Best Author
sangdedi

743,253
octa

484,363
fitrotinnikm

456,613
idjah

444,779
dwi

312,845
adit

309,744
resta-andara

273,817
benedict

261,561
rahadian

240,290
bara

228,914
nabilalalala

216,598
kurnitap_

154,132
kuswanto

139,179
suranto

100,765
admin

98,848
iwan

80,055
kupukupu

78,090

Belajar Matematika: Logaritma dan Pangkat (Eksponensial)

Hai teman, sekarang tulisanku ini tentang pelajaran matematika yaitu logaritma dan perpangkatan. Aku ingat dulu pertama kali mendapat pelajaran logaritma adalah kelas 3 SMP. Apakah sekarang masih tetap atau sudah dimulai sejak awal-awal SMP ? Kan biasanya kurikulum di sini cenderung dimajukan .. :P

Dulu aku butuh waktu yang lama untuk memahami logaritma, hehe maklum, otak pas-pasan :D . Mana pangkat masih belum paham banget lagi, udahlah pas ulangan jeblok :roll: , jadi curhat gini .. maap-maap .. langsung saja ya ke pelajarannya.

Logaritma sebetulnya adalah bentuk lain dari pangkat. Kalau kalian ingin mengerti logaritma kalian harus paham dulu soal perpangkatan. Kalau belum paham perpangkatan disini akan aku jelaskan sedikit untuk membantu kalian.

Bentuk pangkat adalah seperti ini : 23= 8

artinya, 2 X 2 X 2 = 8

lihat angka 2 nya ada 3 kan, makanya disingkat jadi 23

nah dari situ kita buat rumus umum, ab= c , artinya a pangkat b sama dengan c.

Lalu bagaimana dengan logaritmanya ? Seperti aku bilang tadi, logaritma adalah bentuk lain dari pangkat. Jika kita punya rumus 23= 8 , maka bentuk logaritmanya adalah 2log 8 = 3. Atau bila dibuat rumus umum maka akan seperti ini,

alog c = b

Jika kalian sudah melihatnya polanya maka logaritma akan menjadi mudah, lalu apa sebenarnya polanya? Sebenarnya yang dicari dalam logaritma adalah pangkatnya, bukan seperti pangkat biasa yang mencari hasil dari pangkatnya. Lihat perbedaannya berikut ini,

alog c = b dan ab= c

Jelas bukan? Kalau sudah jelas maka berikut ini adalah contoh-contoh dari pangkat dan logaritma.

1. 23 = 8, dan 2log 8 = 3.

2. 55 = 625, dan 5log 625 = 5.

3. 104 = 10000, dan 10log 10000 = 4.

4. 92 = 81, dan 9log 81 = 2.

5. 79 = 40353607, dan 7log 40353607 = 9.

Nah, pasti kalian sekarang telah mendapatkan gambaran yang lebih jelas lagi tentang logaritma bukan ?

********** Operasi penyederhanaan logaritma **********

Bagian ini dapat kamu pelajari setelah kamu mengerti penjelasan diatas. Bagian ini adalah bentuk-bentuk logaritma yang dapat digunakan untuk memudahkan kita memecahkan suatu soal. Bentuk-bentuk ini mau tak mau harus dihapal, namun jangan takut karena bentuknya sederhana kok. Lihat bentuk-bentuk penyederhanaan dari logaritma dibawah ini,

1. alog (c x d) = alog c + alog d

contoh: 2log (8) = 2log (2 x 4) = 2log 2 + 2log 4 = 1 + 2 = 3

2. alog (c : d) = alog c – alog d

contoh: 3log (9) = 3log (27 : 3) = 3log 27 – 3log 3 = 3 – 1 = 2

3. alog cd = d x (alog c)

contoh: 2log 28 = 8 x (2log 2) = 8 x 1 = 8

4. (alog b)(blog c) = alog c

contoh: (2log 65)(65log 8 ) = 2log 8 = 3

5. (alog b) : (alog c) = clog b

contoh: (7log 64) : (7log 2) = 2log 64 = 6

**********************************************************

Apabila kalian menemukan bentuk logaritma seperti ini, log x , itu sama artinya dengan 10log x. Jadi log 100 = … Hayo tebak brapa?

Belajar Matematika: Logaritma dan Pangkat (Eksponensial), 4.0 out of 5 based on 2 ratings

Penulis :
Telah menulis sebanyak 7 artikel
Mendapatkan 623 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

373 Comments

  1. supri

    April 30, 2009 at 3:25 am

    maaf yang anda tulis kaya pelajaran anak SD

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. Bara Sukaton

    Bara Sukaton

    April 30, 2009 at 5:16 am

    wah berarti anda sudah mendapat pelajaran logaritma sejak SD ya,, hehe saya mencoba mempermudah pemahaman bagi mereka yang sedang belajar saja, bagi yang telah memahami mungkin bisa menambahkan agar yang lain menjadi mengerti :-) ..

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
    • nurcahyono

      August 20, 2013 at 2:08 pm

      terima kasih atas tulisannya. yang seperti ini yang kita perlu. dibuat sederhana dan sangat jelas…. tentu saja pemahaman anak anak ke depan semakin baik. may GOD bless you

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  3. asy'ad

    May 2, 2009 at 5:16 pm

    pak, itu koq 10 pangkat 4 = 400 ya? bukannya 10.000. apa saya yang salah itung?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. Bara Sukaton

    Bara Sukaton

    May 3, 2009 at 7:09 am

    ampun, iya bener .. sudah ta’ perbaiki,, makasih ya mas ,,

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. juliunus

    May 5, 2009 at 2:52 pm

    pak…thanks atas artikelnya…ini sangat membantu!!!keren !!semoga makin byk karya nya y pak…jia you

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. dea rahma

    May 15, 2009 at 12:37 pm

    ada nggak mas kumpulan soal2 ttg logaritma?? :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. Bara Sukaton

    Bara Sukaton

    May 15, 2009 at 3:22 pm

    mmm, memang paling enak setelah baca langsung ngerjain soal ya .. :lol: ini ada file dari emi hermiati diunduh saja disini ..
    http://www.ziddu.com/download/3076732/BENTUKPANGKATAKARLOGARITMAKLSX.doc.html

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. adhek

    June 11, 2009 at 3:05 pm

    makasih!! membantu banget buat inget2 pelajaran sma
    dah lama gak dipegang jadi lupa :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. olin

    July 15, 2009 at 9:58 am

    mo tnya dunkzzz,,

    contoh soal logaritma trigonometri gmn iaaa???

    plizzz help,,

    thxxxx,,

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. chika

    July 21, 2009 at 12:54 pm

    MATEMATIKAA tu 1000000000000% suLid bgd cagggg..ciptain rumus senk gampang!!!! kalo liad mat gue jdih ngantuggg…http://klikbelajar.com/wp-includes/images/smilies/icon_evil.gif
    :evil: http://klikbelajar.com/wp-includes/images/smilies/icon_idea.gif
    :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. asep

    July 23, 2009 at 5:55 am

    maaf yang anda tulis kaya pelajaran anak SD
    wah berarti anda sudah mendapat pelajaran logaritma sejak SD ya,, hehe saya mencoba mempermudah pemahaman bagi mereka yang sedang belajar saja, bagi yang telah memahami mungkin bisa menambahkan agar yang lain menjadi mengerti :-) ..
    pak…thanks atas artikelnya…ini sangat membantu!!!keren !!semoga makin byk karya nya y pak…jia you
    mo tnya dunkzzz,,

    contoh soal logaritma trigonometri gmn iaaa???

    plizzz help,,

    thxxxx,,

    MATEMATIKAA tu 1000000000000% suLid bgd cagggg..ciptain rumus senk gampang!!!! kalo liad mat gue jdih ngantuggg…http://klikbelajar.com/wp-includes/images/smilies/icon_evil.gif
    :evil: http://klikbelajar.com/wp-includes/images/smilies/icon_idea.gif
    :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. Harkat

    July 23, 2009 at 1:56 pm

    Mas kLo 27:3 bknnya 9 yaCh Kok 3 Sih Dri mana tuh…??
    Lez yaCh Penting..!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. Bara Sukaton

    Bara Sukaton

    July 23, 2009 at 2:15 pm

    Maksudnya log (27:3) sama kayak log 27 – log 3 … begitu mas harkat, mudah2an mengerti :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. BAHRUDIN

    July 27, 2009 at 3:43 am

    :arrow: 8) :mrgreen: :mrgreen:
    THANK SELAMT BERKREASI LAGI

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. Hamrin Ilhami

    August 2, 2009 at 2:07 am

    Terima kasih bwt yg posting, alhamdulilah z bs dikit ngerti jg ttng logaritma. Smoga mas dapat yg terbaik d sisi-Nya, n bikin lg karya ya bermanfaat y mas

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. AFRIL

    August 23, 2009 at 7:45 am

    eh…klo soal logaritma yang lebih susah gmn?
    materi log sma sm smk sama apa ngga??
    tlg buat soal log yang lebih susuah dum…buat belajar nii…+penjelasannya ya!!!
    makaci… :D :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. Bara Sukaton

    Bara Sukaton

    August 25, 2009 at 9:33 pm

    Tentu ada yang lebih susah ! Kan ini cuma dasarnya aja … nanti aku buatin tulisan yang lebih dalam tentang logaritma :!:
    Kalo materi untuk smk aku ga tau deh mungkin aja sama :wink:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. wildan

    August 28, 2009 at 3:45 am

    kmaren saya malu bgd mas..
    kan ada ade klaz nnya soal logaritma…
    eh pas di liat…
    ga ngrti ,, ngrti dikit ci…
    malu abiz mas…
    tpi berkat mas saya jdi agak ngeri soal logaritma…
    thanks ya….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  19. Bara Sukaton

    Bara Sukaton

    August 28, 2009 at 6:03 am

    wah wah .. tapi sekarang dah ngerti kan ? :wink:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. asep

    September 1, 2009 at 10:10 am

    teknkyu..birin orang bilang apa..tp ini skg sy lg butuh tulisan ini..makasih bang bara :-) :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. maria_ayu

    September 1, 2009 at 11:48 am

    gmn c cra” bentuk” logaritma/sifat ny? :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. nova kyuhyun

    September 6, 2009 at 6:26 am

    wachh matematika mang pelajaran yang menyenangkan bgd

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. Enjhy

    September 26, 2009 at 6:58 am

    Kurang lengkap :( :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  24. Rozaq

    September 26, 2009 at 9:44 am

    Mas bleh tny g’..? ada g’ caranya rumus2 beajar paling gampang untuk belajar Bab ogaritma sesudah Bab Bilangan akr kelas 1 SMA… :? :arrow: :mrgreen: :wink: :idea: :cry: :P

    Please,,,!!! 8) 8) 8) 8) = :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  25. Bara Sukaton

    Bara Sukaton

    September 26, 2009 at 11:03 am

    @rozaq : sebaiknya kamu belajar perpangkatan dulu karena itu lebih mudah daripada logaritma … kalau kamu sudah menguasai perpangkatan kamu bisa meneruskan dengan memahami rumus2 diatas. Mudah2an kamu jadi ngerti … :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  26. maudy

    September 30, 2009 at 6:23 am

    tolong mas gimana penjabarannya akar pangkat 12996

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  27. Samuelle

    September 30, 2009 at 9:28 am

    mas tolong dong di kasi kunci jawabannya
    biar bsa nyocokin jawabannya :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  28. akhwat tanGguh

    October 2, 2009 at 8:49 am

    gimana tips belajar matematika??????????coz banyak anak2 itu kalw udah dengar matematika,,,,,,,,,,,,,,maleeeezzzzzzzz JAZAKILAH

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  29. ainun

    October 3, 2009 at 7:15 am

    mas,,? gimana caranya supaya kita mmempelajari semua rumus2 d9n gampang@ c0z sya mw belajar supaya bisa mengerti pelajaran logaritma ,,,,, thanxxxxxxxxxxxxs eah mas :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  30. Martohardjo Theo

    October 5, 2009 at 5:36 pm

    Mas Bara Sukaton…….matur nuwun sanget iki pelajaran’ne…..ono sing ngomong koyo pelajaran SD jarke wae, sing koyo ngene iki hati dan nurani sebagai GURU gelem menehi weruh sing terang tur jelas…….matur nuwun sanget Gusti kang akaryo jagad paring berkah gae sampean.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  31. PURNAMA

    October 10, 2009 at 2:06 am

    MAS BARA SUKATON……Assalamualaikum.wr.wb
    cr mudhnya menhfal sifat2 logaritma gmana????

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  32. tianna

    October 14, 2009 at 1:50 am

    kak, saya senang dengan tulis tentang logaritma ini. karena sangat membantu. cuma saya mau tanya untuk rumus2 yang diatas, klo ada soal gmana saya tau caranya pake rumus yang di atas untuk mencari jawaban?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  33. anna

    October 14, 2009 at 5:59 am

    aduh gua kapok da sama matematika :lol: :cry: :? :? :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  34. anna

    October 14, 2009 at 6:03 am

    gaswat gas wat
    :cry: :( :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  35. pragita ayu saputri

    October 18, 2009 at 10:04 am

    masssssssss makasih yaaaaaaa atas contoh cnh soal nyaaaaaaaaaaaaaaaa :o :o :o :o :o :o :o :o :o
    jadi skrg lebih mudah dechhhhhhhhhhhhhhh cari tugas nyaaaaaaaaaaa :wink: :wink: :wink: :wink: :lol: :lol: :lol: :P :P :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  36. Bayu Kurnia A-D

    October 19, 2009 at 3:13 pm

    Ka’ Bara, pembahasan soal logaritma dari link yg ni gmna y?? :roll:
    “http://www.ziddu.com/download/3076732/BENTUKPANGKATAKARLOGARITMAKLSX.doc.html”
    Please nihh, coz UTS kmaren jeblog hhehehe… :D
    Ku jg baru liad tulisan kk diatas, dah ngerti sii… :oops:
    Tapi please nehh ya ka’… Thanks before
    :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  37. njie

    October 19, 2009 at 4:10 pm

    mas,,klo logaritma negatif mungkin g sih??

    misalnya LOG (-2) gitu…
    hasilnya brapa yah??
    dan gmn caranya?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  38. Bara Sukaton

    Bara Sukaton

    October 19, 2009 at 11:41 pm

    @njie logaritma negatif ga ada njie karena secara logika aja bahwa tidak ada bilangan berapapun yang dipangkatkan bilangan berapapun yang hasilnya negatif :!:

    @bayu soalnya aku coba kerjain dulu ya :lol:

    buat semua yang minta tips menghafal rumus2 diatas, kalau aku sih caranya ngeliat pola dari rumusnya. Misalnya dari rumus pertama dan kedua itu polanya kali sama dengan plus dan bagi sama dengan minus. Lalu untuk dua rumus terakhir itu tinggal lihat angka di pjok kiri atas, kalau sama bisa diringkas. Begitu mudah2an membantu :wink:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  39. abraham

    October 21, 2009 at 11:00 am

    masssss makalah tentang pelajaran matematika yg lankap ada gak????????????? :| :idea: :P
    kalo da krm ke email Q ya!!!!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  40. ratna rosmawati

    October 24, 2009 at 12:04 pm

    massss bisa bantu ngejelasin perpangkatan ? atau ada website yang bisa di liat karena anak saya yg masih sma kls 1 bingung………..thanks ya :D :D :D :lol: :arrow: :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  41. sangdedi

    sangdedi

    October 27, 2009 at 12:57 pm

    kayak gimana contoh soalnya ??
    share aja disini nanti dibahas rame2 :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  42. khusnul khotimah

    October 28, 2009 at 1:32 am

    makasih ya mas .. ne dah mmbntu ak bnget . :P :o 8) :P :P :P :P :lol: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  43. kikirani

    October 29, 2009 at 5:13 am

    mas kalau soal kayak gini gmn ngerjainnya:4 log(3log(2x-7))= 0,ditanya nilai x nya mas.dgn catatan angka 4 dan 3 itu adalah bil pokok logaritma dan satu soal lagi jika log2=a dan log3=b,hit 2log1,5(2 adalah bil pokok log..makasih ya mas…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  44. romantika

    October 31, 2009 at 3:10 pm

    :!: matematika jadi gampang kalo udah ngerti gne…. :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  45. budi

    November 4, 2009 at 8:45 am

    gimana caranya menyelesaikan bilangan akar yang diakarkan

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  46. nikie

    November 20, 2009 at 11:06 am

    HEHE…….. tumben-tumben nich iseng cari logaritma,,,, :D :D tapi bagus neah da contoh rumusnya…. jujur aku kesulitan belajar logaritma :lol: 8O :( tapi berkat yang diatas jadi lebih ngerti……. hehehe,,!!!!!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  47. hudha

    November 20, 2009 at 1:32 pm

    :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  48. hudha

    November 20, 2009 at 1:35 pm

    aku ingin belajar logaritma dan ingin tahu cara gampang memahami logaritma .but logaritma very2 hard

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  49. RUT

    November 24, 2009 at 6:54 am

    kalau ini artinya apa : 2 log 2 ?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  50. hana

    November 24, 2009 at 7:18 am

    GOOD!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  51. ali iswan

    November 30, 2009 at 5:07 am

    :arrow: :arrow: : :o :wink: :| :| :| :wink: :wink: :wink: :evil: :evil: :oops: :oops: o wah rumusnya sich mudah tapi gak da soal yg lbh gmn githu…………………………..! :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  52. varian

    December 3, 2009 at 3:47 am

    pak.. usul nih… gimn klo buat soal untuk penerapannya dalam keseharian….^^ :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  53. sarah

    December 8, 2009 at 1:19 pm

    :roll: saya tidak mengerti logaritma bang haha kunaon eta ? :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  54. astrid

    December 13, 2009 at 5:22 am

    hm, kalo kaya gini ngerti deh. tapi kalo udah ketemu sama soalnya langsung bingung deh :( mau coba dong dikasih soal logaritma, makasih :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  55. dedi di lampung

    December 13, 2009 at 2:01 pm

    BAGAIMANA CARA MEMBUAT SILABUS BUAT MATEMATIKA TOLONG YA MAS ATAU MBA,TULIS DENGAN LENGKAP……

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  56. april

    December 14, 2009 at 6:25 am

    GMN EA CRANYA BIAR BS HAFAL SIFAT2 LOGARITMA :wink: :idea: :-) :D :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  57. Hasir

    December 22, 2009 at 8:22 am

    Mkasih ya dah biqin materi d website..Kalo bisa sih tampilin soal jawab logaritma ya biar lebih mudenk….
    Mkasih skali lgi…
    :-) :o 8) :!: :| :P :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  58. sumadi

    January 2, 2010 at 10:24 am

    kalocari P pada log p=3.1

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  59. agan

    January 13, 2010 at 9:20 am

    :x bagus eunk rumus’y…………..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  60. bettencourt

    January 21, 2010 at 4:07 am

    gmana she ngerjain soal nhe Aq lupa mas caranya…..
    ( log 81:log 27 ) + log 32 x log1/4 =
    dibantu yah caranya gmana byar Aq ngerti……..
    :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  61. sangdedi

    sangdedi

    January 21, 2010 at 4:54 pm

    ( log 81:log 27 ) + log 32 x log1/4 =
    ok, kita selesain dulu yang ( log 81:log 27 )
    itu berarti sesuai rumusnya si Bara yang nomor 5
    jadi bisa langsung diubah menjadi : 27LOG 81 (yang tulisan 27-nya jadi angka yang diatas LOG itu loh)
    dikarenakan 27 = 3^3 dan 81 = 3^4
    maka sesuai rumus nomor 3-nya si Bara 27LOG 81 = 4/3 x 2LOG 2
    menjadi = 4/3

    terus yang log 32 x log1/4 =
    hmm.. ini gak salah soal yah ??
    apa gak begini soalnya ?? log 32 : log1/4
    saya nyerah untuk soal yang ini (kalo ternyata memang gak salah soal) :(

    ada yang lain bisa bantu 8O

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  62. agung

    January 25, 2010 at 2:11 pm

    suka isinya…membantu…terimakasih…jazakallah…:)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  63. HEDI

    February 10, 2010 at 5:12 am

    mas kulihnya dimana???

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  64. Zarfan

    February 19, 2010 at 11:11 am

    Terima kasih atas Ilmunya kk..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  65. RIFKY

    February 21, 2010 at 12:31 am

    :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  66. Syahid

    March 19, 2010 at 11:58 pm

    Insya Allah manfaat terimaksih, bertambah ilmu, wass

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  67. faesal

    March 22, 2010 at 3:06 pm

    halo mas bara, sya punya soal2 logaritma yang sdikit bingung nih. mungkin saya butuh bantuannya. mas bara tolong kirim email mas ke email saya fruchazfae@yahoo.com tar dari situ saya mau scan gambar dr soal ini aja. thx

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  68. romie like mocka

    March 23, 2010 at 3:29 pm

    makasih mas penjelasannya… ^^
    sangat membantu saya ini…
    hohohoho….. :lol: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  69. vandeser

    April 1, 2010 at 1:40 am

    wah… :-) :-) :-) matematika paling riweh bagi gua :oops: :oops: :D :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  70. opik

    April 15, 2010 at 7:44 pm

    JAWABAN SOAL
    1).4 log(3log(2x-7))= 0
    @kita misalkan 2x-7=P, kemudian kita misalkan lagi 3log (2x-7)=3logP
    @kita misalkan lagi 3log P= R, maka menjadi 4log R……
    kita lihat 4 log R=0
    karena hasilnya 0(nol), maka R haruslah 1
    bukti: 4log R=0
    4^0=1 (terbukti)
    karena R=1, maka 3log P=1
    karena hasilnya =1, maka P haruslah bernilai 3
    bukti: 3log P=1
    3log 3=1
    3^1 =3 (terbukti)
    karena P=1, maka
    2x-7 = 1
    2x = 8
    x = 4
    nah begitulah kira2

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • Pastie Putra

      May 22, 2013 at 3:14 am

      kak, nanya dikit..
      Kalo 4 Log R = 0
      dan 4^0 = 1 maka R = 1
      tapi 3 Log P = 1
      kalo 3^1 = 3
      kok P = 1
      bukannya 3 ya kak..
      Hehe
      P = 2x-7
      3 = 2x-7
      x = 3+7/2
      x = 5
      gt ga ya ?
      Terus kalo 4 log ( 3 log 5 ) = 0
      pembuktiannya gmana kak ? Thx :)
      bales ke email ya kak Plis pasti_putra@yahoo.com

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  71. Pelajar SMP

    April 27, 2010 at 1:04 pm

    terima kasih om..
    blognya bagus banget..
    kbetulan saya lagi mau tes masuk SMA..
    :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  72. Arventissa

    April 29, 2010 at 6:43 am

    makasii atas cara”nya mas…

    untung ada blog ini..
    ia bisa bantu belajar buat masuk SMA …..

    oh iia mas…

    jawabannya yg log 100 itu ndak “10 log 100 = 2″ ??
    benarkah??

    makasii … :( :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  73. Fatma

    May 6, 2010 at 3:23 am

    aku salin ya,, buat belajar..
    mau masuk SMA nihh
    thanks a lot ya! ;)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  74. Fake Hayate

    May 13, 2010 at 4:11 pm

    Hmmm. :( 5 log 625 kok sama dengan 5 ???
    Harusnya kan 5 log 625 = 4
    kalo 5 log 3125 baru = 5

    pantesan ajah saya bingung :D

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  75. Netty Handayani

    May 27, 2010 at 4:36 am

    tpi gmna ni carany..

    x5+5×4+3x+2=x2+5×4+9x-22, x=

    tlong donk gmna crnya :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  76. uca

    June 8, 2010 at 9:16 am

    blog ny keren!penuh warna :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  77. Memed

    June 15, 2010 at 6:51 am

    bagus, pengertian cukup jelas, thx ya.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  78. dwi siska mayang sari

    July 9, 2010 at 10:11 am

    THANK’S YA!!!!!!!Qsblx sih g’ ngerti apa tu logaritma berkat kamu Q sekarang ngerti sedikit.pepetah mengatakan sedikit2 lama2 jadi bukit ya kan?!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! :!: :!: :!: :!: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: 8) 8) 8) 8) 8) :D :D :D :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  79. grint

    July 14, 2010 at 8:16 am

    mass maap nih :roll: ,mau tnya :lol: .bukanya sifat-sifat logaritna ada 7

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  80. dhani

    July 21, 2010 at 10:33 am

    kak tlong tulis rumus-rumus penyederhanaan pangkat donk kak,,,
    pliiisss bngt kak….
    rumus2 penyederhanaannya smua ya kaaqq…. 8) :( :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  81. GITA

    July 22, 2010 at 10:47 am

    Klaw gru nerangin sich ngerti,tpi koq wktu ngerjain soal malah bingung,,,,,, 8O :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  82. arif hidayat

    July 29, 2010 at 3:46 am

    ok bagus juga
    yang jelas mari kita berkreasi mengeluarkan bakat kita :!:
    :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  83. TomiTeruz

    July 29, 2010 at 12:16 pm

    1. (x pangkat 2 -xy+ypangkat 2) (x+y) =
    a. X pangkat 3 – 2x pangkat 2 y+xy pangkat 2+y pangkat 3
    b. X pangkat 2 – 2x pangkat 2 y+y pangkat 3
    c. X pangkat 2 + 2xy pangkat 2+y pangkat 3
    d. Xpangkat 3 +y pangkat 3
    e. X pangkat 3 – y pangkat 3

    coba ngerjain kalo bisa…!!! :evil:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  84. yoana belanita riwang

    August 2, 2010 at 9:29 am

    paaaakkk kasih contoh soal yang lebih umit lagi dong :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  85. arga

    August 3, 2010 at 12:37 pm

    I LOVE AMEl…. :arrow: :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  86. grace

    August 4, 2010 at 10:06 am

    wah2… makasih ilmunya…… kata2nya mudah d mengerti.. saya baca sekali langsung bisa….
    maksih….
    :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  87. BENO

    August 5, 2010 at 10:42 am

    thanks mas,, sudah pada lupa je, padahal baru kerja 2 th,,,

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  88. bern

    August 5, 2010 at 11:40 am

    wah..yoana minta yg lebih rumit tuh…hehehehee….mantab

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  89. ivan

    August 6, 2010 at 1:10 am

    mas tlg beri penjelasan untuk yg pangkat minus, misalnya :
    10^-4 =..
    20^-4 =…
    tksh ya sebelumnya..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  90. Evan

    August 6, 2010 at 12:43 pm

    rumusnya lengkap y :?:
    awak sudah ngerti
    tapi :idea: awak dikit pening
    hehehehe…. :P
    thx y

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  91. Yuliana

    August 10, 2010 at 2:50 am

    1 permen harganya 1 rupiah
    kalau 3 pembungkus permen dapat di tukar 1 permen
    berapa permen yang di dapat dengan uang 60 rupiah

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  92. nur fitriany

    August 10, 2010 at 3:28 am

    :( sulit bgetz ya,yang operasi penyederhanaan logaritma nya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  93. mery

    August 11, 2010 at 8:04 am

    makasi ya,,
    tapi mohon beri contoh soal dan penyelesaian yang buanyak yan

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  94. noval

    August 13, 2010 at 9:49 am

    Bagaimana cara menentukan bilangan berpangkat logaritma??????????????????????????? 8)
    8) 8) 8) 8) 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  95. fikaa

    August 14, 2010 at 9:42 am

    kak tanya dong 2^3 log 2^3/2 x = 1/3
    bingung :idea: ini . :oops: semoga bisa membantu. makasiii :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  96. dhella

    August 14, 2010 at 10:26 pm

    gmn y cr bikin web design. . . gw ad pelajaran multimedia yg nyuruh bikin it. . .thx bgt bwt jwbnx,,, :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  97. Eza

    August 15, 2010 at 4:56 am

    Terima kasih ya! saya anak sma kelas 10, belajar disekolah sangat tidak mengerti matematika, apa karena bahasa saya belum bisa menerima. tapi pake bahasa si mas ini saya cpt ngerti loh! Terima Kasih ya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  98. Administrator

    Administrator

    August 15, 2010 at 7:46 am

    @dhella : silahkan kamu buka menu HTML diatas :wink:
    @eza : itu mengapa kami membuat klikbelajar.com agar banyak orang yang berbakat seperti bara bisa membagi tulisannya disini :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  99. Bara Sukaton

    Bara Sukaton

    August 17, 2010 at 5:52 am

    wah wah banyak sekali komentar yang blum dijawab .. maaf ya kemarin aku lagi ke pulau seberang jadi blom sempet liat-liat kbc .. hehe

    @ivan : pangkat minus berarti hasilnya ada bilangan pecahan. contoh : 5 pangkat 2 = 25 , tapi kalo 5 pangkat -2 = 1/25 … gitu van …

    @fika : 2^3 log 2^3/2 x = 1/3 , pertanyaannya apa ? hehe

    @eza : thanks ezaaa ..

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  100. ulan

    August 18, 2010 at 11:15 pm

    hadoooh contoh soalnya di download lagi 8O
    males saya hehehehe :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  101. pelajarpemberani

    August 20, 2010 at 3:09 pm

    kak bara saya minta kunci jawaban dari web lat soal ini donk saya mau nyocokin jawaban saya
    http://www.ziddu.com/download/3076732/BENTUKPANGKATAKARLOGARITMAKLSX.doc.html

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  102. putu

    August 21, 2010 at 4:19 am

    tlong beri contoh soal pangkat dan logaritma masing-masing 20 soal,,
    pliiiiiisss……….. di jawab ya,, :-) :wink: :cry: :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  103. Priskila

    August 21, 2010 at 12:25 pm

    mmbntu bgt nee.. wkwkwk… :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  104. xxx

    August 22, 2010 at 9:18 am

    orng gnteng ngampung lwt…. 8) :lol: :lol: :x :mrgreen: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  105. piktif

    August 23, 2010 at 4:17 am

    kadapahammmmm…………………………………. :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  106. iqbal

    August 27, 2010 at 1:10 pm

    mas, saya pingin belajar lebih jauh tentang logaritma nih…
    jadi tolong posting artikel yang lebih jauh mempelajari tentang logaritma…
    jangan cuma dasar nya…
    makasih….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  107. hara

    August 29, 2010 at 6:45 am

    :? BINGUNG NII . ada tugas di suruh menjabarkan lagi rumus logaritma . dari mana rumus itu,kok bisa menjadi gitu _ ” x LOG a . a LOG b . b LOG m = x LOG m” . satu lagi samayang ini ” x LOG a / a LOG b = b LOG a ” . tlongin ya ….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  108. Imung

    August 29, 2010 at 4:34 pm

    Thanks Pak…!
    Artikelnya membantu banget…
    Semoga terus berkarya…! :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  109. Imung

    August 29, 2010 at 4:38 pm

    Pak, kalo (a log x) dipangkatkan2 hasilnya berapa? :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  110. mutmainah

    August 30, 2010 at 5:34 am

    Mas,,gmna ych bljr logaritma tuh..?? 8O aq susah bnget nangkp pljrn yg 1 neh..
    klaw guru jlsin tuh,,asal nangkp ja.. :D :D
    piizzzz……..ksh tau gmna cra nya.. 8) 8) 8) 8) :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  111. plajar bodoh

    August 30, 2010 at 1:41 pm

    waaaaaaah
    bguuus bnget !!!!!! :!: :!:
    mkasih yaa jdi ngerti!!! :P :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  112. Jason Kh

    August 30, 2010 at 4:47 pm

    WOW…!!
    keren lho pak…!
    nilai q ya pas”an…
    anda sangat membantu….!
    TUHAN MEMBERKATI PAKk…..!! :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  113. Ikbal T R

    August 30, 2010 at 5:46 pm

    Mas bara, ada penjelasan tentang materi fungsi kuadrat ga?
    Oiah kan di logaritma juga ada log log yang menggunakan pecahan. . Nah kalo kaya gitu gimana cara nyelesaiinnya mas?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  114. DiiaN

    September 3, 2010 at 7:30 am

    aKKu BeNci BAnGeT mAtEmAtIKa
    sEtIa uJIaN maTeMaTikA
    GA adA ynG bGuS nilAinYA
    :| :idea: :oops: :cry: :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  115. ernita evelyn

    September 5, 2010 at 5:48 am

    aku maw nanya nii
    1. a log 16/ a log 2 = ….
    2. 8 log 2 – 6 log 216 – 0,1 log 100 – 5 log 5 pangkat 4/3 =……

    mohon di bantuuu yach plizzzz :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  116. Ayunchan

    September 5, 2010 at 7:42 am

    Buat ernita :
    jawabannya no 1 itu gini caranya :
    1. a log 16/ a log 2 =
    = a log 16 X 1/(a log 2) =
    = a log 16 X 2 log a
    = 2 log 16 = 4

    so, jawabannya 4.. :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  117. Ayunchan

    September 5, 2010 at 7:45 am

    cara termudah buat ernita :
    Perhatikan sifat logaritma berikut ini :
    (a log b) : (a log c) = c log b

    so, a log 16 : a log 2 =
    2 log 16 = 4 :lol: :!: :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  118. Ayunchan

    September 5, 2010 at 7:55 am

    Buat ernita lagi untuk jawaban no 2 :

    2. 8 log 2 – 6 log 216 – 0,1 log 100 – 5 log 5 pangkat 4/3 =
    1/3 – 3 – (-2) – 4/3
    = 1/3 – 3 + 2 – 4/3
    = 1/3 – 4/3 -3 + 2
    = -3/3 – 1
    = -1 – 1 = -2

    so, jawabannya : -2 :-) :-) :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  119. renata fransiska

    September 7, 2010 at 4:55 am

    1. carilah nilai x pada persamaan
    log x pangkat 5 – 3 log x pangkat 2 + log x pangkat 4 + log akar dari x pangkat 3 = 9
    2. dik : 8 log 3 = a. nyatakan tiap bntk berikut dalam a
    misal 2 log 3 =…..
    3. misalkan diketahui p log q = 6, r log p =4, dan p,q,r bilangan” real positif, p # 1 ( p tidak sma dengan 1 ), r # 1. hitunglah nilai dari [ plog (qr) pangkat 20 ] pangkat 1/3.
    4. dik : 2 log 3= p dan 2 log 5 = q.
    nyatakn tiap bentuk berikut dalam p dan q.
    misal : 6log50 =….
    mohon di bantu ya, kalau soal kyk gini saya kurang ngertii, saya coba” tetap saja ga ngerti
    mohonnn plizzz : :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  120. ernita evelyn

    September 7, 2010 at 4:57 am

    hahaha ternyata setelah susah payah sama hasilnya
    thanks ya Ayunchan :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  121. Ayunchan

    September 7, 2010 at 7:09 am

    Yess, no problem sist… don’t mention it :)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  122. reffi

    September 11, 2010 at 6:44 am

    thanks ya……. gaya belajar kaya gini nih yang gue suka…. :!: :!:
    kasih lagi dong tambahan tentang logaritmanya..biar tambah ngerti ok..thanks ya.. :wink: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  123. renata fransiska

    September 15, 2010 at 6:02 am

    kok sampai sekrang ga ad blsan ny??? :?
    Ayunchan tolong donk plizz :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  124. nurul hanifa

    September 15, 2010 at 2:13 pm

    assalamu’alaikum,,,,makasih ya atas rumus+cara ngerjain logaritma nya,,nurul merasa terbantu bgt ,,,,,suqron,,,, :oops: :lol: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  125. Talitha Mahsa Asmara

    September 16, 2010 at 6:57 am

    kalo disini aku paham nih tapi aku bingung -__- soalku banyak banget yang soalnya koma-komaan gitu, gmn caranya ya?
    thanks :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  126. wenie

    September 17, 2010 at 8:39 am

    mas kok aku masih bingung ya…… :? :? :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  127. Doni Batara

    September 17, 2010 at 11:16 am

    tolongin saya dong kasih lebih banyak contoh dari logaritma.
    saya SMA kelas 1 lagi belajar tentang ini dan saya gak ngerti apa2 karena males denger tapi 3hari lagi saya mau UTS tolongin saya ya apa yang harus saya lakukan, thanks

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  128. win bikerjone

    September 19, 2010 at 2:43 pm

    Waduh bole juga ni……………… xixixiixiixixiixiixi :D :D :D :D :D :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  129. reza

    September 20, 2010 at 2:05 pm

    :D k klo log x terangin dong caranya klo liat buku susah ngertinya tolong dibantu… 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  130. reza

    September 20, 2010 at 2:08 pm

    jadi seru nih belajar matematika :wink: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  131. reza

    September 20, 2010 at 2:31 pm

    kk bntu aq dong mecahin soal ini:
    ____
    1. 8Log 2 – 6Log 216 – 0,1Log 100 – 5Log 3./625
    2. 4Log (a + 2) – 4Log (a2 – 4)
    3. log 48 – 2Log 2 – log 3
    :x :twisted: hehehe… aq bingung nih tolong d bantu ya…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  132. angga

    September 21, 2010 at 10:09 am

    8) 8) 8) 8) 8) :o :o :o :o :o :o
    i love match……………. blajar tyus yach………

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  133. leonz

    September 26, 2010 at 7:03 am

    matematika angel benget…… :lol: :x :twisted: :idea: :( 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  134. Rahadian

    September 26, 2010 at 8:23 am

    :!: makasih mas :!:
    sangat membantu :lol:
    doakan saya besok Ulangan :?
    Semoga saya masuk Fakultas Kedokteran UI :-)
    Amin :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  135. jumadil

    September 26, 2010 at 1:51 pm

    mas gimana sih pelajarn logaritma ni aqu kurang ngerti….
    gmana ini ???
    ulangan lagi :( :( :( :? 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  136. Ayunchan

    September 27, 2010 at 9:03 am

    Waduhhhh… buat renata sorry banget yah…
    Kemampuan ku belum sampai situ… aku baru kelas 1 sma… malahan baru belajar logaritma… sorry banget… tapi aku usahin bisa jawab secepatnya.. Ok ?? thnks be4 ~

    Once again, SORRY RENATA… :? :wink: :?:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  137. sena

    September 30, 2010 at 12:39 pm

    wah,,trlalu mudah nich prtanyaanya :P :D :-) :!: ,,,kan jwbnya 2……

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  138. hani

    October 1, 2010 at 4:24 am

    trimakasih ya aku sukses di saat ulangan dapet 8 he..he

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  139. arief fadli sma1 kota bima

    October 2, 2010 at 8:15 am

    tyy ya kk
    artikel nyaa mudah di mengertiiii !!!!!! aku akan sukses besokk!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  140. andi astika

    October 3, 2010 at 1:07 am

    ada nggak rumus matematika tntang logaritma
    :lol: :D :o :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  141. agustina

    October 3, 2010 at 2:09 am

    jelasin dong tentang sifat sifat logaritma!
    besok gue mid semester niihh!!! :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  142. emmy

    October 3, 2010 at 8:38 am

    bantu ak buat pelajaran logaritma, ak gax paham logaritma, kalau mau ulangan matematika ak mesti takut :( :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  143. aditia fadli

    October 6, 2010 at 5:03 am

    klo soalnya kyak gni bgaimna?
    diket log 15=1,176;log 2=0,301.tntukan log 30?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  144. riski rinaldo

    October 6, 2010 at 5:08 am

    JIKA log 2 = 0,301. log 4???????????

    gimana ni cara cari log 4 nya?
    bantuin bang!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  145. riski rinaldo

    October 6, 2010 at 5:09 am

    JIKA log 2 = 0,301. log 4???????????

    gimana ni cara cari log 4 nya?
    bantuin bang!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  146. umar sahlan

    October 6, 2010 at 7:43 am

    mantab :!:
    buat aditia, log 30 = log (15×2) = log 15 + log 2 = 1,176 + 0,301 = 1,477 :!:
    buat riski, log 4 = log (2×2) = log 2 + log 2 = 0,301 + 0,301 = 0,602 :!:
    hehe bener kan ya mas bara?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  147. banu

    October 6, 2010 at 10:17 am

    wew rumus nya cukup buat gua ngerti juga neh tapi ada yang lebih update lagi :D :D :D :D :x :x :x :oops: :twisted: 8) :x :P :P :oops: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  148. Bara Sukaton

    Bara Sukaton

    October 7, 2010 at 12:40 am

    umar memang mantab :!: hehe
    bener jawaban mas umar :-)
    sukses ya buat yang mau ulangan atau tes !!

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  149. aditia fadli

    October 7, 2010 at 1:40 am

    MAKASIH YEA MAS UMAR JAWABANNYA SNGAT MEMBANTU :P :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  150. aditia fadli

    October 7, 2010 at 1:48 am

    ternyata matematika gax susaah susah amat,asal ada kemauan pasti ada jalan………. :lol: 8) :| :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  151. Louis

    October 7, 2010 at 2:20 pm

    :!: informasinya sangan membantu….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  152. Louis

    October 7, 2010 at 2:36 pm

    :!: infonya bagus.. harap di update lagi… sama minta informasi mengenai macromedia dreamweafer donk yang cara ngedit2 bisa ga?..saya ada tugas.. :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  153. ona

    October 8, 2010 at 4:32 am

    mas..tentkan nilai log yg mke bentuk akrnya gmna krjany

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  154. mey mey

    October 8, 2010 at 12:01 pm

    aduuuuuuuuuuuuuuucccccchhhhhhhhhhhhhhhhh………….
    mtk bkiiiiin stressssssssssssssssssssssss nie
    :x :arrow: :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  155. dewi hajar

    October 8, 2010 at 2:14 pm

    ak belum diajarin sampe logaritma ne, pdhal bsok senin udah uts
    mending gmna ya pak biar ga jadi stress..?? :?

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  156. yosefmh

    October 9, 2010 at 1:22 pm

    mantep :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  157. rio

    October 10, 2010 at 5:57 am

    mau nanya dong kalo bentuk soalnya begini kira” gimana ya?

    3log25 . 25log27 + 16 log32

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  158. dwi aditya setiawan

    October 10, 2010 at 2:09 pm

    logaritma……ou….logaritma,,,,,
    coc q ga bisa-bisa….? :? :? :? :? :cry: :cry: :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  159. rizal

    October 11, 2010 at 5:53 am

    m’f y mas klo jwbnnya slh, q bru klas tiga smp, jwabannya adalah 2
    karena 100 = 10^2 jadi log 100 = 2
    :!: :!: :!: :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  160. Bambang Riyanto

    October 12, 2010 at 5:47 am

    tampilkan pembuktian sifat-sifat pada logaritma, hal ini untuk melatih siswa dalam membuktikan dalam matematika

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  161. iiz

    October 18, 2010 at 3:49 am

    :twisted: :!: :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  162. Bara Sukaton

    Bara Sukaton

    October 18, 2010 at 1:05 pm

    @Louis : dreamweaver ga ada tuh aku .. coba masuk ke bagian html di klikbelajar. Disitu ada basic2 cara membuat web,,

    @rio : itu bisa disederhanakan rio … pertama ubah 3^log 25.25^log 27 menjadi 3^log 27 (lihat persamaan no.4 dari tulisanku diatas), lalu sederhanakan 16^log 32 menjadi 2^4log 2^5, lalu tarik ke depan masing2 pangkatnya menjadi 5/4(2^log 2) (lihat persamaan no.3)..
    Ubah 3^log 27 menjadi 3^log 3^3 sehingga menjadi 3(3^log 3). Karena 2^log 2 =1 dan 3^log 3 = 1 maka persamaannya menjadi 3 + 5/4 = 17/4 :!:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  163. trie

    October 21, 2010 at 12:47 pm

    tengs . saya jadi ngrti dehh :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  164. Faisal

    October 21, 2010 at 4:50 pm

    Tolong bantu saya dong,,,
    X(pangkat 5)+5X(pangkat 4)+3X+2-X(pangkat 2)+5X(pangkat 4)+9X-22=0…
    Tolong ya,,saya sudah coba tapi di pilihan ga ada jawabannya,,,trims

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  165. Anggi.maul

    October 22, 2010 at 12:21 pm

    Log

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  166. muhamad andre

    October 24, 2010 at 3:05 pm

    mas kalau gini gimana ayo?
    3 log 27 + 2 log 2 – 4 log 64

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  167. Hanief

    October 25, 2010 at 7:19 am

    :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  168. AHMAD FAUZAN

    October 25, 2010 at 1:43 pm

    aku belom terlaluh ngerti nih tentang logaritma .. :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  169. darmain

    October 26, 2010 at 1:51 am

    aagh, kalo log100=2. yank ga bisa jawab gitu payah……

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  170. FERRY

    October 27, 2010 at 12:32 pm

    :lol: :lol: aku mau dong diajari matematika”’
    matematika emang sulit

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  171. Siswa insantama Bogor

    October 28, 2010 at 2:00 pm

    makasih ya mas.. bantu banget..!! swelalu berkarya untuk masa depan anak indonesia..!! :P 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  172. oji

    October 30, 2010 at 2:27 pm

    :-) mas kalau logaritma bentuk akar………..gmana ya ????? misal log akar 9.tolong ksih tau ya mas……

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  173. abah

    November 11, 2010 at 2:31 am

    :lol: terima kash mas Bara, ini sangat membantu sekali saya sebagai orang tua yang ditanya anaknya. asalnya bingung abis sudah 25 tahun tidak sekolah lupaaaaaaaaa semuanya.. heheh

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  174. Bara Sukaton

    Bara Sukaton

    November 11, 2010 at 11:51 pm

    @Faisal : itu kan polinomial ya .. beda lagi cara penyelesaiannya. Nanti dibahas di bab polinomial
    @Andre : jawabannya satu kan ??
    @oji : kalo bentuk akar sama aja kayak pangkat setengah bro … kalo log akar 9 berarti log 9^(1/2) ..
    @abah : makasih ya bah .. mudah2an apa yang saya tulis disini bisa membantu pembaca :)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  175. scooter

    November 12, 2010 at 11:53 am

    8) goood

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  176. ifa

    November 15, 2010 at 3:53 pm

    Must be the best :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  177. ART

    November 19, 2010 at 1:05 pm

    mantap gan. ngebantu bgt

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  178. tania

    November 24, 2010 at 4:30 am

    tlong y,in g’mn cra’na????

    4 log 9 x 3 log 125 x 25 log 16= ?????

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  179. ara

    December 4, 2010 at 1:21 pm

    WUUIH :( ….q cma nngerti dikiit :cry: ,bisa diperjelas gk??
    and tt yg Log x=…gmn tuuh??? :roll:
    mw nanya mama,eeh gk ngerti juga…plzz jlazin :oops: :oops:
    :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:
    webnya keyeen…bs batu bljr

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  180. Joseph

    December 5, 2010 at 3:19 am

    :P ka, bisa bantu ajarin atau ng jelasin ttg pertidaksamaan kuadrat yang lebih besar lebih kecil sama dengan, trus harus pake himpunan penyelesaian (HP) .. yang harus pake gambar.. saya kurang mengerti bab ituu.. bisa di buat artikel ny? trims yaa.. artikel log ny sukses bgt.. tq tq tq.. :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  181. firman

    December 9, 2010 at 6:26 am

    gampang banget plajaran matematika ga ada soal yang lbih sulit lagi gtu biar ga ngebosenin w blajar’a :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  182. nur

    December 10, 2010 at 4:23 am

    untung ja dapet ketolong banget!!! coz, bsok mau olimpiade!!! :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  183. fahsa

    December 14, 2010 at 9:57 am

    tolong cariin soal tentang logaritma donk,
    link, atau bisa dikirm diemail gua….. :?

    tolong y scepatna
    thx

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  184. afiah iswara

    December 21, 2010 at 10:43 am

    gasuka matematika . kasii tw dunk mas gmna cara.a biar cped nangkp matematika

    makasii sblm,a :!: :evil:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  185. jhoni haria

    December 24, 2010 at 11:57 am

    thanks ya 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  186. aNna

    January 6, 2011 at 2:19 am

    kak,,,,,,,,,, :-)
    aplikasi soalnya ditambah yang lebih spesifik………..
    soal tingkat SMA gitu…….. :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  187. isti bluvstv

    January 16, 2011 at 7:17 am

    lierrrrrrrrrrrrr eutyyyyyyyyyyyy ga ngertiiiiiii
    susah banget si logaritmaaaaaaaaa
    mana gurunya jelasinyya ga jelas hadoooohhhhhhhhhh :idea: :mrgreen: :oops: :cry: :x :? 8O :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  188. utos ghali

    January 20, 2011 at 10:02 am

    matematika perpangkatan dasarnya emank gampang tapi setelah mendalami sampai ke logaritma lumanyan susah kalau gag paham. :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  189. ari

    January 23, 2011 at 8:06 am

    gampang ah :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  190. juna

    January 23, 2011 at 1:54 pm

    aduhh ..
    ternyata logaritma susah sekali .

    ada yg tau ga bagaimana caranya bisa nguasain soal2 logaritma dengan mudah ???

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  191. ikbal

    January 26, 2011 at 8:59 am

    8 :(
    riyet kumaha boa carana pusingf melompong

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  192. inda

    January 28, 2011 at 4:40 am

    tolong kasih tau kami tentang perbedaan pangkat sebenarnya dengan pangkat tak sebenarnya,
    TOLONG BALAS SECEPATT NYA YYA :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  193. lemmot

    January 30, 2011 at 10:03 am

    ii susah bnget sih .. gru aku nyruh kita nyari soal tentang logaritma per org bil pangkat 20 yrus akar kuadrat 20 nd logartma 20 ..

    bantuin donk ..
    cmz ke cnni eah
    08987941712

    please . . :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  194. Endar

    January 31, 2011 at 10:10 am

    :( :(
    mas, aku punya masalah dengan logaritma…. aku melogarimakan dengan logaritma natural (Ln) untuk tingkat inflasi sebesar 6,620% atau 0,0626 lalu hasilnya -2.770990.

    Ini bagaimana ya? … apakah sudah benar dengan logaritma itu, karena aku tidak bisa meng-antilog-kan logaritma tersebut.

    Mohon bantuannya mas…. trims.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  195. nur

    February 3, 2011 at 4:13 am

    kasih soal + jawaban matematika tentang logaritma ok !! :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  196. Finnian

    February 11, 2011 at 1:09 pm

    Ohhh! Ini toh Logaritma :lol: Bakal dapat 3 tahunan lagi sepertinya, tapi saya ga ada salahnya nyoba memahami, kan? :oops:

    Terima kasih ya ^_______________^

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  197. ozay

    February 17, 2011 at 3:15 pm

    mas mau tanya kalau soalnya gini gmana,jika 2 log 3 =a dan 3 log 5 = b,maka 15 log 20 =…???
    cara nyelesainya gmaya tolong balas ya mas………

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  198. komariah

    February 18, 2011 at 2:57 am

    maksih y pelajran logaritmanya membntu bgt jd paham nie… :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  199. dita

    February 18, 2011 at 5:02 am

    Aku ajari logaritma,,,,ini dapet tugas tapi bgug kagak paham,,
    ,huhuhuhuhuhhhu
    bentar lagi tugase di kumpulin lhoo,,
    :cry: :roll: :? :( :cry: :cry: :cry: :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  200. MoonLight

    February 18, 2011 at 7:09 am

    Mantap……
    Lagi mengerjakan soal remidial matematika teman susah amat tapi dapetnya disini
    Klo bisa buat kumpulan soalnya aja yah….
    TQ……
    MoonLight

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  201. chacha

    February 22, 2011 at 8:01 am

    :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  202. silvia

    February 23, 2011 at 1:14 am

    seruu juga ea :o :o blajar matematika bareng…. :oops: mau ikutan donk??? :lol: :D ? gmna cranya???? :arrow: :roll: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  203. sHieMar

    March 2, 2011 at 3:58 am

    :lol: Tolong dund, kalaU bsa tambahKan contoh soal logaritMa,,,, yang lbih rumit,,, sekaliann sma Penyelesaiannya …………………. please ….. :arrow: :( 8O :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  204. Tata

    March 2, 2011 at 9:08 am

    ka, tolong jelasin tentang turunan logaritma natural
    contohnya n penyelesaiannya..

    thx yaa..

    tulisannya membantu :-) :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  205. lonte

    March 20, 2011 at 12:47 am

    tempek

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  206. oky susanti

    March 23, 2011 at 4:51 am

    :lol: :x 8) :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :D :-) :( :o 8O 8O :? 8) 8) :lol: :lol: :lol: :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    tlongin q donk..
    q gk bsa” nih pljaran logaritma..
    susah bngt

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  207. rika febriandhani

    April 1, 2011 at 4:05 am

    soalnya mana sama pembhasaaaaaaaannnya juga dong masa sih ga ada
    :twisted: :x :( :idea: :mrgreen: :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  208. wiwir

    April 7, 2011 at 8:57 am

    kox aQ gx bsa2 ea bljr matematika,,,,,,,,,,,,

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  209. icha

    April 7, 2011 at 10:41 am

    ada rumus Logaritma yang lain gag ? selain dasar dasarnya ituh ..
    mau mecahin soal logartima tapi make rumus2 yang di atas tetep gg bisa .. :?:
    :( :cry: :x pussssiiiing beneerrr .. tapi harus dapet …
    :arrow: matematic :!: walopun memusingkan :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  210. reva rizki

    April 8, 2011 at 9:05 am

    :x saya sudah mengerti tentang materi diaatas tapi tetap saja saat saya mengerjakan soal yang lain tetap tidak bisa :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  211. vina

    April 15, 2011 at 12:15 pm

    ka msih ga ngerty ,,
    contoh soal 4 sma 5 ga ngerti ,,
    lebih dirinci lg bsa ga ka ?
    bsa dpet 2log 8 sama 2log 64 dari mana ? :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  212. Irvan

    April 16, 2011 at 7:43 am

    Pak buatin soal Logaritma untuk tes masuk ke SMA dong! :cry:
    Ane mau masuk SMA favorit pak 8)
    kirim ke email aku ya? ya? ya? :!:
    tq :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  213. Irvan

    April 16, 2011 at 7:45 am

    irvanmaulana42@yahoo.com < 8) jadi lupa kan

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  214. sulaiman

    April 19, 2011 at 3:13 pm

    Tlng ajrin tentng soal soal tentng persamaan linier donk!!!!!!yng mnggunakan soal cerita

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  215. aphe agung pratama

    April 23, 2011 at 11:35 am

    masih bingung, aku masih 3 smp mau belajar ini buat test SMA RSBI , bantu dooong http://klikbelajar.com/wp-includes/images/smilies/icon_cry.gif

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  216. Fathur

    May 3, 2011 at 3:32 am

    Kak..mau tanya dunks..kalo kita ngerjain di excel ni seperti ini tulisannya =log(286.26) dan hasilnya 2.456753. Nah itu artinya gimana ya kan…terimakasih pejelasannya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  217. clara

    May 3, 2011 at 8:19 am

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :angel:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  218. Clara

    May 3, 2011 at 8:21 am

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  219. erwinnanto

    May 6, 2011 at 6:56 am

    :D :-) :( :o 8) :x :P :cry: :?: :!: :| gmna to cranya nyari logaritma yg gmpang itu tlng d bntu yayayyayay please n crikan rumus yg pling gmpang untuk mncri logaritmamamma :P :!: :!: :!: :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  220. weeh mas keren juga ne mtk'a, lewat website lg blajarnya. kereeen

    May 11, 2011 at 7:25 am

    :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  221. Muhammad Shaad Isra

    May 19, 2011 at 4:31 am

    Haha,, seru”..
    Walau masih SMP tapi sudah mengerti yang namanya logaritma :D
    Makasih yang udah ngeposting ini jadi lebih ngerti :!: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  222. rishalatul maulidah aulia

    May 29, 2011 at 5:42 am

    aduhhh awalnya saya mengerti tapi akhirnya saya yg bingung..
    guru saya sering bertanya jika 2log4=berapa???
    sementara disana pertannyaannya enak 2akar 3=8.
    tinggal balik saja 2 log 8=3..
    jawab ya pak..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  223. mulyuadi

    June 14, 2011 at 2:12 pm

    klo 5 log 1 nilai berapach

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  224. hen

    June 16, 2011 at 4:41 am

    mas mu nanya…. ad gx contoh soal pemrograman non linier berkendala.?yang fungsi tujuan linier dan fungsi kendalanya brbentuk polinomial ber orde 3 sampai n…mksh sblum y

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  225. Marnaek

    June 20, 2011 at 10:05 am

    :lol: :D waduuh …
    tolongin donk cari in soal logaritma , akar , matrix MTK kelas 1 SMK …
    Tq … :!: :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  226. diqhie

    June 25, 2011 at 6:57 am

    waaaaahhhh
    sulit bnget
    :x :mrgreen: :mrgreen: :? 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  227. ryo

    June 27, 2011 at 11:32 am

    :( :( :o 8O :| :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  228. sysil

    July 3, 2011 at 5:20 am

    :D waktu SMA pas materi logaritma saya bolos, alhasil pas kuliah jadi ga ngerti. Thanks ya mas, skrg jadi ngerti banget! Gampang ternyata :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  229. yuni

    July 13, 2011 at 1:55 pm

    makasih ya mas, saya pkir belajar logaritma itu susah !! ternyata gampang juga !! :lol: :P :lol: :wink: …..
    boleh gak mas , saya minta soal logaritma!!!! :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  230. Intand

    July 16, 2011 at 4:47 am

    :roll: Aku disuruh cari 10 sifat logaritma ,, ini cma ada 5. gmana dong ?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  231. maggots

    July 18, 2011 at 1:03 pm

    :wink: :roll: :twisted: :cry: :P :P :P :P :P :x :x :lol: :lol: :? :? :-) :-) :? 8) :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  232. innas khanifahhh

    July 18, 2011 at 2:04 pm

    SERRRUUU… Jelasin lebih panjang donk.. q masih binggung ttg rumus 1-5 yg dapetin 1+2.. yg i2 dari mana yaaa…. makasihh :!: :oops: :P :lol: :D :o 8O :!: :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  233. ceki

    July 19, 2011 at 1:03 am

    kalau log -1 berapa??? ato log -1000? ato log -100??…..di jawab yooo????

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  234. verly

    July 21, 2011 at 10:19 am

    mas, aq dpt soal gini.. ngejlimet deh..

    6 (3 pangkat 40) (2 log a) + 3 pangkat 41 (2 log a) = 3 pangkat 43

    nilai a nya itu brp ya mas?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  235. farentia

    July 21, 2011 at 12:22 pm

    bagus kok pembelajarannya pak,tapi kurang lengkap. :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  236. IMAM

    July 24, 2011 at 5:13 pm

    Makasih Ya Mas
    Berkas Mas
    Saya Dulunya Gak Tahu , Jadi Tahu Konsepnya
    Saya Masih kls 7 SMP
    Tapi Saya Ingin Mengetahui Logaritma
    Karna Nanti Pas Kls 8 SMP Saya Ingin Ikut Olimpiade

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  237. Intan

    August 2, 2011 at 5:49 am

    .matematika itu sangat menyenangkan
    .tetapi kalau soal itu tidak bisa diselesaikan jdinya rumit? :P :arrow: :( 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  238. rifqi.maulana

    August 8, 2011 at 6:09 am

    q5W TNYA DUNK,, rumus” logaritma gmna.,.?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  239. Fikri Smanda Purwakarta

    August 8, 2011 at 4:38 pm

    Wah mkasih ya rumus nya… :P :P :P :P :P :P :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  240. sukino

    August 9, 2011 at 9:55 am

    kk bisa ga ngerjain ini 5 log 3=a dan 2 log 5 =b maka 15 log 40

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  241. mandava

    August 9, 2011 at 1:48 pm

    makasii, ya.. saya skrang jdi lebih pham. :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  242. Luthfi eat da world

    August 10, 2011 at 2:43 pm

    aduuh thanks banget ya, kak!! tp aku masih bingung yang akar-akaran logaritma gitu. 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  243. rafky

    August 11, 2011 at 8:59 am

    matematika t SEEP..,.,., :lol: :lol: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  244. raract2@gmail.com

    August 11, 2011 at 5:16 pm

    kakaak makasih banget .. suer deh langsung nyambung .. :D :oops: :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  245. Laksmita Dewi

    August 12, 2011 at 2:21 pm

    bagguss mazhttp://klikbelajar.com/wp-includes/images/smilies/icon_biggrin.gifz<>………. :o :wink: :| :oops: :P :lol: 8) :-) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  246. Mustika

    August 14, 2011 at 2:39 pm

    Syukron mas ilmunya….. :!:
    saya mau tanya, kalo soalnya menanyakan x sprti :
    carilah nilai x :
    log x pangkat 5 – 3 log x pangkat 2 + log x pangkat 4 + log akar dari x pangkat 3 = 9
    gmana cranya mas??? :( :?

    tolong di jawab yea…low bisa di e-mail sy aj jwabnya tika_crb45@yahoo.co.id 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  247. piyan nichi no'seikatsu

    August 15, 2011 at 1:30 am

    mas 5 pangkat 5 kok 625,, bukannya 5 pangkat 4 = 625
    :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  248. ryan..

    August 19, 2011 at 10:06 am

    sulit juga materi ttg logaritma :( ,maklum baru naek sma jadi masih blajar…
    and thx atas artikelnya..
    …. :-) :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  249. Rian .G

    August 19, 2011 at 12:34 pm

    makasih mas , postnya sangat membantu dalam pelajaran hehehe :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  250. Wilbert

    August 19, 2011 at 2:28 pm

    gan yang “mmm, memang paling enak setelah baca langsung ngerjain soal ya .. :lol: ini ada file dari emi hermiati diunduh saja disini ..
    http://www.ziddu.com/download/3076732/BENTUKPANGKATAKARLOGARITMAKLSX.doc.html
    boleh mnta jawabannya ngak, soalnnya mau tau benar tau salah… :!:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  251. siwi

    August 21, 2011 at 11:24 am

    ya Tuhan ini soal rumit banget bikin kepala mau pecah .. :idea: :?: :? :( nanti neg nda buat dimarahi guru .. huhuhu :x :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  252. thevilkorn

    August 24, 2011 at 2:37 am

    Pak, saya mau tanya nih..
    kalo misalnya,, 10 pangkat 0, hasilnya kan 1 pak, kira-kira ada penjelasannya gak tuh pak, kog bisa hasilnya 1,,

    sebelumnya terima kasih pak.. artikelnya bagus banget, sangat membantu.. :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  253. aya

    August 24, 2011 at 4:22 am

    MASIH AGAK SULIT :( :? :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  254. Listiani

    August 29, 2011 at 3:07 am

    tapi saya bingung kalau ada soal V2′ log 2 diubah jadi (2^1/2)’ log 2 terus jadi 1/2 . 2′log 2 atau jadi -2. 2′log 2 kak? o.0 :smile:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  255. Listiani

    August 29, 2011 at 3:09 am

    tolong ya dibales k fb saya kalo ada yang ngerti :) thank u :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :-) :-) :-) :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  256. aldira

    September 2, 2011 at 3:30 am

    WA MAKASI YA …..
    ilmunya langsung masuk di otak!! :lol: :wink: :!: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  257. nancy vellisia

    September 2, 2011 at 2:35 pm

    matematika paling ku suka

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  258. uedha

    September 3, 2011 at 12:07 pm

    logaritma susah bget ,,
    Aq gag ngertiiii …. :? :? :( :( :( :( 8O 8O 8O 8O 8O :roll: :roll: :roll: :roll: :idea: :idea: :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  259. syarah

    September 6, 2011 at 10:03 am

    :? :( :cry: kakak2 semua ada yang bisa bantuin aku gak ?? tolon cariin soal ttg logaritma, akar, pangkt buat sma kls 10
    pleaseeeeeeeeeee bantuin aku :cry:
    ntr kirmn ke email ku ya “syarah_okta@yahoo.com” kalo gk ke facebookku “syarah oktahaxon spech” please :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  260. syahrul septa

    September 7, 2011 at 2:08 pm

    bisa bantu nggak???
    nih ada soal kyk gini……

    2 log 3 = x
    3 log 7 = y

    maka 21 log 56= ??
    NB…..angka dibelakang log letaknya ada di atas….
    tolong di reply ya???? :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  261. galih

    September 8, 2011 at 1:25 pm

    om bara q gag ngerti yg soal kyk bgni :
    2 log a + 2 log b = 12 dan 3.2log a – 2log b = 4, maka a + b = ….
    q g bisa :( , bantuin om, ya ya ya :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  262. Bella

    September 9, 2011 at 1:49 pm

    kalo soal kaya begini 3 Log 3√3 = d ? untuk mencari bentuk pangkat dan nilai d caranya gimana ya? :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  263. dila

    September 10, 2011 at 11:28 am

    yeeeee udah ngerti :lol: boleh minta contoh yang lain gaaa? :roll: :D :D :D :D :D :D :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  264. anisa riska

    September 11, 2011 at 12:49 pm

    kurang ngerti
    :D :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops:
    :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  265. gede doni

    September 11, 2011 at 1:25 pm

    skarg saya jelas sma dasar logaritma. saya minta contoh soalnya, cz.x bsok saya ulangan logaritma ni. :o :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  266. iman

    September 11, 2011 at 2:57 pm

    2 log 3-log 16, brapa ???
    ad yang tau gak? 8O 8O :-) :( :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  267. ALEX

    September 13, 2011 at 1:19 pm

    klo yang sifat sifat logaritma mana?????????????? 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  268. sovia el rafiqa

    September 13, 2011 at 1:55 pm

    ass.
    mas mw tanya kalo soal yang kayak gini gimana caranya
    log

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  269. Andriawan5319

    September 15, 2011 at 11:15 am

    :!: :!: :!: sepp” membantu sangat…
    tapi saya masih belajar & masih menemui kesulitan wkwkwkwk :idea: :idea: :idea: :idea:
    jadi minta lebih banyak soal”nya ea kk ADMIN :o :o :o :o
    makasih
    jadi malu deh :D :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  270. ika nurdianti

    September 17, 2011 at 7:58 am

    plis ajarin aq…
    2log1/243 . 5log1/125 . 3log1/16= …
    :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  271. uyunnn

    September 17, 2011 at 11:15 pm

    contoh soal sama pembahsannya dong ka admin hehe :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  272. yuanita

    September 19, 2011 at 1:31 pm

    :!: :!: :evil:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  273. cahyo

    September 20, 2011 at 12:47 am

    aq mlae smp yg nmax mat pling ssah bgt ngrjainx.,.,.,tlong mas bara ajarin sya ,.,.,. klo mas bara mau plis krim email mas ke email sya : puchink88@gmail.com

    .,.,thankz

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  274. ningsinta@yahoo.co.id

    September 20, 2011 at 2:26 pm

    makasi atas artikel nya yg sangat membantu saya memahami arti dari logaritma :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  275. wandi

    September 21, 2011 at 5:43 am

    mas klo log 20/2 itu bagaimana?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  276. Renata

    September 21, 2011 at 12:46 pm

    jawabannya 2 bukan..??
    hehehe :D :-) :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  277. slviadiana

    September 23, 2011 at 1:16 am

    logaritma susah banget sih :? 8O
    yang pinter logaritma ajarin dong :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  278. RIYAN LASERLAN

    September 23, 2011 at 3:56 am

    mas TOLONG JELASKAN TENTANG LOGARITMA

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  279. agustine tri yodasari

    September 23, 2011 at 9:32 am

    makasihh ya mzz ,, nie sgat membantu aku bgedtt .. dgan niee tgass mat.qu ttg log. bress .. heheheeee :lol: :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  280. silvia rosanii

    September 23, 2011 at 2:39 pm

    aku sangat suka plajaran loritma.. :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  281. diah

    September 24, 2011 at 1:55 am

    sedikit bingung euy :| :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  282. luzhi resti wibisono

    September 24, 2011 at 1:29 pm

    kalo soal logaritmanya dikalikan pake rumus yang mana :roll: :roll: :roll: :roll: :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  283. :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  284. ZumrotunNisa

    September 25, 2011 at 12:04 pm

    bermanfaat sekali mas. maksih sebelumnya.
    mau nanya,
    X log (1/8)pangkat1/4, gimana cara nyari ‘x’ nya.
    makasih :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  285. sony

    September 26, 2011 at 10:39 am

    :D :-) :( :o :roll: :twisted:
    aahahhahaha

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  286. Ane Anggraeni

    September 26, 2011 at 12:22 pm

    :idea: susahh ahh gk ngertiii :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  287. dewi

    September 27, 2011 at 7:22 am

    mas boleh ajarin saya belajar logaritma :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  288. fitto

    September 27, 2011 at 11:48 am

    :x :x :x :x :x MELEDAXXXX :x :x :x :x :x :x
    kenapa mtknya pke rumus :lol: :lol: :lol:
    bukannya gak mau belajar tapi ga ngertinya itu loh :? :? :? :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  289. Darmawan

    September 28, 2011 at 2:48 pm

    :D
    makasi ya mas…
    ijin sedot…bwt di sampein ma tmn2 lain…
    artikelnya jitu bgt deh :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  290. hariq sastra

    September 28, 2011 at 4:30 pm

    :-)
    mantap ganssss
    TANKS YO MAS.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  291. amelia gaiisany' Pratama

    September 29, 2011 at 1:42 pm

    bingung dengan pelajarannya , :( :D :x :cry: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  292. Fungky Fransisca

    September 29, 2011 at 2:25 pm

    Lumayan susah ya logaritma.. :D
    Apa lagi kalau soalnya per-akar-an.. !! :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  293. Rochmat Seti

    September 29, 2011 at 7:10 pm

    Apabila kalian menemukan bentuk logaritma seperti ini, log x , itu sama artinya dengan 10log x. Jadi log 100 = … Hayo tebak brapa?
    - jawab: log 100 = 10log100 = 2 . . . .
    salah ato benar pak?
    hehehe. . . . .

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  294. stephen wen

    October 1, 2011 at 8:36 am

    wah2x…
    Logaritma klu paham dasarnya saja pasti bisa selesaikan masalah yang besar…
    bner2 bermanfaat nih blog :!: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  295. Erina

    October 2, 2011 at 4:05 am

    :!: :|
    bagus bagus bagus!
    kan ada tuh tabel logaritmanya buatan john napier th.1614. kakak tau nggak?
    itu cara ngafalinnya gimana yahh???
    thanks :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  296. agas

    October 2, 2011 at 9:41 am

    wah bantu beud.
    oya mas klo bentuk peningkatan / penggabungan sifat log gimana tolong jelasin :-) :| :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  297. adhe

    October 2, 2011 at 10:06 am

    makasih ngbntu bgt,..! :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  298. ruth fika

    October 2, 2011 at 2:30 pm

    Pak klo log x akar x – log akar y + log x per y pngkt 2
    per log x per y…..
    brapa hsilnya pak??? :roll: :? :D :-) :( :o 8O 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :wink: :!: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  299. cha_nnezt

    October 3, 2011 at 7:34 am

    :!: tOP.BGT buat aRTikell’a
    membanttu biiudtz dahh buat semesterann akku
    tenggs iiea.. .
    akku tunggu karyya_” nya yg makiin okkeyy go0d job :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  300. dhedheonii

    October 3, 2011 at 10:41 am

    gx ad soal yg lbih susah lg ni,. coz pr aku susah bangtz ni gx ad d contoh soal kmu,.
    membingungkan,, :roll: :idea: :oops: :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  301. febinda

    October 3, 2011 at 12:47 pm

    aaaa makasih banyak banget yaaa, sekarang ngerti banget deh sama yang namanya logaritma padahal kemaren2 2 minggu gak ngerti2 sama itu materi -__- :D :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  302. rais

    October 4, 2011 at 12:25 pm

    mas ada soal”-soal akar plus jawabannya tidak..?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  303. donie

    October 5, 2011 at 12:16 pm

    wwooii yg lLngkap ddonqh ngertiinnya ..
    guw gakk ngertii2 nhii .. 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  304. andhy phatindhy cabindhy

    October 5, 2011 at 1:21 pm

    huaaaaaaa,, :idea: rumus dasarr x ajja susah buanged :? :( ,,bkin ribed :x :D :D :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  305. SRIKANDIE KLATEN

    October 6, 2011 at 3:01 am

    gimana caranya tu menghilangkan persepsi SULIT terhadap materi nie2 :?: :?: :?: :?: :? :? :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  306. mhendrifayel

    October 6, 2011 at 3:33 am

    kk g’mna kl ditmbah lg soal.na biar lebih gampang memahami.na,.. :idea: :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  307. audyana karynka

    October 6, 2011 at 12:35 pm

    thank you skarang aku jd ngerti tentang logaritma :!: :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  308. robi

    October 7, 2011 at 12:47 pm

    THANK FOR YOUR INFORMATION!
    informasinya sangat berguna untuk uts saya.. :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O :o :o :o :o :o :o :o :( :( :( :( :( :( :( :( :-) :-) :-) :-) :-) :-) :D :D :D :D :D :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :evil: :evil: :evil: :evil: :twisted: :twisted: :twisted: :roll: :roll: :roll: :roll: :wink: :wink: :!: :idea: :arrow: :arrow: :| :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  309. mucha

    October 8, 2011 at 9:43 am

    MTK… kadang bikin streeeesss… :( :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  310. mucha

    October 8, 2011 at 9:45 am

    :twisted: :mrgreen: :evil: :cry: :oops: :P :lol: 8) :D :-) :( :o 8O :x :P :oops: :evil: :!: :!: :!: :?: :idea: :arrow: :mrgreen: :| :arrow: :?: :mrgreen: :x :twisted: :twisted: :D :( :x :P :twisted: :roll: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  311. anas sariman

    October 9, 2011 at 8:19 am

    pak qlo cara mudah biar belajar logatritma apa ya ? .. :lol: :P :!: :!: :!: :P :P :P :lol: :lol: 8) 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  312. kenyut

    October 9, 2011 at 2:59 pm

    wowowowowowoowawo —— :lol: —— :lol: ———( bawahanya mobil)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  313. zulfi

    October 10, 2011 at 1:11 am

    bagus tuh artikelnya, mempermudah diingat dan mudah difahami :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  314. lucie

    October 10, 2011 at 2:07 pm

    masih gak ngerti deh sam soal yg ini : 2log (8) = 2log (2 x 4) = 2log 2 + 2log 4 = 1 + 2 = 3 !! kan akhirnya 1 + 2 = 3 nah itu :| dapet dari mananya kak????

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  315. Nurul Indaty

    October 12, 2011 at 12:53 pm

    makacih …. : :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  316. Agus Martua Simbolon

    October 12, 2011 at 1:23 pm

    YANG LEBIH BANYAK Lge bang

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  317. INDRI

    October 14, 2011 at 12:53 pm

    hadoohh [pusing :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  318. Mega

    October 16, 2011 at 12:15 pm

    Masih belum mengerti soal yang no.1 ..
    gimana tuhh ?? 8O :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  319. mulia

    October 17, 2011 at 8:51 am

    logaritma susah banget di pahaminya,,,, gimana cara blajar logaritma dengan santai dan mudah d’pahami? :!: :D :o :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  320. rocker

    October 18, 2011 at 7:59 am

    :!: :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  321. ciemundt

    October 18, 2011 at 10:54 am

    :cry: :cry: :cry: :cry: :? :? :? :? :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :evil: :evil: :evil: :evil: :oops: :oops: :oops: :oops: :P :P :P :P
    pusiiiinnggg ….. :cry: :cry: :cry: :cry: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :?: :?: :?: :?: :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  322. ilham

    October 18, 2011 at 12:26 pm

    ka maaf yah ittu yang di conto no 2 ini th jadi ngambilnya dari mana gtu 3 – 1 = 2

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  323. Endar heryan

    October 19, 2011 at 1:25 pm

    :( besok test nih.. ada yg bisa bantu gak ?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  324. Reza BorNeTo

    October 20, 2011 at 1:49 am

    KKA TlonG Ajarin Aku TnTng Logaritma.,.,

    kya x.,.
    mungkin.,.,
    ada soal2 d’atas byar enak blajar x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  325. munif

    October 26, 2011 at 3:47 pm

    bagus…..salam kenal sob

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  326. firda maulida

    October 26, 2011 at 11:53 pm

    hmm pak, kalo ngeliat rumus rumus itu ngerti banget, tapi kalo ngerjain soal atau ulangan ko susah yaa ????????????????????

    :cry: :( :( :cry: :( :cry: :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  327. syla

    October 27, 2011 at 2:48 am

    WACH BAGUSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS BANGETTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTT

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  328. Ayu'

    October 29, 2011 at 2:28 am

    Aaaaaaaaapik tnan ………….!!!!!!!!!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  329. kuswoyoaris

    October 29, 2011 at 2:32 am

    g mn nie cara menyelesaikan logaritma yg betul ???????? :idea: :x :D :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  330. nisa

    November 5, 2011 at 2:10 pm

    yeeeyy sekarang gw dh bisa logaritama :!: tp kalo yg diskriminan msh bingung :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  331. Diana

    November 10, 2011 at 1:27 am

    math lovers :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  332. umi

    November 11, 2011 at 7:02 am

    GMN CRA NXA YCH BIAR BS PINTAR PEL MTK HEHEE :oops: :oops: :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  333. mumun

    November 17, 2011 at 12:55 pm

    :D :!: :oops: :P :| pasti 10

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  334. fiqa

    November 19, 2011 at 1:23 pm

    log 6 itu berapa? tp nyarinya dari log 2 atau log 3 caranya gimana? :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  335. anisa afrizon

    November 23, 2011 at 5:42 am

    mas,,boleh nanya gg??kalu soal nya 2 log akar 6 -1/2 x 2 log 3
    gmna crany t mass??

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  336. abc

    November 23, 2011 at 12:50 pm

    test BBCode
    24

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  337. titis

    November 28, 2011 at 8:51 am

    MAS, MAU TANYA,,,,,
    1,55 = Log 99 – log x, maka nilai x sendiri apa mas???

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  338. sedot

    November 28, 2011 at 11:53 am

    tambahin dong gan :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  339. hamdan

    November 29, 2011 at 8:22 am

    Terimakasih. anda orang yang mau berbagi. Tuhan membalas kebaikan anda

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  340. dyoung

    November 30, 2011 at 12:30 am

    thanks. :lol: :lol: :lol: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  341. taqy

    November 30, 2011 at 10:14 am

    Demi Allah, saudara telah sangat membantu saya,semoga Allah memberkahi saudara

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  342. yudith

    December 4, 2011 at 3:58 pm

    :o :o logaritma itu artinya dipangkat kan berapa.. contoh 2log8=3 jadi bacanya 2 dipangkatkan berapa jadinya 8, yaitu 3

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  343. yolla fitria

    December 6, 2011 at 3:03 pm

    aduhhh ajarin donk aq lupa lg cara nya ???

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  344. HAIKAL

    December 8, 2011 at 2:03 pm

    di lihat lihat kayak@ bisa,pas di coba a… WADOOOOH,ampun dj.hehe.oya aku mau nanyak biasanya soal olimpiade astronomi cem mana?thanks ya :lol: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  345. cindy

    December 12, 2011 at 12:15 am

    pak mau tanya…. klo 2log3 tu penyelesaiannya gmna y??? :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  346. cindy

    December 12, 2011 at 12:22 am

    pak… 2log64 bukannya 8 ??? disitu kog 6 ??? apa saya yg salah ngitung yaach ???? :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  347. cindy

    December 12, 2011 at 12:30 am

    :x :P :oops: :cry: :twisted: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :?: :mrgreen: :| :arrow: :idea: :?: :!: :wink: :roll: :twisted: 8) :? 8O :o :( :-) :D 8) :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  348. Vius

    December 12, 2011 at 3:05 pm

    tankss Gan .. Pertamax bngt ini .. :!: :!: :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  349. Dina Yugo Prawira R

    December 14, 2011 at 5:04 pm

    kak ,, kalo soal kaya gini bgaimana ?
    jika log 3,15 = 0,4983 maka log 3.150 adalah 8O binggung banget ini , tolong ajarin yah kakanya :wink: terima kasih .

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • aimprof08

      August 27, 2012 at 10:52 pm

      log 3,15 = 0,4983 maka log 3.150 = log (3,15 x 1000) = log 3,15 + log 1000 = 0,4983 + 3 = 3,4983

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  350. afaan

    December 20, 2011 at 3:35 am

    mas….
    brapa sih hasil dari log (-3/4)?
    dan gimana cara ya….?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  351. angga

    December 25, 2011 at 6:36 am

    gimana se cara belajar logaritma.dari dulu saya gak bisa alias belum mudeng yg diterangkan.
    tlong buat in 1 soal serta pnjelasan nya ea please :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  352. Solly Keane

    December 25, 2011 at 4:30 pm

    Sifat-sifatl logaritma yang lain http://dumatika.com/sifat-sifat-dasar-logaritma/

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  353. Rana

    August 27, 2012 at 1:37 pm

    Thank you kakak :) saya bisa belajar lebih mudah, karena bahasanya ringan dan nggak menggurui :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  354. Monica2712

    August 28, 2012 at 10:19 am

    kenapa gak bisa di download bisa d download (?>)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  355. Ranggi

    September 2, 2012 at 10:37 am

    makasih om
    bermanfaat nih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  356. ADE

    September 22, 2012 at 2:10 am

    kalau soalnya logaritma berbasis 7 dari 8 dikali logaritma berbasis 2 dari 9 dikali logaritma berbasis 3 dari 1/7..
    adalah…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  357. rangga saputro

    September 30, 2012 at 1:03 pm

    maaf tolong bantu yya cra nyelesein soal sini samma jwbn na !!
    3log(4x-3)-3log(x+3)=1
    tolong selesein ya ..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  358. abshor

    October 13, 2012 at 11:48 am

    gak mudeng mass

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  359. anto

    November 25, 2012 at 6:30 am

    sangat bermanfaat

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  360. ricky

    August 27, 2013 at 2:57 pm

    kalo misalkan 2/3.^2 log 64 – 1/2 ^2 log 16,
    cara nyederhanainnya gimana?
    olong yah

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • Alfi

      August 31, 2013 at 2:22 pm

      izin ngebantuin jawab soal yang saudara Ricky ya bang !

      2/3 . ²log 64 – 1/2 . ²log 16

      = 2/3 . ²log (2^6) – 1/2 . ²log (2^4)

      = 2/3 . 6 . ²log 2 – 1/2 . 4 . ²log2

      = 2/3 . 6 . 1 – 1/2 . 4 . 1

      = 4 – 2

      = 2

      ingat !
      ^a log a = 1
      ^a log a^n = n . ^a log a

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  361. Sella Sofia Ainun

    September 16, 2013 at 2:02 am

    mas kalo soal ini gimana. a^log2x + 3(a^logx – a^logy) . tolong bantuin yaaa :) ))))

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  362. mia av che de

    November 14, 2013 at 10:40 am

    makasih pak,saya langsung mengingat kembali ketika membaca penjelasan dari bapak.semoga bermanfaat bagi kita semua.memahami logaritma sebelum memulai perhitungannya itu lebih baik daripada kita tidak memahami konsepnya.makasih banyak pak….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  363. imdah

    August 13, 2014 at 11:38 am

    ass pa / ibu tolomg jawab soal saya ya saya tidak ngerti soalnya engga dijelasin ..

    diberikan selembar kertas berbentuk persegi panjang . lipatlah kertas tersebut ditengah tengah sehingga garis lipatan membagi bidang kertas menjadi 2 bidang yg sama . lipatlah lagi dengan cara yg sama lipatlah dengan terus menerus prlipatan ini temukanlah pola yg menyatakan hubungan banua lipatan dgn banyak bidang kertas yg terbentuk ?
    tolong ibu atau bapa saya minta bantuaannya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  364. Administrator

    Administrator

    August 14, 2014 at 7:16 am

    keterangan
    banyak lipatan = BL
    banyak bidang = BB

    pada saat kita melipat kertas utk pertama kali, maka akan ada satu garis lipatan dan dua bidang lipatan.. iya kan
    lalu pas kita lipat lagi utk kedua kali, maka kali ini akan terbentuk dua garis lipatan, dan empat bidang.

    begitu seterusnya, maka seharusnya hubungan antara banyak lipatan dan banyak bidang adalah
    2 BL = 1 BB
    Maka, BL = 1/2 BB

    semoga membantu

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  365. jihan

    August 25, 2014 at 11:30 am

    jika bentuk logaritma diubah kebentuk akar misalnya soalnya 3log2 bagaimaana?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  366. siti fatimah

    August 31, 2014 at 12:44 am

    f(x)= 3 + 1/2 log x
    f(x)= 2log (x-3)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  367. siti fatimah

    August 31, 2014 at 12:46 am

    f(x)= 3 + 1/2log x
    f(x)= ²log (x-3)
    bantu donk…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  368. Administrator

    Administrator

    September 1, 2014 at 5:24 pm

    2log(x-3) = 3 + log X 1/2

    selanjutnya pake konsep alog b = c

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>