Best Author
sangdedi

743,259
octa

484,417
fitrotinnikm

456,613
idjah

444,779
dwi

312,891
adit

309,762
resta-andara

273,837
benedict

261,571
rahadian

240,306
bara

228,914
nabilalalala

216,608
kurnitap_

154,132
kuswanto

139,189
suranto

100,765
admin

98,850
iwan

80,055
kupukupu

78,090

Kumpulan aplikasi (software) untuk komputer

Sistem Operasi

Sistem operasi (operating system) merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing- masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.

Pengertian sistem operasi secara umum adalah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber daya sistem komputer.

Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara. Sistem operasi membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Fungsi penting sistem operasi yang lain adalah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

Sistem operasi merupakan hal yang mutlak diperlukan baik dalam komputer jaringan maupun komputer client. Pada proses turn on, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan. Sistem operasi mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori. dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian. Contoh sistem operasi: MS-DOS, Unix, Windows. Apple’s System 7, Linux, dan Iain-Iain.

Aplikasi Desain Website

Program Desain Web adalah program yang difungsikan untuk membuat desain website. Program ini mempunyai kemampuan menghasilkan desain website baik website statis maupun website dinamis dengan berbagai fasilitas yang dimiliki website pada umumnya. Program yang termasuk dalam desain Web, antara lain berikut.

a.     Microsoft FrontPage
Microsoft FrontPage adalah sebuah software produksi Microsoft yang digunakan untuk membangun sebuah situs web. Microsoft Front Page memiliki beberapa kelebihan yang terutama adalah sangat mudah untuk dipelajari dan digunakan (user friendly).

b. Macromedia Dreamweaver
Macromedia Dreamweaver merupakan software yang difungsikan untuk membuat desain web. Di bandingkan program yang sejenis, program Micromedia Dreamweaver memiliki sejumlah keunggulan, antara lain: kemampuan menangani layout halaman web, di fasilitasi untuk membuat web interaktif yang lengkap, serta kemudahan dalam menggunakan program.

c. Open Office HTML
Open Office HTML merupakan program Web Publishing yang difungsikan untuk membuat desain web. Program Open Office HTML merupakan program tambahan Open Office yang diinstall pada program Linux.

Aplikasi Desain Gambar

Berbagai kegiatan yang melibatkan unsur desain sebuah objek gambar dapat dilakukan dengan menggunakan program desain gratis. Berbagai produk gambar baik 2 dimensi maupun 3 dimensi dihasilkan dari program ini. Demikian pula gambar objek foto yang dihasilkan oleh perangkat kamera digital dapat dengan mudah diedit dan dirubah sesuai dengan kebutuhan desain.

a. Corel Draw
CorelDraw adalah program gratis dengan basis vektor atau garis. CorelDraw menggunakan dasar vektor dalam mengolah image, di mana unsur dasarnya adalah garis. Keuntungan vektor ini adalah gambar akan mempunyai ukuran yang relatif kecil, kemudian jika gambar dibesarkan maka gambar akan tetap terlihat solid atau utuh. Dengan CorelDraw kita dapat berkreasi dengan grafik vektor seperti manipulasi property, menerapkan efek, maupun mengedit bentuk gambar secara cepat.

b. Adobe Photoshop
Adobe Photoshop merupakan program pengolah gambar berdasarkan bitmap, yaitu tersusun dari titik-titik kecil dengan sebutan pixel, di mana unsur terkecil ini akan membentuk suatu kesan yang ditangkap oleh mata sebagai sebuah gambar. Apabila gambar tersebut dibesarkan hingga melewati batas maksimalnya maka gambar tersebut akan terlihat unsur dasarnya, yaitu kotak-kotak warna. Photoshop merupakan program yang sangat handal. Program ini juga merupakan program standar yang digunakan dalam dunia imaging dan retouchingfoto. Efek bitmap yang dimiliki oleh suatu program desain gratis memang memiliki kelebihan tersendiri karena mampu menampilkan efek yang lebih dramatis di bandingkan efek vektor.

c. AutoCAD
AutoCAD merupakan software komputer yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan gambar teknik dengan kerumitan dan keteiitian yang sangat tinggi. Secara umum, penggambaran dalam AutoCAD dibedakan dalam penggambaran 2 dimensi dan 3 dimensi, di mana dalam 2 dimensi penggambaran berdasarkan sumbu X dan Y, dan dalam 3 dimensi ada tambahan sumbu Z. Pada arsitektur gedung, penggambaran menggunakan AutoCAD menjadikan para arsitek lebih teliti dalam merancang bangunan serta dapat memprediksi suatu gubahan masa dalam perancangannya pada suatu kawasan. Perubahan atau koreksi dalam suatu perancangan selama pelaksanaan proyek akan lebih efisien, jika penggambaran dalam proyek tersebut menggunakan AutoCAD.

Aplikasi Database

Database merupakan kumpulan dari item data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu. Database tersimpan di hardware komputer dan dengan software untuk melakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu. Program aplikasi termasuk dalam kelompok database, antara lain berikut.

a. Microsoft Access
Microsoft Access adalah paket software database relasional yang memudahkan pengguna program dalam membuat dan mengelola data base kompleks. Access mempunyai kemampuan dalarr membuat database cepat menggunakan design atau dengan menggunakan Access Data base Wizard Microsoft menyediakan semua fasilitas untuk memasukan dan memanipulasi data. Database flat adalah usaha membangun sebuah basis pengolahan data yang tidak mempunyai hubungan antara tabel yang satu dengan yang lain. Microsoft Access merupakan salah satu program Microsoft Office yang difungsikan untuk mengolah data base. Program ini bekerja di bawah sistem operasi Microsoft Windows.

b. Open Office Datasource
Program Datasource merupakan bagain dari program Open Office yang berbasis pada program Linux. Dasar pengoperasian program Open Office dirancang mirip dengan Microsoft Office.

c. FoxBase
FoxBase mempunyai karakter yang hampir sama dengan program dBase. Hampir semua statemen yang ada dalam dBase dapat digunakan dalam program ini. FoxPlus dan FoxPro merupakan hasil pengembangan dari program ini. Pada mulanya FoxBase digunakan pada sistem operasi DOS, namun pada perkembangannya mulai digunakan pada sistem operasi berbasis Windows. Perintah yang diberikan pada program FoxBase menggunakan dot prompt atau menggunakan program SideKick.

d. dBase
dBase adalah suatu sistem pengelolaan data yang dirancang berdasarkan metode pendekatan relasional dengan aspek pemrograman untuk pemakaian interaktif dan pengembangan aplikasi-aplikasi yang diprogramkan. dBase merupakan suatu media yang memungkinkan pemakai dengan mudah dapat membentuk data basenya sendiri dan memanipulasinya.
Pada perkembangannya lahir program dBase III+, dan dBase IV. Program ini dirancang untuk sistem operasi DOS. Perintah yang diberikan melalui dot prompt ataupun melalui bahasa pemprograman yang disusun melalui program SideKick.

Aplikasi Spreadsheet

Spreadsheet adalah program yang difungsikan untuk mengolah data berupa angka. Kemampuan aplikasi ini, antara lain: pembuatan tabel data, pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database, dan Iain-Iain. Program yang termasuk dalam aplikasi spreadsheet adalah berikut.

a. Microsoft Excel
Microsoft Excel tampil dengan format Workbook yang tersusun atas beberapa sheet. Setiap sheet terdiri atas cell-cell sebagai ruang data. Setiap cell hanya mampu menampung 1 data saja. Microsoft Exce/merupakan paket program Microsoft Office yang berfungsi untuk mengolah data angka. Karena memiliki kemudahan dalam penggunaan dan banyaknya fasiiitas maka program ini banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Beberapa versi Microsoft Excel sesuai dengan paket Microsoft Office yang dikeluarkan oleh Microsoft. Microsoft Excel ditunjang dengan berbagai fasiiitas kemampuan seperti pengolahan data, tabel, rumus, grafik, database, dan Iain-Iain.

b. Open Office Calc
Open Office Calc adalah program spreadsheet yang dapat dipergunakan untuk membuat daftar memelihara record, dan menganalisis data. Open Office Calc dapat digunakan untuk mengelola data dalam bentuk spreadsheet, menggunakan rumus untuk melakukan perhitungan data, dan menampilkan hasil dalam bentuk grafik. Dokumen Open Office Calc disebut spreadsheet. Pada saat membuka spreadsheet baru akan disediakan 3 sheets, yaitu Sheetl, Sheet2, Sheet3, dan kita dapat menambah atau mengurangi sheet yang ada. Model tampilan OpenOffice Calc hampir mirip dengan prograr Microsoft Excel.

c. Lotus 123
Lotus 123 merupakan program spreadsheet yang bekerja di bawah kendali sistem operasi DOS Namun pada perkembangan terakhir program lotus mulai digunakan pada program Windows dengar hadirnya software Lotus 123 for Windows. Program ini sempat tenar dan banyak digunakan oler masyarakat dunia di era tahun 80-an.

Aplikasi Wordprocessing

Wordprocessing adalah kelompok software yang memiliki kemampuan dalam hal pengolah kata. Dalam program Microsoft Windows terdapat program Microsoft WordPad yang difungsikan untuk mengolah kata. Program yang termasuk dalam kelompok program ini adalah:

a. Microsoft Word
Microsoft Word (MS Word) merupakan program pengolah kata yang saat ini paling banyak digunakan dibandingkan yang lainnya. Microsoft Word memiliki berbagai fasilitas yang tersedia, kemudahan dalam menggunakan, tampilan yang menarik, dan lain sebagainya. Microsoft Word merupakan bagian dari program Microsoft Office. Microsoft Word hadir dalam beberapa versi antara lain Microsoft Word 97, Microsoft Word 2000, Microsoft Word XP, Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2007, dan Microsoft Word 2010.

b.  WordStar
Sajian Wordstar yang sederhana dengan menggunakan sistem operasi DOS. Program ini dijalankan dengan menggunakan perintah bertitik (dot command). Pada awal tahun 80-an hingga awal tahun 90-an, WordStar sempat merupakan program pengolah kata yang banyak digunakan.

c. WordPerfect
WordPerfect merupakan program pengolah kata yang secara umum bekerja di bawah kendali sistem operasi DOS. Namun dalam perkembangannya dapat difungsikan dengan sistem operasi windows. Di era tahun 80-an penggunaan program cukup banyak digunakan, namun seiring dengan perkembangan teknologi penggunaan program ini mulai diambii perannya oleh Microsoft Office.

d. Open Office Writer (Ooo Writer)
OpenOffice memiliki kemampuan dalam hal mengolah kata dengan memanfaatkan program pengolah kata yang disebut dengan Ooo Writer. Open Office umumnya diinstall dan bekerja di bawah system operasi Linux, interface pada OpenOffice mudah untuk dipelajari, karena mirip pada aplikasi Microsoft Office. Banyak features standar tersedia dan dapat diakses dengan cara yang sama pada semua aplikasi OpenOffice.

Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman

Perangkat lunak bahasa (Language Program), yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dipahami oleh komputer.

Agar dapat menguasai program ini, seorang pemula harus belajar dengan berusaha menguasai bahasa pemrograman. Waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari program ini jauh lebih lama dibandingkan mempelajari program aplikasi. Program aplikasi mudah dan relatif lebih cepat untuk dipelajari dibandingkan bahasa pemrograman karena program aplikasi disajikan dengan sajian menu yang sederhana dan mudah untuk dipelajari.

Dengan menyusun bahasa pemrograman seorang programmer berusaha dengan segenap kemampuan yang dimiliki untuk dapat merekayasa sebuah software baru yang sistematis serta memiliki fungsi yang Khusus untuk menangani satu atau beberapa masalah pengolahan data. Bahasa pengantar pada tampilan program dapat dibuat dengan menggunakan bahasa komunikasi sehari-hari yang mudah untuk dimengerti. Sementara program aplikasi yang diproduksi oleh perusahaan software hanya menggunakan bahasa komunikasi internasional. Software yang termasuk dalam kelompok bahasa pemrograman, antara lain: BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN, Java, Perl, PHP, dan Iain-Iain.

Kumpulan aplikasi (software) untuk komputer, 4.8 out of 5 based on 6 ratings

Penulis :
Telah menulis sebanyak 45 artikel
Mendapatkan 92 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

2 Comments

  1. rima

    November 17, 2011 at 9:11 am

    lumayan keren… :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  2. Hendi Wahyudi

    November 22, 2011 at 4:49 am

    artikel diatas bole juga bagi yang belum mengenal program komputer seperti saya. trims

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>