Matematika : FPB (Faktor Persekutuan terBESAR)

OK, coba saya kali ini mau merambah ke dunia matematika..
ada yang bertanya di postingan penulis sebelah tentang FPB dan KPK
Maka saya akan coba jelaskan tentang hal tersebut.

Pada postingan ini saya akan coba jelaskan tentang FPB :
Kepanjangan : Faktor persekutuan terbesar
Artinya : Merupakan faktor-faktor pembagi yang paling besar dari suatu bilangan.
Apa sih arti faktor pembagi itu : Angka-angka yang dapat membagi suatu bilangan.
misalnya : faktor pembagi dari angka 10 adalah (cari angka yang dapat membagi angka tersebut) 1, 2, 5, 10
Lihat : faktor pembagi angka 10 = 1, 2, 5, 10 (angka 10 dapat dibagi angka 1, angka 10 dapat dibagi angka 2, angka 10 dapat dibagi angka 5, dan angka 10 dapat dibagi oleh angka 10)

Contoh soal :
Tentukan FPB dari 12 dan 18
Faktor 12 = 1, 2, 3, 4, 6, 12. (setuju kan angka 12 dapat dibagi oleh angka 1, 2, 3, 4, 6, 12)
Faktor 18 = 1, 2, 3, 6, 9, 18.  (setuju kan angka 18 dapat dibagi oleh angka 1, 2, 3, 6, 9, 18)
Nah, sampai sini kita cari faktor pembagi yang sama dari kedua bilangan tersebut:
yang sama adalah 1, 2, 3, dan 6. (maksudnya faktor pembagi yang kedua bilangan 12 dan 18 sama-sama punya)
Selanjutnya, sesuai definisi awal bahwa FPB adalah Faktor Persekutuan Terbesar maka kita cari yang nilainya paling besar, yaitu : 6
Maka FPB dari 12 dan 18 adalah 6 

Contoh lain :
Tentukan FPB dari 24 dan 32
Faktor 24 = 1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, 24.
Faktor 32 = 1, 2, 4, 8, 16, 32.
Yang sama = 1, 2, 4, 8.
FPB = 8
Jadi FPB dari 24 dan 32 adalah 8

Contoh lain :
Tentukan FPB dari 9 dan 12
Faktor 9 = 1, 3, 9.
Faktor 12 = 1, 2, 3, 4, 6, 12.
Yang sama = 1, 3.
FPB = 3
Jadi FPB dari 9 dan 12 adalah 3 

Contoh lain ( dengan tiga angka ):
Tentukan FPB dari 18, 27 dan 45
Faktor 18 = 1, 2, 3, 6, 9, 18.
Faktor 27 = 1, 3, 9, 27.
Faktor 45 = 1, 5, 9, 45.
Yang sama = 9
FPB = 9
Jadi FPB dari 18, 27, dan 45 = 9
Mudah kan ?? :o
Sudah mengerti belum ?? :-)

Matematika : FPB (Faktor Persekutuan terBESAR), 1.5 out of 5 based on 2 ratings

Penulis :
Telah menulis sebanyak 8 artikel
Mendapatkan 580 komentar
  Rating tulisan 4 dari 5

208 Comments

  1. NANCY

    July 21, 2009 at 8:04 am

    AKU BELUM NGERTI SUSAH TAU :( AJARIN DUNK :arrow: BIAR OTAKU JALAN :idea: OK :!: .

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
    • Firyal

      September 11, 2013 at 1:56 am

      Aku Juga Belum Ngerti :)

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
    • tubilateah

      September 12, 2013 at 12:46 pm

      sinilah biar ku kasih tau

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
      • yunus

        February 18, 2014 at 2:14 am

        kak ajarin aku donk soal nya susah banget tidak bisa kerjain

        VA:F [1.9.22_1171]
        Rating: 0 (from 0 votes)
    • mutia

      September 26, 2013 at 11:23 am

      wah kalok ada soal seperti ini pusing deh aku.tolong kalok kamu bisa ajarin dong….

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: -1 (from 1 vote)
  2. NANCY

    July 21, 2009 at 8:08 am

    PETIR MEMBANGUNKANKU DARI MIMPI BURUKU SELAMA INI KU HANYA TERPERANGKAP DALAM MEDAN MAGNETMU :twisted: BARU KU SADARI KAU SEPERTI PARASIT MINTA INI ITU KAU MINTA PADAKU DENGAN SEMAUMU CUKUP SUDAH KU MULAI NAIK DARAH KUSEPERTI BOM ATOM YANG SIAP MELEDAK :twisted: KARENAMU.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  3. Rahadian

    Rahadian

    July 21, 2009 at 9:39 am

    Coba saya jelasin pelan2 lagi yah :-)
    saya coba gunakan contoh yang ini,

    Tentukan FPB dari 24 dan 32

    pertama : kita tentukan dulu, angka yang bisa membagi 24 apa saja ??
    kedua : tentukan angka yang bisa membagi 32 apa saja ??

    angka yang bisa membagi 24 = 1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, 24.
    artinya angka yang bisa membagi adalah 24 bisa dibagi 1, 24 bisa dibagi 2, 24 bisa dibagi 3, dst..
    lalu
    angka yang bisa membagi 32 = 1, 2, 4, 8, 16, 32.
    begitu juga yang ini, 32 bisa dibagi 1, 32 bisa dibagi 2, 32 bisa dibagi 4, dst..

    Setelah itu cari angka pembagi dari kedua bilangan yang sama..
    kita bisa lihat bahwa kedua angka (24 dan 32) punya angka pembagi yang sama yaitu 1, 2, 4, 8.
    Nah, selanjutnya, kita cari dari angka yang sama tersebut nilai yang paling besar, dapat dilihat bahwa nilai yang paling besar adalah 8, maka FPB dari 24 dan 32 adalah 8 :-)

    sudah mengerti belum Nancy ?? :o

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • fadhil rep

      October 1, 2013 at 1:50 pm

      berapasih 64 dan 98 pusing nih….

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  4. milla puspa andini

    July 28, 2009 at 12:44 pm

    aku pasti bisa kalo belajar!doain aku ya!!!!!!!!!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. milla puspa andini

    July 28, 2009 at 12:47 pm

    akhirnya aku bisa juga :o yes :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. noor

    July 28, 2009 at 4:23 pm

    klo FPB dari 42,56,70 itu 14 atau 7 y??? :roll: makasi..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. Rahadian

    Rahadian

    July 28, 2009 at 6:39 pm

    kan FPB kepanjangannya faktor persekutuan terbesar !!
    Jadi pilih jawabannya yang paling besar dong!:-)
    Jawabannya adalah 14 :!:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. cat

    August 20, 2009 at 6:25 am

    kalo bilangan 1 yg sama gmn?contoh soalnya : cari KPK dan FPB 9 , 25, dan 8! pleas di jawab ya!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. Rahadian

    Rahadian

    August 20, 2009 at 8:49 am

    berarti kira2 soalnya begini yah ?
    FPB dari 9, 25, 81 adalah …
    KPK dari 9, 25, 81 adalah …
    begitu kan ??

    yaudh, kita jawab aja

    FPB dari 9, 25, 81 adalah :
    Faktor 9 = 1, 3, 9.
    Faktor 25 = 1, 5, 25.
    Faktor 81 = 1, 3, 9, 27, 81.

    Berarti FPB dari 9, 25, 81 adalah 1.
    Selesai !!

    Trus untuk KPK dari 9, 25, 81 adalah :
    Kelipatan 9 = 9, 18, 27, 36, 45, …., 18225
    Kelipatan 25 = 25, 50, 75, 100, 125, …, 18225
    Kelipatan 81 = 81, 162, 243, …, 18225

    Jadi KPK dari 9, 25, 81 adalah 18225.

    Gimana ?? udah mengerti belum ?? :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. budi

    October 20, 2009 at 6:05 am

    dapatkah FPB digunakan untuk memecahkan masalah sehari-hari? dan bagaimana cara kita mengetahui mana soal cerita yang harus diselesaikan menggunakan FPB dan mana yang menggunakan KPK? sebenarnya FPB itu sendiri penggunaannya untuk apa, sih? terima kasih sebelumnya :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. Rahadian

    Rahadian

    October 20, 2009 at 9:04 am

    bisa dong.. gunanya belajar matematika kan emang biar kita gampang menyelesaikan masalah sehari2 :!:

    FPB digunakan untuk masalah yang berhubungan dengan faktor dari bilangan yang dicari, dan KPK digunakan untuk mengerjakan masalah yang berhubungan dengan kelipatan dari bilangan yang dicari

    misalnya begini yah contoh soal FPB
    - Ada 27 buah apel, 18 jeruk, dan 36 mangga
    Jika ketiga buah tersebut akan ditempatkan pada sebuah bingkisan parsel dengan isi yang sama banyak di setiap bingkisannya.. maka tentukan berapa banyak bingkisan yang dapat dibuat..
    Nah untuk contoh ini kita pakai metode FPB :
    FPB dari : 27, 18, dan 36 adalah 9
    maka akan ada 9 bingkisan yang dapat dibuat.. dengan menempatkan
    3 buah apel, 2 buah jeruk, dan 4 buah mangga di setiap bingkisannya
    ngerti kan ?? :wink:

    contoh soal KPK
    Tono, Agus, dan Budi berenang bersama-sama pada tanggal 1 september.. jika Tono berenang setiap 3 hari sekali, Agus 4 hari sekali, dan Budi setiap 2 hari sekali.. maka pada tanggal berapa mereka akan ketemu lagi di kolam renang ??

    untuk soal ini, kita gunakan metode KPK
    KPK dari 3, 4, dan 2 adalah 12
    maka mereka akan bertemu lagi pada 12 hari kemudian atau pada tanggal 13 september

    gampang kan ?? :o

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. danang

    October 20, 2009 at 1:16 pm

    tolong dicek yah bener gak; andi punya mangga 48 dan 52 buah jambu,berapa keranjang dan berapa buah yang diisi,maka akan mendapatkan 4 keranjang dan masing masing diisi 13 buah ..dan satu lagi ada 72 donat dan 84 bolu ,maka ada 12 toples dan masing masing 6 donat dan 7 bolu per toples apaakh jawaban danang betul terimakasih

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. moetia imut

    October 21, 2009 at 9:26 am

    asalam mualaikumkak’bisa ga’ yang dibahas bukan cuman soal-soal nya doang tetapi asal-usul dari KPK & FPB itu apa?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. Rahadian

    Rahadian

    October 21, 2009 at 11:49 am

    Yang jawaban mangga dan jambu : bener, hasilnya 4 keranjang dan masing2 diisi mangga 12 buah dan jambu 13 buah
    yang jawaban donat dan bolu : bener, hasilnya 12 toples masing2 diisi donat 6 buah dan bolu 7 buah
    HEBAT !! :!:
    Selamat yah Danang :wink:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. Hanna

    October 24, 2009 at 7:52 am

    :cry: sedih dech padahal g dah kerja nich.. ade g msh skull girilan suruh kerjain KPK n FPB..g strezz sndri.. gmn yhaw dr mudah nya?? urai kan dunk..Thx.. yg tw eMAIL G YHAW hanz_purple@yahoo.co.id

    Thx buangettttt~

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. sangdedi

    sangdedi

    October 27, 2009 at 12:58 pm

    kayak gimana contoh soalnya ??

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • fadhil rep

      October 1, 2013 at 1:53 pm

      ya kalau bisa dibagi yg di bagi misalnya 15 dibagi 3 kan 5 nah yg 3 itu seterusnya dikali

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  17. DIANA

    October 28, 2009 at 3:53 am

    THANKS YA, CUKUP JELAS KOK ……………. :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. andre

    October 31, 2009 at 12:54 pm

    :x ini bukan aq yg cari

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  19. heril

    October 31, 2009 at 1:56 pm

    bisa ngk bro dikirimin materi untuk makalah tentang FPB pada Teori Bilangan ATW MATERI dasar FPB dan penjelasannya yang paling bagus menurut anda bro karena saya sangat membutuhkannya bro untuk memperbanyak materi dan menambah kualitas materinya bro,.. plzz bro kirim di email aq aja,…btw Guru dimana nih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. Rahadian

    Rahadian

    November 1, 2009 at 7:28 pm

    @heril : maaf saya cuma ada dasar FPB yang ini aja, kalau ada pertanyaan yang mau ditanya, silahkan tanya disini.. semoga saya bisa jawab :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. VERONIKA

    November 5, 2009 at 11:36 am

    KA MISALNYA , FAKTOR BILANGAN 79 ADALAH 1,79 HARUS DIURUTIN DARI YG KECIL KNP EMNGNYA ????????????? SAYA BARU BELAJAR FAKTOR JADINYA BELUM TAPI NGERTI. LAJARIN DONK !!!!!!!!!!!!!!!!!!!! :!: :twisted: OK

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. Rahadian

    Rahadian

    November 5, 2009 at 5:45 pm

    diurutin dari yang kecil mah biar gampang aja belajarnya.. kan lebih teratur kalau diurutkan :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. lisa

    November 11, 2009 at 3:27 pm

    aku lagi belajar FPB dan KPK tapi dengan cara perkalian akar pohon , kok jadi bingung ya pak , bisa tolong jelasin + contoh kalau tidak ada angka perkalian yang sama pada akar perkalian , cari FPB dan KPK nya gimana….makasih ya…..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  24. Rahadian

    Rahadian

    November 12, 2009 at 6:58 pm

    @lisa : coba tulis disini contoh soalnya :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  25. dwi

    November 14, 2009 at 3:05 pm

    berapa FPB dan KPK dari faktorisasi prima 25 dan 112 juga 25 dan 125

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  26. pimu

    November 16, 2009 at 5:18 am

    bagus nih bisa membantu belajar FPB d

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  27. Aryanda

    AcoNKfast

    November 17, 2009 at 2:34 pm

    saya kok juga nda ngerti yah???huks……
    :oops: :lol: :oops: :rofl:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  28. pamekar

    November 19, 2009 at 1:34 am

    om q mw tanya, pengertian dan ciri-cirinya pohon faktor itu ap y?? trus langkah2 menggunakan pohon faktor itu bagaimana? q nyari buku tentang buku faktor kok sulit banget!sebelumnya makasih.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  29. echa love

    December 10, 2009 at 3:36 am

    :? Am I mathphobia??yang gak pernah bisa mau ngerti keinginan matematika??

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  30. Rahadian

    Rahadian

    December 10, 2009 at 11:36 am

    @pamekar : ok ditunggu yah, saya akan segera posting pertanyaan yang anda maksud :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  31. nanda

    December 16, 2009 at 12:17 pm

    8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) aJrIN lGi SoaL nya MaSih Rgu2 ULangANNyA ok BaiR juaRA sAtu OKe BAIr GYA 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  32. nanda novriandra

    December 16, 2009 at 12:33 pm

    KpaN bIKIn Nya tUH Gw maU ajRin lGi PLIss Dunkkk :-) :-) :-) :-) :!: :!: :!: :oops:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  33. pamekar

    December 18, 2009 at 6:22 am

    OM KALO NYARI BUKU TENTANG POHON FAKTOR ITU DIMANA Y??
    SOALNYA SAYA MW BUAT SKRIPSI TENTANG ITU….TAPI SULIT LITERATURNYA…
    TERIMA KASIH BANTUANNYA…http://klikbelajar.com/wp-includes/images/smilies/icon_smile.gif

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  34. mega

    March 13, 2010 at 4:51 am

    Boleh saya memberitahukan cara cepat mnghitung KPK atau FPB ??
    Biasa’a orng mnggunakan Pohon faktor / pohon setan .. mngapa dikatakan pohon setan ?
    karena hitungn phon faktor itu terkadang menyesatkan,
    ok langsung ja ke materi .. knlkan dlu saya mega klas 6SD
    FPB dulu yaa .. :-) :!: :-)
    cntoh fpb dari 36, 72, 90.
    jawabnnya : a. 6 b. 18 c. 30 d.126
    karna FPB maka yg di ambl yg Besar , jabannya adalah B . klo kmu bsa cara cpt gag pake Pohon setan , kmu bsa mnggunakan cara ini dlm htungan detik . biasa’a kmu hitung sampe ber mnit2 ,, cara’a : 36 dibagi 18 = bisa
    72 dibagi 18 = bisa
    90 dibagi 18 = bisa ,,
    sbenar’a ada 2 jawaban yaitu 6 dan 18 . tpi krn yg ditanyakan Faktor Persekutuan Besar dari 6 dan 18 mana yg lbh bsar ?? 18 bukan ??
    sbenar’a sya salah klo saya mmberi tau cara ini .. tp saya ingin mncari cara yg berbeda ,, hasil’a ,, ketemu . pakailah cara SCTP = Singkat , Cepat , Tepat , Pasti . maaf klo kurang jlas coba kmu plajari sendri ,, sekian dri sya Wass. wr.wb Selamat Belajar kawan :oops: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  35. hesti

    March 28, 2010 at 5:24 am

    TQ bwt infonya.tp lx materinya lebih konkrit mgkin pembacanya lebih jelas. :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  36. Baby

    May 1, 2010 at 3:42 pm

    Halo, aku lagi belajar FPB dan KPK. Tapi ada soal yg bikin bingung. :roll:
    Soalnya seperti ini: Bibi punya 3 kain, masing masing 9m, 15m dan 20m, kain tersebut akan dipotong sama panjang. Berapa ukuran kain terpanjang pd setiap potongnya?
    Terima kasih yaa bantuannya :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  37. hesty

    May 8, 2010 at 10:41 am

    TLG KASIH TEOREMANYA JG SE..BWT PEMBUKTIAN FPB GT,,,,,,,,,,,,,,,,,,,TQ B4

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  38. Myor

    June 12, 2010 at 5:41 am

    makasih ya penjelasannya..
    udah lupa tentang FPB, ternyata di kuliah ketemu lagi.. :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  39. muhim

    July 13, 2010 at 11:52 am

    :( TOLONG DONG SAYA TI DAK BISA SAMA SEKALI …………………………………….?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  40. yenny

    July 20, 2010 at 3:40 am

    hi.. mau tanya donk..soal cerita ni
    ada 3 kelompok yang akan bertanding. kelompok I terdiri dari 45 orang, kelompok II terdiri dari 63 orang, dan kelompok III terdiri dari 84 orang. Berapa permen yang harus disediakan agar tiap kelompok mendapat permen sama banyak?

    thx bynk tuk bantuannya…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  41. dendi

    July 25, 2010 at 2:21 pm

    8O :? 8) :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • ilman

      January 27, 2014 at 1:32 pm

      http://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  42. dendi

    July 25, 2010 at 2:23 pm

    HALLO slm knal saya mao nanya :o gk ada sola latihan ya? :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  43. vita

    July 26, 2010 at 1:46 pm

    alhamdulillah pr q udah selesai thanks y atas info x sangat bermanfaat .

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  44. Maulida

    July 29, 2010 at 6:00 am

    kalo yang KPK gmn sih?
    klo KPK itu apa di tulis semua pembagiannya?
    apa hanya yg tidk bsa di bagi saja ataw semuanya?….. :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  45. Bianca

    July 29, 2010 at 10:22 am

    Akhirnya rumayan ngerti jg :D tp yg KPK mn? :? :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  46. suhaila ritonga

    July 30, 2010 at 1:48 pm

    ih paya banget belajar fpb :P :cry: :evil: :roll: :!: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  47. airin

    August 1, 2010 at 10:32 am

    bagai mana caranya cari soal2 UAN matematika kelas 6 SD ya,.?? :idea: :lol: :lol: :lol: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  48. elisabeth

    August 2, 2010 at 11:21 am

    kalo fpb dari 75 dan 180 berapa yah?
    fpb dari 56 dan 140 berapa?tolong di bantu…………. :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • putra

      September 17, 2013 at 10:29 am

      tolong lajarin y

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  49. Owe-Bagus

    August 2, 2010 at 2:16 pm

    \ :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  50. Cindy Aurellia

    August 3, 2010 at 10:06 am

    bagaimana cara untuk menghitung FPB??

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  51. Cindy Aurellia

    August 3, 2010 at 10:10 am

    :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  52. Cindy Aurellia

    August 3, 2010 at 10:18 am

    saya ada Pekerjaan Rumah yng bertema FPB tetapi sy tdk tau cr mengerjakannya :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  53. Cindy Aurellia

    August 3, 2010 at 10:19 am

    can u help me????? :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  54. Erika Sarita

    August 7, 2010 at 12:57 pm

    ad yg bisa bntu gk??
    FPB dri 75 dan 180 ap sih??? :(
    :x
    ssh nyaa…
    trus FPB dr 56 dan 140 ap sih??? :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  55. Rahadian

    Rahadian

    August 7, 2010 at 5:44 pm

    @mega: terima kasih yah atas penjelasannya :!:
    @baby: itu pertanyaan FPB, jawabannya adalah 3M karena dari ketiga ukuran kain tersebut (9,12,15) semuanya memiliki faktor pembagi terbesar adalah 3 :wink:
    @yenniy: maaf, mungkin pertanyaannya bisa lebh diperjelas :-)
    @elisabeth : FPB dari 75 dan 180 = 15, FPB dari 56 dan 140 = 14 :-)
    @erika : pertanyaannya sama kayak elsiabeth diatas yah :D

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  56. irna

    August 12, 2010 at 1:24 am

    kalau KPK dan FPB dari 72 dan 120 berturut turut isinya apa? 8O pusing nich :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  57. anna

    August 12, 2010 at 2:56 pm

    fpb dari 85,90 dan 102. dan fpb dari 60,150 dan 225.tx

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  58. anna

    August 12, 2010 at 2:59 pm

    fpb dari 85,90 ,102 dan fpb 60,150,225

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  59. anna

    August 12, 2010 at 3:01 pm

    fpb dari 33 dan 75.makasih ya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  60. Rahadian

    Rahadian

    August 12, 2010 at 3:44 pm

    @ irna : FPB dari 72 dan 120 = 24 & KPK dari 72 dan 120 = 360 :wink:
    @anna : saya ajarin caranya aja yah :-)
    contoh 1 :
    FPB dari 85,90 dan 102.
    faktor pembagi 85 = 1, 5,17, 85
    faktor pembagi 90 = 1, 2, 3, 5, 6, 10, 9, 15, 18, 30, 45, 90
    faktor pembagi 102 = 1, 2, 51, 102
    lihat, dari ketiga angka diatas (85, 90, dan 102) ketiganya sama2 memiliki angka 1 sebagai faktor pembagi, dan dalam soal ini faktor pembagi yang terbesar juga adalah angka 1, maka bisa diambil kesimpulan bahwa FPB dari 85, 90, dan 102 adalah 1.

    contoh 2 :
    FPB dari 60,150 dan 225.
    faktor pembagi 60 = 1, 2, 3, 4, 5, 6, 10, 12, 15, 20, 30, 60
    faktor pembagi 150 = 1, 2, 3, 6, 10, 15, 25, 50, 75, 150
    faktor pembagi 225 = 1, 3, 5, 45, 73, 225
    lihat, dari ketiga angka diatas (60, 150, dan 225) ketiganya sama2 memiliki angka 1, 3, dan 5 sebagai faktor pembagi, dan dalam soal ini faktor pembagi yang terbesar adalah angka 5, maka bisa diambil kesimpulan bahwa FPB dari 60, 150, dan 225 adalah 5.
    ngerti gak ?? :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  61. anna

    August 12, 2010 at 4:52 pm

    makasih bang.jelas sekali :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  62. ardi

    August 27, 2010 at 1:19 am

    Lha kalo hanya dikatakan faktor pembagi atau hanya dikatakan bilangan yang membagi habis, kan faktornya banyak sekali (tak hingga)
    Misal faktornya 12 = 1,2,3,4,6,12 selain itu juga ada 24 sebab 12 dibagi setengan= 24, ada juga 36 sebab 12 dibagi 1/3 36 dan seterusnya. Jadi bagaimaiana?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  63. rika

    September 1, 2010 at 2:21 am

    berapa sich FPB dari 27 dan 100 :twisted:
    tolong jawab cepet

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  64. maureen helenisa

    September 1, 2010 at 5:49 am

    Kak FPB dari :
    94 n 55 berapa sich? tlng d jawab ya kak tq :!: :!: :-) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  65. riko ferdinan siagian

    September 4, 2010 at 2:10 am

    TOLONG BANTUANNYA DONK FPB DARI 60, 150, 225 DAN KPK NYA, BERAPA YAH? THANKS YA BUAT BANTUANNYA

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  66. DEWI

    September 11, 2010 at 4:28 am

    thanks penjelasan FPBnya ,aq jd ngerti bgt.mudah2an presentasi FPB q sukses setelah baca tulisanmu n penjelasan demi penjelasan. :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  67. aldi

    September 14, 2010 at 4:18 am

    ku blum ngerti nih pake pohon faktor donk 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  68. SAKERA

    September 19, 2010 at 2:35 am

    H :lol: A :x L :twisted: O 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  69. sobar

    September 20, 2010 at 10:17 am

    bagaimana cara cepat mencari fpb dari 2 atau 3 bilangan makasih sebelumnya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  70. ika kurnia

    September 20, 2010 at 11:57 am

    klo mencari FPB pake sengkedan gmn yaa??? pake kotak2 gitu…bingung neH!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  71. bambang

    September 23, 2010 at 3:07 am

    diatas gue baca kalo KPK dari 9, 25, 81 adalah 18225.
    kok bukan 2025 ya?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  72. sobar

    September 27, 2010 at 3:43 pm

    kalau cara cepat mencari kpk gimana ya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  73. dimas

    September 28, 2010 at 10:56 am

    :? dancok aku ra iso teruzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  74. dimas

    September 28, 2010 at 11:19 am

    :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  75. tunjung

    September 29, 2010 at 7:49 am

    koq penyelesaiannya tidak sama dgn cara disekolah anak saya yang duduk dikelas 5 yaaa!!! :? :? :? .. :? :? .. :( :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  76. Puguh Wicaksana

    September 30, 2010 at 12:04 pm

    Aku psti inget nya donk kan aku msh SD :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  77. francisco

    October 5, 2010 at 1:31 pm

    aduch pusing nich tolong bantuan dong FBI dari 256 dan 300
    makasihn ya atas bantuan nyha

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  78. gita

    October 9, 2010 at 7:28 am

    yg lbh cpt lg bsa g??? :? yg tu terlalu biasa :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  79. maya

    October 10, 2010 at 4:44 am

    mau nanya untuk soal yang 85,90,102 biasanya saya buat pohon faktornya jadi lebih gampang. Tapi angka2 itu kalo di buat pohonnya tidak ketemu hasilnya jadi apa bisa lgsg ambil kesimpulan kalo FPBnya adalah 1??
    Soalnya kalo d cari faktor pembagi satu2 panjang dan lama..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  80. Kevin

    October 14, 2010 at 11:19 pm

    ternyata KPK dan FPB tidak susah..,
    thx :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  81. a.annis eka yuliana

    October 20, 2010 at 9:35 am

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:
    ternyata FPB lebih gampang dari pada kpk

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  82. dwenva

    October 21, 2010 at 12:15 pm

    FPB DARI 8000000000000 sama 4000000000000 brapa ya? :D :D :D :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  83. Riana

    October 24, 2010 at 4:06 pm

    Kalo pake pohon faktor…tolong dijabarkan dong!!! Saya punya anak kelas 5 SD.
    FPB dan KPK pake pohon faktor…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  84. leo137

    October 30, 2010 at 12:58 pm

    saya mw tanya…
    apa sih beda faktorisasi prima dgn pohon faktor?
    thxx :D 8O 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  85. vena azzza

    November 3, 2010 at 8:16 am

    matematika…………………o9k :arrow: i lllllllllllllllllloooooooooooooooooooooooovvvvvvvvvvvvvvvvvveeeeeeeeee matematikaaaaaaaaaa :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  86. Alvita

    November 4, 2010 at 12:56 pm

    Saya Alvita kelas 4 SD tolong buat tes online dong … buat latihan dirumah, biar ulangan di sekolah nilainya 100, makasih ya….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  87. gilang cullen

    November 18, 2010 at 2:07 pm

    :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  88. gilang cullen

    November 18, 2010 at 2:12 pm

    gmana ini :P :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  89. gilang cullen

    November 18, 2010 at 2:14 pm

    Laptop adalah barang elektronik yang sangat sensitif bila tidak di jaga secara baik dan tidak melakukan perawatan dengan benar maka Laptop anda akan sering masuk ke tempat service Laptop.Komponen Laptop juga sangat Mahal di bandingkan dengan Komponen PC.Untuk menghindari merogoh uang saku anda sebaiknya anda melakukan Tips Cara merawat Laptop di bawah ini. : Semoga Bermanfaat ^_^

    01. Jangan sembarangan mendownload software gratis dari internet.

    Terlebih lagi misalnya software yang seolah-olah sebagai suatu antivirus. Gunakan software-software yang telah Anda dapatkan dari paket laptop yang Anda beli. Risiko virus bisa merusak ke dalam laptop Anda jika Anda sembarangan menggunakan software dari internet. Jika Anda tetap ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah Anda scan software tersebut dengan antivirus yang Anda miliki.

    02. Jangan memberikan Penutup apapapun termasuk sarung Laptop pada saat Laptop anda dalam keadaan menyala karena berdasarkan pengalaman Laptop teman saya Processor Laptopnya akan mati karena sirkulasi udara yang tidak ada di bawah permukaan Laptop

    03. Menurut survei, kerusakan laptop yang paling umum terjadi pada harddisk dan LCD display/layar. Kerusakan harddisk diakibatkan benturan atau terjatuh. Kerusakan LCD biasanya karena terpapar sinar matahari dan tekanan fisik.

    04. Rapikanlah kabel-kabel adaptor atau kabel lain yang sedang terhubung dengan laptop, jangan sampai membuat orang lain tersandung.

    05. Selain kerusakan harddisk dan LCD, tumpahan cairan adalah penyebab kerusakan laptop yang paling umum, atau pakai selembar film-transparan yang disebut ‘keyboard protector’.

    06. Hindari Getaran dan Jauhkan laptop dari alat pengeras suara, misalnya loudspeaker, mesin/kendaraan berat, dan sumber getaran lainnya.

    07. Hindarkan laptop dari sinar x-ray di airport.

    08. Jaga kebersihan laptop, lap dengan kain bersih atau kapas agar bebas debu.

    09. Lindungi modem laptop. Gunakan modem yang mempunyai fitur digital-line guard. Karena fitur ini akan menjaga modem dari kerusakan jika secara tidak sengaja mencolokkan kabel modem ke jack telpon digital PABX atau jalur ISDN. Dan berhati-hatilah ketika akan mencolokkan kabel telepon ke laptop karena kawat logam dalam konektor modem laptop sangat tipis dan mudah bengkok.

    10. Dalam iklim Asia, suhu yang lembab bisa jadi masalah besar untuk laptop yang dirancang di Amerika Serikat. Untuk mengurangi kemungkinan masalah, pastikan laptop tersimpan di tempat yang kering dan sejuk. Jika laptop tidak digunakan untuk waktu yang lama, simpanlah laptop dalam wadah yang rapat dan masukkan silica gel . Silica gel ini seperti halnya yang terdapat dalam botol obat, kemasan barang2 elektronik (bungkusan kecil bertuliskan ‘Dessicant Silica Gel’). Atau bisa dibeli di toko bahan kimia. Silica gel ini merupakan bahan kimia yg bersifat Higroskopis (menyerap uap air / kelembaban).

    11. Listrik padam dan gangguan tegangan dapat terjadi sewaktu-waktu, di rumah, di kamar hotel atau di kantor. Jika memungkinkan, gunakanlah ’surge-protector’ jika sedang menggunakan AC outlet. Dan jangan lupa membuat back-up data secara rutin.

    12. Gunakanlah selalu tas laptop ketika sedang bepergian.

    13. Jika ingin membungkus laptop untuk dikirim atau untuk keperluan lain, gunakanlah kotak pelindung yang kuat, dan bungkuslah dengan busa atau spons yang dapat menyerap getaran.

    14. Jangan sekali-sekali meletakkan benda berat di atas laptop.

    15. Jika laptop bermasalah, jangan mencoba untuk membongkar sendiri. Sebaiknya serahkan ke teknisi atau service-center terdekat. Karena mungkin saja kerusakan malah akan menjadi semakin berat. Khusus untuk laptop yang masih dalam masa garansi – membongkar laptop dapat merusak sticker garansi (warranty seal) yang masih melekat pada laptop.

    16. Ketika akan mengangkat laptop yang sedang terbuka, jangan mengangkatnya sambil memegang pada bagian display/layar, angkatlah pada bagian bawah/keyboard

    17. Jangan memasukkan disket pada bagian sudutnya. Memasukkan disket setengah-setengah dapat merusak disk-drive. Begitu juga ketika membuka atau menutup tray drive CD-ROM/DVD-ROM untuk memasukkan atau mengeluarkan disk. Jangan menyentuh lensa pada tray CD-ROM. Peganglah compact-disc pada bagian pinggir, bukan pada permukaan disk.

    18. Jangan mencolokkan kabel modem laptop pada PBX (private branch exchange) atau saluran telpon digital. Laptop hanya dapat menggunakan saluran PSTN (public-switched telephone network). Penggunaan saluran telpon selain PSTN dapat merusak modem laptop.

    19. Rawatlah baterai laptop, jangan sampai bocor karena dapat merusak slot baterai.

    20. Jangan pindah-pindahkan laptop pada saat masih hidup. Laptop yang sedang hidup berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder sehingga akan berakibat fatal.

    21. Jauhkan laptop dari medan magnet yang kuat, bahan cair dan sumber panas/dingin atau perubahan suhu yang ekstrim.

    22. Hindari sinar matahari langsung dan pastikan laptop selalu diletakkan pada permukaan yang rata.

    Nb: Kartu Garansi anda Jangan Sampai Hilang dan apabila terjadi kerusakan Fatal terhadap Laptop anda Bawa ke tempat Toko pada saat anda Membeli Laptop dulu.

    :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  90. gilang cullen

    November 18, 2010 at 2:20 pm

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  91. gilang cullen

    November 18, 2010 at 2:22 pm

    ayo shalat sik matematikane keri :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  92. Amalia Zahra

    November 21, 2010 at 11:02 am

    FPB dan KPK memang cukup mudah. :oops: tetapi yg FPB agak sedikit sulit. :o bila ada bilangan yg bertanda aku paki pohon faktor. :| tetapi yg agak slit sedikit lagi itu KPK. :? DAN AKU HARUS BERPIKIR DG sungguh sungguh. 8O tetapi aku harus berusaha :| .

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  93. Amalia Zahra

    November 21, 2010 at 11:12 am

    kalau pakai pohon faktor dan bilangan nya sama dilingkari. :-) mudah kan :!: .

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  94. tomren

    December 9, 2010 at 1:30 pm

    :twisted: aku sebel di wulang pak komodo celeng :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  95. lttldrk

    December 14, 2010 at 11:11 am

    sangat membantu sekali :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  96. lttldrk

    December 14, 2010 at 11:32 am

    berkat postingan mas, saya bisa mengerjakan soal2 mtk dengan mudah (walaupun tidak smua)
    :!:

    follow twitter gw yah : @lttldrk

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  97. Amalia Zahra (IV)

    December 19, 2010 at 11:53 am

    itu cara yg mudah. :-) bagaimana cara meng hitung yg mudah? 8O caranya misalnya fpb 12 dan 9 12-9=3. :| dan fpb 18,27,dan32 32. :roll: 32-27=18:2=9.mudahkan? :!: kalau mau cara yg agak cepet boleh pakai pohon faktor. :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  98. Nina

    January 9, 2011 at 12:52 pm

    seru ya, oiya kalo angkanya ribuan pake algoritma euclid aja :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  99. Nabila Putri

    February 8, 2011 at 8:27 am

    kak ajarin fpb27 dan 42 aku gak ngerti oke :wink: ya :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  100. Nabila Putri

    February 8, 2011 at 8:30 am

    :D :-) :( 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:
    bagus kan 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  101. Nabila Putri

    February 8, 2011 at 8:32 am

    otakku pintar :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  102. ary

    February 9, 2011 at 3:51 am

    :-) :-) :-) :-) :-) :-)
    waduuuuuu…..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  103. Ifrah

    February 15, 2011 at 11:33 am

    kENApa yach :cry: s0alny@ mudah bangEt di lihat :x TAPI……………………………………………………. :twisted: …………………………………………..Jawabannya SUper dueper sukar SUSah ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, :evil: BANGET############# :mrgreen: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  104. shelawatirahmadini

    February 22, 2011 at 8:08 am

    :x :twisted: :D :idea: GaMpAnG-GaMpAnG sUsAh …….
    klo 7.000.000.000, N 83045 berapa ya???????……
    yg TaU tLnG kSiH tAu ya!!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  105. kirana cipta herdini

    February 25, 2011 at 1:13 pm

    kalo gitu saya sudah megerti :!: tapi kpk masih bingung :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  106. puguh gabrut

    March 24, 2011 at 2:49 am

    weeeeeeeeee..makasih…saya jadi mengerti, anda hebat..sangat jelas menerangkannya…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  107. rhara

    March 26, 2011 at 4:13 am

    AJARIN DUNK Q GA PAHAM

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  108. afgan

    May 15, 2011 at 2:56 pm

    hey gampang bangout tau soalnya tingal diingat saja! :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  109. afgan

    May 15, 2011 at 3:02 pm

    tinggal di tandai saja nomor yang sama loh mosok copot kayak orang ini :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  110. Sem Mh

    May 20, 2011 at 10:01 pm

    Makasih, bro. artikel-artikel Anda telah membantu saya yang parah di matematika untuk bisa mengajar bikin PR anak saya (maklum, disiplin ilmu saya Sastra dan Bahasa kayak diblog aku http://myindoliterature.blogspot.com) . Makasih, makasih, makasih.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  111. ney pa unk

    June 10, 2011 at 4:27 am

    BANTU AKU BUAT JUDL SKRIP TENTANG POHON FAKTOR?????
    PLUS ALASAN NYA 3 PARAGRAF :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  112. ilham

    June 22, 2011 at 1:58 pm

    pak guru,
    FPB ini sama dengan GCD yang ada di teori bilangan bukan?
    mohon pencerahannya, terima kasih! :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  113. Dini

    July 18, 2011 at 11:43 am

    sekarang aku mengerti… hehee
    :lol: :D :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  114. brian

    July 19, 2011 at 10:33 am

    kak apa sih fpb dan kpk dari 50 dan 65 plizz jawab y plizzzz da baik

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  115. eggy

    July 23, 2011 at 12:33 pm

    aku juga tidak bisa susah sekali

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  116. ireine aprilia

    July 25, 2011 at 1:06 pm

    KAK fpb dari delapan beapaya……

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  117. fanny aulia salsabila

    July 26, 2011 at 11:47 am

    pak guru ssh banget nich PR q :(
    aku kelas 6 cba dng kasih twu FPB dan KPK kelas 6A :!: :!: :-) :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  118. fathira

    July 26, 2011 at 1:03 pm

    :x 8) :cry: :twisted: :mrgreen: :arrow: :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  119. liuz

    July 26, 2011 at 6:20 pm

    Kalau faktor prima dari 5286 itu brp?
    Karena saya bingung pas di 881 nya.
    Sedangkan setelah di 881 itu sudah tidak bisa difaktorkan lagi.
    Apa emg berhenti disitu?
    Tolong dong pak guru bantu saya menjelaskan.
    Terima Kasih.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  120. Atthaya

    July 27, 2011 at 7:36 am

    Kak, aku minta tolong ya…… Aku punya soal PR nih.
    Agnes berenang setiap 3 hari sekali. Jessica setiap 5 hari sekali. Hanna setiap 10 hr sekali. Jika mrk berenang bersama tgl 8 juli 2011, pd tgl brp mrk berenang bersama untuk ke-2 kalinya ?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  121. PUTRI

    July 28, 2011 at 12:19 pm

    Kak klo KPK nya gi mana………………??????????? :?: :?: :?: :?: :? :? :?
    CONTOH HIN DUNK……………… :oops: :oops: :oops: :oops:
    PLEASE…………………… :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  122. eddy

    August 2, 2011 at 2:35 am

    saya mau tanya berapa FPB dari 3 dan 7 ? 1 atau tidak punya FBP ?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  123. Sonia

    August 7, 2011 at 9:24 am

    8O http://klikbelajar.com/wp-includes/images/smilies/icon_eek.gif
    8O :( gak ada yg laen selain ithu?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  124. anolan

    August 7, 2011 at 1:46 pm

    AHHHH BKN BEGITU MISALNYA PEBAGIAN AKAR GITU :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  125. raihantinton

    August 12, 2011 at 1:55 pm

    berapa sih fpb dari 5250 dan 158? :x :x :x :x :x :x :x :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  126. raihantinton

    August 12, 2011 at 1:57 pm

    aduuuuh susah bgt deh! :x 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  127. debi

    August 13, 2011 at 1:09 am

    permisiii .. kalo boleh , saya coba share sedikit yaa .. :-)
    @eddy : 3 dan 7 tidak punya faktor yang sama , jadi kedua bilangan itu TIDAK PUNYA FPB atau dalam kata lain 3 dan 7 TIDAK MEMILIKI FPB (jadi FPB nya bukan 1 atau 0) . 1 itu ga bisa dijadikan FPB karena semua bilangan punya faktor 1 .
    @raihantiton : faktorisasi prima dari 5250 = 2 x 3 x 5 pangkat 3 x 7 , kalau 158 = 2 x 79 . nah . fpb nya dari kedua bilangan tsb = 2 karena faktor yang sama hanya 2 . gituu ..
    semoga membantu .
    sebenernya FPB dan KPK ga susah kok , cuma mungkin karena sudah lama gak direview , jadi lupa ..
    semangat yaaa :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  128. anggito krenz

    August 13, 2011 at 11:36 pm

    KK,FPB DAN KPK DARI 21 DAN 64 :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  129. Fauzan

    August 15, 2011 at 12:50 pm

    Is Kak Kalo Faktor Dari 28 sama 56 Brp Kak…? :idea: hehehehe… :roll: pusing :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  130. trie nagy

    August 27, 2011 at 10:47 am

    :D FPB dari 60 n 140 berapa ya??? :D :( :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  131. kelin

    September 4, 2011 at 4:46 am

    FPB dari 45 dan 50 berapa ya …… :( ? :? :mrgreen: :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  132. DESY

    September 5, 2011 at 12:53 pm

    kak boleh tanya nggak bukanya FPB ambilnya yg lebih kecil ????
    nah kalau kpk ambilnya yg besar??
    aku jadi bingung yang manasih yg benar….
    :roll: :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • Siska

      September 18, 2012 at 11:41 am

      Kan FPB itu sing katan dari Faktor Persekutuan Terbesar jdi ambil yg paling besar kalau KPK itu Keipatan Persekutuan Terkecil jdi ambil persekutuan yg kecil. Smoga mengerti yaa…..

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  133. farhan

    September 6, 2011 at 6:30 am

    selisih kpk dan fpb dari 50 dan 75

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  134. SATRIA

    September 8, 2011 at 2:32 pm

    GUE MAU

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  135. SATRIA

    September 8, 2011 at 2:37 pm

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  136. Kitri

    September 9, 2011 at 3:24 pm

    mau tanya dunk kalau kpk 8 dan 12 =24 fpb=4 jika dikalikan 96. ada tidak pasangan bilangan lain yg kpk n fpbnya kalau dikalikan hasilnya 96? please jawabannya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  137. hery kusmayadi

    September 11, 2011 at 1:17 pm

    Bilangan FPB dari 33 dan 75 =………….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  138. khara

    September 13, 2011 at 12:01 pm

    FPB tuh sebenernya mudah

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  139. DHAFA ANK PERSIJA

    September 13, 2011 at 1:45 pm

    FPB 23 DAN 29=……………………….

    apasih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  140. NADIA INAYAH

    September 14, 2011 at 7:46 am

    KAK MOHON DI JELASKAN LEBIH LENGKAP :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  141. NURUL MUHLISA

    September 14, 2011 at 7:48 am

    :D :-) :( :o :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  142. Han Ga Im

    September 15, 2011 at 10:14 am

    kak coba jelaskan pohon faktornya dan bagi habisnya….. aku nggak ngerti kalo tidak ada penjelasan-penjelasan seperti pohon faktor/bagi habis MOHON DIJELASKAN… :o :wink: :P :roll: :? 8O :-) :D :D :D satu lagii!! kalo bilangan nya sama yang mana harus di ambil ??? kalo bilangan prima akan berhenti yahhh kakk????? contohnya bilangan prima itu 2,3,5,7 dll…
    mohon di jelaskan yahhh kakkk … dari makassar……. :wink: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  143. raka yg ingin tau

    September 15, 2011 at 10:16 am

    pak guru kalo saya belum mengerti nieh saya pengen belajar fpb daN KPK tpi saya belum ngerti :cry: :cry: :cry: :cry:
    minta ajarin donk pak guru :P :P :P :P :P :P :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  144. kiki mrizki

    September 15, 2011 at 12:27 pm

    gimana sih kalu fpb dan kpk di jadiin pohon faktor :x :!: :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  145. NURUL MUHLISA

    September 15, 2011 at 1:37 pm

    MALAM MALAM BELAJAR MATEMATIKA EH ADA ORANG MARAH MARAH MENYEBALKAN :x AKU HARUS LEBIH SABAR :( :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  146. Ani Tresna

    September 20, 2011 at 2:35 pm

    Alhamdulillah.. mengerti……. :o :o :o :o :o :o :o :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :oops: :oops: :oops: :oops: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  147. septya

    September 22, 2011 at 12:00 pm

    aduuuuHHhh
    knpa siiihh q tuh lmah bget d pljaran matimatika :x :cry: :( :( :?
    tlong ksih srannya dunkk
    q mhonn bget
    pa lg tntang fpb dan kpk
    rsa ny tuhh otakku mw pcah :? :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  148. SEPTYA

    September 22, 2011 at 12:06 pm

    OOOOOOOOooooooo tuhann……:( :(
    knpa siiihh pljran matimatika ni ssah bget msuk k otak q
    kak cba bwat cntoh fpb ntuk 12 dan 24
    PLEASEEE…… :cry: :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  149. ISTIANA

    September 22, 2011 at 11:56 pm

    pak, tolong bantu saya untuk menanamkan istilah konsep faktor, konsep faktor persekutuan, juga konsep faktor pers. terbesar melalui media batu atau permen berbagi secara adil dunkz????? coz saya pernah baca disebuah artikel dari UNSRI ttg batu, permen berbagi secara adil untuk menanmkan konsep FPB. namun saya ndak ngerti mksutnya. tolong penjelasannya ya???? insy allah nanti akan saya terapkan di kelas saya. terima kasiiiih banyak ya sebelumnya :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  150. didikyulianto

    September 23, 2011 at 2:29 pm

    PERSEKUTUAN TERBESAR DARI 64 DAN 80 BERAPA PAK

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  151. Azza Shofia

    September 24, 2011 at 9:40 am

    NAH SEKARANG AKU JADI BISA BERKAT RANGKUMAN ;) :D :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  152. andrean

    September 25, 2011 at 11:27 am

    kalo matematika ada yang susah apes gue :x
    tapi kalo mudah baru enggak apes tapi malah senang :o :lol:
    tapi kalo guru nya curang gue marah :x :mrgreen:
    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: belajar asyik

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  153. juan

    September 25, 2011 at 2:21 pm

    juan bisa :oops: :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  154. juan

    September 25, 2011 at 2:23 pm

    kita harus menghormati guru

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  155. juan

    September 25, 2011 at 2:25 pm

    andrean kalau dimarahi guru tendang aja guru nya :twisted: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  156. Khoir

    September 25, 2011 at 3:51 pm

    Ada yg tau mnentukan FPB dg cara saling membagi?? :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  157. icha

    September 27, 2011 at 12:41 pm

    duhhhhh kpk sama ya tapi yang terkecilnya ya???? duhhh ade q nanya trus tpi a lupa lg.. :arrow: :arrow: :!: :!: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  158. vakentina

    September 28, 2011 at 10:41 am

    :lol: :o :( :D :oops: :!: tahu yeyeye :twisted: hh

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  159. desta

    September 28, 2011 at 12:20 pm

    :arrow: :lol: :!: :evil: :P

    uuuuuuuu….. pakopakopako

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  160. ALFIN

    October 2, 2011 at 6:06 am

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  161. fatah kharisma putra

    October 3, 2011 at 9:36 am

    mas kalau fpb dan kpk dari bilangan 24 dan 35 berapa mas? :cry: :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  162. MIEKE

    October 4, 2011 at 12:39 pm

    faktor dari 125 gimana ya :?: aku mau ngerjain pr tapi gak bisA :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  163. JuTexS

    October 6, 2011 at 8:49 am

    Sya udh tahu bagaimana caranya :evil: :-) :o 8) bagus sekali :| :mrgreen: :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  164. aura

    October 7, 2011 at 12:37 pm

    aduuuuhhhhh capek nih ajarin aku dong yang ankanya seribuan :lol: 8O :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  165. aura

    October 7, 2011 at 12:39 pm

    yyyyyyyyyyaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhh takut nih dapat nilai 0 :x 8O :( :twisted: :cry: :?: :idea: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  166. Rizal

    October 21, 2011 at 3:35 pm

    aduuuuuuuhhhhhhhhhh pusing skli klo pembagian bersusun kya gi mna si :( :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  167. reza elfira

    October 25, 2011 at 10:44 am

    mau nanya dong :( aku dapet soal gak ngerti ni , tolong bantu ya
    kalo lampu A menyala setiap 15 detik sekali , dan lampu B menyala 30 detik sekali , pada detik keberapa kedua lampu menyala bersama ? tolong di bantu ya :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  168. sarah

    October 25, 2011 at 11:18 am

    :-) kalo cara kpk dari 8,10, dan 12 apa kasih tau donk cara pakai pohon faktor
    plis……kasih tau :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  169. fhany

    October 28, 2011 at 8:20 am

    kpk dari 3 angka bagaimana mengerjakannya 100 sampai 250

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  170. farhan

    October 28, 2011 at 11:15 am

    :!: :arrow: :mrgreen: :x :D :x :evil: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :| :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  171. farhan

    October 28, 2011 at 11:29 am

    :mrgreen: :| :arrow: :idea: :?: :!: :wink: :roll: :twisted: :evil: :cry: :oops: :P :x :lol: 8) :? 8O :o :( :-) :D :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :| :| :| :| :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  172. Cacha

    October 31, 2011 at 12:52 pm

    :D aku belum mengerti niih…… :lol: ajarin yya… :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  173. abim

    November 1, 2011 at 1:25 am

    A KALO 36 DAN 56 FPB SAMA KPK NYA BERAPA :evil: :!: :-) :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  174. Nurliana Febiyanti

    November 4, 2011 at 10:10 am

    :-) Hmm … Aku Belum Ngeerti nihh … :idea: :lol: Gmana Caranya … Pasti klu aku di kasih tugas sama guru … pasti belum ngerti :cry: ??? dUHH Udah KLS 6 Nihh .. Gmana Dong… ajarin .. nanti di Soal UASBN & UAMBN ada nihh … Ajarin dongg .. Biar aku pintar MTK :evil: Toloongg ajarin yaaaaaa….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  175. ahmad

    November 13, 2011 at 11:11 am

    HAY,AKU SUDAH TAU DA FPB AKU SUDAH DI AJARIN LHO KM ITU TAU DARI MN SIHOH AKU TAU DARI GURU KAN YA

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  176. ahmad

    November 13, 2011 at 11:23 am

    gimana sih namun kpk aku gax bisa da kpk mah km sudah tau belu nm udah aku boleh gax ambeh aku pikiran nya sehttp://klikbelajar.com/wp-includes/images/smilies/icon_arrow.gif

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  177. ALVENI

    November 15, 2011 at 11:45 am

    SAYA MASIH BELUM MENGERI TENTANG FPB :( JADI TOLONG SAYA UNTUK MENGERTI TENTANG FPB YA……………. :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  178. dea putri

    November 15, 2011 at 12:18 pm

    eh apa jawabannya FPB dari 25 dan 65? :P :cry: :!: :arrow: :D :-) :o 8) :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  179. dea putri

    November 15, 2011 at 2:15 pm

    :D :D :-) :-) :( :( :o :o 8O 8O :? :? 8) 8) :lol: :lol: :x :x :P :P :oops: :oops: :cry: :cry: :evil: :evil: :twisted: :twisted: :roll: :roll: :wink: :wink: :!: :!: :?: :idea: :idea: :arrow: :| :| :mrgreen: :mrgreen: :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  180. dea putri

    November 15, 2011 at 2:19 pm

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :mrgreen: :D :-) :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  181. fitriyatul firdaus

    November 17, 2011 at 11:33 am

    aq suka cara2 ini :lol: tapi kadang2 ngamuk ngamuk sendiri :x bikin otak ngak konsentrasi :roll: aq jdi di mrahin deh :cry: ,bagaimana ya cara yg lebih cepat :D 8) ,biar aq jadi pintar matematika :P :lol: :arrow: :arrow: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  182. dyctha yovita

    November 19, 2011 at 9:36 am

    permisi, mw ikutan tanya ne…. kak.
    saya kan kuliah d jurusan PGSD, nah disini materi pelajarannya tidak saya sangka malah lebih sulit dari yang saya bayangkan. biasanya FPB n KPK yang saya tahu ya seperti yang kakak semua jelaskan, tetapi ddalam pembelajaran di PGSD, malah lebih di detail. dan saya kurang paham. apakah kakak semua tahu bagaimana teori asal usul dari KPK n FPB :idea: tersebut??
    tolong bantu saya!! :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  183. egi

    November 24, 2011 at 11:13 am

    pohon faktor susah :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  184. Lyana

    November 28, 2011 at 3:11 am

    Maaf mau tanya, kalau hasil faktor prima dari tiga buah bilangan tidak sama.
    contohnya: fpb dari 16,60,135?
    jawabannya 1 atau 0 y?? :?
    pertanyaan yang kedua, melenceng dari pembahasan sih. tapi boleh ya… :oops:
    u :o ops
    untuk penulisan angka romawi dari 6.496 itu seperti apa???
    thanks…. :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  185. verryl zavi

    December 4, 2011 at 9:09 am

    kalau fpb dari 68 dan 46 berapa?????????????????? :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  186. verryl zavi

    December 4, 2011 at 9:10 am

    :D :D :D :D :D :-) :-) :-) :-) :-) :( :( :( :( :o :o :o :o 8O 8O 8O 8O 8O :? :? :? :? 8) 8) 8) 8) :lol: :lol: :lol: :lol: :x :x :x :x :P :P :P :P :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :cry: :cry: :cry: :cry: :evil: :evil: :evil: :evil: :twisted: :twisted: :twisted: :roll: :roll: :roll: :wink: :wink: :wink: :!: :!: :!: :?: :?: :?: :idea: :idea: :idea: :arrow: :arrow: :arrow: :| :| :| :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  187. verryl zavi

    December 4, 2011 at 9:18 am

    :x :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  188. sadamnaqmamah

    December 7, 2011 at 11:59 pm

    :x :x :( :( 8O 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  189. eka saputri

    June 10, 2012 at 11:24 am

    wididih….angel eo tibakno,ssok aq ulangan len…dongakno aq oleh ranking eo..!!
    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  190. Siska

    September 18, 2012 at 11:48 am

    8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  191. Ananda Puspita Sari

    November 10, 2012 at 11:48 am

    Aku belum ngerti nihhhh……. ajarin donnngggg biar otakku jalaaannnn ok (y).

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  192. Ananda Puspita Sari

    November 10, 2012 at 11:51 am

    kak mohon yaaaaa ajaariin aku sampai ngerttiiii
    abisnya aku bingung tentang kpk dan fpb
    hihihihihihi:d

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  193. Vawzs Zii

    April 16, 2013 at 2:50 pm

    Thank Bro ..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  194. Delphi

    June 1, 2013 at 12:30 pm

    Wah thx banget sekarang udah ngerti FPB :)
    Cuman suka ketuker aja antara FPB dan KPK buat ambil yg paling kecil atau yg paling besar :D
    Maen juga yuk ke bahasa pemrograman Delphi
    Thx :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  195. imam rama sanjaya

    August 26, 2013 at 4:04 pm

    Tentukan FPB dari bilangan2 berikut !

    1.18 dan 36 6. 60 dan 180
    2.60 dan 90 7. 60 dan 100
    3. 30 dan 60 8. 270 dan 300
    4.180 dan 300 9. 210 dan 315
    5. 120 dan 180 10. 98 dan 36

    jawab eaa Please…..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  196. imam rama sanjaya

    August 26, 2013 at 4:13 pm

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  197. nurfalah

    September 15, 2013 at 1:57 pm

    tolongin aku dong : faktor prima dari 112 aph ya pliiss soalnya besok mau di korejsi sama guru

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  198. Jack Porter

    November 2, 2013 at 5:04 am

    Wah, bagus sekali. kita semua sekarang sudah Paham dan Mengerti. :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  199. jason

    December 13, 2013 at 3:16 pm

    oooooooooooooooooooooooo not very cool my from in italy i do not know fpb or fbi

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>