Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,297
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,181
dwi

313,549
adit

310,104
resta-andara

275,157
benedict

261,583
rahadian

240,940
bara

228,942
nabilalalala

216,884
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,191
suranto

100,765
admin

99,004
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Buku pintar tentang komputer

Aplikasi Games

Tidak sepenuhnya image negatif selalu melekat pada program aplikasi ini. Sebab masih ada sisi positif lain dari penggunaan perangkat lunak games, antara lain berikut.

a. Sebagai sarana bermain.
Melalui program apiikasi berbentuk games pada umumnya dirancang untuk tujuan permainan dan tidak secara khusus diberi muatan pendidikan tertentu.

b. Meningkatkan intelegensi dan kecerdasan anak.
Beberapa games dapat disinyalir mampu meningkatkan tingkat intelegensi serta kecerdasan anak. Jenis games yang memberikan tantangan kepada anak untuk menjawab pertanyaan yang ditampilkan serta memberikan skor jika jawaban benar. Serangkaian pertanyaan tersebut hendaknya sesuai dengan materi pembelajaran yang sedang diujikan.

Sound Recording

Dengan ketersediaan beberapa perangkat lunak multimedia, fungsi perangkat multimedia dapat dijelaskan sebagai berikut.

a. Sebagai perangkat audio.
Keberadaan perangkat lunak multimedia dapat difungsikan untuk memperdengarkan lagu dalam format MP3. Program seperti Winamp, Jet-audio, Windows Media Player, dan sejenisnya mempunyai fasilitas tersebut.

b. Sebagai perangkat video.
Program yang lebih khusus yang difungsikan sebagai perangkat video adalah Power Player atau Power DVD. Program ini mampu memutar video CD sebagai layaknya perangkat video umumnya. Perangkat video pada umumnya terdiri atas layar televisi dan VCD Player atau DVD player. Pada program tertentu seperti Jet-Audio dan windows media player juga dilengkapi dengan fasilitas video player.

c. Sebagai perangkat Sound Recorder.
Selain difungsikan sebagai perangkat audio visual, sebuah perangkat multimedia juga dilengkapi dengan fasilitas Sound Recorder. Pada program seperti Jet- audio mempunyai fasilitas untuk merekam suara ataupun lagu. Tentu saja untuk memfungsikan perangkat multimedia seperti yang kita harapkan diperlukan peralatan bantu seperti microphone untuk proses merekam.

Video Editing

Program desain video editing merupakan program yang difungsikan untuk menghasilkan produk VCD. Fungsi program desain video, antara lain berikut.

a. Membuat video capturing.
Proses capture merupakan proses transfer dari video hasil rekaman DV Camcorder ke dalam komputer sehingga menjadi bentuk digital atau menjadi sebuah file dengan format video.

b. Membuat video editing.
Kegiatan ini meliputi memotong segmen film, penggabungan beberapa nasi rekaman film, memberikan efek transisi, menambahkan teks, mengolah suara, animasi, dan arsebagainya hingga akhirnya dihasilkan output seperti video klip, spot iklan, dan Iain-Iain.

Internet

Berbagai program aplikasi internet memberikan fasilitas beragam untuk menjangkau berbagai layanan jasa internet. Adapun fungsi aplikasi internet, antara lain berikut.

a. Browsing
Browsing adalah kegiatan membuka berbagai layanan website dengan menunjuk pada sebuah alamat domain. Keterbatasan untuk mengingat beg itu banyak nama alamat website dapat ditanggulagi dengan hadirnya website Search engine. Website Search engine memberikan kemudahan bagi kita dalam mencari dan menemukan berbagai layanan jasa internet dengan memasukan topik pencarian yang dikehendaki.

b. Forum Diskusi
Forum diskusi dapat dibentuk dengan menggunakan program aplikasi internet. Berbagai topic hangat dapat disajikan sebagai bahan diskusi yang melibatkan berbagai pihak melalui perantara program aplikasi internet.

c. Download
Download adalah proses menyalin sebuah file atau seperangkat software yang bersumber dari sebuah web. Dengan program aplikasi internet proses transfer file dapat dilakukan dengan mudah. kecepatan transfer download tergantung besarnya bandwidth yaug tersedia.

d. Chatting
Chatting adalah kegiatan berkomunikasi yang dapat dilakukan dengan cara berkirim pesan (message) ataupun suara. Bahkan dewasa ini sistem komunikasi menggunakan internet dapat dilakukan dengan cara chatting temu muka. Dengan menggunakan perangkat bantu webcam, memungkinkan user berdialog dengan pengguna komputer melalui tampilan video.

e. Berkirim e-mail
E-mail merupakan salah satu fasilitas yang paling aman dalam berkirim kabar. Sebuah alamat email selalu dalam kondisi terkunci dengan password. Password adalah kata kunci yang digunakan untuk membuka sebuah e-mail. Sejauh kunci password tidak diketahui oleh pihak lain maka sejarah itu surat elektronik yang kita terima akan terjaga kerahasiaannya.

Image Editing

Banyak sekali program aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk mendesain gambar. .Hadirnya berbagai software baik yang berbasis pada vektor maupun bitmap mampu memberikan kemajuan yang cukup berarti dalam bidang desain gratis. Kegunaan program dalam kelompok desain gambar, antara lain berikut.

a. Mengedit gambar/foto.
Berbagai trik-trik gambar yang berasal dari kamera digital dapat dilakukan menggunakan program ini, begitu juga pada foto cetak yang melalui proses scanner. Gambar foto dapat diedit sesuai dengan keinginan.

b. Membuat desain gambar 2 dimensi.
Dengan penggambaran pada dua sumbu x dan y akan diperoleh sebuah objek gambar dua dimensi.

c. Membuat desain gambar 3 dimensi. Gambar yang dihasilkan dari desain ini memiliki kualitas gambar yang lebih baik. Gambar 3 dimensi adalah gambar didasarkan pada 3 sumbu, yaitu sumbu x, y, dan z.

Database

Fungsi program aplikasi database, antara lain sebagai berikut :

a. Membuat stuktur basis data.
Untuk memulai memasukan data hendaknya dibuat file sebagai basis data. File tersebut berupa tabel data yang memuat field dan record.

b. Membuat Form.
Form difungsikan untuk membantu proses input data, edit data, serta mengecek data dengan tampilan per record.

c. Manipulasi data.
Dengan menggunakan fasilitas query penghapusan data, pencarian data, dan pengelompokkan data dapat dilakukan dengan mudah. Dengan menetapkan kriteria pencarian maka data akan dengan mudah dilakukan.

d. Membuat relasi data.
Adanya fasilitas database relational memungkinkan dibangunnya hubungan relasional antar tabel atau basis data dalam membangun sebuah sistem pengolahan data yang terpadu.

e. Menyajikan laporan.
Dengan memanfaatkan fasilitas report untuk membuat laporan akhir. Dengan fasilitas ini dapat disesuaikan setting pencetakan yang diperlukan.

Pengolah Angka (Spreadsheet)

Program aplikasi spreadsheet pada umumnya difungsikan untuk mengolah data angka. Namun program aplikasi ini memiliki fungsi lain, yaitu berikut.

a. Aplikasi dengan Rumus
Untuk kebutuhan pengolahan data spreadsheet Ms-Excel menyediakan fasilitas pengolahan data dengan menggunakan rumus. Setiap penulisan rumus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=). Kelebihan penggunaan rumus dalam menyelesaikan berbagai kasus pengolahan data, yaitu penulisan rumus tidak perlu diulang sebanyak kasus pengolahan data namun sebuah rumus dapat disalin untuk pengolahan sejumlah data yang dibutuhkan. Rumus Excel terdiri atas rumus operator dan rumus fungsi. Rumus operator adalah rumus yang digunakan untuk melakukan bentuk-bentuk perhitungan matematika. Adapun rumus fungsi adalah rumus yang memiliki fungsi tertentu baik untuk bentuk perhitungan matematika maupun non matematika.

b. Aplikasi Grafik
Informasi yang dihasilkan sebagai hasil pengolahan data tidak hanya berbentuk tabel perincian, namun dapat berwujud grafik. Dengan laporan grafik sebuah informasi data dapat dengan mudah dicerna dan dipahami. Informasi yang disajikan menjadi lebih menarik karena dalam program ini terdapat berbagai model grafik yang dapat dipilih. Bahkan dewasa ini dalam beberapa presentasi penyajian data lebih menarik menggunakan grafik dibandingkan menggunakan tabel.

c. Pengolahan DataBase
Data base adalah suatu bentuk pengolahan data dalam kapasitas yang besar dan komplek. Untuk pengolahan data semacam ini memang dibutuhkan program khusus, seperti dBase III+, Foxbase, Microsoft Access, dan Iain-Iain. Pada Microsoft Excel, misalnya mempunyai kemampuan mengolah data base, kegiatan yang tercakup dalam database antara lain seperti mencari data, mengurutkan data (Sort), mengelompokkan data (Filter), dan Iain-Iain.

d. Aplikasi Bidang Statistik
Spreadsheet dilengkapi dengan fasilitas kemampuan mengolah data statistik walaupun dalam bentuk statistik sederhana, Misalnya, rumus fungsi statistik adalah sarana untuk mengolah data statistik seperti menentukan jumlah total keseluruhan, menentukan nilai rata-rata, menentukan nilai tertinggi, nilai terendah dan menghitung banyak data dari sebuah deret data. Terbukti dalam beberapa kasus penghitungan secara manual jauh lebih lama dibandingkan menghitung menggunakan fungsi statistik.

Pengolah Kata (Wordprocessing)

Perangkat lunak pengolah kata yang ada saat ini, antara lain: Microsoft Word, OpenOffice Writer, Corel Word Perfect, Lotus WordPro, Notepad, WordPad, PageMaker, StarOffice Writer, AbyWord, dan KWord.

Microsoft Word adalah paket program pengolah kata yang berbasis pada sistem operasi Microsoft Window. Microsoft Word merupakan bagian dari Microsoft Office. Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang biasa digunakan karena mempunyai tampilan jendela yang dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol perintah yang mudah digunakan oleh pemakainya (user friendly). Fungsi program Wordprocessing, antara lain berikut.

a. Melakukan editing naskah.
Naskah yang telah diketik dapat dibuka dari media simpan untuk diedit. Segala kegiatan edit naskah tidak menimbulkan bekas. Hal ini berbeda dengan edit ketik manual yang  menimbulkan bekas edit.

b. Membuat berbagai format pengetikan naskah.
Naskah seperti surat, proposal, makalah, laporan, skripsi, dan Iain-Iain dapat dengan mudah disajikan.

c. Memudahkan penyajian hasil ketikan yang lebih cepat dan rapi.
Jika dibandingkan dengan mesin ketik manual, mengetik menggunakan program Wordprocessing jauh lebih rapi dan cepat. Tata aturan format naskah, margin serta ukuran kertas dapat dengan mudah disesuaikan.d. Memudahkan penyimpanan naskah.  Naskah yang telah diketik dapat disimpan ke dalam media simpanseperti harddisk, disket, flashdisk maupun CD.

e. Membuat gambar sederhana.
Walaupun Wordprocessing sebagai software pengolah kata namun juga difasilitasi menu Drawing yang difungsikan untuk menggambar. Berbagai gambar objek dapat dibuat dengan mudah. Namun demikian kemampuan gambar yang dimiliki oleh program ini juga terbatas.

f. Membuat surat massal.
Pada umumnya program Wordprocessing mempunyai fasilitas Mail Merge yang difungsikan untuk membuat surat massal. Dengan demikian penggandaan surat yang samauntuk tujuan yang berbeda-beda dapat dengan mudah dan cepat disajikan.

Buku pintar tentang komputer, 1.0 out of 5 based on 1 rating

Penulis :
Telah menulis sebanyak 41 artikel
Mendapatkan 99 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>