Best Author
sangdedi

743,197
octa

484,085
fitrotinnikm

456,603
idjah

444,715
dwi

312,703
adit

309,674
resta-andara

273,535
benedict

261,561
rahadian

240,210
bara

228,908
nabilalalala

216,560
kurnitap_

154,122
kuswanto

139,031
suranto

100,765
admin

98,810

Printer dan jenisnya

Printer dan Plotter
Printer dan plotter adalah jenis hard-copy device. Keluaran hasil proses dicetak di atas kertas. Printer memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak. Ukuran kertas yang dapat digunakan pun beragam. Untuk mencetak di atas kertas dengan ukuran yang sangat besar dapat digunakan plotter.

a.    Teknologi printer
Dari waktu ke waktu, teknologi printer terus berkembang sehingga harus mengikuti perkembangan informasi. Printer dalam bahasa Indonesia berarti pencetak (alat cetak). Istilah ‘printer’ saat ini sering digunakan untuk menyebu: alat cetak yang terhubung dengan komputer. Untuk menghubungkan printer dengan komputer diperlukan sebuah kabel yang terhubung dari printer ke CPU komputer. Banyak merk produk printer sering dijumpai. Untuk mengetahui lebih jelas tentang fungsi, jenis printer dan cara kerja printer silahkan membaca uraian berikut ini.
b.    Fungsi printer
Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan yang lain dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah. banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya. semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, semakin resolusinya rendah, hasil cetakan akan buruk / tidak bagus.
c.    Jenis printer

1)   Printer dot-matrix
Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik. Gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix  juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal ‘bandel’ (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.

2) InkJet printer
Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta dan kualitas hasil cetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya bila dibandingkan dengan laser printer.

3) Laser Printer
Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer sangat bagus sehingga mirip sekali dengan aslinya. Hasil cetakan cepat kering, tetapi harga printer cukup mahal.

4) Infocus/LCD Projector
Infocus hampir sama dengan monitor. Fungsinya untuk menampilkan gambar/ visual hasil pemrosesan data. Hanya saja, infocus memerlukan obvek lain sebagai media penerima pancaran signal gambar yang dipancarkan. Media penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar dan berwarna putih (terang). Biasanya yang digunakan adalah dinding putih, whiteboard, ataupun kain/layar putih yang dibentangkan.

5)   Speaker
Dalam hal ini perangkat multimedia yaitu speaker biasanya digunakan untuk mengetahui ketika komputer sedang membaca sistem operasi, dan juga dipergunakan untuk mendengarkan suara
lagu, film dan Iain-lain.

Penulis :
Telah menulis sebanyak 41 artikel
Mendapatkan 86 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

2 Comments

  1. raja selalu keren

    November 18, 2011 at 2:03 am

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :x :x :!: :!: :!: :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. raja selalu keren

    November 18, 2011 at 2:05 am

    :mrgreen: :mrgreen: :| :| :idea: :P :D :D :-) :( :o :? :? :? 8) 8) :lol: :x :x :P :evil: :roll: :wink: :wink: :?: :?: :idea: :| :| :p :p :o B)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>