Best Author
sangdedi

743,653
octa

486,483
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,213
dwi

313,627
adit

310,154
resta-andara

275,357
benedict

261,599
rahadian

240,990
bara

228,942
nabilalalala

216,900
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,325
suranto

100,765
admin

99,022
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Penemu Sepeda Motor

Hey guys, siapa yang gak tau sepeda motor? Yap, sepeda motor kini mungkin menjadi salah satu alat transportasi yang paling diminati di dunia khususnya di Indonesia, dikarenakan bentuknya nih guys yang sangat ringkas, praktis, murah, dan bisa menjangkau berbagai macam jalan dan wilayah. Guys, try pay attention to the road, begitu banyak sepeda motor yang melintas dijalan atau yang sedang mengantri saat lampu merah sedang menyala. Bukan hanya di jalan atau di lampu merah aja guys, perhatikan pada setiap rumah-rumah warga, hampir semuanya punya dan menggunakan sepeda motor :D .

Nah, kali ini pembahasan kita tentang “Who is the inventor of the motorcycle?” alias “Siapa penemu sepeda motor?” Yuk kita simak guys!!!

Ada beberapa orang nih guys yang diakui sebagai penemu sepeda motor, diantaranya yaitu Ernest Michaux (Perancis), Edward Butler (Inggris), dan Gottlieb Daimler (Jerman). Namun pada tahun 1885 Gottlieb Daimler dan mitranya, Wilhelm Maybach, berhasil menjadi perakit motor pertama kalinya yang diakui di dunia nih guys!

Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach

Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach

Daimler memasangkan mesin empat langkah berukuran kecil pada sebuah sepeda kayu. Mesin diletakkan di tengah (di antara roda depan dan belakang) dan dihubungkan dengan rantai ke roda belakang. Kemudian sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwagen (bahasa Jerman, yang artinya mobil tunggangan), walaupun sebenarnya kendaraan itu adalah sepeda bermotor. Sepeda motor ini juga merupakan kendaraan pertama di dunia yang memakai bahan bakar minyak atau yang biasa kita sebut dengan bensin. Wow, hebat ya Sir Daimler ini!

Pada waktu itu jenis kendaraan ini belum dikenal masyarakat banyak (sedih banget yak :( ). Sampai akhirnya nih guys pada tahun 1892, Heinrich Hilderband dari Muenchen, Jerman, memperkenalkan sepeda motor model baru buatannya nih guys. Sepeda motor pertama ini guys dijual untuk umum yang dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand & Wolfmüller di Muenchen, Jerman, pada tahun 1893.

The Hildebrand & Wolfmüller, sepeda motor yang pertama kali diproduksi di dunia

The Hildebrand & Wolfmüller, sepeda motor yang pertama kali diproduksi di dunia

Roda belakang sepeda motor Hilderbrand & Wolfmüller digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft). Kesuksesan ini kemudian disusul lagi oleh Werner Brothers pada beberapa tahun berikutnya.

Tidak jauh dari tahun tersebut, sepeda motor tersebut dibeli dan pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1893, guys. John C. Potter, seorang masinis pertama pabrik gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur, beliau yang memesan sendiri sepeda motor itu langsung ke pabriknya di Muenchen.

Meskipun pada saat ini sepeda motor tersebut telah mencapai usia ratusan tahun nih ya guys, namun pada dasarnya teknologi yang dipakai pada sepeda motor tersebut masih tetap dipakai oleh sepeda motor pada jaman modern seperti sekarang ini. Sepeda motor pertama tersebut menggunakan mesin 4 tak berkapasitas mesin 264 cc dengan pendingin udara. Wah, vomonos!!!

Mesin tersebut tergolong besar banget guys untuk ukuran sebuah sepeda motor pada jaman tersebut, namun tenaga yang dihasilkan oleh sepeda motor pertama di dunia ini hanya 0,5 hp pada 600 rpm. Walaupun berbeda jauh dengan teknologi sepeda motor pada jaman sekarang, penemuan sepeda motor tersebut telah menjadi cikal bakal lahirnya sepeda motor modern yang saat ini banyak dipakai dalam kehidupan kita.

 

Sumber : http://anakbertanya.com/siapa-penemu-sepeda-motor/

Penemu Sepeda Motor, 5.0 out of 5 based on 1 rating

Penulis :
Telah menulis sebanyak 1 artikel
Mendapatkan 1 komentar
  Rating tulisan 5 dari 5

1 Comment

  1. Error: Unable to create directory konten/uploads/2017/02. Is its parent directory writable by the server?

    davianjanvier

    March 26, 2015 at 8:07 pm

    Thanks buat yang sudah mau baca artikel gue :)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>