Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,265
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,167
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,123
benedict

261,583
rahadian

240,910
bara

228,942
nabilalalala

216,882
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,175
suranto

100,765
admin

99,000
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Mengenal Air Keras, Kegunaan, dan Bahayanya

air keras

Banyak banget yah kasus2 kejahatan yang memakai air keras, kayak penyiraman air keras ke vokalisnya saint loco, penyiraman air keras oleh pacar ke si cewek karena diputusin, dan penyiraman air keras pelajar ke kopaja. Nah mari kita bahas yuk air keras tuh apa sih, manfaat air keras apa, sama bahayanya apa.

Pengertian Air Keras

Air keras adalah larutan asam kuat yang cukup pekat. Bila air keras mengenai kulit, akan timbul nyeri hebat, bahkan kulit akan mengalami luka bakar. Contoh air keras adalah asam sulfat yang dipakai untuk aki, asam klorida untuk membersihkan permukaan logam sebelum disoldir, asam nitrat untuk menguji logam mulia, dan asam fosfat untuk membuat garam fosfat.

Rumus Kimia untuk air keras adalah

HCL : Asam Klorida

Asam pekat mengandung 38% HCL

Cara membuat
NaCl + H2SO4   ->    NaHSO4 + HCL   (derajat panas sedang)

Kegunaan :
Dalam perindustrian zat–zat warna (pengchloran, mengikat basa–basa organic dengan Fe untuk penyusutan)

H2SO4 : Asam Sulfat

Asam sulfat pekat adalah suatu cairan tak berwarna yang kental dan sangat menarik air. Asam pekat mengandung 98% H2SO4.

Kegunaan
Dalam teknik (pupuk buatan, asam chloride, asam sitrat, memurnikan minyak tanah, zat-zat warna, peletus-peletus dll)
Dalam kimia orgaik (pembuatan ester-ester, eter-eter dll
Sebagai pengering di laboratorium
Sebagai pereaksi di laboratorium.

H3PO4 : Asam Pospat

sam nitrat biasanya mengandung NO2 terlarut, yang terbentuk pada derajat panas agak tinggi. HNO3 mudah pecah sebagian. Botolnya mengandung uap sawo. HNO3 dapat juga dipecahkan oleh cahaya, untuk menghindari hal tersebut maka harus di simpan dalam botol-botol dari kaca yang berwarna. Asam nitrat merupakan asam kuat dan bersifat pengoksida.

Cara Membuat
NaNO3 + H2SO4    ->       NaHSO4  +  HNO3

Kegunaan
Sebagai bahan dalam pembuatan pupuk buatan

Sampai sini udah tau kan kegunaan air keras ??

Nah sekarang kita bahas bahaya dari air keras :

Dengan konsentrasinya yang tinggi air keras menyebabkan terbakarnya kulit manusia karena sifatnya korosif, bayangin aja, kalo besi aja bisa sampe bolong apalagi tangan ?

Soalnya waktu air keras itu kena jaringan kulit kita air keras akan bereaksi dengan protein yang menjadi penyusun jaringan kulit kita, malah asam sulfat akan menyebabkan reaksi exotermik (reaksi kimia yang menghasilkan panas) makanya kalo disiram asam sulfat akan terjadi reaksi terbakarnya kulit.

Terus kalo udah kena nih gmn pertolongannya ??

1. Menjauh dari sumber air keras

2. Membersihkan kulit yang terkena air keras

3. Lepaskan semua pakaian, perhiasan dari kulit.

4. Cuci dengan air bersih sebanyak-banyaknya

Katanya kalo dikasih larutan yang bersifat basa bisa menetralisisir larutan asam, soalnya air keras kan larutan asam yang pekat ?

Logikanya bener banget !! H2SO4 + NaOH -> H2O + Na2SO4

Jadinya Air + Garam Natrium sulfat kan ?? Masalahnya kalau pas kita kena air keras di kulit terus disiram juga dengan larutan basa, larutan basanya gak bereaksi dengan larutan asam di kulit kita, malah salah2 larutan basa juga menyebabkan iritasi di kulit kita. Jadi ya tetep jalan terbaik dengan membersihkan dengan air bersih.

Terus bedanya air keras dan air raksa apa ?? Apa jangan2 yang namanya air keras ya si air raksa itu ya ??

Beda !! Nih gambar dibawah air raksa nih, kegunaannya salah satunya buat termometer

air raksa

Air raksa itu namanya merkuri, dengan nomor atom 80, unsur kimia Hg. Kalo air keras itu senyawa kimia berupa asam pekat.

Jadi air raksa gak bahaya dong kalo kena kulit ?

Ya bahaya juga, kalo ga percaya cobain aja sendiri, sama aja efeknya bisa bikin kulit terbakar atau minimal iritasi deh.

Oh iya, katanya HCL ada dalam lambung ya ? Yang namanya asam lambung tuh kalo orang suka sakit maag ??

Iya, bener banget, HCL memang ada di lambung kita yang memproduksi itu adalah dinding lambung, gunanya untuk membantu proses pencernaan makanan. Pada dinding lambung terdapat Sel Goblet yang berfungsi menghasilkan semacam lapisan lendir untuk melindungi dinding lambung dari HCL, makanya HCL bisa gak bahaya untuk lambung kita.

dinding lambung

Tuh lihat ada “lumen” untuk melindungi dari HCL. Hebat banget ya lambung kita ?? :)

Gimana, uda pada ngerti kan ??Kalo ada yang bingung silahkan ditanyakan di form komentar dibawah ini ;)

Referensi :

  1. http://siroofehling.wordpress.com/2013/05/21/bahan-kimia-cair-padat-beserta-fungsinya/
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Lambung
  3. http://biology.stackexchange.com/questions/6820/how-does-hcl-does-not-burn-our-stomach
Mengenal Air Keras, Kegunaan, dan Bahayanya, 3.8 out of 5 based on 20 ratings

Penulis :
Telah menulis sebanyak 8 artikel
Mendapatkan 612 komentar
  Rating tulisan 4 dari 5

16 Comments

  1. Nuri agil

    November 12, 2013 at 4:38 am

    Klu air keras jenis HCL kena kulit bahaya ga?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -4 (from 12 votes)
  2. andre

    February 6, 2014 at 5:15 am

    sip, mksh mas,
    bukan lambung nya yg hebat, tapi yg nyiptain lambung :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +11 (from 13 votes)
  3. hanafi

    August 13, 2014 at 10:13 am

    Numpang nanya gan.
    Apa air keras bisa mnghancurkan batu? Soalnya di sebelah rumah saya ada batu besar yang mau di hancurin dan kalo bs gimana cara kerjanya.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -2 (from 8 votes)
  4. Administrator

    Administrator

    August 14, 2014 at 7:11 am

    @hanafi : seharusnya tidak bisa mas… dengan alat berat bagaimana ?

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: -2 (from 2 votes)
    • alex

      January 2, 2015 at 1:17 pm

      yah air keras kalah ama air biasa donk. batu aj bisa terkikis gara2 air biasa

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 2 votes)
  5. tapi koro

    September 12, 2014 at 10:55 am

    saya nyumbang dikit nih ya……

    klo soal air keras dan air raksa aku ada sedikit pengetahuan tentang itu….bedanya antara air keras sama air raksa (merkuri) yitu:
    1. air keras tidak bisa disentuh oleh tubuh manusia
    2. air raksa itu bisa di sentuh dengan dipegang atau memasaukan tangan kedalamnya. namun efeknya akan muncul setelah puluhan tahun.

    fungsi:
    1. air keras berfungsi untuk melarutkan logam-logam lain kecuali logam emas
    jadi biasanya air keras dipakai untuk melarutkan logam-logam lain yang masih mengikat emas (amalgam) sebelum emas tersebut dibakar…..

    2. air raksa yaitu digunakan untuk proses pengolahan emas (amalgamasi)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +5 (from 5 votes)
  6. robysetiawan

    February 6, 2015 at 9:43 am

    air keras itu bahan2nya beli dimana y,yg udh jadi?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
    • Nartri

      May 7, 2016 at 7:50 pm

      Di toko bahan kimia yg tersebar aja, salah satunya yg biasa jual detergen cair buat laundry atau Bahan Kimia kolam renang

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 2 votes)
  7. Syakur Sby

    October 7, 2015 at 2:44 pm

    Mas mau nanya klo air keras buat menghancurin logam ‘ASAM NITRAT ‘ sudah dipakai untuk membersihkan logam apa masih bahaya?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. gugun

    December 30, 2015 at 11:56 am

    jadi apa sama air raksa yang di termometer sama air raksa acem gambar yang diatas tu?
    sedangkan secara kasat mata kita liat air raksa yang di termometer jernih seperti air putih….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. triyanto

    April 16, 2016 at 3:55 am

    air keras ap yang buwat cairin emas ataw buwat soldiran mesin

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  10. tunggak jawa

    May 25, 2016 at 11:49 pm

    asam sulfat bisa g di buat penyepuhan dalam ilmu tempa

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. Awang

    June 9, 2016 at 8:09 pm

    Bagai mana dengan limbah air keras yang sudah dipakai buat membersihkan emas apakah berbahaya kalau dibuang kesungai dan bagai mana cara menetralisir nya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  12. iman

    June 22, 2016 at 8:46 pm

    kalo untuk mengukir batu granit cairan mana yg cocok?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +3 (from 3 votes)
  13. Bintang

    July 12, 2016 at 8:09 am

    Air keras ada didalam aki nggak mas?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. AFRONI

    October 13, 2016 at 7:01 am

    mau tanya air keras atau bahan kimia yg untuk membuat prasasti apa namanya…?
    penting sekali infonya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>