Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,297
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,181
dwi

313,549
adit

310,104
resta-andara

275,157
benedict

261,583
rahadian

240,940
bara

228,942
nabilalalala

216,884
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,191
suranto

100,765
admin

99,004
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Mengambil informasi dari suatu sistem

Pada saat nanti kita bekerja dalam sistem, kita akan sering sekali membutuhkan informasi seperti di server kita bekerja, siapa saja yang sedang bekerja dalam sistem saat ini, apa yang sedang dikerjakan sistem untuk kita, dan waktu sistem.
Pada teori ini kita akan mencoba menggunakan perintah-perintah yang dapat digunakan untuk menampilkan informasi yang bisa diberikan oleh suatu sistem untuk pemakainya.
Informasi Tentang Server
hostname
Informasi server hostname Digunakan untuk menampilkan informasi tentang nama server yang sedang kita gunakan atau tempat sekarang kita bekerja.
Perintah:
hostname <enter>
Perintah hostname juga dapat digunakan untuk mengganti nama server, apabila kita menggunakan pemakai sebagai superuser, dengan memberikan argumen nama server yang baru.

hostname namaServerbaru<enter>
uname
Perintah uname akan menghasilkan nama sistem operasi server yang digunakan sebagai tempat kita bekerja.
Perintah:
uname [option]<enter>
Option yang dapat digunakan:
-s    digunakan untuk menampilkan nama sistem operasi.
-n     digunakan untuk menampilkan nama server
-m     digunakan untuk menampilkan processor yang digunaka
-r    digunakan untuk menampilkan informasi release dari sistem
operasi

Informasi Pemakai
id
perintah id digunakan untuk menampilkan informasi tentang UID
dan GID pemakai yang sedang login dalam suatu terminal yang sedang aktif. Jika kita memberikan nama user di belakang perintah id maka yang diinformasikan   adalah UID dan GID dari nama iluii tersebut.
UID adalah User Identity, sedangkan GID adalah Group Identity. Dengan perintah ini akan ditampilkan userid yang dinyatakan dengan angka kemudian diikuti dengan namanya, dan group id yang dinyatakan dengan angka yang diikuti dengan nama group dari id tersebut, dan group id dan namanya yang lain dari pemakai tersebut jika pemakai tersebut dikelompokkan pada lebih dari satu group pemakai.

who
Perintah who digunakan untuk menampilkan informasi pemakai yang sedang login untuk bekerja dalam sistem.
Perintah:
who   [option]    [am  i]<enter>
Option yang dapat digunakan:
-H    digunakan untuk menampilkan header dari keluaran yang dihasilkan.
-a    Digunakan untuk menampilkan informasi yang sedang login dalam sistem
-s    Hanya menampilkan informasi nama, line, dan time saja
-q    Menampilkan hanya nama saja dan jumlah pemakai pada akhir baris
-u    Menampilkan informasi berapa lama idle (tidak aktif) tetapi masih login.
Perintah who am i digunakan untuk mengetahui siapa yang sedang aktif pada suatu terminal yang sedang ditinggalkan atau sudah tidak dipakai tetapi lupa untuk logout. Perintah ini sebaiknya kita berikan untuk memastikan siapa yang pakai, sebelum kita mengambil alih terminal yang ditinggalkan pemakainya.
whoami
Perintah whoami ini sama dengan perintah who am i, tetapi yang ditampilkan hanya namanya saja.
Perintah:
whoami <enter>

passwd
penggantian password pemakai harus dilakukan secara berkala atau rutin untuk pencegahan dari pemakaian oleh pemakai yang tidak berhak. Karena bisa saja suatu saat password kita diketahui oleh orang lain, secara sengaja atau pun tidak sengaja, kemudian orang tersebut masuk ke dalam sistem dengan menggunakan account kita
perintah  passwd merupakan perintah yang digunakan oleh kita untuk mengganti  password   kapan   saja   dibutuhkan.   Menurut pengalaman sebaiknya   paling    lama    satu   bulan    sekali   kita mengubah password kita.
passwd   [namapemakai]   <enter>
Pada saat kita menjalankan perintah passwd, maka kita akan diminta apa password yang digunakan saat ini. Pemakai harus mengisikan passwordnya saat ini, karena sistem membutuhkan verifikasi bahwa yang memberikan perintah ini adalah benar pemiliknya, karena bisa saja bukan. Untuk menghindari orang yang iseng, karena bisa saja kita sedang istirahat sebentar, kemudian kita lupa logout terlebih dahulu, kemudian ada orang yang iseng menjalankan perintah ini untuk mengganti password dengan maksud bergurau atau memang usil.
Setelah password yang digunakan saat ini dimasukkan, kita akan diminta untuk memasukkan password yang baru, setelah itu kita diminta untuk memasukkan sekali lagi password yang baru tadi untuk memastikan bahwa password yang baru tadi sudah benar.

Password dalam Unix umumnya harus suatu kombinasi huruf dan angka dengan panjang minimal 6 karakter, jika kita memasukkan password yang baru kurang dari ketentuan yang telah didefinisikan oleh administrator, maka kita akan mendapat pesan ‘Bad: new password is too simple’. Kita harus mengisikan password yang baru sekali lagi yang sesuai dengan ketentuan pembuatan password.
Beberapa ketentuan umum suatu password yang ada pada Unix secara default adalah :
•    sedikitnya 6 karakter, yang di antaranya minimal ada karakter berupa 1 angka (0..9).
•    Kombinasi yang karakternya itu mudahsekali diingat oleh diri kita sendiri, tetapi jangan sampai mudah sekali ditebak oleh orang lain
•    Paling  panjang  sebaiknya  jangan  sampe lebih  dari 15 karakter, karena akan dikhawatirkan kita sendiri akan sulit mengingat.
•    Hindari juga penggunaan password dengan tanggal lahir, nama anak, nama istri, nama pacar ataupun tanggal jadian, karena kan mudah sekali ditebak orang lain.
Kita akan diberi kesempatan sebanyak 3 kali dalam perbaikan password, apabila masih belum benar dalam mengisikan password yang hum tersebut. Setelah tiga kali masih salah terus juga, maka pnnggantian password akan dibatalkan.
Perintah passwd apabila digunakan oleh superuser dapat digunakan dengan mengganti password dari seorang pemakai yang kelupaan password atau memang sengaja harus diganti.
su
perintah su (substitute user) merupakan perintah yang disediakan oleh sistem, agar kita dapat login dengan menggunakan account pemakai lain, tanpa kita harus logout terlebih dahulu dari terminal yang sedang kita gunakan.
perintah:
su  [namapemakai]    <enter>
apabila nama pemakai tidak didefinisikan maka kemungkinan sistem akan menganggap kita ingin login lagi dengan sebagai superuser. Dalam kenyataanya, umumnya kita menggunakan su karena keperluan ingin login saja ke dalam sistem dengan menggunakan superuser karena kebutuhan melakukan pekerjaan administrator sistem.
Kita akan diminta untuk mengisikan passwordnya dari pemakai yang akan kita pakai atau password dari superuser jika kita ingin login sebagai superuser.
Apabila informasi password yang dimasukkan benar dan kita berhasil login. maka kita akan bekerja dengan sebagai pemakai yang baru tersebut
apabila kita login dengan superuser, maka prompt kita akan berubah menjadi tanda #. Berikan perintah id -un, maka kita akan mendapat informasi bahwa sekarang kita bekerja sebagai root.
dan apabila kita ingin Untuk kembali kepada login kita, maka kita harus logout dari login
pemakai yang sekarang aktif. Setelah logout kita akan berada pada
login kita sebelumnya.

Perintah   id   -un   digunakan   untuk   menampilkan   nama   dari  id pemakai.
Informasi Proses
w
Perintah dengan huruf w ini digunakan untuk melihat siapa saja yang sedang login dan proses apa saja yang sedang yang dilakukan oleh setiap pemakai yang sedang login tersebut
Perintah:
W [namapemakai] <enter>
Perintah w dapat juga digunakan untuk mengetahui suatu perintah apa yang sedang dilakukan oleh seorang pemakai dengan memberikan suatu argumen nama pemakai pada perintah tersebut.

ps
perintah ps dapat digunakan untuk menampilkan suatu informasi status proses ymig sedang dijalankan oleh si pemakai.
perintah ps dapat digunakan tanpa menggunakan option dan akan menampilkan Informasi status tentang proses yang dimiliki oleh seorang pemakai itu sendiri.
option yang umum digunakan:
option    Kegunaan
-a    (all) Menampilkan seluruh proses yang dijalankan pemakai yang login
-e    (everything) Menampilkan seluruh proses yang sedang dijalankan sistem
-f    (full) Menampilkan informasi proses dengan format lengkap
-l    (long) Menampilkan informasi dengan format lebih lengkap
-s    (summary), menampilkan informasi proses beserta statusnya
-u    UID, menampilkan informasi khusus untuk nama user yang diinginkan

pstree
pstree ini berguna untuk menampilkan suatu daftar proses daemon sistem dalam bentuk tree atau lebih dikenal dengan pohon proses. Lihat pembahasan pada teori ini. Proses Background untuk memahami tentang proses daemon.
Perintah:
pstree <enter>

Setiap daemon yang sedang aktif melayani proses dari seorang pemakai yang akan diperlihatkan dengan tampilan yang memiliki anak proses, seperti yang diperlihatkan oleh inetd.
top
top ini dapat Digunakan untuk menampilkan informasi dari proses-proses yang ada di dalam suatu sistem yang sedang berjalan atau aktif. Aplikasi ini dapat dikatakan sebagai ps yang interaktif, mengapa???
karena kita dapat berinteraksi dengan suatu sistem yang fungsinya untuk dapat menampilkan proses yang sesuai dengan yang kita inginkan, misalnya ingin agar proses yang ditampilkan diurutkan berdasarkan pemakaian memori atau CPU.
Perintah :
top   <enter>
kita dapat menekan tombol q yang berarti artinya quit,  untuk keluar dari
lingkungan perintah top
kill
kill ini merupakan suatu perintah yang digunakan untuk mengirimkan suatu  sinyal kepada suatu proses sinyal yang berupa angka, umumnya kita dapat menggunakan sinyal nomor 9 yang berguna untuk mematikan suatu proses dengan menyebutkan nomor prosesnya (process id, pid)
Perintah:
kill nomorsignal pid
Contoh:
s kill -9 6931 <enter>
Kita dapat mematikan suatu proses dengan nomor 6931, nomor yang kita peroleh dari hasil perintah ps a, di bawah kolom PID. Setelah perintah kill diberikan, kita berikan perintah ps a lagi untuk melihat hasilnya. Kita dapat melihat PID dengan nomor 6931 pada contoh di atas, muncul pada hasil perintah ps yang pertama, kemudian setelah kill, pada perintah ps a yang kedua, kita sudah tidak akan menemukannya lagi.
killall
perintah ini dapat digunakan untuk mematikan suatu proses dengan menggunakan nama proses.
Perintah:
killall namaperintah
Perintah ini berguna untuk mematikan suatu proses, tetapi dengan menggunakan nama prosesnya. Nama proses ini bisa kita lihat dari kolom COMMAND, dari hasil perintah ps.
Berikut ini kita akan mencoba menghapus suatu perintah dengan menggunakan nama prosesnya atau nama perintahnya.
coba pertama-tama kita buka dulu windows barunya yang menjalankan telnet, kemudian kita login dengan nama kita sendiri. Setelah itu kita akan coba berikan perintah untuk menerima input, dengan menggunakan perintah cat kita  akan minta  kepada   sistem  untuk  menampilkan semua proses yang
dimiliki oleh user dengan nama betha.
Dari hasil perintah ps -ubetha di atas, tampak ada sebuah perintah  dengan  nama cat, perintah tersebut yang akan kita berikan kepada window telnet
itu kita akan berikan perintah ps -ubetha kembali. Kita akan melihat bahwa
itu kita akan berikan perintah ps -ubetha kembali. Kita akan melihat bahwa
kini perintah cat sudah tidak ada.
Pada window telnet yang memiliki perintah cat di atas, dapat kita lihat hasilnya menjadi seperti berikut:
Terlihat pada window telnet di  atas,  kita mendapatkan pesan bahwa perintah cat kita akan dimatikan (Terminated).
tty
Digunakan untuk menampilkan nomor terminal tempat kita bekerja. Perintah:
tty <enter>
stty
stty ini Digunakan untuk mengetahui serta mengubah setting terminal yang digunakan untuk melakukan suatu proses dari klien ke Windows.
Perintah :
stty <enter>
transfer antara terminal kita dengan sistem – 38400kbps, jumlah baris terminal adalah 17 baris, dengan jumlah kolom pada satu baris merupakan
73 proses yang sedang berjalan.
ah ini akan menghasilkan informasi waktu dari sistem saat ini. Pendefinisian
option untuk mendefinisikan waktu, maka perintwaktu sistem hanya dapat dilakukan oleh superuser untuk memperbaiki waktu sistem, yang mungkin salah.
whoami
Perintah whoami ini sama dengan perintah who am i, tetapi yang ditampilkan hanya namanya saja.
Perintah:
whoami <enter>

Penulis :
Telah menulis sebanyak 41 artikel
Mendapatkan 99 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

2 Comments

  1. Bobbe

    December 19, 2011 at 3:31 am

    Last one to utlizie this is a rotten egg!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. tfxwvzrcw

    December 19, 2011 at 3:09 pm

    fXlIpg rsqgswuatwxg

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>