Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,247
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,157
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,123
benedict

261,583
rahadian

240,910
bara

228,942
nabilalalala

216,882
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,175
suranto

100,765
admin

98,998
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Ekosistem

Kalian pasti sudah sering dengar kan tentang istilah ekosistem….!!!!
Ekosistem itu adalah hubungan timbal-balik yang terjadi antara kumpulan komunitas dengan lingkungan hidup yang mereka tempati. Dalam keseluruhan, ekosistem yang terdapat di permukaan Bumi membentuk suatu ekosistem dunia atau biosfer. Biosfer itu adalah suatu ekosistem dunia yang meliputi seluruh makhluk hidup yang ada di Bumi ini beserta seluruh komponennya seperti udara, air, dan tanah di sekitarnya.

Yang termasuk dalam satuan ekosistem adalah individu, populasi, komunitas, lingkungan, dan habitat.
1.    Individu, adalah makhluk hidup tunggal. Misalnya itu seperti seekor zebra, seorang manusia, atau sebatang pohon mangga.
2.    Populasi, adalah sejumlah atau kumpulan individu sejenis yang hidup pada lingkungan atau suatu daerah tertentu yang mereka tempati. Contohnya itu kayak, sekelompok anak di halaman dan gerombolan ayam di kandang.
3.    Komunitas, adalah kumpulan dari berbagai populasi dari berbagai jenis dan bentuk makhluk hidup dan hidup secara bersama-sama dalam suatu tempat tinggal atau habitat tertentu. Contohnya itu seperti komunitas sawah yang tersusun atas populasi tikus, ular, burung, dan tanaman padi.
4.    Lingkungan, itu adalah segala sesuatu yang terdapat di sekitar tempat tinggal  makhluk hidup dan berpengaruh besar terhadap keaadaan dan pertumbuhan makhluk hidup tersebut.
5.    Habitat, itu kayak tempat tinggal/tempat hidup bagi suatu makhluk hidup.

Dalam ekosistem itu ternyata terdapat komponen atau kelompok. Ada dua macam komponen atau kelompok dalam ekosistem sebagai berikut.
1.    Komponen abiotik merupakan bagian dari ekosistem yang terdiri dari makhluk tak hidup. Berikut ini Contoh Komponen abiotik dalam suatu ekosistem, diantaranya seperti cahaya Matahari, udara, air, tanah, suhu, dan mineral.
2.    Komponen biotik merupakan bagian dari ekosistem yang terdiri dari seluruh makhluk yang hidup. Dalam Komponen biotik ini ternyata dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:

a.    Produsen adalah makhluk hidup penghasil bahan organik. Semua
tumbuhan hijau merupakan produsen karena seolah-olah mampu menghasilkan bahan organik melalui proses fotosintesis dengan memanfaatkan zat hijau daun atau klorofil.
b.    Konsumen adalah makhluk hidup yang bisa atau dapat mengambil makanan dari makhluk hidup lain. Owh iya, Berdasarkan tingkatannya, ternyata konsumen dapat dibagi juga lho..!!
konsumen itu dapat terbagi menjadi tiga kelompok yaitu :
•    Konsumen tingkat pertama yaitu konsumen primer adalah makhluk hidup yang memperoleh zat dan energy secara langsung dari produsen (memakan langsung produsen). Contohnya itu seperti ulat, belalang, ayam, dan kambing.
•    Sementara Konsumen tingkat dua (konsumen sekunder) adalah makhluk hidup yang memperoleh zat dan energinya dari konsumen tingkat pertama yaitu konsumen yang mengonsumsi produsen Contohnya seperti kucing, katak, dan burung pemakan ulat.
•    Sedangkan Konsumen tingkat tiga (konsumen sekunder) adalah makhluk hidup yang memperoleh zat dan energi dari konsumen tingkat kedua yaitu konsumen yang memakan konsumen tingkat pertama atau mengonsumsi produsen. Contohnya seperti ular, elang, dan harimau.

c.    Pengurai (dekomposer) adalah konsumen khusus (seperti bakteri dan jamur) yang dapat dan berguna sekali untuk menguraikan makanan dari bangkai atau makhluk hidup yang sudah mati. Bakteri dan jamur saprofit merupakan organisme decomposer atau pengurai. Mereka dapat mengeluarkan zat tertentu atau khusus yang dapat menguraikan bahan makanan yang terkandung di dalam bangkai tersebut, kemudian mereka mengisap sari-sari makanan yang ada di dalam bangkai tersebut.
Hih.. jorok ya…!!

Berdasarkan jenis makanannya, konsumen atau organisme heterotrof dapat dibedakan menjadi tiga kelompok,
Hayoo.. ada yang tau nggak tiga kelompok itu apa saja..???
Ya benar 3 kelompok itu terdiri dari kelompok herbivora, karnivora, dan omnivora.
•    Herbivora, yaitu hewan pemakan tumbuhan.
•    Karnivora, yaitu hewan pemakan daging hewan lain.
•    Omnivora, yaitu hewan pemakan segala makanan, baik yang berasal dari tumbuhan maupun hewan lain.

Aliran Energi dalam Ekosistem
Energi berpindah dan mengalir secara terus-menerus dari Matahari ke produsen (tumbuhan hijau), lalu ke konsumen (hewan dan manusia). Perpindahan energi secara terus-menerus ini disebut dengan istilah arus energi. Di Dalam ekosistem, aliran energi berpindah melalui suatu rantai makanan dan jaring-jaring makanan.

1.    Rantai makanan adalah suatu proses rangakaian makan dan dimakan dengan urutan tertentu yang ditunjukkan dalam satu arah. Contohnya kayak daun tumbuhan hijau (produsen) -> ulat (konsumen I) -> ayam (konsumen II) -> musang (konsumen III) -> harimau (konsumen IV/puncak).
2.    Sedangkan Jaring-jaring makanan adalah gabungan dua atau lebih rantai  makanan yang saling berhubungan satu sama lain.

Piramida makanan adalah suatu proses menggambarkan suatu jumlah massa zat dan energi dari suatu produsen sampai ke tingkat konsumen tertinggi dalam suatu ekosistem. Piramida makanan juga dapat digunakan untuk memprediksi keseimbangan populasi dalam suatu ekosistem. Semakin ke atas, populasi piramida maka makanan pun akan semakin sedikit.

Penulis :
Telah menulis sebanyak 35 artikel
Mendapatkan 442 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

9 Comments

  1. sinta

    October 3, 2010 at 6:23 am

    Aku paling suka sama IPA, jadi bagus cara menjelaskannya :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. Inda Christie SP

    November 12, 2010 at 10:30 am

    Kayake kurang lengkap dech….!!!!??
    tapi good job…!!!??? :!: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. nuraini

    November 22, 2010 at 1:13 pm

    :arrow: bagus banget ..tapi ada yang kurang :idea: :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. dwi

    dwi

    January 9, 2011 at 2:52 pm

    y kalu kurang mohn ditambahkan sendiri ya..

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. wiji safitri

    January 11, 2011 at 12:26 pm

    :roll: arus energi y mna??? :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. widyapuspita

    February 15, 2011 at 2:06 pm

    :| yah cukup bagus kok

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. dwi

    dwi

    June 19, 2011 at 4:53 pm

    makasih y..

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. ravi prasetyo

    October 11, 2011 at 8:49 am

    seharusnya ada gambarnya supaya lebih ngerti. ya begini juga bagus sih :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. sofie

    October 26, 2011 at 1:18 pm

    Bagus kok :-) cuman agak kurang lengkap aja apa akibatnya :| tapi memang udh bagus kok Hahaha :lol: dan satu lagi dikasih gambar aja biar ngerti :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>