Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,247
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,157
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,123
benedict

261,583
rahadian

240,910
bara

228,942
nabilalalala

216,882
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,175
suranto

100,765
admin

98,998
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Anchor

Tag ini merupakan tag yang paling umum digunakan pada dokumen HTML. A adalah Singkatan dari Anchor yang dalam bahasa Indonesia berarti jangkar, tetapi akan lebih tepat jika diartikan sebagai tautan dikarenakan tag ini digunakan untuk saling menautkan antara satu dokumen HTML ke dokumen HTML yang lain.

<A HREF="http://klikbelajar.com">Tautan ini menuju halaman awal</A>

Contoh lain dari penggunaan tag Anchor dapat digunakan untuk menautkan dua dokumen HTML yang telah kamu buat. Jika kamu membuat dua dokumen HTML yang masing-masing bernama : klik.html dan belajar.html

Maka bila kamu ingin memberikan tautan dari klik.html ke belajar.html kamu dapat menuliskan tag sebagai berikut pada dokumen klik.html

<A HREF="belajar.html">Tautan ini menuju halaman belajar</A>

Catatan : dua dokumen tersebut harus ditempatkan pada direktori yang sama.

HREF

Atribut ini merupakan atribut yang wajib digunakan pada tag Anchor karena atribut ini digunakan untuk menentukan arah tautan yang dimaksud. Jika kita ingin menautkan ke halaman tujuan.html maka kita tinggal tulis HREF=”tujuan.html”. Begitu juga bila kita ingin menautkan ke halaman http://google.com maka kita tinggal menuliskan HREF=”http://google.com”.

Dalam membuat suatu list maka sebaiknya kalian bertanya dulu ke diri kalian, apakah list yang akan kalian buat itu harus berurutan atau tidak. Jika jawabannya adalah berurutan maka kalian sebaiknya memakai tag

    , namun apabila list yang akan dibuat tidak harus berurutan seperti contoh diatas maka kalian sebaiknya memakai tag
      . Tag
    • digunakan untuk membuat detail dari list tersebut.

NAME

Atribut ini digunakan untuk memberikan nama dari suatu tautan. Atribut ini berbeda dengan atribut HREF yang akan mengubah warna teks menjadi biru dan teks tersebut akan memiliki garis bawah, atribut NAME tidak akan mengubah tampilan teks sama sekali dengan teks yang lain. Penggunaannya pun berbeda dengan atribut HREF yang digunakan untuk mengarahkan ke halaman lainnya, atribut NAME hanya berguna untuk memberikan nama dari suatu tautan. Penggunaannya adalah

Contoh penggunaanya sebagai berikut :

<A href="#MATEMATIKA">MATEMATIKA</A>

akan menuju ke

<A name="MATEMATIKA">MATEMATIKA</A>

Lihat link di bawah ini, link ini apabila di klik akan menuju ke paragraf matematika :
MATEMATIKA

TARGET

TARGET adalah pilihan cara pembukaan suatu link dalam browser. Link tersebut akan dibuka di jendela baru atau di halaman yang sedang dibuka saat itu dapat di setting melalui atribut TARGET.

Untuk membuat suatu link di buka di jendela baru kalian dapat memasukkan “_blank” dalam atribut target.

<a href="http://klikbelajar.com" target="_blank">
Klik disini untuk membuka Klikbelajar.com
</a>

Sedangkan untuk membuat suatu link dibuka di halaman yang sedang dilihat saat itu juga gunakan “_self”.

<a href="http://klikbelajar.com" target="_self">
Klik disini untuk membuka Klikbelajar.com
</a>

TITLE

Atribut ini digunakan untuk memberikan keterangan tambahan dari sebuah tautan. Atribut ini akan menampilkan keterangan apabila mouse berada diatas tautan yang akan di-klik.
Bandingkan kedua kode berikut :

<a href="http://klikbelajar.com">Tautan ini tanpa menggunakan title</a>
<a href="http://klikbelajar.com" title="Klikbelajar.com">Tautan ini dengan menggunakan title</a>

ACCESSKEY

Atribut ini digunakan untuk memberikan tombol shortcut dari sebuah tautan, jadi tautan yang menggunakan atribut ACCESSKEY ini dapat diakses dengan tombol shortcut ALT +[ yang diinginkan].

<A HREF="http://klikbelajar.com" ACCESSKEY="H">Halaman awal</A>
<A HREF="http://klikbelajar.com/ujian-online" ACCESSKEY="U">Ujian Online</A>

Untuk mengaksesnya kamu bisa menekan tombol :
Halaman awal
ALT + H untuk mengakses halaman awal

Ujian Online
ALT + U untuk mengakses ujian online

MATEMATIKA
Paragraf percobaan
Pelajaran matematika adalah pelajaran yang berhubungan dengan banyak perhitungan dan rumus-rumus yang digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan matematis yang acap kali kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang yang mengalami kesusahan dalam mempelajari bidang studi ini walaupun pada dasarnya pelajaran ini amatlah menyenangkan.

Sesorang yang mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika adalah orang yang belum mengerti hakikat dari pelajaran matematika itu sendiri, maka dari itu klikbelajar.com menyajikan tulisan yang membahas tentang matematika secara mendalam sehingga setiap orang yang belajar melalui klikbelajar.com akan mendapatkan pengertian baru tentang pelajaran ini yang membuat mereka dapat memahami matematika secara lebih mendalam dan menyenangkan.