Seri Belajar Matematika Sekolah Dasar: Mengenal Bilangan

Apa sih “bilangan” itu ? :roll:
Bilangan adalah kumpulan angka yang menempati urutan sebagai satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan seterusnya.
Kita telah mengetahui nilai uang sebesar 500 rupiah. Nah, angka 500 itu merupakan bilangan.
500 terdiri dari susunan angka “5” yang berperan sebagai ratusan, dan diikuti dengan dua buah angka “0” yang berperan sebagai angka puluhan dan satuan.

Kini kita harus mengetahui siapakah yang berperan sebagai satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan seterusnya.

76.385
Pembacaannya tujuh puluh enam ribu tiga ratus delapan puluh lima.
Coba kita lihat, peran setiap angka yang menyusun bilangan tersebut.

bilangan angka

Berarti dengan kata lain, bilangan tersebut dibentuk dengan menjumlahkan nilai-nilai berikut :

70.000 + 6.000 + 300 + 80 + 5 = 76.385

gimana ?? Mudah kan kawan ?? :o

Berarti unuk soal lain jadi gampang banget dong yah ?? :D

86.763 = 80.000 + 6.000 + 700 + 60 + 3

ok, gimana ??

Oh iya, kalau ada yang bertanya, untuk apa sih tanda titik yang ada diantara bilangan tersebut ?? tanda itu hanyalah untuk memudahkan kita dalam pembacaan suatu bilangan, tanda titik tersebut digunakan untuk memisahkan setiap tiga angka berjejer. Sebagai contoh :

39038963962638083228

bandingkan dengan :

39.038.963.962.638.083.228

Lihat, pada contoh diatas tampak jelas bahwa tanda titik hanya digunakan untuk memudahkan kita dalam membaca suatu bilangan, walaupun tanpa tanda titik nilai bilangan tersebut akan tetap sama.

Penulis :
Telah menulis sebanyak 4 artikel
Mendapatkan 54 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

8 Comments

  1. dea

    February 13, 2010 at 11:23 am

    :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. hanyy

    March 21, 2011 at 12:12 pm

    keren dach good luck yy :o :o :o :o :o :o :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. Amanda

    September 14, 2011 at 2:30 am

    Shared Ilmu kalian di Forum Pendidikan Indonesia. Kunjungi http://www.forumpendidikanindonesia.com dan mari bersama kita majukan pendidikan Indonesia
    :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. feri

    October 13, 2011 at 11:01 am

    :lol: :roll: :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. rachel

    October 16, 2011 at 10:49 am

    so sweeet… :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. Mahfud

    August 22, 2012 at 1:23 pm

    hehe.. bagus pak guyu..
    :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. bfc_iruldewa

    May 29, 2013 at 1:34 pm

    aku seneng banget karena aku bisa menjadi pintar seperti sekarang

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • bfc_iruldewa

      May 29, 2013 at 1:36 pm

      gw seneng banget hehehehehe

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>