0 (from 0 votes)
        • Administrator

          Administrator

          October 7, 2013 at 5:00 pm

          Terimakasih Putri atas jawaban-jawabannya :)

          VN:F [1.9.22_1171]
          Rating: 0 (from 0 votes)
  3. anis

    September 19, 2010 at 9:27 am

    :arrow: :!: :D :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. murni

    October 18, 2010 at 1:11 pm

    :-) :!: 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. winda latifah

    November 7, 2010 at 2:22 am

    masih kurg lgk deh… 8O :?: :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. iyud d'livinaiw

    November 7, 2010 at 4:21 am

    kayanya mcih kurang lengkap tuh,,,
    tapi ttp ok… :!: :!: :!: 8) 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. Dwi nurfitri

    December 2, 2010 at 7:08 am

    ,,Masssih kurng dch kya’a,, :!: ,cobba klo pakke bagan or gambbar yg lebih mnariikk, :evil: ,,,tpi,,,Okkk kooo… :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. chyvilia

    January 4, 2011 at 12:17 pm

    kurang lengkap..
    tpi siip kok.. :!: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. Cici

    January 9, 2011 at 11:29 am

    penyakit dari pewarisan sifat itu apa aja ya?? :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. dwi

    dwi

    January 9, 2011 at 3:11 pm

    thank’s ya..
    ntr saya akan jawab..

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. marlyna

    January 12, 2011 at 9:05 am

    :!: :!: :!: :!: :lol: :wink: :wink: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. amelovia

    January 20, 2011 at 10:19 am

    :| lumayan lah.. lenkapin lagi yah..

    salam detektif.. 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. Priode

    January 31, 2011 at 7:22 am

    ehhmmm kyakny msh krang lgkap…kalau bsa dilengkapi ya… sukses selalu… good luck 4 U… :!: :!: :!: 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. dde

    January 31, 2011 at 1:02 pm

    .Hm ,, keliatan’y nie kuang lengkap.
    :!: :!: :D :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. 123

    February 6, 2011 at 1:06 pm

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. AGUNG

    February 7, 2011 at 7:47 am

    JGN DKHATI AQGKU…. :twisted: :idea: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. omink

    February 15, 2011 at 12:35 pm

    kurang gambarnya thu, menarik dach .
    ehheee :D , tapii tetep ok koc :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. basrowie genk vienerra

    February 21, 2011 at 10:06 am

    kassmua nya aq pegentau isi tentang pewari sifat

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  19. BAYZZ SEVENFOLDISM

    February 24, 2011 at 6:27 am

    thx kk :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. •Made in Kaskus•

    March 3, 2011 at 1:04 pm

    Pelajaran kls 3 smp nih…..! gw lagi blajar ini……………… tapi pusing ahh itung” an nya ,knp ga termasuk pelajaran fisika aja sih ,biologi kan khusus hanya praktek ama teori [Harus nya] …! :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. nadia

    March 12, 2011 at 8:35 am

    mmmmmmmmMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMM

    menurut kalian cmua !
    pha yg kliaan tw tentang pertaya’an dibawah ini :-)

    1. bgmana cara menentukan gamet dari genorik tertentu
    2jelaskan perbeda’an sifat resesifdominan dan intermediat
    3.bgmn menentukan rasio persilangan monohibrid melalui logam.
    4. jlaskan proses kromosom seks utk mentukan jenis kelamin suatu individu.

    qLo tw …
    tLong jwb yahhhhh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. nico

    April 10, 2011 at 3:08 am

    :!: TOP……tp dilengkPIN

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. AINAA ATIKAH

    April 30, 2011 at 12:30 pm

    :P Plz lA ye…………..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  24. dwi

    dwi

    June 19, 2011 at 4:58 pm

    maksih ya …
    selebihnya nanti akan dijawab..

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  25. fitrianhi

    June 30, 2011 at 3:35 pm

    8) :lol: :D :-) :( :o 8O :? :lol: 8) :x :P :oops: :cry: :evil: :roll: :wink: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :| :| :arrow: :arrow: :!: :!: :!: :!: :!: :idea: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  26. faathir

    August 9, 2011 at 2:54 pm

    :lol: :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :( :?: :arrow: :arrow: :D oke boleh deh :oops: :mrgreen: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  27. ARIE

    September 10, 2011 at 1:13 pm

    thanks lot yua… 8) 8) 8) :wink:
    bwat nambah2 neeh… :!: :!: :!: :!: :!:
    :arrow: :arrow: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  28. dhevia

    September 12, 2011 at 7:08 am

    :lol: 8) :P :| :l :o :-) :D :wink: :!: :!: :arrow: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  29. gita 3sna

    September 14, 2011 at 5:07 am

    :!: topp dach,,
    cukup ngebantu bwt tugas2 d scula,,,,
    :lol: :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  30. bete

    September 21, 2011 at 11:52 am

    cacat ah, kurang lengkap 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  31. nick name:ollive

    September 21, 2011 at 1:41 pm

    :!: cukup mmbantu dlm tugas2ku,, :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  32. dewi wirayani

    September 26, 2011 at 11:26 am

    :!: :!: :!: :!: :!: :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  33. andi emal museb

    September 27, 2011 at 8:20 am

    :o :idea: 8) :? 8O :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  34. andi emal museb

    September 27, 2011 at 8:34 am

    ADA PERTANYAANQ, MAUKO JAWAB KH?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  35. hainif

    October 2, 2011 at 9:13 am

    :!: :!: :!: :lol: :lol: :x :x :arrow: :arrow: I LIKE IT :o :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  36. icha

    October 5, 2011 at 12:15 pm

    :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  37. mr. XX

    October 12, 2011 at 11:56 am

    kurang lengkap tuh… 8O
    copo ah… :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  38. luthfiyatul

    October 13, 2011 at 12:57 pm

    sayangnya gak ada contohnya,,, :( :( 8O :idea: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  39. Chacha

    October 17, 2011 at 10:42 am

    Wah…..!!!!!! kok kurang lengkap and contoh-contoh nya juga gak ada!!!
    :( :( 8O 8O :? :? :x :x :cry: :cry: :roll: :roll: :?: :?: :mrgreen: :mrgreen:
    :mrgreen: :mrgreen: :?: :?: :roll: :roll: :cry: :cry: :x :x :? :? 8O 8O :( :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  40. rico sadega

    October 25, 2011 at 12:46 pm

    KOK CUMAN 9 PEWARISAN SIFAT NYA

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  41. pebri qnoes

    October 28, 2011 at 4:42 am

    :x :lol: 8O :o :( :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  42. reza

    October 28, 2011 at 12:28 pm

    :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  43. suci ramadani

    October 31, 2011 at 2:13 pm

    :twisted: i like it,,,,,,,, :D :lol: :arrow: :!: :wink: :roll: :evil:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  44. briian

    October 31, 2011 at 2:15 pm

    hmm klo msal.a
    jumblah krosonom tiap sel tubuh kucing 38 buah maka sel spermatoza kucing mengandung krosom sbnyak ?? :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  45. keinan

    November 10, 2011 at 2:47 pm

    menurutku kurang lengkap ini. tabelnya juga belum ada. tapi apapun itu, makash infonya. kebetulan biologi bab depan pewarisan sifat, berguna banget buat permulaan. (: :!: :o :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  46. dinah nur fauziah

    November 15, 2011 at 8:13 am

    kurang lengkap tuh kayanya 8O :( :| tapi tetep oke lahhh…. :!: 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  47. rana rezeky

    November 16, 2011 at 1:25 pm

    saya mau nanya kenapa ga lengkap apa itu diploid,haploid,filiar dan galur murni tolong dijelaskan terimakasih :) :D :roll: :idea: :?: :| 8) :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • Putri Anggri Devita

      October 7, 2013 at 8:55 am

      Diploid = Kromosom yang berpasangan
      Galur murni = Keturunan yang masih memiliki sifat asli
      Filiar = Anak keturunan
      Haploid = Kromosom yang tidak berpasangan

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  48. intan

    November 21, 2011 at 2:14 am

    :-) :!: :o :oops: :arrow: :roll: :evil:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  49. priliza

    November 22, 2011 at 1:29 pm

    :roll: rantai nukleotida tuch ap ea?…
    oea thank jga berkat ini tugas saya siap dngn smpurna :arrow: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  50. otong

    November 23, 2011 at 7:32 am

    ora apik
    cok waguuuune pooooooor 8O 8O 8O :lol: :lol: :lol: :P :x 8) 8) :twisted: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  51. lussy

    November 26, 2011 at 8:26 am

    aku masih bingung dengan urain mu … :cry: :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  52. vcvg

    November 28, 2011 at 11:42 am

    :P :o :( :o :D 8) :twisted: :roll: :wink: :!: :arrow: :arrow: :arrow: :| :mrgreen: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  53. yoga

    November 30, 2011 at 8:50 am

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :?: :idea: :mrgreen:
    I LIKE

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  54. pras

    December 3, 2011 at 10:48 am

    gak ada pwer point nya kurang lenkap :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :| :| :| :x :x :x :x :x :x :x :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  55. Dita

    October 6, 2012 at 3:53 am

    Kurang lengkap tuuuhh !!!!! :D :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  56. EL_fide

    October 9, 2012 at 5:22 am

    hewan apakah yang memiliki satu kromosom…???

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  57. Dwi Chan

    November 5, 2012 at 2:29 pm

    makaci bgt ea info na

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  58. taid

    April 18, 2013 at 5:08 am

    thankss…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  59. Henti

    October 1, 2013 at 9:50 am

    makasih ya, thanks :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  60. ajudan

    November 6, 2013 at 12:01 pm

    blog cacad . (f) kiraiin lengkap

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  61. dwiyull

    December 1, 2013 at 1:06 pm

    kurang lengkap yaa inii….:(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  62. ivan saragih

    January 15, 2014 at 2:42 pm

    Thanks banget y kk..
    atas infonya…
    ini lengkap buat saya..
    :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  63. ivan saragih

    January 15, 2014 at 2:43 pm

    jadi pr saya sudah slesai deh..
    aman..
    :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  64. dwi

    dwi

    January 17, 2014 at 2:35 am

    @ivan-saragih iya sama2, semoga berguna ya

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>