Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,247
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,157
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,123
benedict

261,583
rahadian

240,910
bara

228,942
nabilalalala

216,882
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,175
suranto

100,765
admin

98,998
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Perangkat Penyimpanan (Mass Storage)

Perangkat penyimpanan (Mass Storage) adalah perangkat keras yang difungsikan untuk menyimpan data. Mass Storage termasuk dalam kelompok perangkat I/O device. Macam mass storage antara lain floppy disk, harddisk, CD-ROM, DVD, dan flashdisk. Hampir semua mass storage yang banyak dipakai belakangan ini berbentuk disk/piringan sehingga operasi data dilakukan dengan perputaran piringan. Dari perputaran ini, dikenal satuan rotasi piringan yang disebut RPM (Rotation Per Minute).

a. Floppy Disk
Floppy disk atau disket adalah alat untuk memyimpan data, namun dengan kapasitas yang relatif kecil. Kemampuan simpan dari disket sekitar 1,44 MB. Untuk melakukan penyimpanan dan pembacaan disket diperlukan adanya floppy disk drive.

b. ZIP Drive Keterbatasan kapasitas pada floppy disk mendorong lahirnya teknologi baru yang disebut dengan Iomega Zip Drive. Perangkat ini terdiri atas floppy drive dan cartridge floppy khusus, yang mampu menampung sampai hamper 100MB data. Jumlah ini jelas memungkinkan untuk menampung file multimedia dan grafik (biasanya berukuran mega bytes), yang sebelumnya tidak dimungkinkan untuk disimpan dalam floppy disk

c. Harddisk
Harddisk merupakan media penyimpanan dengan kapasitas paling besar. Selain kapasitas harddisk, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kecepatan putarannya ketika membaca dan menuliskan data. Kecepatan putaran harddisk menentukan kecepatan akses data ke harddisk. Setiap komputer pasti mempunyai harddisk. Harddisk digunakan dengan tujuan sebagai tempat penyimpan data yang digunakan untuk satu komputer. Oleh karena itu, harddisk tidak dapat dipindah-pindah dari satu komputer ke komputer lain, kecuali kita ingin membongkar perangkat yang terdapat di komputer. Dilihat dari kemampuan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, maka harddisk merupakan media penyimpanan yang paling murah. Selain itu, akses data ke harddisk adalah yang tercepat dibandingkan tempat penyimpanan yang lain.

D. Flashdisk
Flash disk adalah alat untuk menyimpan data eksternal yang menggunakan penghubung USB. Pada saat ini flashdisk merupakan media penyimpanan yang paling mudah ditemui karena bentuknya yang kecil, mudah untuk dibawa, serta kapasitas penyimpanannya yang cukup besar. Seiring dengan perkembangan teknologi flashdisk menjadikan harga flashdisk makin terjangkau. Kapasitas penyimpanan flashdisk meliputi: 64 MB, 128 MB, 256 MB, 1GB, 2 GB dan saat ini telah mencapai di atas 4 GB.

e. CD-ROM
CD-ROM (Copact Disc-Read Only Memory) dapat menyimpan data cukup besar sampai dengan 700 megabyte. Namun, apabila dibandingkan dengan harddisk dan flash drive, akses untuk membaca data yang terdapat di CD-ROM lebih lambat.CD-ROM mempunyai harga yang sangat murah, hanya beberapa ribu saja per kepingnya. CD-ROM hanya dapat digunakan sekali saja. Kita hanya dapat membaca data dari CD-ROM dan tidak dapat menulis maupun menghapus. Untuk menulis data ke CD-ROM, kita memerlukan perangkat keras yang disebut dengan CD Writer. Menulis CD-ROM dengan CD Writer hanya dapat dilakukan apabila CD-ROM’ yang kita gunakan masih kosong.Agar dapat membaca CD-ROM, komputer kita harus dilengkapi dengan CD-ROM drive atau DVD drive.

F. CD-RCD-R (Compact Disc-Recordable) dapat menyimpan data cukup besar sampai dengan 700 megabyte. Data yang terdapat di CD-R juga tidak dapat dihapus. Perbedaannya dengan CD-ROM, kita dapat menuliskan data sampai beberapa kali asalkan kapasitas penyimpanan di CD-R belum penuh. Untuk menulis data ke CD-R, kita memerlukan perangkat keras yang disebut dengan CD Writer.

G. CD-RW
CD-RW (CompactDisc-ReWriteable) merupakan versi lain dari CD-ROM yang dilengkapi kemampuan untuk dibaca dan ditulis. Kita dapat menghapus data yang terdapat di CD-RW dan kemudian mengisinya dengan data yang lain. Menghapus dan menulis data dari dan ke CD-RW dilakukan dengan bantuan CD Writer.

H. DVD
DVD {Digital Versatile Disc) mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup besar apabila dibandingkan dengan CD-ROM yang ukurannya sama besar. DVD mempunyai kualitas penyimpanan yang sangat baik. Karena kualitas penyimpan yang sangat baik, DVD biasa digunakan untuk menyimpan film.DVD tidak dapat dibaca di CD-ROM drive. Oleh karena itu, apabila kita ingin komputer kita dapat memutar DVD, komputer kita harus dilengkapi dengan DVD drive. Saat ini di pasaran telah tersedia DVD drive yang dapat digunakan untuk membaca DVD sekaligus berfungsi sebagai CD Writer atau sering dikenal dengan istilah DVD Combo. DVD drive juga dapat digunakan untuk membaca CD-ROM. Bentuk fisik dari DVD drive sama saja dengan CD-ROM drive.

I. DVD-RWDVD-RW (Digital Versatile Disc- ReWriteable) adalah tempat penyimpanan yang merupakan versi lain dari DVD. Berbeda dengan DVD yang hanya dapat dibaca, maka DVD-RW dapat ditulis dan dihapus. Karena kemampuan DVD-RW yang dapat ditulis dan dihapus, maka harga sebuah DVD-RW jauh lebih mahal dibandingkan dengan DVD.

Perangkat Penyimpanan (Mass Storage), 3.8 out of 5 based on 8 ratings

Penulis :
Telah menulis sebanyak 35 artikel
Mendapatkan 442 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

5 Comments

  1. MAHENDRA

    September 27, 2011 at 4:39 am

    mantab,,bisa cukup menbantu saya,,,mkasih :o :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  2. yoonly

    September 1, 2012 at 1:09 pm

    It’s not my first time to visit this site, i am visiting this web page dailly and obtain good information from here daily.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  3. siti humayroh

    January 20, 2014 at 1:06 pm

    terima kasihhhh,, akhirnya tugasku sudah terjawab

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +2 (from 2 votes)
  4. Anggit Prayogo

    April 23, 2015 at 7:26 am

    bermanfaat sekali infonya gan, salam http://www.anggitprayogo.com

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. Bdi

    April 26, 2016 at 7:13 am

    Mksh … Permisi utk mengcopy ya mas … Mksh ..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>