Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,297
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,181
dwi

313,549
adit

310,104
resta-andara

275,157
benedict

261,583
rahadian

240,940
bara

228,942
nabilalalala

216,884
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,191
suranto

100,765
admin

99,004
iwan

80,055
kupukupu

78,106

OpenOffice.org 3.0

Open Office.org merupakan salah satu produk dari Sun Microsystem. OpenOffice.org memiliki berbagai macam fiturdan fasilitas yang amat lengkap dari mengolah kata, gambar sampai persiapan membuat suatu web site.

OpenOffice.org adalah gabungan beberapa subaplikasi, antara lain:
1. Text Document,
2. Spreadsheet,
3. Presentation,
4. Drawing,
5. Database,
6. Formula,
7. Templates, dan
8. Open a document,

Salah satu program aplikasi OpenOffice. Org 3.0. yang paling sering digunakan ialah OpenOffice.org Writer. OpenOffice.org Writer merupakan program pengolah kata yang mampu bekerja dengan teks, gambar atau halaman web. Secara default bahasa yang disediakan oleh OpenOffice.org Writer Thesaurus adalah bahasa Inggris Amerika.

Hal-hal yang unggul di OpenOffice.org Writer antara lain sebagai berikut.

1. Dukungan Terhadap Format XML Salah satu kemampuan baru yang dimiliki OpenOffice.org Writer adalah kemampuan membuat, menyimpan, dan membuka file dalam format XML. XML adalah suatu metode untuk menempatkan data secara terstruktur. XML adalah singkatan dari extensible Markup Language dan OpenOffice.org Writer mempunyai kemampuan untuk berbagi dan bertukar data dengan format XML dan dapat dibaca dalam berbagai aplikasi.

2. Meningkatkan Keamanan File Apabila Kamu bekerja dalam tim kamu yang mengontro! keamanan file hingga tidak semua orang dapat melakukan perubahan pada sebagian atau seluruh file dan kamu dapat mengatur siapa saja yang mempunyai hak akses.

3. Dukungan FaksimiliKamu dapat mengirim file dengan faks langsung dari OpenOffice.org Writer. Kamu dapat juga membuat halaman web sesuai dengan keperluan kamu dan mempublishnya dengan menggunakan fasilitas yang telah disediakan oleh OpenOffice.org Writer.Halaman-halaman web yang kompleks dengan menyertakan form, tabel, atau lembar kerja Calc, gambar, video klip, suara, ataupun komponen-komponen lainnya dan dengan Image Map kamu juga dapat membuat hyperlink pada gambar.

4. Perbaikan Fasilitas HelpKamu dapat memperolah informasi tentang pertanyaan kamu dari Database Help yang tersedia pada OpenOffice.org. baik itu yang Online maupun Local.

5. Karakter Khusus OpenOffice.org Writer menawarkan kepada kamu untuk menyisipkan karakter khusus (yang tidak tersedia pada keyboard) ke dalam naskah baik melalui kotak dialog special character atau dengan tombol kombinasi Alt + tombol-tombol tertentu pada keyboard. Setiap huruf dari teks yang kamu tempat dalam naskah disebut karakter. Karakter dapat berupa angka, huruf atau tanda baca lainnya. Kamu dapat mengatur tampilan atau memformat per karakter, atau biasanya kamu akan lebih sering memformat teks per kata, per baris atau per paragraf. Kamu dapat juga mengatur jenis font (Misalnya, Thorndle AMT, Bullpen 3D, URW Bookman L, atau lainnya), Style (Misalnya ; Boid, Italic, atau Underline), Ukurannya, posisi ataupun warna karakter teks.

6. Terpadu (Intregrated)OpenOffice.org Writer didukung teknik obyek Linking and Embedeling (OLE) OpenOffice.org. Sehingga kamu dapat bekerja dengan data dan fasilitas subaplikasi lain yang juga mendukung OLE, Contoh saat kamu sedang bekerja dengan Word Proccessor kamu dapat langsung membuka file spreadsheet atau kamu dapat menyisipkan kolom-kolom database ke dalam naskah OpenOffice.org Writer sambil mendengarkan musik.Sebagaimana semua aplikasi, OpenOffice.org sendiri bukannya tanpa cacat, meskipun mengklaim kompatibel dengan Microsoft Office, masih ada naskah Microsoft Office yang gagal ditampilkan persis seperti aslinya oleh OpenOffice.org.OpenOffice.org bukan satu-satunya aplikasi office untuk Linux, tetapi ada aplikasi lain seperti Gnome office, Koffice dari KDE, Anyware Desktop dan HancomOffice. Dengan menggunakan emulator WINE ataupun aplikasi crossover Office dari CodeWeavers, pengguna Linux juga dapat menjalankan Microsoft Office di Linux. Namun demikian dari segi kompatibilitas dan kelengkapan, OpenOffice.org menawarkan kompromi yang baik apalagi jika kamu menggunakan OpenOffice.org versi Windows.

Dalam mengaktifkan program OpenOffice.org diperlukan waktu yang lebih lama. Hal ini untuk menunjang multitasking dan kompatibilitas antarmodul. Misalnya, saat kamu mengetik dengan menggunakan OpenOffice.org Writer lalu kamu membutuhkan data yang ada di dalam Calc, maka data yang tersimpan di dalam Calc tetap dapat dibuka langsung dari menu OpenOffice.org Writer. Demikian juga kompatibilitas antarmodul-modul lainnya.

Penulis :
Telah menulis sebanyak 31 artikel
Mendapatkan 438 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>