Best Author
sangdedi

743,217
octa

484,199
fitrotinnikm

456,603
idjah

444,759
dwi

312,777
adit

309,690
resta-andara

273,639
benedict

261,561
rahadian

240,254
bara

228,914
nabilalalala

216,580
kurnitap_

154,132
kuswanto

139,117
suranto

100,765
admin

98,826

MIKROSKOP

Mikroskop adalah suatu alat yang bisa membantu kita untuk mengamati benda-benda yang amat sangat kecil (renik) yang nggak pernah dapat kita lihat dengan mata secara langsung. Macam-macam mikroskop, itu yaitu sebagi berikut :
1.   Mikroskop cahaya
Mikroskop cahaya ini Mempunyai perbesaran maksimum yaitu 1.000 kali. Mikroskop cahaya juga punya dua sistem lensa, yaitu lensa objektif dan lensa okuler. Ada dua jenis mikroskop cahaya, yaitu mikroskop monokuler dan binokuler.

2.Mikroskop stereo
Mikroskop stereo ini hanya bisa digunakan untuk melihat benda-benda yang berukuran relatif agak besar. Mikroskop stereo ini punya perbesaran 7 hingga 30 kali. Benda yang diamati dengan mikroskop ini juga akan terlihat secara tiga dimensi. Beberapa perbedaan dengan mikroskop cahaya adalah sebagai berikut :
a. Ketajaman lensa mikroskop stereo jauh lebih tinggi dibandingkan dengan
mikroskop cahaya sehingga kita dapat melihat bentuk tiga dimensi benda
yang diamati.

b.   Sumber  cahaya   berasal  dari  atas sehingga  objek yang tebal  dapat diamati

3.   Mikroskop elektron
Mikroskop elektron adalah mikroskop yang mampu melakukan pembesaran objek sampai dua juta kali lipat. Mikroskop elektron ini menggunakan system elektrostatik dan elektromagnetik yang berguna untuk mengontrol pencahayaan dan tampilan gambar.

Berikut ini bagan bagian-bagian mikroskop.

Huruf    Nama            Fungsi
A    Lensa Okuler        Untuk memperbesar benda yang dibentuk oleh lensa objektif.
B     Lensa Objektif        Untuk menentukan bayangan objektif serta memperbesar benda yang diamati.       Umumnya ada tiga lensa objektif dengan pembesaran 4x,10x,dan 40x.
C    tabung mikroskop    Untuk mengatur fokus, dapat dinaikan dan diturunkan.
D    Revolver        Untuk memilih lensa objektif yang akan digunakan.
E     Tombol Pengatur     untuk memfokuskan bayangan objek secara lambat sehingga tabung mikroskop  turun atau naik dengan lambat.fokus kasar dan tombol pengatur fokus halus
F    Meja preparat        Untuk meletakan objek (benda) yang akan diamati.
G    Penjepit objek glass    Untuk menjepit preparat di atas meja preparat agar preparat tidak bergeser.
H    Diafragma               Berupa lubang-lubang berukuran kecil hingga selebar lubang pada meja objek. Berfungsi untuk mengatur banyak-sedikitnya cahaya yang akan masuk mikroskop.
I  Reflektor/cermin    untuk memantulkan dan mengarahkan cahaya ke dalam mikroskop. Ada dua jenis    cermin, yaitu datar an cekung. Bila sumber cahaya lemah, digunakan crmin cekung, tetapi bila sumber cahaya kuat gunakan cermin datar.
J   Kaki mikroskop        Untuk menjaga mikroskop agar dapat berdiri dengan mantap dia atas meja.
K  Lengan mikroskop    Untuk pegangan saat membawa mikroskop

C.  Cara Menggunakan Mikroskop
1.     Pertama- tama adalah Letakkan mikroskop terlebih dahulu di atas meja dengan cara memegang lengan mikroskop sedemikian rupa sehingga mikroskop berada tepat di hadapan pemakai.

2.Putar revolver sehingga lensa objektif dengan perbesaran lemah berada pada posisi satu poros dengan lensa okuler yang ditandai bunyi “klik” pada revolver.

3.Mengatur cermin dan diafragma untuk melihat kekuatan cahaya masuk, hingga dari lensa okuler tampak terang berbentuk bulat.

Aturlah focus untuk memperjelas gambar objek dengan cara memutar pemutar
kasar, sambil dilihat dari lensa okuler. Untuk mempertajam citra/gambar, putarlah pemutar halus.

Apabila bayangan objek sudah ditemukan maka untuk memperbesarnya, gantilah lensa objektif dengan ukuran dari 10X, 40X, atau 100X, dengan cara memutar revolver hingga bunyi “Wife”

Teknik Merawat Mikroskop
1.    Setelah mikroskop sudah selesai digunakan, lalu naikkan tubus, bersihkan lensa objekif, putar lensa objektif dengan pembesaran sekecil-kecilnya, lalu turunkan serendah-rendahnya tepat di atas lubang meja mikroskop.
2.    Tutup diafragma, posisikan kondensor dan posisi cermin dalam keadaan tegak.
3.    Simpan mikroskop di dalam kotaknya atau dalam lemari.
4.    Jika kelembapan ruangan tinggi, dianjurkan mikroskop disimpan dalam ruangan yang tertutup memakai pengawet kering untuk menghindari jamur atau ruangan tempat penyimpanan dipanaskan dengan lampu sampai suhunya 40-50 derajat C.

Penulis :
Telah menulis sebanyak 35 artikel
Mendapatkan 435 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

24 Comments

  1. chichy

    July 20, 2010 at 12:58 pm

    i love it,,,,, :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. Miqha A . P

    July 26, 2010 at 12:46 am

    pada bagian2 mikroskop , mengapa tidak di jelaskan apa itu konsensor ?? saya perlu tahu , karena saya ingin mengerjakan pr . . .
    please , let me know that . . . .
    :( :? :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. Vramine

    July 28, 2010 at 11:21 am

    :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry:
    gmn sich cara membawa mikroskop
    jelasin dunk :( :( :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. Yasmin Humaira

    July 28, 2010 at 1:54 pm

    I LIKE IT :!: :| :wink: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. Inda Christie SP

    October 5, 2010 at 2:02 pm

    makasih atas informasinya ya kak …!!! :o :o
    tapi kayake kurang jelas dech,,, :D :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. rha

    October 10, 2010 at 10:43 pm

    kondensor thu yg mana ?? :-) :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. indri

    October 20, 2010 at 12:35 pm

    ARTIKELNYA BAGUSSSS……………… :oops: :oops: :| :| :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. monocotil

    January 6, 2011 at 1:55 am

    Kondensor terletak di bagian bawah meja preparat, berupa tuas dan semacam kaca, tuas dapat diputar sehingga kacanyaja juga berubah posisi, sehingga fungsi kondensor adalah untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk :lol: .

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. dwi

    dwi

    January 9, 2011 at 3:10 pm

    thnk’s ya..
    untuk pertanyan nanti saya akan jawb…

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. arief

    March 26, 2011 at 12:34 am

    :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. dwi

    dwi

    June 19, 2011 at 4:57 pm

    makasih ya.

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. Firman Habib

    July 24, 2011 at 8:15 am

    Kok cuma mikroskop cahaya ma stereo
    Penjelasan soal mikroskop elekron gak ada
    Tambah dong penjelasan ttg mikroskop elektron, bagian2 nya dan fungsi bagiannya dunkss… . . . :x 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. jihan

    August 3, 2011 at 12:10 am

    :x :oops: :twisted: :D :? :oops: :evil:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. Vhitta

    August 7, 2011 at 5:17 am

    mksh byk y bagi yg mnulis artikel ini :o :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. icha

    August 8, 2011 at 1:47 am

    :? :x
    GMANA NI TUGAS Q>>>>>>>>>>>>>
    :cry: :cry: :cry: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. ANGGUN

    August 8, 2011 at 1:50 am

    :lol:
    HORE DAPET DAH TUGAS Q :D
    :!: :!: THANKS YAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA KA

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. sweety

    September 7, 2011 at 9:34 am

    thx pr ku cepek l00 :D 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. Hayuni Mu'afa Fajri

    September 27, 2011 at 9:50 am

    mksh bnyk ya.. belajarku jadi lebih mudah…. :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  19. nia shara jesica

    September 29, 2011 at 4:09 am

    artikelnya bagus taipi saya kurang jelas :o :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. WAHYU

    October 11, 2011 at 3:20 am

    sekalian ditambah bagaimana cara membawa mikroskop yang benar

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. mita gita safira

    October 24, 2011 at 12:57 pm

    :( hmm,,
    mikroskop yang menggunakan 1 lensa dsb apa ?
    n’ mikroskop yg menggunakan 2 lensa dsb apa ??
    besok ulangan gmna donk ???
    :( :( :( :( :( :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: pusinnggg

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. mita gita safira

    October 24, 2011 at 1:02 pm

    hmm :( mikroskop yg menggunakan 1 lensa dsb apa kak ?
    dan mikroskop yang menggunaka 2 lensa dsb apa ??
    besok ulangan ,, :cry: :cry: :cry: :cry:
    pusig ,, :( :( :( :( :( :( :cry: :cry: :cry: :cry: :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. Ay-chan Phantomhive

    December 7, 2011 at 3:58 pm

    @mita : 1 lensa = monokuler >>>> mono= satu, kuler = lensa
    2 lensa = binokuler >>>> bi = dua, kuler = lensa
    good luck yah! :wink:

    please be a member and leave a comment! :o
    http://www.sweetaychan.blogspot.com/
    CEKIDOT AJA!!..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  24. pebby

    December 24, 2011 at 10:18 am

    makasiih yy ,, lg nyari bahan belajar buat CC
    hehe … :!: :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>