Best Author
sangdedi

743,217
octa

484,299
fitrotinnikm

456,613
idjah

444,769
dwi

312,823
adit

309,730
resta-andara

273,725
benedict

261,561
rahadian

240,264
bara

228,914
nabilalalala

216,588
kurnitap_

154,132
kuswanto

139,137
suranto

100,765
admin

98,848
iwan

80,055
kupukupu

78,090

Interaksi Organisme

Pola interaksi organisme dalam ekosistem dapat berupa Predasi, Simbiosis, Kompetisi. dan Netralisasi.

Kalian pernah dengar nggak si tentang predasi..???
Kayak ya si jarang banget ya yang tau tentang predasi itu..!!!
Predasi itu adalah suatu bentuk hubungan antara pemangsa dan mangsanya. Contohnya kayak interaksi kucing dengan tikus yang kadang-kadang nanti berteman nanti musuhan juga.

Simbiosis adalah bentuk hidup bersama dari organisme yang berbeda dengan hubungan yang erat. Sementara Makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut simbion. Simbiosis pun dapat dibedakan menjadi empat macam simbiosis sebagai berikut.
1.    Simbiosis mutualisme, adalah cara hidup dengan timbal balik antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan antar individu makhluk hidup yang berlainan jenis atau berbeda spesies. Contohnya kayak :
a.    Jamur dan ganggang
b.    Lebah atau kupu-kupu dan bunga
c.    Badak dan burungjalak
d.    Burung pelatukdan musang

2.    Simbiosis komensalisme adalah cara hidup bersama atau tinmbal balik antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis atau berbeda spesies dengan salah satu spesies mendapatkan keuntungan dari yang lain sementara spesies yang lainnya tidak dirugikan. Contohnya kayak :
a.    Tumbuhan paku/anggrek dan pohon yang tinggi di hutan
b.    Ikan remora dan hiu
c.    Tumbuhan dan serangga atau laba-laba

3.    Simbiosis parasitisme, yakni cara hidup bersama atau timbal balik antara dua makhluk hidup yang berbeda spesies, dengan salah satu makhluk hidup memperoleh keuntungan dan yang lainnya dirugikan. Contohnya kayak :
a.    Benalu dan pohon mangga
b.    Tali putri dan tanaman beluntas
c.    Cacing pita dan tubuh manusia.

4.    Simbiosis protokooperasi, yakni cara hidup bersama atau timbal balik antara dua makhluk hidup yang berbeda spesies, di mana jika kedua makhluk hidup bersimbiosis atau bersatu akan menjadi lebih baik. Namun, tanpa melakukan simbiosis pun kedua makhluk hidup ini tetap dapat hidup normal. Simbiosis tipe ini umumnya akan membentuk spesies yang baru dan lebih unggul dari pada individu pembentuknya. Contohnya kayak lumut kerak yang merupakan perpaduan antara simbiosis jamur dan ganggang.

Kompetisi ialah persaingan di antara makhluk hidup yang berada di dalam suatu ekosistem, mengapa demikian..???
karena lebih dari satu jenis spesies membutuhkan bahan atau makanan yang sama dari lingkungan hidupnya.

Netralisasi adalah suatu bentuk hubungan antara makhluk hidup yang tidak saling merugikan atau diuntungkan. Contohnya kayak burung bangau yang memakan siput, ikan dengan burung pipit yang memakan padi di sawah.

Antibiosis adalah suatu bentuk hubungan antara makhluk hidup yang berbeda jenis atau berseda spesies di mana nakhluk hidup yang satu menghambat dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang lain. Contohnya itu kayak hubungan antara jamur yang mengeluarkan racun sehingga menghambat pertumbuhan organisme lain di sekitarnya.

Penulis :
Telah menulis sebanyak 31 artikel
Mendapatkan 432 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

9 Comments

  1. robby zoel

    July 26, 2010 at 12:26 pm

    mengapa sih harimau menjadi predator/predasi ? TOLONG DI JAWAB YA…!! 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. rabiah al adawiyah

    February 6, 2011 at 3:44 pm

    alllhamDuliLlahh …
    makasih ya kak ….
    karna kakak bikin program klikBelajar.com
    saya jadi gampang dan muda mengerjakan tugas dari GURU saya …
    skali lagii sukron and thanks yaa kak …

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. ann lubh wijh

    March 17, 2011 at 8:15 am

    :lol:
    thankz kakkh kakak ud bwat interaksii inii jdii gmpang klaw bljar

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. ann lubh wijh

    March 17, 2011 at 8:18 am

    :!:
    guru gakkh ngamukk

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. dian

    May 11, 2011 at 7:53 am

    aww THANK YOU SO MUCH
    LOVE YOU GUYS!!! :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. adit

    adit

    June 22, 2011 at 2:14 pm

    makasihnya..
    semoga bergunanya..

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. INDAH KHOIRUNISA

    October 16, 2011 at 10:40 am

    wah lo pinter banget . like this :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. fitria efendi

    November 26, 2011 at 4:37 am

    :D
    KAPAN KAPAN KALO BISA AKU JUGA MAU KAYAK KAMU PIIINTER

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. caesa

    March 22, 2013 at 2:51 pm

    thanks ya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>