Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,297
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,181
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,157
benedict

261,583
rahadian

240,940
bara

228,942
nabilalalala

216,884
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,191
suranto

100,765
admin

99,004
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Seri Belajar Matematika : Satuan Volume dan Konversinya

Besaran volume merupakan besaran yang didapatkan dari perkalian antara luas alas dengan tinggi suatu bangun. Biasanya volume itu disebut dengan isi dari suatu bangun. Satuan untuk Volume dapat dinyatakan dalam “Liter” atau “M3“. Berikut adalah table Konversinya :

Pada tabel diatas, setiap kali turun anak tangga, maka nilainya akan dikali dengan angka 1000
Lihatlah angka “3″-nya, hal itu menandakan setiap kali turun tangga maka akan bertambah TIGA angka “0″
Contoh :

8 KM3? HM3 ;
Dikarenakan, penurunan anak tangga hanya sekali (dari KM3 ke HM3) maka nilai yang kita punya akan dikalikan dengan 1000, menjadi 8000 HM3

Begitu pula selanjutnya, Contoh lain :

12 Dam3 = ? mm3 ;
Dikarenakan, penurunan anak tangga ada 4 kali (dari Dam3 ke mm3) maka nilai yang kita punya akan dikalikan dengan 1000 sebanyak 4 kali, menjadi
12 x 1000 x 1000 x 1000 x 1000 = 12.000.000.000.000 mm3

Apakah kamu sudah mengerti ??

Lalu bagaimana jika tangga-nya naik ? GAMPANG Koq..
Kalau tadi setiap turun anak tangga nilainya DIKALI dengan angka 1000, maka kali ini nilainya DIBAGI dengan angka 1000.
Contoh :

1700 HM3? KM3

Dikarenakan, penaikan anak tangga hanya sekali (dari HM3 ke KM3) maka nilai yang kita punya akan dibagi dengan 1000, menjadi 1700 : 1000 = 1.7 KM3

Contoh lain :

18.650 cm3 = ? KM3 ;
Dikarenakan, penaikan anak tangga ada 5 kali (dari Dam3 ke mm3) maka nilai yang kita punya akan dibagi dengan 1000 sebanyak 5 kali, menjadi
18.650 : 1000 : 1000 : 1000 : 1000 : 1000 = 0,000 000 1865 mm3

WAH!! Banyak banget angka koma NOL-nya yah?? Bisa kan ?? Sudah mengerti belum ??

Penulis :
Telah menulis sebanyak 10 artikel
Mendapatkan 474 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

21 Comments

  1. Administrator

    Administrator

    February 5, 2009 at 7:55 am

    wah ada yang publish seri belajar matematika juga yah :!:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. gilang

    April 18, 2009 at 7:03 am

    :!: :!: :!: satu jari gakan cukup ! saya dah kuliah aja lupa !

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. Alsya

    September 9, 2009 at 12:10 pm

    woww thanks yaaa…. :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. yustika pratiwi

    October 14, 2009 at 8:14 am

    goodluck : :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. Aina

    December 11, 2009 at 4:59 am

    wah trims ya, tapi aku mau koreksi dikit di contoh terakhir. Kenapa satuannya jadi mm³ kan harusnya km³. jadi 18.650 cm³ = 0.000 000 000 018 650 km³. GBU

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. nabilalalala

    nabilalalala

    July 7, 2010 at 12:48 pm

    @aina: makasih atas koreksinya yah :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. Grace Melania Lianturi

    August 26, 2010 at 1:13 pm

    aku mau nanya nih !!!!
    Ini Pertanyaanya :
    nyari FPB kan nyari yang kecil , kalo faktorisasinya aadaa 3 pangkat 3 X 2
    terus yang satu lagi 3 pangkat 3 , jadi yang dimasukin ke FPB tu 3 pangkat 3 x 3 pangkat 3 atau 2 aja ???? Bingung jadinya kepala ku mau meledak pikirinya :x :idea: :( :? :twisted: :twisted: :evil:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. Mhd Agus

    September 20, 2010 at 9:33 am

    seiring berlalu bergulirnya waktu…..
    membuka rahasia di antara kita…..
    pastinya kan ada hati yang terluka…..
    tak menerima semua kenyataan yang ada…..

    namun tak selayaknya perselingkuhan ini…..
    yang lama ku lalui menjadi tiada berarti…..
    semenjak ku merasa harapmu sia-sia…..
    hingga terluka hati kan membuatmu tak berdaya….. :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :-) :-) :-) 8) 8) 8) 8) 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. akamal k

    October 1, 2010 at 5:25 am

    :lol: :lol: 8) :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. hendri

    October 29, 2010 at 1:10 am

    kalo mau rubah 1000m3 ke ft3, gimana?
    :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. melda n. talytha

    January 15, 2011 at 8:41 am

    yahhh, tangganya cuman yang itu doang! :x :x :x
    yang, kuintal, are, ma yang lainnya dong!!!!!!!!!!!!!!! :twisted: :twisted: :twisted: :x :x :x
    gmna sih! 8O 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • aahsadaasdas

      September 12, 2013 at 1:32 pm

      asdsadfsfdsf

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  12. aini nur

    February 16, 2011 at 11:30 am

    :P :!: :arrow: :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. farhan

    March 25, 2011 at 2:27 am

    mo tanya neh nenk: kalo 1 kubik air (biasanya di PDAM) itu berapa Liter ya? itu aja nenk…boleh dikirimkan ke alamat email saya di atas…soalnya kalo suruh ngitung lagi dgn yang ada, waduh kelamaan euy…trimakasih…trimakasih banyak ya nabila

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. icha

    May 2, 2011 at 12:21 pm

    :lol: enak sekali bisa liat :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :?: :!: :!: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. neosoulstar14

    July 24, 2011 at 7:35 am

    kalo 1l berapa m3 bantu donk cepet

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. neosoulstar14

    July 24, 2011 at 7:41 am

    1liter brp m3 jawab cepet donk pls

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. neosoulstar14

    July 24, 2011 at 7:44 am

    bantu ak donk 1liter brp m3

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. gita

    September 25, 2011 at 12:46 am

    klo pangkanya 2 di kali brp dan di bgi brp???

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  19. guru sd

    November 20, 2011 at 2:37 pm

    izin share ya…tuk rujukan ..moga nabilala ihklas… :-) :arrow: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. deyan

    August 25, 2012 at 10:49 am

    hy

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>