Best Author
sangdedi

743,217
octa

484,209
fitrotinnikm

456,603
idjah

444,759
dwi

312,787
adit

309,690
resta-andara

273,639
benedict

261,561
rahadian

240,254
bara

228,914
nabilalalala

216,580
kurnitap_

154,132
kuswanto

139,117
suranto

100,765
admin

98,826

Organisasi kehidupan pada makhluk hidup

Sel
Semua organisme atau makhluk hidup itu sudah pasti tersusun atas sel. Karena Sel itu merupakan unit atau bagian terkecil dari organisme dan mereka pun mampu melakukan kegiatan hidup, seperti mencerna makanan, bernapas, mengeluarkan zat sisa, dan tumbuh. Bentuk sel itu sangat bervariasi atau beraneka ragam, ada yang kotak, bulat, malahan ada juga yang tidak beraturan. Berdasarkan sel penyusunnya, organisme itu dapat terbagi menjadi dua kategori, yaitu:
1.    Organisme multiseluler, yakni organisme yang susunanya itu terdiri dari banyak sel. Contohnya kayak manusia, ayam, dan pohon mangga.
2.    Sementar kalau Organisme uniseluler, yaitu organisme yang susunanya itu terdiri dari satu sel saja. Karena Pada organisme uniseluler ini, semua kegiatan hidup dilakukan oleh sel tersebut. Contohnya kayak bakteri dan Paramecium sp.

Bagian-Bagian Sel
Di Dalam sel tedapat tiga bagian utama dari sebuah sel, yaitu inti sel atau nukieus, dinding sel atau membran sel, serta sitoplasma. Berdasarkan ada atau tidaknya membran, sel itu dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu sel eukariotik yang memiliki membran sel dan prokariotik yang tidak memiliki membran sel. Berikut ini adalah bagian-bagian sel.
1.    Inti sel (nukieus)
Umumnya, inti sel itu bentuknya bulat dan selalu dibatasi dengan selaput inti yang gunanya untuk memisahkannya dari plasma sel. Inti sel ini adalah pusat  dari pada pengatur semua kegiatan sel yang lakukan. Di dalam inti sel, terdapat kromosom yang fungsinya yaitu sebagai pembawa sifat yang ingin diwariskan kepada keturunan sehingga sel yang baru punya sifat yang sama kayak sel sebelumnya.
2.    Dinding sel (membran sel)
Dinding sel atau yang dikenal dengan membran sel merupakan selaput yang membatasi sebuah sel. Membran sel mempunyai fungsi yaitu untuk mengatur jalanya transportasi zat antarsel, bersifat semipermeabel, dan susunanya terdiri atas senyawa lemak serta protein. Pada sel tumbuhan, dinding sel telah dilindungi oleh selaput yang kaku serta mengandung selulosa.
3.    Plasma sel (sitoplasma)
Sitoplasma atau plasma sel merupakan bagian yang meliputi seluruh dari isi sel, terkecuali bagian inti. Apa si sitoplasma itu..??
Sitoplasma itu adalah cairan kental yang letaknya itu di antara dinding sel dengan inti sel. Selain air, sitoplasma juga mengandung zat-zat lain, kayak protein, karbohidrat, dan lemak.

organel
1. vakuola fungsinya untuk nyimpan sampah sel dan bahan-bahan yang sudah tidak terpakai
2. plastida fungsinya sebagai butir-butir pembawa warna dan penyimpan cadangan makanan
3. badan golgi fungsinya sebagai sekresi partikel atau zat-zat sisa
4. retikulum endoplasma fungsinya untuk pembuatan sintesa protein
5. ribosom fungsinya sebagai tempat proses pembuatn protein
6. mitokondria fungsinya sebagai organel pencernaan intrasel

Terdapat perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan sebagai berikut.

kalau sel tumbuhan
- punya dinding sel yang terbuat dari selulosa
- punya kloroplas
- ukuran vakuolanya besar
- batas sel antar dinding tebal
- bentuk selnya tetap

sedangkan pada sel hewan
- tentu saja tidak punya dinding sel
- juga tidak punya kloroplas
- ukuran vakuolanya kecil
- batas sel antar dindingnya tipis
- bentuk selnya pun tidak tetap

Jaringan
Kalian pasti sering dengar kan tentang jaringan…???
Kalu dikir-pipir jaringan tu apa si…???
Jaringan itu ialah kumpulan dari semua sel yang bentuk dan fungsinya sama. Jaringan itu letaknya pada tubuh tumbuhan, hewan, maupun manusia.

1.   Jaringan pada tumbuhan
Jaringan pada tumbuhan dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan muda dan jaringan dewasa.
a.    kalau Jaringan muda atau meristem adalah jaringan yang sel penyusunnya itu mempunyai sifat embrionik, serta mereka mampu terus-menerus membelah diri sehingga tumbuhan tersebut dapat terus tumbuh. Jaringan muda umumnya terletak pada ujung akar, cabang batang, ujung tunas, dan kambium.
b.    sedangkan Jaringan dewasa adalah jaringan yang dapat dibedakan menjadi lima kelompok, yaitu jaringan dasar atau parenkim, jaringan pelindung, jaringan penyokong, jaringan pengangkut, dan jaringan sekretori.
1)    Jaringan parenkim, dibentuk dari meristem dasar. Sel penyusunnya pun memiliki bentuk yang beraneka ragam atau bervariasi sesuai dengan fungsinya masing-masing. Pada akar dan batang, jaringan parenkim memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan. Pada daun, banyak mengandung kloroplas. Contohnya kayak  jaringan parenkim tiang dan jaringan parenkim bunga karang.
2)    Jaringan pelindung, fungsinya untuk melindungi jaringan-jaringan lain yang ada di dalamnya. Sel penyusunnya pun berbentuk pipih dengan permukaan atas dan bawah sejajar. Jaringan ini letaknya pada permukaan batang, akar, dan daun. Contohnya kayak jaringan epidermis dan endodermis.
3)    Jaringan penyokong, susunanya terdiri dari sel-sel yang mengalami penebalan pada dindingnya sehingga dinding mereka menjadi keras. Jaringan ini punya fungsi yaitu untuk memperkuat tubuh pada tumbuhan. Jaringan penyokong ini terdiri atas kolenkim dan sklerenkim.
4)    Jaringan pengangkut, fungsinya tentu saja sebagai sistem pengangkutan dalam tubuh pada tumbuhan. Ada dua macam jenis jaringan pengangkut, yaitu jaringan pembuluh kayu (xilem) dan jaringan pembuluh tapis (floem). Xilem atau yang lebih dikenal dengan pembuluh kayu memilki fungsi untuk mengangkut air dan mineral-mineral dari dalam tanah, sedangkan floem atau yang lebih dikenal dengan pembuluh tapis memiliki fungsi yaitu untuk mengangkut zat-zat makanan hasil fotosintesis ke seluruh atau ke semua bagian pada  tumbuhan.
5)    Jaringan skretori, yakni jaringan yang fungsinya itu sebagai tempat pengeluaran senyawa-senyawa dari dalam tubuh tumbuhan. Jaringan ini terdiri atas jaringan rekresi, ekskresi, dan sekresi.

Jaringan pada hewan dan manusia
Jaringan  yang ada di  dalam  tubuh  hewan  dan  manusia  dapat dibedakan  menjadi empat kelompok, yaitu jaringan epitel, jaringan otot, jaringan saraf, dan jaringan penyokong.
a.    Jaringan epitel dibentuk oleh sel-sel epitel yang susunanya rapat.
mempunyai fungsi sebagai pelindung tubuh dan sebagai jalanya transportasi zat, jaringan ini letaknya pada seluruh permukaan luar tubuh atau kulit. Jaringan ini juga melapisi semua rongga-rongga dan saluran-saluran yang ada di dalam tubuh, seperti rongga hidung, rongga mulut, dan saluran pencernaan.
b.    Jaringan otot disusun oleh sel-sel otot. Di dalam jaringan otot terdapat 3 jenis otot yaitu yaitu, otot polos yang letaknya terdapat pada organ-organ tubuh bagian dalam seperti lambung dan usus, otot lurik yang melekat pada tulang atau kulit, serta otot jantung yang tentu saja terletak di jantung.
c.    Jaringan saraf  disusun oleh jutaan sel-sel (neuron). Dalam Setiap sel saraf
terdiri atas badan sel dan serabut saraf (dendrit). Jaringan ini fungsinya untuk menerima serta menyalurkan rangsang. Kumpulan badan sel saraf
terletak di dalam bagian otak dan sumsum tulang belakang. Sedangkan Serabut-serabut saraf terdapat di seluruh tubuh.
d.    Jaringan penyokong punya fungsi untuk memberi kekuatan, bantuan, serta
perlindungan kepada bagian-bagian yang lemah di dalam tubuh. Contohnya kayak jaringan tulang, jaringan darah, jaringan ikat, dan jaringan lemak.
1)    Jaringan tulang letaknya pada rangka yang punya fungsi untuk menegakkan, memberi bentuk pada tubuh, serta melindungi organ bagian dalam.
2)    Jaringan darah letaknya di dalam jantung dan pembuluh darah. Punya fungsi sebagai alat pengangkut, pengatur suhu tubuh, dan pelindung tubuh dari kuman/penyakit.
3)    Jaringan ikat fungsinya untuk menghubungkan otot dengan tulang ataupun tulang dengan tulang. Jaringan ini melekat pada tulang atau otot.
4)    Jaringan lemak letaknya pada lapisan di bawah kulit dan di sekeliling organ-organ tubuh. Jaringan lemak ini punya fungsi sebagai bantalan untuk organ-organ tubuh.

Organ
Organ itu kayak perkumpulan dari beberapa jaringan yang bersama-sama melakukan fungsi dan tugas tertentu.
1.    Organ pada tumbuhan, meliputi akar, batang, dan daun.
a.    Akar
Akar berasal dari akar lembaga (radix). Pada tumbuhan dikotil, akar lembaga akan terus tumbuh sehingga mereka dapat membentuk akar tunggang. Ujung akar monokotil dan dikotil dilindungi oleh tudung akar yang fungsinya tentu saja untuk melindungi ujung akar sewaktu menembus tanah. Akar ini punya lapisan-lapisan, seperti lapisan epidermis, korteks/endodermis, dan silinder pusat (stele). Akar juga punya fungsi yaitu sebagai berikut.
•    Untuk memperkokoh tubuh tumbuhan pada tanah.
•    Punya fungsi yaitu untuk menyimpan cadangan makanan.
•    Serta dapat Menyerap air dan garam-garam mineral terlarut di dalam tanah.
b.    Batang
Batang juga punya fungsi yaitu sebagai tempat tumbuhnya tunas, cabang, serta daun. Batang itu juag tersusun dari jaringan epidermis, jaringan penyokong, jaringan pengangkut, dan jaringan penyimpan.
c.    Daun
Daun juga punya fungsi yaitu sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis. Daun ini disusun juga oleh jaringan epidermis, parenkim, penyokong, dan pengangkut.
•    Jaringan epidermis. Pada epidermis atas, terdapat lapisan lilin yang fungsinya untuk membatasi penguapan air dari daun. Pada epidermis bawah daun, terdapat stomata (mulut daun) yang fungsinya sebagai tempat masuknya udara yang mengandung gas karbon dioksida dan melepaskan oksigen hasil fotosintesis ke alam.
•    Jaringan penyokong merupakan penyusun dari bagian luar tulang daun dan fungsinya untuk memperkuat tegaknya daun.
•    Jaringan pengangkut terdapat pada tulang daun, yang terdiri atas jaringan pembuluh kayu dan jaringan pembuluh tapis.
2.    Organ pada hewan dan manusia
Organ pada hewan dan manusia, antara lain mata, yang fungsinya untuk melihat, telinga untuk mendengar, jantung fungsinya sebagai pemompa darah, paru-paru untuk bernapas, lambung untuk mencerna makanan, ginjal untuk mengeluarkan urine (air seni), dan indung telur untuk menghasilkan sel telur.

Sistem Organ
Sistem organ ialah sekumpulan organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi dan tugas tertentu.berikut ini adalah system yang ada pada manusia

1. Sistem hormon organ penyusunya seperti kelenjer penghasil hormon dan memiliki fungsi untuk mengatur fungsi organ
2. Sistem saraf organ penyusunya seperti otak,sumsum tulang belakang,serabut saraf,dan alat indra dan memiliki fungsi untuk mengkoordinasi gerak dan tanggapan terhadap rangsang
3. Sistem reproduksi organ penyusunya seperti teste,ovarium,dan rahim dan memilii fungsi untuk berkembang biak
4. Sistem pengeluaran organ penyusunya seperti ginjal,hati,kulit, dan paru-paru dan memiliki fungsi untuk mengeluarkan zat-zat sisa
5. Sistem otot organ penyusunya seperti serabut dan tendon dan memiliki fungsi sebagai alat gerak aktif
6. Sistem rangka organ penyusunya seperti tengkorak,alat gerak,dan badan dan memiliki fungsi sebagai alat gerak pasif.
7. Sistem peredaran darah organ penyusunya seperti jantung, pembuluh nadi,vena, dan aorta dan memiliki fungsi untuk mengangkut sari-sari makanan,oksigen, dan CO2
8. Sistem pernapasan organ penyusunya seperti hidung,tenggorokan,dan paru-paru  dan memiliki fungsi memasukan oksigen ke tubuh serta mengeluarkan gas CO2 dan uap air
9. Sistem pencernaan organ penyusunya seperti mulut,lambung,dan usus halus dan memiliki fungsi untuk mencerna makanan agar dapat diserap usus halus

Penulis :
Telah menulis sebanyak 31 artikel
Mendapatkan 432 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

21 Comments

  1. IWA AJCH!

    July 22, 2010 at 10:03 am

    :-) MAKCIH Y KAK ADIT KRNA KAK ADIT Q BSA MEMBUAT TUGAS DNGAN MUDAH!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. nelvia

    July 25, 2010 at 9:35 am

    kaQ ADIT koq cma dikit sich?
    krang lochhh
    tp
    g pa” lh
    yg pnting tgas aq bsa siap
    makash bnyk y kaQ
    :o :arrow: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. shella

    September 13, 2010 at 3:31 am

    WOOW :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. shella

    September 13, 2010 at 3:32 am

    KERRRRRRRRRRRRRRRREEEEEEEEEEEEEEENN :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. neni mutia

    November 27, 2010 at 12:07 pm

    lengkapi dengan gambar pasti lebih siiip :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. fifi

    December 15, 2010 at 1:15 pm

    baguzz.baguzz :!:

    makasih dah bantu tugas saya…. :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. Lintang

    January 19, 2011 at 7:42 am

    Mksh bnyak y Kak Adit,,,
    aku jdi lbh paham,,, :-)

    Keeeeeeeeeeeeerrrrrrrrrrrrreeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnn aaaaaaaaaaabbbbbbbbbbbiiiiiiiiiiiiisssssssssssss dddddddddeeeeeeeeeeeeeeeeeeeehhhhhhhhhhhhh :arrow: :!: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. maskuzi

    February 2, 2011 at 1:49 pm

    :twisted: 8) 8) bagus

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. maskuzi

    February 2, 2011 at 1:51 pm

    :twisted: :twisted: :x :mrgreen: 8) :!: :idea: kereeen

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. oliver

    March 5, 2011 at 4:39 am

    BAIK

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. Alfarizi

    April 12, 2011 at 2:49 pm

    Baik sangat membantu dapat dipahami
    I LIKE IT

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. adit

    adit

    June 22, 2011 at 2:25 pm

    terima kasih..

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. tutti frutti

    August 1, 2011 at 8:15 am

    :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :x :x :x :x :x :x :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: HARDCORE wajahmu HARDCORE

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. afifah

    August 21, 2011 at 7:13 am

    pakai gambar + artikel lebih dipanjangin lebih bagus :!: tapi yg ini udah bagus koq :? :-) :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. Puput

    September 16, 2011 at 3:38 am

    Tanks y dit….??? :!: :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. tik4

    October 11, 2011 at 6:46 am

    makasia ya
    i like it
    bgus

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. minami shineyo

    November 20, 2011 at 8:33 am

    kamsahamnida…. :!: :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. minami shineyo

    November 20, 2011 at 8:39 am

    kamsahamnida.. :!: :!: :| :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  19. minami shineyo

    November 20, 2011 at 8:44 am

    kamsahamnida… :D :-) :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. icumicumi

    November 28, 2011 at 8:43 am

    :!: :arrow: seppp

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. kiki

    April 30, 2013 at 1:24 pm

    :D :-) :!: :arrow: :| :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :x :x :x :x :x :x :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>