Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,247
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,157
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,123
benedict

261,583
rahadian

240,910
bara

228,942
nabilalalala

216,882
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,175
suranto

100,765
admin

98,998
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Kegiatan makhluk hidup

Makhluk hidup memilik kegiatan ataui ciri-ciri, yaitu dapat bernapas, membutuhkan makanan, bergerak, menerima dan menanggapi rangsang, mengeluarkan zat sisa, tumbuh, dan berkembang biak

kita sebagai manusia pasti sering melakukan suatu proses yang namanya bernapas dalam kehidupan keseharian kita, Bernapas itu adalah proses menghirup gas oksigen dari udara dan mengeluarkan gas karbon dioksida dari dalam tubuh melalui alat pernapasan. Di dalam tubuh kita terdapat makanan organisme yang  bereaksi secara kimiawi  dengan oksigen dan dapat menghasilkan suatu energi, uap air, dan, karbon dioksida. Nah karena itu proses itu dinamakan dengan proses respirasi. Proses respirasi itu dapat dituliskan/digambarkan sebagai berikut.

Makanan + Oksigen -> Energi + Uap air + Karbon dioksida

Berikut ini perbedaan respirasi pada hewan/manusia dan tumbuhan.

Manusia dan hewan pada umumnya hidup di darat dan memiliki alat pernapasan paru-paru, sedangkan hewan air hanya menggunakan insang  untuk bernapas dalam menghirup oksigen yang larut dalam air. Sedangkan Tumbuhan mengambil oksigen/bernapas dari udara melalui lubang-lubang kecil pada daun yang disebut dengan stomata/mulut daun dan lentisel/celah batang. Akar tumbuhan darat mengambil oksigen dari rongga-rongga udara yang terdapat diseluruh bagian akar.

Selain bernapas makhluk hidup juga membutuhkan makanan untuk hidup Makanan merupakan bahan kimia dan termasuk kelompok zat organik. Bagi makhluk hidup Makanan itu sangat berguna sekali karena dapat menghasilkan energi, mengganti sel-sel tubuh yang rusak, bertumbuh, dan mengatur proses-proses di dalam tubuh. Energi itu penting bagi makhluk hidup karena dapat membantu mereka dalam beraktifitas .Dalam bagian Tumbuhan, tumbuhan memiliki klorofil yang berguna untuk membuat makanan sendiri, melalui proses yang dinamakan fotosintesis.  Kalau Manusia dan hewan tidak bisa membuat makanan sendiri karena di dalam tubuh mereka harus mengambil zat organik dari tumbuhan atau hewan lainnya.

Setiap Makhluk hidup pasti melakukan suatu Gerak pada setiap saat, karena gerak merupakan perpindahan bagian tubuh. Contoh Gerak pada hewan dan manusia, misalnya kayak melompat, berlari, membungkuk, menoleh, merentangkan tangan, mengepakkan sayap, berenang dan lain-lain. Sedangkan Gerak pada tumbuhan tidak tampak nggak kayak hewan dan manusia. Pada dasarnya gerak pada tumbuhan tidak menyebabkan sama sekali  perpindahan tempat. Dan inilah contoh dari tumbuhan yang tidak bergerak atau tidak Nampak perpindahanya seperti , daun putri malu yang menutup jika disentuh.

Ternyata makhluk hidup itu dapat menerima dan menanggapi rangsang juga lho..Kemampuan organism ini digunakan untuk menerima dan menanggapi rangsangan dan ini disebut dengan iritabilitas. Manusia dan hewan menanggapi rangsang dengan cara menggunakan alat indra. Sedangkan Tumbuhan tidak memiliki alat indra, tetapi mereka memiliki kepekaan terhadap rangsangan tertentu, seperti peka terhadap rangsangan cahaya, air, dan sentuhan.

Para makhluk hidup biasanya setelah makan habis itu melakukan aktifitas mereka lalu mengeluarkan zat. Proses pengeluaran zat sisa dari dalam sel-sel tubuh disebut dengan ekskresi. Pada hewan dan manusia, yang dimaksud dengan zat-zat sisa, misalnya seperti karbon dioksida atau sisa respirasi yang dikeluarkan melalui alat pernapasan, garam yang dikeluarkan melalui keringat dan urine, dan air yang dikeluarkan dari keringat dan urine. Sedangkan Zat sisa pada tumbuhan biasanya disimpan di dalam daun-daun yang sudah tua atau sudah layu dan kering yang akan dibuang oleh tumbuhan dengan cara menggugurkan bagian tersebut.

Setiap makhluk hidup mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan itu adalah perubahan fisik pada makhluk hidup dari yang mulanya kecil menjadi besar atau disebutkan juga seperti arena bertambahnya jumlah dan volume sel. Pertumbuhan itu terjadi pada semua makhluk hidup tidak terkecuali. Proses pertumbuhan bersifat irreversible yang artinya tak dapat balik. Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan sampai dengan  ukuran  tertentu.

Penulis :
Telah menulis sebanyak 49 artikel
Mendapatkan 588 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

1 Comment

  1. ahmad rifai

    November 28, 2012 at 12:44 am

    makhluk hidup yang bisa di makan

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>