Best Author
sangdedi

743,207
octa

484,159
fitrotinnikm

456,603
idjah

444,725
dwi

312,729
adit

309,674
resta-andara

273,565
benedict

261,561
rahadian

240,244
bara

228,914
nabilalalala

216,570
kurnitap_

154,122
kuswanto

139,079
suranto

100,765
admin

98,826

Matematika : KPK (Kelipatan Persekutuan terKECIL)

KPK adalah kepanjangan dari Kelipatan Persekutuan Terkecil.
Yang dimaksud kelipatan adalah kelipatan dari suatu bilangan.
contoh : Kelipatan dari angka 3 adalah 3, 6, 9, 12, 15, … ( dan seterusnya.. )
contoh lain : Kelipatan dari angka 4 adalah 4, 8, 12, 16, 20, … ( dan seterusnya.. )
contoh lagi deh :  Kelipatan dari angka 6 adalah 6, 12, 18, 24, 30 … ( dan seterusnya.. )

Ok, udah ngerti kan tentang arti kelipatan ?? :o

Sekarang yang dimaksud dengan KPK ( Kelipatan Persekutuan Terkecil ) adalah kelipatan dari suatu bilangan tapi yang nilainya paling kecil..
Biasanya soal-soal KPK itu menggunakan dua atau lebih bilangan yang dicari.

contoh :
Tentukan KPK dari 3 dan 4
Kelipatan 3 = 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 27 …  ( dan seterusnya.. )
Kelipatan 4 =  4, 8, 12, 16, 20, 24, 28  … ( dan seterusnya.. )
Lihat kelipatan yang sama angka berapa ?? 12 dan 24 ( dua-duanya punya kelipatan yang nilainya 12 dan 24 kan ?? )
Pilih yang paling kecil adalah 12
Maka, KPK dari 3 dan 4 = 12 

contoh lain :
Tentukan KPK dari 6 dan 9
Kelipatan 6 = 6, 12, 18, 24, 30 …  ( dan seterusnya.. )
Kelipatan 9 =  9, 18, 27,  … ( dan seterusnya.. )
Lihat kelipatan yang sama angka berapa ?? 18 ( dua-duanya punya kelipatan yang nilainya 18 kan ?? )
Pilih yang paling kecil adalah 18
Maka, KPK dari 6 dan 9 = 18

contoh lagi ( KPK dengan tiga angka ) :
Tentukan KPK dari 3, 4, dan 6
Kelipatan 3 =  3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 27 …  ( dan seterusnya.. )
Kelipatan 4 =  4, 8, 12, 16, 20, 24, 28  … ( dan seterusnya.. )
Kelipatan 6 = 6, 12, 18, 24, 30 …  ( dan seterusnya.. )
Lihat kelipatan yang ketiga-tiganya sama angka berapa ?? 12 dan 24 ( tiga-tiganya punya kelipatan yang nilainya 12 dan 24 kan ?? )
Pilih yang paling kecil adalah 12
Maka, KPK dari 3, 4 dan 6 = 12
Gampang banget kan ?? :o

Matematika : KPK (Kelipatan Persekutuan terKECIL), 5.0 out of 5 based on 1 rating

Penulis :
Telah menulis sebanyak 8 artikel
Mendapatkan 589 komentar
  Rating tulisan 4 dari 5

52 Comments

  1. arief

    August 29, 2009 at 3:36 am

    bagussss…
    mudah2 banyak orang seperti anda yang mau bagi2 ilmu..
    lanjtkan….yee

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. RIMRIM

    October 11, 2009 at 1:15 pm

  3. Deris Dinata

    October 15, 2009 at 4:01 am

    :!:
    Thnx yaa, brguna bgt nih inform’y

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. DIANA

    October 28, 2009 at 3:42 am

    Ok’s bgt, senang sekali ada yang mau berbagi ilmu, thanks yaaa………….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. albirrr

    October 30, 2009 at 2:27 am

    baghh.. jago eui maneh..
    dewa sia…
    wkwkwkwkwk..
    hatur nuhun nya broww..
    tilu jempol lah.. jang maneh.. salute

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. sinta

    December 3, 2009 at 12:46 am

    waduh makasih banget infonya.
    pas lagi butuh, pas nemu uraian yang jelas.
    kebetulan lagi pengen nostalgia sama FPB n KPK..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. arie

    December 4, 2009 at 8:16 am

    hufhhhhh :( ….bnyk tgs tp ribet bgt ngmbil data dr sni :cry:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. arie

    December 4, 2009 at 8:17 am

    :oops: jd malu q,,,g ngrti niehhhh :D :oops:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. ima

    December 5, 2009 at 4:53 pm

    terimakasih yaaa….
    akhirnya ngerti juga artinya kpk.. :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. bayu

    December 11, 2009 at 6:31 am

    waduh mas kok aku tambah bingung setelah baca dari sumber lain cara nyari KPK, kebetulan lagi nyari definisi KPK buat ngerjain contoh soal UAN SD ponaan, trus dapet juga link ini thanks mungkin bisa dijadikan referensi juga smoga bermanfaat………

    http://apiqquantum.wordpress.com/2009/12/06/menghitung-fpb-kpk-cepat-dan-mudah-dengan-koprima/

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. farrel

    December 13, 2009 at 4:21 am

    wah bagus juga ya pelajaran ini ada..tapi aku baru lihat…mudahan bisa bantu aku belajar sendiri jika mengalami kesulitan :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. lusyana karunia

    December 15, 2009 at 7:24 am

    bagus banget nich cara menjelaskannya, terus bisa donk ada cara lain yang lebih mudah untuk mengajarkan anak tentang FPB dan KPK atau cara cepat mencari FPB dan KPK
    Thanx

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. Satrya

    January 29, 2010 at 1:40 am

    :!: bagus artikelnya. sekalian minta ijin buat copy artikelnya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. Andika Bayu

    April 6, 2010 at 5:32 am

    Alhamdulillah…. SAya terbantu dengan artikel FPB dan KPK…. Terimakasih mas…. :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. sri

    May 20, 2010 at 12:22 pm

    q yg ragu-ragu bantuin anak kerjakan pr jadi bisa he he he :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. shony

    May 25, 2010 at 6:25 pm

    suwon…………. :-) :o :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. Aquilla

    July 3, 2010 at 9:11 am

    makasih telah mau berbagi ilmunya, ok bangets……. :-) :-) :-) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. Yellow moon

    August 2, 2010 at 2:39 pm

    Wah wah . . . sangat membantu sekali neh . . . :!:

    Makasih Om .. .. .. :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  19. taqi

    August 10, 2010 at 11:44 pm

    sekarang udah banyak yang tahu kpk terkecil kalau tadi mah di kpk terbesar mah banyank yang susah

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. ayu

    September 7, 2010 at 11:52 am

    bagus…. :!: padahal saya lupa dengan KPK :oops: :D , tapi karena ada artikel ini saia jadi terbantu….. :-) :-) :-) Thx :wink: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. suroso

    September 30, 2010 at 11:44 am

    ada salah jawaban :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. cyndi

    October 10, 2010 at 2:33 am

    wah mumet aku ngurusin cah sd,padahal ini pelajaran cah smp :( :wink: :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  23. Ihda

    October 18, 2010 at 6:27 am

    :-) terbantu sekaliii….. thx ya mas…, sepupuku lagi minta diajarain materi ini…

    *just be a creative teacher :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  24. irin

    October 18, 2010 at 8:57 am

    :!: kalo menentukan kpk pake pohon faktor bisa gak?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  25. pohon

    October 19, 2010 at 1:37 pm

    untuk kpk dari bilangan yang besar-besar, cara pohon faktor akan sangat membantu. caranya faktorkan setiap bilangan dengan faktor primanya sampai faktor terakhir adalah bilangan prima juga. misal cari kpk dari 36 dan 24. langkah pertama: buat pohon faktornya yaitu (’36′) 36 — 2×18 — 2×9 — 3×3 — selesai. (’24′) 24 — 2×12 — 2×6 — 2×3 — selesai. langkah kedua: kalikan faktor-faktor prima dari ’36′ dan ’24′ dengan ketentuan apabila ada faktor yang sama kedua bilangan maka ambilah salah satu atau apabila faktor yang sama berpangkat banyak maka ambil yang pangkatnya lebih besar. misal dari ’36′ ada faktor 2 sebnayak 2 (2^2) dan dari ’24′ ada faktor 2 sebanyak 3 (2^3), maka ambil yang 2^3. Demikian untuk faktor 3. Nah, kalikan faktor-faktor yang diambil tersebut yaitu (2^3)x(3^2)= 8 x 9 = 72. Solved! :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  26. IIN

    October 24, 2010 at 5:30 am

    :!: :x :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  27. Bimo X-Friend Sunter

    October 26, 2010 at 9:30 am

    Gimana Si Cranya KPK100 :oops: :P :twisted: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  28. afifah

    January 9, 2011 at 2:23 am

    :arrow: makasih ya keterangannya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  29. kevin daniel

    January 12, 2011 at 1:14 pm

    dengan KPK akan menjadih lebih mudah :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  30. Nur Sahid

    March 19, 2011 at 6:28 am

    :lol: Manteep bro ane juga minta izin copas untuk ngelesin anak SD…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  31. bela pinarsi

    June 23, 2011 at 1:52 am

    thanks, jika KPK 3 angka bgmn? misal untuk 30, 48, 60 tolong bantu

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  32. SRIANI

    July 29, 2011 at 2:08 am

    Terimakasih…. tulisan materinnya… bang.. :-) :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  33. StevensRobbie26

    August 8, 2011 at 8:43 am

    It’s good that we can receive the credit loans and it opens new possibilities.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  34. asni dl

    August 17, 2011 at 2:55 am

    untuk apa malu :D kalau hati hati sedang berbunga :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  35. asni dl

    August 17, 2011 at 2:56 am

    aduh aku malu untuk mengungkapkan hatiq kepada jupe

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  36. asni dl

    August 17, 2011 at 2:57 am

    aku malu untuk mengungkapkan rasa dihatiku untuk jupe :D :-) apa dia akan membalasx :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  37. Cyntia

    September 7, 2011 at 7:38 am

    Makasih ya mas :-) Tapi saya masih belum ngerti :( ribet juga ya.. :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  38. nayandra hasan sudra

    October 9, 2011 at 1:28 am

    pelajarannya keren :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  39. arrizal

    October 11, 2011 at 1:48 pm

    terimaksih oom :lol: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  40. hana

    October 13, 2011 at 1:06 pm

    makasih kakak

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  41. adi h

    October 16, 2011 at 9:14 pm

    Terimakasih atas ilmunya, sangat membantu banget. semoga berkah :!: :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  42. atantri

    October 23, 2011 at 11:21 am

    MAKASIH BUANYAKKKKKK……………….. :-) :-) :-) :-) PADAHAL BLUM ngerti hehehehe ……….. :oops: :oops: :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  43. atantri

    October 23, 2011 at 11:38 am

    help me ……………… :cry: :cry: :cry: :cry:
    kirimin soal di emailku ea thanks :P :P :P :P :P :oops: :D :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  44. bunda caca

    October 27, 2011 at 2:16 pm

    thanks so much. mudah2an bisa membantu saya ngajarin anak2. ribet banget nih… urusan KPK dan FPB. :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  45. vrazma

    October 22, 2012 at 12:09 pm

    bagus banget….
    kalau ank RI pintar2 mk rkyat ny akn lbh maju

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  46. musyarofah susilowati

    July 2, 2013 at 1:54 am

    trims atas berbagi ilmunya
    okey,,,,,,,,bisakah anda membantu saya tuk mencari definisi ttg kpk yg lbih terperinci lg,,,,,,,,,?
    yg pas buat nak kuliahan
    okey trims sblumnya bila mau bantu
    sangat saya harapkan

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  47. Alfiira Dilla

    August 26, 2013 at 9:20 am

    ooh Gitu Caranya……. :) Makasih y Bantuanya.. ;) :*

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  48. Alfiira Dilla

    August 26, 2013 at 9:22 am

    !!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  49. Alfiira Dilla

    August 26, 2013 at 9:23 am

    :p ^_^ MKasih bangt yah…..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  50. Alfiira Dilla

    August 26, 2013 at 9:24 am

    :D [[xatcry2]] :v :v

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  51. Alfiira Dilla

    August 26, 2013 at 9:24 am

    :/

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  52. elementaryschoolnishaa

    September 22, 2013 at 10:37 am

    Makasih yaahh .. Awal nya aku ngak ngerti ehh sekarang udah ngerti :D :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>