Best Author
sangdedi

743,603
octa

486,235
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,157
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,123
benedict

261,583
rahadian

240,910
bara

228,942
nabilalalala

216,882
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,175
suranto

100,765
admin

98,982
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Membuat Program dengan menggunakan python

Bahasa pemrograman Python merupakan bahasa pemrograman script, program yang dibuat dengan menggunakan Python dapat dijalankan dengan menggunakan interpreter Python. Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa pemrograman yang cukup banyak digunakan dalam lingkungan Unix atau pun web.
Banyak produk yang telah dihasilkan oleh Python, ZOPE merupakan salah satu produk dari python untuk pengelolaan web dinamik dalam Internet. Kita dapat memanfaatkan ZOPE untuk memudahkan kita memaintenance web kita, seperti halnya kita menggunakan PHPNuke, PostNuke, atau pun yang sejenisnya.
Python merupakan bahasa pemrograman yang sangat sederhana serta efektif, dan sangat baik untuk digunakan dalam mempelajari tentang pemrograman berorientaaasi objek.
Python merupakan bahasa pemrograman yang disertifikasi kan oleh OSI atau disebut juga dengan Open Source Initiative. . Python juga merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling bisa dikatakan sangat diakui keunggulannya, sehingga Microsoft pun tertarik untuk mengembangkan sistem python di lingkungan Windows dengan membiayai ActiveState untuk membuat ActivePython.
Bahasa Python pun diturunkan dari keluarga bahasa Modula, tetapi cara penulisan meniru seperti Lisp, pemrograman berorientasi objek seperti SmallTalk, pemrograman fungsional seperti FP, dan kemudahan meniru pemtarograman shell Unix.
Sejarah
Python dikembangkan pertama kali oleh Guido van Rossum, di stichting Mattematics Centrum, Amsterdam,pada  tahun 1991. Awalnya merupakan bagian dari ‘Amoeba Project’ di CWI Belanda. Guido komudian melepaskan Python melalui FTP Internet, sambil terus dikembangkan sehingga diterima oleh banyak pemrogram dewasa ini, sehingga menjadi produk.
bahasa pemrograman Python pertama kali muncul di lingkungan Unix. Pada Saat ini telah ada juga di lingkungan Windows, tetapi masih tetap menggunakan mode DOS atau teks dan masih sebagai bahasa pemrograman untuk DOS. JPython adalah Python untuk Java.
bahasa pemrograman ini dapat juga digunakan untuk pemrograman dengan menggunakan interface grafik sebagai keluarannya dengan memanfaatkan librari tcl/tk.
Menjalankan Python
Pastikan bahwa Python anda telah dipasang pada komputer anda.apabila belum anda bisa memasang sendiri atau meminta tolong kepada administrator.
Program Python umumnya dipasang sebagai /usr/local/bin/python, masukkan ke dalam variabel environment PATH pada sistem operasi direktori /usr/local/bin apabila belum ada, agar Python dapat dipanggil dengan hanya dengan perintah :
python <enter>
Jika pemanggilan di atas belum dapat dilakukan, berarti path kepada Python belum masuk ke dalam variabel environment PATH. Periksa keberadaan Python dengan menggunakan perintah:
which python <enter>
Perintah which akan memberikan lokasi direktori dari Python. Masukkan direktori Python yang dihasilkan ke dalam variabel environment PATH, dengan perintah seperti berikut:
export PATH=$PATH:/usr/bin <enter>
Pemanggilan python yang baru saja kita lakukan merupakan proses mengaktifkan interpreter Python, kita berada pada lingkungan Python yang interaktif, ditandai dengan prompt > > >.
Pada mode interpreter ini kita juga dapat langsung berinteraksi dengan menggunakan Python dalam membuat program atau pun memanfaatkan Python sebagai kalkulator.
Cobalah beberapa perintah berikut ini agar pengguna dapat melihat bagaimana Python   digunakan   sebagai   interpreter   yang   interaktif,   sebagai
kalkulator:
5+6<enter>
7*8<enter>
25 % 2 <enter>
20+5*10/2<enter>

Untuk keluar dari lingkungan Python anda cukup dengan menekan <CtrlxD>.
Selain itu dapat digunakan sebagai interpreter yang interaktif, Python dapat digunakan juga untuk menjalankan script yang dapat dituliskan dalam file. File ini berisi urutan dan konstruksi script Python sehingga dapat membentuk suatu aplikasi.
Cara menjalankan script adalah sebagai berikut:
python nama_script_python.py <enter>
Lebih   jelasnya   kita   akan   lihat   pada   penjelasan   pemrograman Python.
Dasar Pemrograman Python
File program Python disebut juga sebagai script Python,Mengapa???
karena Python adalah bahasa pemrogrman script. Ekstensi script Python
adalah .py. Script Python yang diibuat dengan menggunakan editor teks  seperti halnya notepad yang di lingkungan  sekitarWindows, atau edit yang di lingkungan DOS, atau vi apabila menggunakan Unix. Struktur program Python ditandai dengan menggunakan blok-blok yang menjorok masuk ke dalam (indentation). Python menerapkan case sensitiv dalam perintah-perintah programnya, membedakan antara huruf besar atau capital  dan huruf kecil atau lower case. Karenanya perlu kehati-hatian dalam menulis
script python.
Konstruksi    program    Python    sama     seperti     halnya  dengan   bahasa pemrograman tingkat tinggi lainnya, yang memiliki konstruksi:
•    Urutan
•    Pemilihan
•    Pengulangan
Urutan
Konstruksi urutan merupakan konstruksi yang paling dasar dari semua program komputer, setiap perintah akan dijalankan dari baris paling atas sampai dengan paling bawah secara berurutan.
Contoh script: coba.py
bill =3
bil2=2
jml=bill+bil2
print “Penjumlahan”
print bil1
print”+”
print bil2
print “=”
print jml
Script coba.py merupakan aplikasi yang dapat digunakan dalam proses menjumlahkan isi dari dua buah variabel (bil1 dan bil2) yang sudah diisi dengan data-data, kemudian hasil penjumlahannya disimpan ke dalam variabel jml, kemudian menuliskannya kepada standar output atau screen dengan  tulisan “Penjumlahan” dan isi variabel-variabel yang digunakan untuk menyimpan data. Jalankan script menggunakan interpreter Python:
python coba.py <enter>

print “Penjumlahan”
bil1=input(“Masukkan bilangan pertama”)
bil2=input(“Masukkan bilangan kedua “)
jml=bil1+bil2
print “Hasil penjumlahan kedua bilangan yang dimasukkan adalah
print jml
Script cobainput.py dijalankan dengan python:
python cobainput.py <enter>

Script cobainput.py menggunakan perintah input([prompt]) untuk dapat menerima masukan dari standar input (keyboard), kemudian memasukkannya ke dalam variabel.
Pemilihan
Konstruksi pemilihan merupakan konstruksi program yang dapat  memungkinkan sebagian blok perintah hanya akan dapat dikerjakan berdasarkan suatu kondisi pada baris perintah sebelumnya, dan atau sebagian blok perintah lainnya dapat dikerjakan berdasarkan  kondisi lainnya lagi.
Salah satu konstruksi pemilihan dalam Python dikenal dengan konstruksi if atau if else.
Bentuk umum:
if   kondisil:
blok perintah  berdasar  kondisil   benar
[else:
blok perintah berdasar  kondisil   salah   ]
Perhatikan cara menuliskan blok perintah yang harus dieksekusi. Blok perintah harus diindent untuk menunjukkan bagian dari if apabila kondisi benar, dan blok perintah setelah else menunjukkan jika kondisil salah
Script ganjilgenap.py menggunakan konstruksi if, yang digunakan untuk dapat menampilkan suatu pesan apakah bilangan yang dimasukkan dari keyboard, ganjil atau genap. Pada script ini ditunjukkan blok perintah setelah if dikerjakan apabila kondisi pembagian sisa dengan 2 hasilnya adalah nol berarti benar,apabila salah maka blok setelah else yang akan dikerjakan.
Pengulangan
Konstruksi pengulanganmerupakan sebuah konstruksi program yang dapat digunakan agar perintah-perintah yang ada dapat diulang-ulang pengerjaannya sesuai dengan kriteria yang didefinisikan. Salah satu konstruksi pengulangan dalam Python adalah for, yang secara umum memiliki skema sebagi berikut:

Pengulangan
Konstruksi pengulanganmerupakan sebuah konstruksi program yang dapat digunakan agar perintah-perintah yang ada dapat diulang-ulang pengerjaannya sesuai dengan kriteria yang didefinisikan. Salah satu konstruksi pengulangan dalam Python adalah for, yang secara umum memiliki skema sebagi berikut:
Nilai adalah batas atas proses pengulangan yang harus dilakukan,
var adalah variabel yang dapat menyimpan nilai diawali dengan 0, yang kemudian secara otomatis dapat bertambah satu setelah semua perintah dalam blok perintah dikerjakan satu kali.
Blok perintah adalah perintah-perintah yang akan dieksekusi oleh Python apabila kriteria pengulangan pada for masih dipenuhi (benar).
Contoh script: tulishellolOx.py
fori in range (10):
print i, “Hello”
Script tulishellolOx.py dijalankan:
python tulishellolOx.py <enter>

Pembahasan Python seLanjutnya
Pembahasan tentang Python lebih lanjut dapat dipelajari dari buku yang khusus membahas tentang Python termasuk bagaimana menggunakannya dalam pembuatan aplikasi berbasis web untuk Intranet/Internet. Dokumentasi dari Python dapat dijadikan acuan untuk pembelajaran awal. Pembahasan dalam bab ini sekedar untuk menunjukkan bagaimana kita dapat menggunakan Python untuk membuat program script.
Pembahasan Python seLanjutnya

Penulis :
Telah menulis sebanyak 35 artikel
Mendapatkan 442 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

6 Comments

  1. Pendekar

    March 2, 2011 at 3:21 am

    :twisted: :twisted: Nice bisa ikut gabung blajar bareng ga ya?????

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. marley

    June 18, 2011 at 3:09 pm

    I like it :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. marley

    June 18, 2011 at 3:10 pm

    hmmmmmmmmm pengen niiii belajar bareg,,,,,,

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. dwi

    dwi

    June 19, 2011 at 5:01 pm

    silahkan ja..

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. andi

    October 15, 2011 at 4:17 am

    Ikutan yah.
    Sy tertrik bnget belajar pemrograman.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. wisnu

    September 8, 2014 at 11:58 am

    masih banyak yang perlu dipelajari….terimakasih infonya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>