Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,297
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,167
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,149
benedict

261,583
rahadian

240,940
bara

228,942
nabilalalala

216,884
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,191
suranto

100,765
admin

99,004
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Menghitung luas permukaan bola dari volume bola (Pertanyaan request by Tiara)

Saya dapet pertanyaan dari Tiara seperti ini :

tolong jawab pertanyaan ini ya..?

Volume sebuah bola sepak 288 phi cm3
bila bola tsb terbuat dr kulit, maka luas kulit yg dibutuhkan adalah?

Gampang kok ngerjainnya, siapin dulu bahan2nya yah :)

1. Rumus Volume Bola : 4/3 phi R^3  -> dibacanya 4/3 phi R pangkat 3

2. Rumus luas permukaan Bola : 4 phi  R^2   -> dibacanya 4 phi R kuadrat

Bahan2nya udah siap ?? sekarang tinggal digoreng :P

Dari pertanyaannya Tiara kita bisa tahu kalo Volume bola adalah 288 phi cm3, berarti dengan menggunakan bahan 1 kita bisa bikin masakan kayak begini : (biar enak, satuan cm3-nya dipinggirin dulu ya :) )

4/3 phi R^3 = 288 phi

disebelah kiri ada “phi”, di sebelah kanan juga ada “phi”. Bisa dicoret dong ya :)  berarti sekarang masakan kita bisa jadi kayak begini

4/3 R^3 = 288

kedua kita pindahin angka 4/3 ke sebelah, jadinya

R^3 = 288 x 3 / 4    <- ngerti kan kenapa bisa begini ?? cuma dipindah ruas aja kok

masakan kita sekarang jadi begini :

R^3 = 216

tinggal diakar pangkat 3 aja deh untuk dapet jari2nya

R = 6

Nah sekarang kita udah dapet kan jari2nya adalah 6 cm. Sekarang dengan bahan kedua kita bisa hitung luas permukaan kulit yang dibutuhkan untuk membuat bola tersebut.

Luas permukaan bola adalah 4 phi R^2

tinggal masukin jari-jarinya = 6, ketemu deh jawabannya… gampang kan ? :)

Luas permukaan bola = 4 x 22/7 x 6^2

Luas permukaan bola = 4 x 22/7 x 36

Luas permukaan bola = 452.57 cm2

Selesai deh masakan kita, sekarang bisa langsung dihidangkan :)

Selamat mencicipi, hehe

Menghitung luas permukaan bola dari volume bola (Pertanyaan request by Tiara), 5.0 out of 5 based on 2 ratings

Penulis :
Telah menulis sebanyak 15 artikel
Mendapatkan 170 komentar
  Tingkat Dewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>