Best Author
sangdedi

743,217
octa

484,299
fitrotinnikm

456,613
idjah

444,769
dwi

312,823
adit

309,730
resta-andara

273,725
benedict

261,561
rahadian

240,264
bara

228,914
nabilalalala

216,588
kurnitap_

154,132
kuswanto

139,137
suranto

100,765
admin

98,848
iwan

80,055
kupukupu

78,090

Pelajaran Matematika : Pembuktian Rumus Volume Kerucut dengan Integral

Dengan menggunakan metode integral benda putar, maka kita dapat membuktikan bahwa rumus volume untuk sebuah kerucut adalah sebesar

V = 1/3 x Luas Alas x Tinggi

segitiga dan kerucut

Nah coba lihat deh gambar diatas !!
Yang sebelah kiri adalah gambar segitiga, dan apabila diputar mengelilingi sumbu X (coba deh bayangin) maka bentuknya akan menjadi seperti bentuk sebuah kerucut. ( udah bisa bayanginnya belum ?? :-) )
Ok, buat pembuktian bahwa rumus kerucut adalah :

V = 1/3 x Luas Alas x Tinggi ; Luas alas =  π x r2

Maka, coba ayo kita hitung misal seperti gambar yang diatas itu dengan jari2 sebesar 5 dan Tingginya 12.
Berarti hasilnya adalah :

V = 1/3 x( π x r2 ) x Tinggi
V = 1/3 x π x 52 x 12
V = 100
π

Dengan perhitungan biasa kita bisa dapat nilai dari Volume kerucut adalah 100 π.
Nah, sekarang coba kalo kita hitung dengan rumus “Integral Benda Putar”

rumus integral benda putar

Dengan rumus ini, maka mari kita cari tahu dulu persamaan garis yang membentuk segitiga tersebut.

garis segitiga

Kita ketahui bahwa persamaan garisnya adalah
5X + 12 Y = 60
berarti :
Y = 5 – 5/12 X
lalu jika dijadikan kuadrat (karena pada rumus integral yang dibutuhin Y2), maka :
Y2 = 25 – 50/12 X + 25/144 X2

Lalu kita masukkan ke persamaan integral diatas
V = π 012 [ 25 - 50/12 X + 25/144 X2 ] dx << cara integralinnya di-skip aja yah?? udah bisa kan ?? :D
V = π [ 25 X - 25/12 X2 + 25/432 X3 ]0 12
V =
π { [ 25 (12) - 25/12 (12)2 + 25/432 (12)3 ] – [ 25 (0) - 25/12 (0)2 + 25/432 (0)3 ] }
V = π { [ 300 - 300 + 100 ] – [ 0 - 0 + 0] }
V = π 100
V = 100 π

gmn ?? sama kan hasilnya ?? :o
Masih ada yang kurang jelas atau gimana ??
Silahkan bertanya, jangan malu2 yah !! :D

Penulis :
Telah menulis sebanyak 59 artikel
Mendapatkan 1,643 komentar
  Rating tulisan 4 dari 5

148 Comments

  1. riena

    April 25, 2009 at 3:03 am

    jelasin pembuktian rumus volume kerucut lewat volume tabung donk,,tapi ne tuk anak SMP,

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. riena

    April 25, 2009 at 3:27 am

    jelasin ge dunk darimana tu 1/3 nya? jgn pake integral lah,soalnya kan kita masih SMP

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. Bara Sukaton

    Bara Sukaton

    April 25, 2009 at 12:26 pm

    Aku kan juga belajar integral nih dulu waktu kuliah semester satu, sebenarnya angka 1/3 itu didapatnya memang dari integral. Aku coba jelasin ya,

    Lihat penjelasan diatas yang bagian
    V = π { [ 25 (12) - 25/12 (12)2 + 25/432 (12)3 ] – [ 25 (0) - 25/12 (0)2 + 25/432 (0)3 ] }

    perhatikan, 25 adalah r2 sedangkan 12 adalah t (tinggi). Maka rumus tersebut menjadi…

    V = π { [ r2(t) - r2/12(t)2 + r2/432 (t)3 ] – 0}
    V = πr2t { [ 1 - 1/12(t) + 1/432(t)2 ]}

    Lihat sudah mulai kliatan kan rumusnya? bagian yg disebelah kanan itulah yang menjadi 1/3, masukkan nilai 12 pada bagian kanan dan bagian kanan akan terlihat seperti ini,

    V = πr2t { [ 1 - 1/12(12) + 1/432(12)2 ]}
    V = πr2t { [ 1 - 1 + 1/3 ]}
    V = πr2t (1/3)

    jadilah rumus volume kerucut .. :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: +2 (from 2 votes)
  4. puniser

    April 28, 2009 at 9:45 am

    wokokokokokokokokokokokokokoko :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. fany

    May 1, 2009 at 7:22 am

    EHM…EHM..BIZA NGA YUCH MEMBUKTIKAN RUMUS VOLUME KUBUS LEWAT VOLUME BALOK???????????????????KLO bz,,,jelazin dunksssssssssssss,,,,,,plizsssssssssssssss.thx

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. sangdedi

    sangdedi

    May 2, 2009 at 9:43 pm

    pada dasarnya volume itu adalah “isi” dari suatu bangun ruang
    jadi hakikatnya adalah luas dari satu bangun bidang lalu dibentuk untuk menyerupai bangun ruang yang dimaksud..
    seperti contoh adalah tabung
    tabung adalah bagaikan lingkaran yang kita tarik keatas.. sehingga rumus volumenya adalah luas lingkaran tersebut dikali seberapa tinggi kita menariknya
    begitu juga dengan kubus dan balok, yang memiliki bangun bidang alasnya adalah persegi empat, maka sama hakikatnya dengan tabung..
    yaitu luas alasnya dikali tingginya
    untuk balok :
    dikarenakan alasnya adalah persegi panjang, maka rumus volumenya adalah “luas persegi panjang” dikali “tinggi”
    luas persegi panjang = P x L

    kemudian untuk kubus :
    dikarenakan alasnya adalah persegi, maka rumus volumenya adalah “luas persegi” dikali “tinggi”
    luas persegi = Sisi x Sisi
    dan tinggi dari kubus juga = Sisi dari kubus
    maka rumus volumenya adalah Sisi x Sisi x Sisi
    terima kasih
    kalo blm jelas silahkan tanya lagi yah :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. fany

    May 3, 2009 at 7:08 am

    btw,,thx yuch.
    mas,,tlg muatin jaring-jaring dunks???coz aku mo ngeprint.ada tgz nech.jaring2 bola,kerucut n tabung.thx y maz

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  8. trixie

    May 4, 2009 at 10:54 am

    widih jago….tp tetep ga ngerti wkwkwkwk

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. dmathholic writing

    May 4, 2009 at 11:48 am

    dari integral agak repot kalau sama siswa tuch…

    karena kerucut adalah limas, lebih baik pembuktian nya dari rumus limas. saya rasa hasilnya sama.

    tapi nice post lah. soalnya aq lom bisa ngetik matematika di postingan aq susah… boleh bagi2 ilmu..

    thanks.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. razkal

    May 14, 2009 at 10:11 am

    :twisted: saya mau tau jaring – jaring kerucut dan pengertian

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. sangdedi

    sangdedi

    May 14, 2009 at 9:12 pm

    @fany dan razkal : saya sudah membuat satu postingan baru untuk kamu :-)

    http://klikbelajar.com/pelajaran-sekolah/pelajaran-matematika/by-request-bagian-1-jaring-jaring-bangun-ruang/

    tolong jangan lupa di-rating dan di-komentarin yah :o
    p.s : untuk fany, maaf saya baru bisa membuat sekarang, soalnya sibuk skripsi sih.. hehe :D

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. intan

    May 16, 2009 at 1:40 am

    :P wah ga masuk2 otak deh klo belajar matematika..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. alwan

    June 13, 2009 at 2:42 am

    tampilkan rumus-rumus secara mendetail :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. sangdedi

    sangdedi

    June 13, 2009 at 11:26 pm

    ok Alwan.. tapi belum bisa sekarang yah..
    saya lagi sibuk skripsi, ngejar deadline :D :D

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. reza adityanto

    June 14, 2009 at 2:08 pm

    trima kasih bang dengan membaca blog anda saya jadi lebih bersemangat belajar matematika , besok saya ulangan doakan saya berhasil yaaa :P :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. sangdedi

    sangdedi

    June 14, 2009 at 7:51 pm

    btw ini mah bukan blog saya :D
    Saya cuma penulis biasa di situs ini :lol:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. novia fajriyanti

    June 21, 2009 at 5:48 am

    aduh susah banget matematika.
    apa algi fpb KPK padahal dah diajarin tapi ga mudeng
    sama celcius reamus
    haduh susah lagi.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. arif

    June 29, 2009 at 12:57 pm

    bantuin donk luas dan keliling lingkaran degan integral,,,,,,,,,,trims sebelumnya,,,,,,,

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  19. vivi

    July 1, 2009 at 5:20 am

    makasih ya…. informasinya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. sangdedi

    sangdedi

    July 2, 2009 at 8:25 pm

    Mas arif, ini saya sudah buatkan postingan untuk anda, semoga dapat membantu :D
    http://klikbelajar.com/pelajaran-sekolah/pelajaran-matematika/pembuktian-keliling-lingkaran-dari-luas-lingkaran-dengan-integral/

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. MW T'U JAAAAAAAAAAAA

    July 8, 2009 at 10:10 am

    :twisted: :twisted: 8) :lol: :arrow: :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. salma

    September 2, 2009 at 10:36 pm

    duh pngen nnya niih ,
    :lol:
    dik : kerucut mempunyai selimut dengan luas 1.570 cm2
    dan garis pelukis 25 cm. hitung panjang jari” alas dan luas alasnya .
    :roll:

    makasiih yaa sebelum.yh

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. sangdedi

    sangdedi

    September 3, 2009 at 9:06 am

    rumus luas selimut kerucut = π . r . p
    π = phi (22/7 atau 3.14)
    r = jari2
    p = panjang garis pelukis

    jadi gampang dong yah ?? :o
    1570 = 3.14 x r x 25
    r = 20 cm (ngerti kan ?? :-) )

    trus buat luas alas.. kan alas kerucut berupa lingkaran kan :o
    berarti sama aja kayak kita hitung luas lingkaran dengan jari2 yang barusan kita dapetin itu
    jadi :
    luas alas kerucut = π . r^2 (phi r kuadrat)
    luas alas kerucut = 3.14 x 20^2
    luas alas kerucut = 3.14 x 400
    luas alas kerucut = 1256 cm2

    ngerti gak ?? :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  24. maria

    September 7, 2009 at 6:44 am

    Pmbuktian luas kerucut dengan cara yang laen ga ada ya????? 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  25. daniel

    September 7, 2009 at 1:00 pm

    mas saya ada tugas,tentang pembuktian volum bangun ruang sisi lengkung(kata guru saya asal-usulnya)tapi yang mudah dimegerti aja ya mas :-) ,soalnya saya masih smp :-) secepatnya ya mas,terima kasih,maaf mas kalau terlalu bnyak minta :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  26. dimaz

    September 9, 2009 at 3:51 am

    jaelah ribet bgt tuh kyknya..
    pake bahasa ank sekolahan aja dong.
    itu kk kok bisa tau gitu sihh.??cara belajar yg enak gmn seh buad mtk!!??
    cz pel yg aq suka ( MTK ) .!
    ^^

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  27. sangdedi

    sangdedi

    September 9, 2009 at 3:26 pm

    @ maria : ada koq, kerucutnya diisi dengan air, habis itu diukur volume air yang masuk berapa liter.. ketemu deh volume kerucut :lol:
    @ daniel : nah itu dia, saya juga udah lupa gimana buktiin rumus kalo gak pake integral, soalnya gara2 dulu SMA sama kuliah pakenya integral jadi ingetnya itu.. hehe :D
    @dimas : kalo belajar math mah saya dulu gak pernah dihapal, tapi dipahamin.. jadi lebih ngerti :wink:

    gudluck all.. maaf saya belum bisa bantu.. mungkin ada pertanyaan lain yang bisa saya jawab ??

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  28. daniel

    September 16, 2009 at 6:07 am

    yahhh,yaudah deh mas,kasih tau aja integral itu apa?makasih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  29. daniel

    September 16, 2009 at 6:10 am

    :mrgreen: :| :arrow: :idea: :?: :!: :wink: :roll: :twisted: :evil: :cry: :oops: :P :x :lol: 8) :? 8O :o :( :-) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  30. fadhil

    September 18, 2009 at 1:59 am

    saya mau tau cpa penemu rumus volum kerucut?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  31. cahaya

    September 23, 2009 at 8:59 am

    kang klo bi5a ad pembahasan tentang asal mula v kerucut itu jadi ada oke :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  32. ghaliya

    October 4, 2009 at 1:40 am

    wow. . . . .
    skrang aku bsa membuktikannya!
    mksh yuph. . .

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  33. ericha

    November 2, 2009 at 6:06 am

    qu……s’ks banget p’lajran mtk :arrow: :lol: :P :!: :o :-) :D :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • eric dan setipen dkk

      September 10, 2014 at 4:57 am

      ciyus miapahhhhh?????
      kamu suka sama pelajaran mtk?? aku sukanya sama kamu

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
    • huzni celaluh cyank clamanya

      September 10, 2014 at 5:23 am

      pin bbnya dun

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  34. eis

    November 8, 2009 at 1:17 pm

    :oops: trus dari mana kita tau 1/3nya, aku masih bingung kenapa rumus kerucut 1/3 luas alas x tinggi

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  35. Siti

    November 10, 2009 at 12:16 pm

    Kq kRaNG LnGkAp cE…………………………….
    RmUs2x…………………………

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  36. Billy

    November 16, 2009 at 12:40 pm

    huuh gx ngerti ma sekali cz bru smp :P :x :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  37. rendra

    November 20, 2009 at 7:48 am

    :evil: :lol: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  38. rendra

    November 20, 2009 at 7:52 am

    gmn ya cara nerangkan kerucut itu supaya gampang di mengerti olh orng lain….krena aq clon guru mtk :o 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  39. NADHIFAH

    November 25, 2009 at 11:16 am

    AQ LAGI SEDIH NICH KARNA DIPUTUSIN PCR AQ :cry: :cry: :cry: :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  40. mas_boys

    December 2, 2009 at 1:35 pm

    buset dah kk susah bnget

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  41. hoirul anam

    December 4, 2009 at 4:29 am

    Aku mo tanya asal usul rumus Luas persegi panjang kenapa kok PxL? :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  42. sangdedi

    sangdedi

    December 5, 2009 at 2:19 pm

    @hoirul : itu sih (menurut saya :D ) merupakan definisi dari luas, dimana persegi panjang (atau segi empat) merupakan bentuk paling sederhana dari suatu bangun, sehingga mudah banget untuk dijadikan pemodelan dari rumus luas
    jadi intinya Luas = Pj x Lb adalah definisi dari suatu luas itu sendiri, tidak ada penjelasan khusus (andai ada, berarti saya yang belum tahu :D ) mengapa seperti itu, karena itu memang definisi dari suatu Luas

    CMIIW :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  43. fajar

    December 7, 2009 at 8:13 am

    inilah namanya smart sollution..!!! :!: :!: :!: :!: :!: :!: :-) :-) :wink: :wink: :wink: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  44. sinta sari

    December 8, 2009 at 5:20 am

    semangat yaa,, yang banyak bikinnya,,n yang lebih bermanfaat

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  45. eena

    December 16, 2009 at 3:57 am

    kalo tabung gmna???

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  46. Goosebumps

    December 23, 2009 at 5:12 am

    mau nanya neh, ada yg bisa bantu ga
    kalo mau menghitung isi dari tabung yg posisinya tidur atau melintang, tapi isinya tidak presisi 50% atau 25% , ada yg tau ga cara ngitungnya
    kalo saya misalkan: sebuah tabung dengan jari2 10, tingginya 50, didalamnya terdapat cairan atau air dengan ketinggian 17, untuk menghitung volume air yg ada di dalam tabung kan cukup sederhana kalau posisi tabungnya tegak atau berdiri
    kalo ga salah: Vair= π*10*10*50*17/50
    nah yg saya bingung, apa bila posisi tabung dari awal tiduran / mendatar
    kemudian didalamnya ada air dengan ketinggian misalnya 7, dengan jari2 lingkaran 10 dan panjang tabung 50, gimana caranya menghitung volume air didalam tabung tersebut
    thanks b4

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  47. topik

    December 27, 2009 at 10:05 am

    wah…bagus sekali, tapi kl mnurut sy itu bkn pembuktian, kl pmbuktian sperti itu kurang diterima oleh matematikawan krn anda mnggunakan pmbuktian induktif. dan matematika hanya menerima pembuktina deduktif. :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  48. sangdedi

    sangdedi

    December 27, 2009 at 8:43 pm

    terima kasih Pak :-)
    Mungkin apabila anda berkenan, anda bisa membagi pengetahuan anda disini
    agar saya juga bisa belajar dari anda :oops:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  49. si tampan

    January 11, 2010 at 10:38 am

    kalo pengertian π gimana tu kk :( :( :( :cry: :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  50. sangdedi

    sangdedi

    January 11, 2010 at 9:24 pm

    silahkan baca ini http://klikbelajar.com/pelajaran-sekolah/pelajaran-matematika/pengertian-pi-314/

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  51. ghfghf

    February 12, 2010 at 9:34 am

    .

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  52. syauqi

    March 17, 2010 at 10:28 am

    benar tu :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  53. JoannaGutierrez31

    March 30, 2010 at 2:42 am

    Houses and cars are not very cheap and not every person is able to buy it. However, business loans was invented to aid different people in such cases.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  54. gilang wahyu

    March 30, 2010 at 4:36 am

    klau volum kerucut gmn??????

    gua gk tau nih volum kerucut…..
    :( 8O :? :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  55. ebit

    April 22, 2010 at 2:17 pm

    :P
    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :| :mrgreen:
    woi, lu bgo ga ??
    masa saya ga tw ap yg lu publish..
    bkin donk yg bner biar gu bsa baca, gu kn org buta..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  56. jurlinda

    April 25, 2010 at 2:23 am

    :x :lol: :arrow: :idea: :D :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  57. LINDA

    April 25, 2010 at 2:25 am

    HEI KASIH TAU YG JLS DONK
    :x :twisted: :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  58. rora

    April 26, 2010 at 10:42 am

    BZA D’PERJLAZ GK rumusna?????????

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  59. Muhammad rizki

    April 27, 2010 at 9:00 am

    aku sult nger jain MTK :P
    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  60. rizky

    April 28, 2010 at 12:44 pm

    bagus juga jadi kubisa mengajar :-) :-) :-) :!: :?: :?: :?: :?: :?: :oops: :oops: :oops: :x :x :x :x :x :lol: 8) 8) :o :o :o :? :lol: :x 8) :x 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) :-) :D :D :D :D :D :D :D :-) :o 8O :? :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  61. tommy

    May 5, 2010 at 10:14 am

    Kak masih aktif kan situs ini??
    maw nanya gimana cari rumus keliling selimut kerucut dan rumus garis pelukis…
    tolong dbales kak…
    thanks..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  62. sangdedi

    sangdedi

    May 6, 2010 at 6:18 am

    @tomi: masih dong :D
    rumus garis pelukis =>
    r^2 + t^2 = s^2 (jari-jari kuadrat + tinggi kerucut kuadrat = garis pelukis pelukis kuadrat)
    nah, itu kayak rumus pitagoras kan ?? :o
    kalo keliling selimut kerucut ?? yakin soalnya kayak gituh yah ??
    berarti = keliling lingkaran + 2 garis pelukis kerucut :wink:
    ngerti gak ??

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  63. iruthslmmmr

    May 25, 2010 at 1:23 pm

    :D :-) :( :o 8O 8) :lol: :x :P :cry: :evil: :!: :wink: :roll: :twisted: :evil: :mrgreen: :| :arrow: :idea: :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  64. essi citra

    June 6, 2010 at 10:31 am

    kak,
    gw mo nanya ne. lo bisa jawab ga?
    :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  65. nugie

    June 16, 2010 at 3:53 am

    minta tolong bagaimana ngitung vol silinder dalam posisi tidur?

    rumusnya yang sederhana y….

    misal tinggi 3 meter dan diameter 90 cm

    butuh bgt ni

    tks

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  66. sangdedi

    sangdedi

    June 16, 2010 at 12:29 pm

    @nugie sama aja koq kayak ngitung volume silinder dengan posisi berdiri.
    phi x jari-jari x tinggi = 22/7 x 45 x 300 = 42.429 cm^2 :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  67. nugie

    June 17, 2010 at 12:16 am

    begini mas,langsung ke permasalahan aja. saya mau membuat tanda pada tangki BBM yang berbentuk silinder tapi posisinya tidur. tanda itu berfungsi untuk mengetahui vol tangki pada ketinggian x cm. tangki ini mempunyai tinggi 350 cm dan diameter 140 cm. kalau dulu kami membuat tanda dengan cara yang sederhana, yaitu dengan menuang ember kapasaitas 10 liter kemudian kami garis (tangki sudah dipasang dengan selang duga yang transparan). sapa tau ada rumus yang membuat pekerjaan ini menjadi lebih mudah, daripada menung ember 10 liter sampai tangki 5 ton penuh :-) please y mas….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  68. sangdedi

    sangdedi

    June 17, 2010 at 4:57 pm

    @Nugie: jawabannya ada di post saya yang satunya yah :wink:
    http://klikbelajar.com/pelajaran-sekolah/pelajaran-matematika/perhitungan-rumus-tabung-terbalikrebahan-by-request/

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  69. nugie

    June 18, 2010 at 8:30 am

    ok deh,,aq pelajari dulu..moga-moga aja bisa memecahkan masalahku..
    klo lum bisa aq nanya lgi
    jgn bosan y..
    tks y… :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  70. sangdedi

    sangdedi

    June 18, 2010 at 9:49 am

    sama2.. moga2 berguna yah :-)
    nanti kalo ada yang mau ditanya tanya aja, jangan sungkan..
    mudah2an saya bisa menjawabnya :wink:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  71. rhennie

    August 17, 2010 at 3:40 pm

    maaf aq dpt soal nih…trus aq bingung cara mengerjakannya..
    mohon bantuannya..

    soal : cari ukuran tabung lingkaran tegak yang volumenya sebesar mungkin yang dapat ditempatkan didalam sebuah kerucut lingkaran tegak yang jari2nya 9cm dan tingginya 12cm..?????

    mohon dibalas secepatnya..
    trimakasih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  72. sangdedi

    sangdedi

    August 17, 2010 at 5:48 pm

    ini udah aku buatin satu postingan baru untuk menjawab pertanyaan kamu :
    http://klikbelajar.com/pelajaran-sekolah/pelajaran-matematika/menghitung-rumus-volume-maksimum-dari-sebuah-tabung-di-dalam-kerucut/

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  73. fahmi cumi

    August 18, 2010 at 10:47 am

    KA.. TOLONG JELASIN PEMBUKTIAN RUMUS LUAS SELIMT KRUCUT PLEASE!!!!!!!

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  74. sangdedi

    sangdedi

    August 18, 2010 at 4:50 pm

    ini sudah saya buatkan satu post untuk menjawab pertanyaan kamu :wink:
    http://klikbelajar.com/pelajaran-sekolah/pelajaran-matematika/pembuktian-luas-selimut-kerucut/
    kalo gak ngerti jangan sungkan untuk bertanya yah :!:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  75. angel

    August 20, 2010 at 4:15 am

    tolong dundd jelasin lebih lngkap tentang kerucut,,
    :(
    makasi ka,,

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  76. wiwie

    August 21, 2010 at 4:45 am

    tolong pembuktian rumus tabung donk..!! :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  77. HENI

    August 26, 2010 at 8:14 am

    gmna sebuah benda mempunyai jari”= R truz bisa keatas itu gmn?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  78. Dika

    September 12, 2010 at 1:15 pm

    kaka akuu mo numpang tanyaa
    kalo semisalkan daa selembar karton berbentuk setengah lingkaran yang diameternya 20cm
    trus, kalo di suruh cari jari jari alas kerucutnya gimana ?

    kann luas jaringnya g di ketaui
    kalopun mau nyari, sudut juringnya juga gatau

    gimana dong ?
    SOMEBODY HELP ME :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  79. Nadya

    September 15, 2010 at 8:19 am

    kak kok nggakmudeng sich. bingunggg… :-) yang rumus integral benda berputar itu di ajarin di SMP ato SMA ato perguruan tinggi ?! hehehe
    makasih .. :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  80. arya

    September 19, 2010 at 6:33 am

    kaka ada pembuktian yg lebih singkat ga ?? yg itu kurang paham

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  81. mutianajmi

    September 20, 2010 at 12:38 pm

    aduh tlong bantu dong plis ini lagi ngebut banget soalnya, harus di kumpulkan besok .
    tolong jelasin tentang pembuktian rumus volum kerucut tapi gak pake integral segala .
    saya kurang memahami matematika jadi tolong jelasin lebih rinci yah :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  82. Falah

    September 22, 2010 at 7:35 am

    adakah cara pembuktian rumus kerucut tanpa integral ?? pliss dong kalo ketemu berarti dewa :!: matematika. soalnya aq khan baru SMP, mana ngerti ama yang namanya integral

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  83. JelitaPriskila

    September 22, 2010 at 2:06 pm

    rumus volume kerucut berkunjang/berjungkang/berjuntang ato apalah ituu? gimana sih rumusnya? yg misalnya ember,itukan pakek rumus kerucut,nah rumusnya apasiih? :?:
    THX before ya :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  84. ayu

    September 24, 2010 at 8:26 am

    cara mencari luas permukaan bola gimana? :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  85. Nurul Fauzi

    October 2, 2010 at 2:55 am

    mas….ajarin integrall lah….kasih aku rumus dasarnya dan kasih contoh soalnya…tapi dari yang paling mudah biar aku mudeng…. :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  86. Nurul Fauzi

    October 2, 2010 at 2:58 am

    :o mas ajarin aku integrall ya…
    dari rumus dasarnya sampe contoh soal …tapi soalnya yang gampang dulu byar aku medeng….oke….trima kasih sebelumya….. :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  87. halimah

    October 9, 2010 at 3:53 am

    kak tolong tlisin pembuktian mendapatkan rumus selimut tabung dund
    tpi yang untuk anak SMP yaa kak . . . :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  88. lia

    October 9, 2010 at 3:59 am

    tolong dunk pembuktian rumus luas dan volume balok????????????????

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  89. febry

    October 15, 2010 at 7:49 am

    bgmana cra mencari volume krucut jika t= 30 cm dan kelilingnya alasnya 66 cm jika
    pi nya22/7 ?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  90. benz93

    October 15, 2010 at 11:09 am

    kk sangdedi tlong ajarin rumus pitagoras klas 6 please secepatnya di blezzzzzz :!:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  91. benz93

    October 15, 2010 at 11:10 am

    :D :-) :( 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  92. Reni

    October 27, 2010 at 8:10 am

    Ass…
    Bagaimana caranya mencari volume kerucut terpenggal ea?????
    dulu pnah mdapatkan materi itu pd waktu SD…stlh 10 th mlh g brbekaz nich… :D
    syukron katsir…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  93. sangdedi

    sangdedi

    October 28, 2010 at 2:02 am

    @reni : perasaan pertanyaan ini pernah saya jawab dimana gitu
    @benz : A^2 + B^2 = C^2
    @febry : pakai rumus kerucut standar aja phi . r^2 . T
    @halimah : coba lihat di tulisan saya yang lain perasaan sudah saya buat :wink:
    @jelita : sudah ada pertanyaan yang sama di tulisan saya yang lain.. tolong cek yang disana yah :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  94. teuku muhammad rizha

    November 5, 2010 at 11:43 am

    :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :o :o :o :o :o :o :o :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :mrgreen:

    :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  95. anin

    November 29, 2010 at 10:18 am

    PHI TU DATANNYA DARIMANA SI MAS? KNAPA SEMUA RUMUS MENGGUNAKAN NILAI INI?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  96. AAN ANGELIAN

    December 1, 2010 at 2:13 pm

    MAS RUMUS TINGGI KERUCUT PINYE TO :lol: 8O :o :( :-) :D :twisted: :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  97. ardiyan

    December 5, 2010 at 2:06 am

    TOLONG DOng…… :? :? :?
    asal mula rumus luas dan vulume (persegi,layang-layang,segitiga,jajargenjang,kubus,prisma)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  98. hoky

    December 5, 2010 at 7:36 am

    :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  99. pakde

    December 11, 2010 at 8:59 am

    saatnya untuk bilang… :!: BAGUS..
    masih ada yang mau berbagi ilmu…
    nanti saat aku tanya tolong dibantu ya… :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  100. Fadhila Putri

    December 13, 2010 at 3:56 pm

    siipp.. thx,, :lol: :o :D :arrow: :-) 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  101. LIONEL ANNAS

    February 4, 2011 at 12:08 pm

    TRIMA KASIH SDAH BERBAGI ILMU :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: TAPI MANA CONTOH SOAL :twisted: :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  102. Rere

    February 28, 2011 at 6:23 am

    kaka kalau pembuktian luas jajar genjang gmn…??

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  103. agi

    March 5, 2011 at 1:19 pm

    makasih, dah bagi2

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  104. agus

    March 10, 2011 at 2:33 am

    bang knp nilai Phi itu = 3,14 ?? :roll: :roll:
    darimna dpetnya angka itu..???

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  105. mahdalena

    March 13, 2011 at 9:54 am

    hemmm… aq dpat tgas sruh wat jaring – jaring kerucut beserta ukurannya.. caranya gimana ? :?: :idea: :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  106. ryan

    March 21, 2011 at 1:38 pm

    Ea Tu Rumus Volume Na Bgus ……. 8) :-) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  107. mawan

    March 23, 2011 at 3:34 am

    Wah, si;p banget!
    Makasih ya, terjawab sudah pertanyaanku
    Tapi ada pembuktian secara sederhana yang dapat diterima oleh anak SMP ga?
    Tolong, ya.
    Makasih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  108. muvit

    March 28, 2011 at 3:07 pm

    test

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  109. muvit

    March 28, 2011 at 3:40 pm

    mas mw nanya nih…
    saya mau merancang sebuah bangun ruang berbentuk kerucut, yg nantinya akan saya isi material berupa abu batubara, kapasitas abu batubara saya tentukan sebesar 10,5 m3.

    yg mau saya tanyakan, bagaimana menghitung luas permukaan kerucut, (termasuk tinggi dan diameternya) dengan kapasitas tersebut.

    terimakasih, wassalam

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  110. bintang

    March 31, 2011 at 12:40 pm

    TERIMAKASIH YA UDAH BANTU PR AKUh :twisted: :!: :arrow: :cry: 8) :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  111. bintang

    March 31, 2011 at 12:43 pm

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :!: :!: :!: :!: :mrgreen: :arrow: :twisted: 8) 8) 8) 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  112. topann

    March 31, 2011 at 3:06 pm

    :mrgreen: :| :arrow: :idea: :?: :!: :wink: :roll: :twisted: :evil: :cry: :oops: :P :x :lol: 8) :? 8O :o :( :-) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  113. erna

    April 1, 2011 at 2:32 am

    wah rumit juga lu pakek integral,,, knpa gak pake tabung z,,, :( :cry:
    biar lbih bisa dimngerti ama anak skolahan,,,, :-)
    cma ksih saran,,,,, C_U :lol: :lol: :lol: :lol: :D :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  114. Laurent

    April 4, 2011 at 2:16 pm

    kk klo bisa tolongin dong cariin titik sudut,sisi,sama kerangka bangun ruang pyramida,bola,cylinder plizzzzzzzzzzzzzzzzz

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  115. ribka

    April 7, 2011 at 6:20 am

    tollong buatin soal matematika tentang bangun ruang bola dong ???? plis… :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  116. triosa

    April 25, 2011 at 2:29 am

    8O :? :cry: :? :? 8O :( :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  117. Ramha

    May 5, 2011 at 2:09 am

    hem,,, bru buka nih.. kyknya bagus buat aku belajar :D :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  118. ramha

    May 5, 2011 at 2:34 am

    :D hhee,, bru ngliet nih.. tpii bagus bged buat belajar :) boleh kan kalo aku kesulitan nanya disini ?? :-) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  119. hanny

    May 17, 2011 at 11:04 am

    ngebantu banget buat aku tes seleksi nanti heheh :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  120. afif

    May 24, 2011 at 2:13 pm

    bos tanya nih, kalo kerucut itu kan titik puncaknya kan sejajar ama titik tengah alasnya, nah kalo titik puncaknya itu sejajar ama salah satu tepinya itu masih masuk kerucut ta kalo hitung volumenya????

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  121. shanty octavia

    June 10, 2011 at 3:27 pm

    eh ajarin dong gue gangerti . gue pengen bisa nguasain semua rumus matematika buat ngebahagiain orang tua saya :cry: plissss :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  122. indah

    June 22, 2011 at 6:47 am

    :-) GMN CARA TUK MENGAJARKAN VOLUME KERUCUT PDA ANK SD secara menyenagkan dan mudah d mengerti anak

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  123. reva

    July 28, 2011 at 12:27 am

    mau tanya, klo cuma diketahui tinggi sm sm garis pelukis kerucut, hitung kuas selimutnya bagaimna ? terimakasih :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  124. anindya

    September 7, 2011 at 11:08 am

    gmn cara ngitung tinggi kerucut ,??v :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  125. algorithm

    September 14, 2011 at 5:18 pm

    :lol: :lol:
    thank U nih, penjelasan tentang ni mang lg saya cari buat mata kuliah seminar….

    skali lg thank u yah..

    add fb saya yah => suhendra new algorithm

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  126. faiq

    September 19, 2011 at 12:28 pm

    :mrgreen: :| :arrow: :idea: :?: :!: :wink: :roll: :twisted: :evil: :cry: :oops: :P :x :lol: 8) :? 8O :o :( :-) :D thanks :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  127. rahma

    September 24, 2011 at 11:42 am

    tlng dong bantu sy untuk membuktikan klo luas tabung itu = luas bola. trimakasih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  128. novita veronica

    September 30, 2011 at 1:40 pm

    klo cara menghitung tinggi kerucut gimana??? aq susah mengerti kalo soal menghitung tinggi kerucut. aq msih smp nih,
    makasih :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  129. Kiki Joedi Ndiri Lgye

    October 1, 2011 at 11:07 am

    Kok ga ada Rumus Volume Tabung & Bola iya :cry: aku butuh rumus itu :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  130. ANITAPUTRI

    October 6, 2011 at 7:19 pm

    Maaf yah…, aku orang baru. Tapi kalau menurut saya, sederhana aja bagaiman membuktikan 1/3 itu dari mana. Ambil aja bangun ruang berbentuk kerucut yang berongga. Lalu isi dengan air atau benda yang berupa serbuk sampai penuh. Setelah itu, air atau serbuk dari kerucut dimasukkan ke dalam tabung yang alas dengan tingginya sama dengan kerucut tadi. Lakukan itu sebanyak 3 kali. Maka tabung akan terisi penuh sebanyak 3 kali isi kerucut. Berarti VOLUME KERUCUT = 1/3 X VOLUME TABUNG.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  131. ANITAPUTRI

    October 6, 2011 at 7:27 pm

    :D :-) :o :P :oops: :evil: :arrow: :evil: :oops: :P :lol: :o :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  132. ANITAPUTRI

    October 6, 2011 at 7:30 pm

    :D :-) :o :P :oops: :evil: :arrow: :evil: :oops: :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  133. bambang prasetyo7

    October 9, 2011 at 9:29 am

    gampang susah mencariy :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  134. dhinyhardianty

    October 9, 2011 at 12:42 pm

    mas,gimana sih cara menentukan tinggi kerucut ? Jika diketahui r alas=10cm panjang garis pelukisnya 24cm dan π=3,14 ?
    Tolong dijawab secepatnya,soalnya lagi butuh banget nih :idea: mas,gimana sih cara menentukan tinggi kerucut ? Jika diketahui r alas=10cm panjang garis pelukisnya 24cm dan π=3,14 ?
    Tolong dijawab secepatnya,soalnya lagi butuh banget nih :o mas,gimana sih cara menentukan tinggi kerucut ? Jika diketahui r alas=10cm panjang garis pelukisnya 24cm dan π=3,14 ?
    Tolong dijawab secepatnya,soalnya lagi butuh banget nih :idea: mas,gimana sih cara menentukan tinggi kerucut ? Jika diketahui r alas=10cm panjang garis pelukisnya 24cm dan π=3,14 ?
    Tolong dijawab secepatnya,soalnya lagi butuh banget nih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  135. Nawa

    October 12, 2011 at 1:35 pm

    Kak, gmn cara pembuktian rumus balok mnurut teori ya kak ?? :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  136. reynaldi

    October 19, 2011 at 12:10 pm

    :D :o 8) :x :twisted: :twisted: :twisted: :idea: :mrgreen: tolong jelasin rumus limas donk kelas 6A ANGKASA VIII

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  137. difia arisandy

    November 16, 2011 at 12:33 pm

    tolong jelasin rumus nyari jari jari kerucut donkk bingung nhii :roll: :roll: :? :? :? :?

    ok maksihh sebelumnyy :!: :!: :D :D :o :lol: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  138. Andre_Lpu

    November 16, 2011 at 3:14 pm

    pada OOn Semua :idea: :idea: :idea: :idea:

    Lihat Ni

    Prisma

    Rumus volume = luas alas * tinggi
    [sunting] Balok

    Rumus Volume Balok = panjang x lebar x tinggi

    luas permukaan balok = 2(pl)+2(lt)+2(pt)

    [sunting] Tabung

    Rumus Volume = luas alas * tinggi

    = π * r2 * tinggi

    [sunting] Prisma segitiga

    Rumus = luas alas * tinggi

    = 1/2 × (alas segitiga × tinggi segitiga) × tinggi prisma

    [sunting] Kubus

    Rumus = sisi pangkat 3
    [sunting] Limas (piramida)

    Rumus = 1/3 * volume prisma

    = 1/3 * luas alas * tinggi

    [sunting] Limas persegi

    Rumus = 1/3 * luas alas * tinggi

    = 1/3 * luas persegi * tinggi

    [sunting] Limas segitiga

    Rumus = 1/3 * luas alas * tinggi

    = 1/3 * 1/2 * alas segitiga * tinggi segitiga * tinggi prisma

    [sunting] Kerucut

    Rumus = 1/3 * luas alas * tinggi

    = 1/3 * π * r2 * tinggi

    Prisma

    Rumus volume = luas alas * tinggi

    Balok

    Rumus = luas alas * tinggi

    = panjang * lebar * tinggi

    Tabung

    Rumus = luas alas * tinggi

    = π * r2 * tinggi

    Prisma segitiga

    Rumus = luas alas * tinggi

    = 1/2 * alas segitiga * tinggi segitiga * tinggi prisma

    Kubus

    Rumus = sisi * sisi * sisi

    = s3

    Limas (piramida)

    Rumus = 1/3 * volume prisma

    = 1/3 * luas alas * tinggi

    Limas persegi

    Rumus = 1/3 * luas alas * tinggi

    = 1/3 * luas persegi * tinggi

    Limas segitiga

    Rumus = 1/3 * luas alas * tinggi

    = 1/3 * 1/2 * alas segitiga * tinggi segitiga * tinggi prisma

    Prisma

    Rumus volume = luas alas * tinggi

    Balok

    Rumus = luas alas * tinggi

    = panjang * lebar * tinggi

    [sunting] Tabung

    Rumus = luas alas * tinggi

    = π * r2 * tinggi

    [sunting] Prisma segitiga

    Rumus = luas alas * tinggi

    = 1/2 * alas segitiga * tinggi segitiga * tinggi prisma

    [sunting] Kubus

    Rumus = sisi * sisi * sisi

    = s3

    Limas (piramida)

    Rumus = 1/3 * volume prisma

    = 1/3 * luas alas * tinggi

    Limas persegi

    Rumus = 1/3 * luas alas * tinggi

    = 1/3 * luas persegi * tinggi

    Limas segitiga

    Rumus = 1/3 * luas alas * tinggi

    = 1/3 * 1/2 * alas segitiga * tinggi segitiga * tinggi prisma

    Kerucut

    Rumus = 1/3 * luas alas * tinggi

    = 1/3 * phi * r2 * tinggi

    Kerucut

    Rumus = 1/3 * luas alas * tinggi

    = 1/3 * phi * r2 * tinggi

    ini baru benar :P :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: 8) 8) 8) 8) 8) :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :( :-) :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  139. jabrik

    November 24, 2011 at 2:54 am

    gan lo pembuktian rumus untuk volume kerucut dengan menggunakan integral lipat 3 gimna???????

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  140. fitrah ramadhan

    December 17, 2011 at 1:55 pm

    bos kalau menghitung frekuensi BAGAIMANA dan DIAGRAM, PELUANG
    tolong jelasin yachhh :lol: :P :oops: :!: :arrow: 8) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  141. ian

    November 15, 2012 at 5:19 am

    keren gan.. makasih infonya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  142. Witri Saidatur Rabiah

    May 23, 2013 at 3:14 am

    agak membingung kan tapi nanti coba saya pelajari..

    #thank :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  143. fikaarni16

    June 5, 2013 at 9:16 am

    kalo cara menemukan volum limas segiempat gimana sih ? tapi untuk anak SD hhe..
    jadi bahasanya yang gampang aja…
    soalnya sy ada tugas gtu euy..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  144. Agnes

    September 18, 2013 at 4:06 pm

    Kak?? :”( 1/3 itu dpetnya dari mana sih?? :”( Pusing deh.. Penjelasan itu sama sekali ga dimengerti oleh pikiran aku.. :”(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  145. Agnes

    September 18, 2013 at 4:08 pm

    kaka? 1/3 itu dpet dari mana? jelasin dgn cara anak smp donk..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  146. Agnes

    September 18, 2013 at 4:10 pm

    kaka? 1/3 itu dpet dari mana? jalan pengerjaan nya gmna?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>