Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,297
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,181
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,157
benedict

261,583
rahadian

240,940
bara

228,942
nabilalalala

216,884
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,191
suranto

100,765
admin

99,004
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Perintah komputer pada linux dan unix

Suatu program atau komentar berupa perintah yang digunakan untuk memerintahkan komputer agar dapat mengerjakan suatu pekerjaannya yang diberikan oleh si pemakai. Program atau perintah ini akan dapat berinteraksi dengan kernel sistem operasi. Perintah dapat dituliskan di dalam shell, sebagai interpreter, dan akan berinteraksi dengan kernel sistem operasi.
Pembahasan tentang shell secara khusus disediakan pada bab mengenai  shell.
Sebuah program dapat berwujud apabila:
•    Sebuah file shell dapat dieksekusi (executable) serta dikenal dengan script shell
•    Perintah shell built-in, merupakan perintah yang sudah disediakan di dalam shell
•    Sebuah file program yang sudah dikompilasi, dan dibuat dengan bahasa pemrograman C, Pascal, atau lainnya.
•    Sebuah script yang akan diinterpretasi oleh interpreter yang dipanggil oleh shell, sesuai dengan scriptnya.

Cara Memberi Perintah

Seperti yang sudah dijelaskan pada sebelumnya, perintah dalam Unix memiliki sintaks sebagai berikut:
$ command [option] [argumen] <enter>
Dalam Setiap perintah dapat dituliskan pada prompt shell. Dan Setiap perintah harus diakhiri dengan menekan kunci <enter> untuk dapat segera dieksekusi oleh Unix.
Option pada suatu perintah dalam computer pada umumnya berupa satu karakter saja yang sebelumnya itu dapat didahului dengan suatu tanda. Ada berbagai option yang dapat dimiliki oleh suatu perintah. apabila lebih dari satu option maka option-option yang lain akan digunakan untuk disatukan.
Berikut ini merupakan contoh dari perintah yang memiliki beberapa option:
bethaSgober:~$ uname –help
Usage: uname [OPTION]…
Print certain system information.  With no OPTION, same
-a, –all
as -s
print all information
-m, –machine    print the machine (hardware) type
-n, –nodename    print the machine’s network node
hostname
-r, –release    print the operating system release
-s, –sysname    print the operating system name
-p, –processor    print the host processor type
-v    print the operating system version
–help    display this help and exit
–version    output version information and exit
(‘•port bugs to <bug-sh-utils@gnu.org>.
Perintah dapat  dibuat  oleh pemakai  dalam  bentuk  script  atau
program biner, sedangkan perintah shell built-in adalah program
sistem umumnya dalam bentuk file biner, yang dibuat dengan bnliasa C atau bahasa lainnya yang sudah dikompilasi. Umumnya |iin(|t’am yang disediakan oleh sistem disimpan pada salah satu dari
direktori berikut:
/etc
/bin
•    /usr/bin
•    /usr/local/bin
Penjelasan mengenai direktori dibahas secara khusus pada bab yang membahas tentang direktori dan file.
Daftar direktori yang menyimpan program yang sudah disediakan oleh Unix dan dapat digunakan oleh si pemakai juga disebut dengan PATH, informasi PATH ini disimpan dalam variabel environment sistem PATH.
Perintah-perintah yang terdapat di dalam Unix atau pun Linux tidak sepenuhnya dapat dijalankan oleh sembarang pemakai, karena perintah-perintah yang ada tersebut memiliki fungsi-fungsi yang diperuntukkan untuk pemakai tertentu saja, seperti misalnya kaya kalau untuk mematikan suatu komputer atau mematikan suatu proses yang sedang berjalan di dalam sistem.
Memperbaiki kesalahan penulisan perintah Sering kali pada saat kita menuliskan suatu perintah, kita melakukan kesalahan pengetikan. Pada lingkungan sekitar shell bash Unix, kita dengan mudah sekali melakukan perbaikan dengan cara menggunakan kunci-kunci perbaikan penulisan perintah yang telah dibuat, dan nggak perlu lagi kita menghapus atau pun mengulangi penulisan perintah.
Daftar kunci dan kombinasi kunci yang dapat digunakan untuk memperbaiki perintah yang salah tulis:
Kunci    Kegunaan
<backspace>    Menghapus satu karakter di sebelah kiri posisi kursor
<Ctrl><H>    Menghapus satu karakter di sebelah kiri posisi kursor
<Ctrl><D>    Menghapus satu karakter pada posisi kursor, tetapi harus hati-hati karena jika tidak karakter yang akan dihapus akan menyebabkan logout.
<CtrL><X>    Menghapus satu karakter di sebelah kiri posisi kursor
<<— >    Menggerakkan kursor satu karakter ke sebelah kiri posisi kursor
<—>>    Menggerakkan kursor satu karakter ke sebelah kanan posisi kursor

Menghentikan suatu proses yang sedang berjalan
Menghentikan suatu proses yang sedang berjalan, atau pelaksanaan suatu perintah oleh kernel, dibutuhkan,mengapa??? karena berbagai hal, karena kebutuhan minimum dari hasil proses sudah didapat sehingga nggak perlu lagi menunggu sampai dengan selesai atau pun karena proses tidak berhenti-henti, karena salah perintah, dapat dilakukan dengan menekan <CtrlxC>.

Histori Perintah
Lingkungan merupakan tempat kita memberikan perintah kepada komputer dalam linux maupun unix (shell) yang memiliki berbagai fasilitas, yang salah satunya adalah merupakan adanya histori perintah.
Perintah-perintah inilah yang pernah diberikan oleh pemakai akan dicatat oleh shell, yang dicatat oleh shell hanyalah beberapa dari perintah terakhir saja. Jumlah perintah yang dicatat oleh shell tergantung dari pemakai yang mendefinisikannya atau definisi dari administrator sistem sebagai parameter dari shell bash untuk setiap pemakai saja. Setiap shell harus memiliki cara sendiri untuk menghistorikan dan memanggil perintah yang ada dalam daftar histori perintahnya. Penulis sendiri menggunakan bash, untuk menampilkan histori perintah, dapat menggunakan perintah history. Jumlah yang akan ditampilkan, pada setiap pemakai akan berbeda, itu dapat terjadi karena tergantung pada pengaturan dari sistem tentang jumlah histori perintahnya yang akan disimpan untuk setiap pemakai, juga sudah berapa banyak kita memberikan perintah kepada sistemnya. Untuk menggunakan kembali perintah yang pernah diberikan, dan yang telah tersimpan dalam histori perintah, dapat menggunakan tombol tanda panah atas <T> atau tanda panah ke bawah <i> untuk memilih perintah mana yang akan digunakan lagi. Jika anda dalam shell bash, maka tekanlah tombol panah ke atas <T>, maka perintah-perintah yang pernah kita berikan akan ditampilkan. Kita dapat memilih kemudian langsung menekan <enter> jika ingin agar perintah tersebut dijalankan lagi.

Inomorperintah
Jika kita perhatikan hasil dari perintah history, maka kita akan melinat nomor urut dari pelaksanaan suatu perintah. Setiap perintah yang pernah diberikan kepada sistem disimpan dalam history dan memiliki nomor urut. Seperti dijelaskan di atas, kita dapat mengulangi perintah yang pernah kita berikan dengan menggunakan tanda panah atas dan bawah, untuk dapat memilih perintah mana yang akan dijalankan. Jika sudah terlalu banyak, maka kita akan menjadi malas untuk menggerakkan tombol atas atau bawah, lebih baik kita menulis lagi, walaupun perintah yang akan dituliskan akan panjang. Dalam shell linux dan unix disediakan fasilitas untuk memudahkan dengan memanfaatkan nomor dari perintah yang ada di dalam history. Jalankan perintah history, kemudian lihat nomor dari perintah yang akan kita jalankan. Setelah mendapatkan nomornya kita dapat berikan perintah dengan menggunakan tanda seru kemudian diikuti dengan nomor historinya.
Sintaks:
! noperintahdalamdistori <enter>
Mendapatkan Petunjuk Memberikan Perintah
Kita tidak harus menghafal perintah-perintah yang ada di dalam Unix, apa SAJA ITU  uptionnya, dan bagaimana pun cara menggunakannya, karena kita dapat meminta informasi tentang perintah tersebut kepada sistem
$ ps -h
Usage: ps [-aefl
-a, --all
-e, --everyone
-f,    --full
-h, --help
-1, --long winpids
-u,
-v,
exit
-W,
-s, --summary -user -version
--windows processes With no options, default

s] [-u UID] show processes of all users show processes of all users show process uids, ppids output usage information and exit show process uids, ppids, pgids,
show process summary
list processes owned by UID
output version information and
show windows as well as cygwin
With no OPTION,
ps outputs the long format by
-a, —all    print all information
-m, –machine    print the machine (hardware)
type
-n, –nodename    print the machine’s network node
hostname
-r, –release    print the operating system
release
-S, –sysname    print the operating system name
-p, –processor    print the host processor type
-v    print the operating system
version
–help    display this help and exit
–version    output version information and

exit
Report bugs to <bug-sh-utils@gnu.org>.
Dengan memberikan option -help kepada command yang akan digunakan maka kita akan mengetahui option atau argumen yang dimiliki dan dapat digunakan command tersebut, seperti yang ditampilkan di atas.

man
man atau manual merupakan command untuk menampilkan penjelasan dari suatu command per page/layar. Disebut juga sebagai manual pager, karena dapat menampilkan informasi per page atau per layar monitor. man merupakan fasilitas untuk melihat petunjuk atau dokumentasi secara online dari suatu perintah yang memang memiliki dokumentasi dalam format Unix.
Sintaks:
$   man perintah
berikut contoh untuk menampilkan informasi dari perintah logout
$   man exit

Penjelasan mengenai suatu perintah yang ditampilkan oleh man, ditampilkan per layar. Untuk menuju penjelasan pada layar berikutnya dapat ditekan dengan menekan tombol spasi, untuk kembali ke layar sebelumnya dapat ditekan tombol p, dan untuk menuju baris berikutnya dapat menggunakan kunci < enter> atau tombol panah ke bawah, untuk menuju baris sebelumnya (scroll ke atas satu baris) dengan menggunakan tanda panah ke atas.

Catatan:
Hati-hati dengan informasi yang diberikan dari hasil perintah man ini, karena banyak informasi yang sudah tidak benar. Umumnya diberitahu pada setiap penjelasan tentang aplikasi tersebut bahwa dokumentasi dari program yang bersangkutan sudah tidak sesuai lagi. Dokumentasi ini umumnya ditemukan pada sistem operasi seperti Unix yang cuma-cuma (GNU), misalnya Linux dan FreeBSD.

man terhadap linux dan unix

Kita juga dapat meminta kepada sistem untuk dapat menampilkan daftar perintah yang ada beserta dengan informasi bagaimana cara menggunakannya. Syaratnya asal kita tahu di mana saja perintah-perintah tersebut berada! Ingat pada variabel environment sistem PATH.

Daftar command yang terdapat di dalam Unix yang bersifat umum, ada pada variabel environment PATH, secara otomatis dapat dijalankan dari mana saja user berada, karena sudah dijadikan default path lokasinya, salah satunya berada di /usr/bin.
Setiap pemakai dapat mengetahui daftar command ini, walaupun belum tentu dapat menggunakannya. Lakukan perintah berikut untuk menampilkan informasi singkat seluruh command yang ada di dalam Unix yang sudah masuk ke dalam default path.

$ cd /usr/bin $ man -f *
Perintah man -f * akan memberikan informasi tentang setiap file Yang ada dalam direktori saat ini. Jika direktori yang ada berupa
Direktori data atau direktori kerja maka, hasil dari perintah man Tidak akan akurat akurat, karena perintah man akan mencocokkan semua
Nama file yang ada dalam direktori tersebut dengan daftar perintah berikut    adalah   contoh   hasil yang   tidak   tepat   dari   pemberian
Perintah 11 man-f * terjadi karena direktori saat ini tidak tepat:

info
Perintah info hampir mirip seperti halnya dengan man. Perintah info itu menampilkan informasi langsung dari file. informasi tentang perintah yang ditanyakan ini berada, sedangkan perintah man akan menampilkan hanya perintah yang diinginkan saja. Karena perintah info menampilkan isi file, maka selain perintah yang ingin diketahui ada juga perintah lain yang informasinya disatukan dalam file .info ini akan ditampilkan juga.

Perintah :
Tampilan di atas menampilkan daftar perintah yang berada pada direktori /home/betha/temp, yang secara nyata adalah direktori kerja penulis, bukan direktori yang digunakan sebagai tempat dari perintah-perintah Unix berada. Perintah pwd menunjukkan di mana kita sedang berada. Perintah Iso -1 menunjukkan daftar file yang ada pada direktori tersebut. Hasil dari perintah man -f * menjadi kacau, karena file db dan Is yang ada pada direktori saat ini kita berada hanyalah file biasa bukan file perintah, karena nama file ini sama dengan nama perintah Unix maka informasi yang ditampilkan adalah informasi singkat tentang perintah Unix yang telah terdaftar.
Perintah man -f * hanya dapat digunakan ke dalam direktori yang memang digunakan oleh sistem direktori yang menyimpan perintah-perintah Unix yang sudah memiliki dokumentasi online yang dapat ditampilkan dengan menggunakan perintah man.

Penulis :
Telah menulis sebanyak 49 artikel
Mendapatkan 588 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>