Best Author
sangdedi

743,603
octa

486,235
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,157
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,123
benedict

261,583
rahadian

240,910
bara

228,942
nabilalalala

216,882
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,175
suranto

100,765
admin

98,982
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Membuat Tabel pada Halaman HTML

Tabel seperti yang kalian tahu terdiri dari kolom dan baris. Pada tabel data-data dimasukkan dalam kombinasi antara kolom dan baris tertentu. Beberapa baris dan kolom dari tabel bisa digabungkan untuk membuat tampilan yang sesuai dengan kebutuhan data kita. Pada html semua itu dapat dilakukan, namun tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu bahan-bahan apa saja yang diperlukan untuk meracik sebuah tabel. Untuk meracik sebuah tabel kita akan membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut, <table>, <tr>, dan <td>.

Untuk membuat sebuah tabel maka susun bahan-bahan tersebut menjadi seperti ini,

<table border="2">
<tr>
<td>baris 1, kolom 1</td>
<td>baris 1, kolom 2</td>
</tr>
<tr>
<td>baris 2, kolom 1</td>
<td>baris 2, kolom 2</td>
</tr>
</table>

Susunan seperti kode diatas akan membuat sebuah tabel sederhana yang berukuran 2 X 2, yaitu 2 kolom dan 2 baris. Sekarang perhatikan karena konsep dari tabel ini cukup sulit namun akan menjadi mudah apabila kalian memperhatikan penjelasan berikut. Tabel dari html adalah berdasarkan kepada baris atau row. Anggap kamu ingin memasukkan data pada baris pertama kolom pertama maka pertama kali yang kalian harus lakukan adalah membuat sebuah baris lalu setelah itu membuat kolom, baru setelahnya memasukkan data. Apabila kalian ingin memasukkan data pada kolom kedua baris pertama maka kalian harus membuat sebuah baris, kemudian buat kolom pertama, setelah itu buat kolom kedua, baru isi datanya. Jadi intinya baris dulu baru kolom. <tr> digunakan untuk membuat suatu baris baru. Sedangkan <td> digunakan untuk membuat kolom/data. Supaya gampang mengingatnya, ingat saja huruf belakangnya, tr –> r = row, td –> d = data.

Setelah mengetahui dasarnya, maka selanjutnya kita akan belajar untuk menyatukan 2 kolom pada sebuah tabel. Lihat contohnya dibawah ini, kita akan membuat sebuah tabel dimana terdapat 2 kolom yang digabungkan.

tabel1

Lihat, pada baris pertama, kolom pertama dan kedua digabung sehingga isi dari kolom tersebut bisa sepanjang 2 kolom. Biasanya penggabungan kolom seperti contoh diatas digunakan untuk membuat judul dari tabel.

Lalu sekarang bagaimana cara membuatnya agar bisa digabungkan ? Asal kita mengetahui bahan tambahannya hal itu mudah sekali untuk dilakukan. Bahan tambahan tersebut berupa atribut dari <td> yang bernama colspan. Lihat di bawah ini untuk cara penggunaannya.

<table border="2">
<tr>
<td colspan="2">Ini adalah kolom yang digabungkan</td>
</tr>
<tr>
<td>baris 2, kolom 1</td>
<td>baris 2, kolom 2</td>
</tr>
<tr>
<td>baris 3, kolom 1</td>
<td>baris 3, kolom 2</td>
</tr>
</table>

Perhatikan bagian “Ini adalah kolom yang digabungkan”, sebelumnya terlihat perintah <td colspan=”2″> bukan ? Ini adalah contoh penggunaan colspan. Colspan memerintahkan agar beberapa kolom digabungkan tergantung dari nilai yang dituliskan. Pada contoh diatas nilai tersebut adalah “2″ sehingga 2 kolom digabungkan menjadi satu dan hasilnya dapat kalian lihat seperti contoh tabel diatas.

Contoh diatas adalah untuk menggabungkan kolom secara horisontal, namun bagaimana cara menggabungkan kolom secara vertikal? Berikut ini kita akan belajar untuk menggabungkan kolom 2 secara vertikal. Lihat tabel dibawah ini.

tabel2

Perhatikan tabel diatas, kolom 2 dan kolom 4 digabung sehingga kolom 4 nya hilang. Untuk membuat tabel seperti diatas atribut tambahan yang diperlukan adalah rowspan. Mudah bukan mengingatnya? jika masih dalam satu baris kita menggunakan colspan sedangkan apabila pidah baris kita menggunakan rowspan. Dibawah ini adalah perintah yang digunakan untuk membuat tabel seperti diatas.

<table border="2">
<tr>
<td colspan="2">Ini adalah kolom yang digabungkan</td>
</tr>
<tr>
<td rowspan="2">baris 2, kolom 1</td>
<td>baris 2, kolom 2</td>
</tr>
<tr>
<td>baris 3, kolom 2</td>
</tr>
</table>

Kalian dapat mencobanya di papan tulis yang disediakan di bagian bawah halaman ini.

Ada atribut-atribut lain yang berhubungan dengan tabel seperti border, align, cellpadding, dan sebagainya yang dapat kalian pelajari lebih lanjut di bagian penjelasan tag HTML.