Best Author
sangdedi

743,603
octa

486,235
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,157
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,123
benedict

261,583
rahadian

240,910
bara

228,942
nabilalalala

216,882
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,175
suranto

100,765
admin

98,982
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Perangkat Keras pada Chassis

1. Motherboard
Motherboard atau sering disebut mainboard merupakan perangkat komputer yang berfungsi sebagai tempat perangkat-perangkat lain, seperti prosesor, memori, VGA Card, Sound Card, dan LAN Card. Setiap perangkat memiliki slot tersendiri vang memungkinkan perangkat tersebut melekat di motherboard. Selain dilengkapi dengan slot-slot, motherboard juga dilengkapi jalur-jalur koneksi yang memungkinkan perangkat-perangkat komputer berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

Biasanya, motherboard didesain untuk digunakan pada processor tertentu saja. Karena itu, motherboard yang didesain untuk processor Pentium tidak dapat digunakan untuk processor AMD, demikian juga sebaliknya.

2. CPU (Central Processing Unit)
Satuan pemroses data pada komputer terletak pada bagian perangkat Central Processing Unit (CPU). Segala bentuk pemrosesan data berlangsung di dalam CPU setelah melalui proses input data dilakukan. CPU merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi program, yang pada komputer mikro disebut dengan micro-processor (pern roses mikro). Processor merupakan bagian utama komputer karena berfungsi mengatur semua aktivitas yang ada pada komputer. Satuan kecepatan dari processor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz(1000 MegaHertz). Pemroses dalam CPU ini berupa chip yang terdiri atas ribuan hingga jutaan IC.

CPU terdiri atas dua bagian utama, yaitu unit kendali (control unit) dan unit aritmatika dan logika (ALU). Di samping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut register.

3. Memory
CPU hanya dapat menyimpan data dan instruksi di register yang berukuran kecil sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi yang dibutuhkan untuk keseluruhan proses program. Untuk itu CPU harus dilengkapi memori utama. Ukuran memori ditunjukkan oleh satuan byte, misalnya 1 Mb, 4 Mb, 8 Mb, atau bahkan ada yang sampai 2 Gb.

4. VGA Card
VGA Card adalah peralatan komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar. VGA Card memungkinkan data-data dalam bentuk digital ditampilkan dalam bentuk gambar di layar minitor.

Secara fisik VGA Card merupakan kartu elektronik yang dipasangkan pada slot yang terdapat di motherboard. Kemudian pada salah satu sisi VGA Card dilengkapi dengan plug untuk memasangkan kabel yang dihubungkan dengan monitor komputer. Selain dalam bentuk kartu elektronik yang dipasangkan pada slot motherboard, beberapa motherboard telah dilengkapi dengan VGA Card (built-in). Risiko menggunakan motherboard yang telah dilengkapi dengan VGA Card adalah jika salah satu perangkatnya rusak (motherboard atau VGA Card) maka kita harus mengganti keduanya.

5. Sound Card
Sound Card adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara. Sound Card memungkinkan data-data suara seperti lagu-lagu yang terdapat di komputer dapat didengar melalui speaker yang dihubungkan ke komputer.

Secara fisik, Sound Card merupakan kartu elektronik yang dipasangkan pada slot yang terdapat pada motherboard. Kemudian pada salah satu sisi Sound Card dilengkapi dengan plug untuk memasangkan kabel yang menghubungkannya ke perangkat input (microphone) dan output suara (speaker).

Selain dalam bentuk kartu elektronik yang dipasangkan pada slot motherboard, beberapa motherboard telah dilengkapi dengan Sound Card (built-in). Harga motherboard yang telah dilengkapi dengan Sound Card biasanya lebih murah, jika dibandingkan dengan motherboard yang belum dilengkapi dengan Sound Card. Risikonya, jika salah satu perangkat rusak maka kita harus mengganti keduanya.

Pada saat dipasangkan untuk pertama kali, komputer tidak akan mengenali langsung Sound Card. Oleh karena itu, kita harus menginstall software drive-nya terlebih dahulu. File-file driver tersebut akan memberi tahu sistem operasi, sehingga Sound Card dapat bekerja dengan baik.

Perangkat Keras pada Chassis, 4.7 out of 5 based on 3 ratings

Penulis :
Telah menulis sebanyak 35 artikel
Mendapatkan 442 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

2 Comments

  1. Eboy Punk

    June 3, 2013 at 12:59 pm

    Wow om Sepp dachh thx ya :*

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  2. widya purnamasari

    June 6, 2013 at 12:34 pm

    maaf saya mau tanya kalau wifi card itu pengertian nya gimana?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -2 (from 2 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>