Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,265
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,167
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,123
benedict

261,583
rahadian

240,910
bara

228,942
nabilalalala

216,882
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,175
suranto

100,765
admin

99,000
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Belajar Beladiri Yuk.. Dapat Apa dari beladiri?

Belajar beladiri yuk..

Buat kebanyakan orang mungkin beladiri adalah olahraga keras dan brutal. Karena image beladiri adalah berkelahi. Padahal jauh dari itu, beladiri memiliki banyakfilosofi kehidupan yang bila diterapkan dapat membentuk karakter seseorang dalam menghadapi dan mengontrol setiap masalah. Ya, berlatih beladiri bukan cuma perkara bisa memukul, menangkis dan menendang saja.

Seni beladiri yang ada di Indonesia misalnya Pencak Silat, Karate, Taekwondo, Wushu, Aikido, dan lain sebagainya memiliki falsafah-falsafah kehidupan berkaitan dengan kedisiplinan, kesehatan, pengendalian diri, kecerdasan, bahkan kecantikan.

Beladiri membentuk kedisiplinan dan self perseverance

Segala sesuatu yang ditekuni dengan penuh disiplin akan membuahkan hasil yang optimal, begitu juga dengan beladiri. Agar dapat menguasai seni jurus-jurus beladiri, kita harus berlatih, berlatih dan berlatih dengan keras dan disiplin. Ketika seorang atlet beladiri ingin juara pada suatu kejuaraan, maka dia harus mempunyai program latihan yang haus dijalani dengan penuh displin, sehingga hasilnya juga akan sesuai harapan.

Jika nilai ini juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, maka semua yang kita lakukan sehari-hari juga akan membuahkan hasil yang terbaik.

Modesty (kesederhanaan) dan Esteem (saling menghargai)

Pada setiap ajaran beladiri, ada falsafah kesederhanaan, dimana setiap orang tidak boleh sombong, karena di atas langit masih ada langit,, kalau seseorang sudah jago, maka pasti ada yang lebih baik-lagi. Yang muda menghormati yang tua, yang tua menghargai yang muda, murid menghormati guru, guru menghargai murid, junior menghormati senior, dan senior menghargai junior.

Gak akan ada permusuhan kalau nilai ini juga bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Self Control

Beladiri bukan ditujukan bagi orang yang ingin pamer atau cari musuh, bahkan sebaliknya. Di dalam beladiri, seseorang dididik untuk dapat menjaga emosinya. Dalam setiap ajarannya, setiap jurus dan teknik punya kegunaan masing-masing. Idealnya seorang yang memiliki ilmu beladiri justru memiliki sifat lebih kalem dan merendah, ini dikarenakan dalam ajaran beladiri ditanamkan kejujuran dan tanggung jawab. Sehingga seorang beladiri tahu betul kapan ia harus mengeluarkan tekniknya, dan tidak di umbar.

Integrity

Integrity disini dimaksudkan seorang beladiri memiliki mental kuat dan jujur. Istilahnya, katakan hitam adalah hitam, putih adalah putih. Konsisten, konsekuen, loyal, tidak tinggi hati, tapi juga tidak sok merendah, tidak malu mengakui kesalahan, dan intinya berjiwa satria dan bersih dimanapun dan kapanpun berada.

Ya gitu lah sejumput nilai-nilai yang bisa kita dapat dari beladiri, selain kesehatan dan kesegaran. Apapun itu, jika dilakukan sesuai dengan disiplin ilmunya dan dilakukan dengan sungguh-sungguh maka akan mndatang kan banyak kebaikan.

Mungkin jika ada rekan-rekan yang lebih ahli bisa menambahkan…

Penulis :
Telah menulis sebanyak 1 artikel
Mendapatkan 17 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

17 Comments

  1. poetoet

    March 5, 2009 at 11:30 am

    Iya mas bener, kebanyakan temen saya yang bisa bela diri justru orangnya kalem-kalem. Mas Apul nih instuktur taekwondo? udah jago dong brarti?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. Apul Pandiangan

    March 5, 2009 at 7:40 pm

    :-) ya, saya sering ga nyangka, kalau di pertandingan, saya liat banyak yang kalem2, ga ada tampang songong atau sok, tp justru mrka2 itu yg masuk semifinal dan final.. sy emang sudah jd instruktur, tp yah masih harus belajar, belum banyak pengalaman.. :o

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. indah

    March 6, 2009 at 9:45 am

    wah seru banget !! :!:
    btw ada tutorial2 ttg prakteknya gak ??
    trims :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. Apul Pandiangan

    March 7, 2009 at 5:47 pm

    tips teknik beladiri simple menyusul..

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. aryo

    March 12, 2009 at 10:27 am

    :!: :!: keren amiirr.. gw pikir cuma belajar pelajaran biasa doang, eh disini juga ada teknik2 taekwondonya juga yah ??
    tunggu juga teknik2 beladirinya ah :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. shima

    July 17, 2009 at 5:40 am

    wiihh…. sabeum hebat bgt bs msk internet… :D … sukses bwt sabeum

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. belajar beladiri

    August 18, 2009 at 5:12 pm

    SALAM KENAL BUAT SEMUA PECINTA SENI BELADIRI
    :lol: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. wepe

    January 16, 2010 at 10:57 am

    :!: :!: :!:
    sip sip sip…
    minimal kita jadi sehat, sehat jasmani dan sehat rohani..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. Bambang Hariyanto

    April 27, 2010 at 11:42 am

    belajar beladiri keren banget boz…sip bener,ni ada lagi olah diri+hati,yaitu reiki tummo,pokoknya top markatop webnya http://www.padmajaya.com atau http://www.padmacahaya.com (Untuk luar Indonesia) :-) :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. Evanna

    August 23, 2010 at 4:05 pm

    Bagus :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. javn

    October 6, 2010 at 1:38 pm

    ko’ gx ada silat…
    dari marga luyu…
    tolong cari yua webna
    thank’s :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. ubay nyzhar

    March 31, 2011 at 5:33 am

    sipp . . . 8) 8) 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. Zordan

    May 31, 2011 at 5:04 am

    y itu sgt benar :!: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. Zordan

    May 31, 2011 at 5:07 am

    oh y kak apul sabuk apa kak???

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. ratna

    June 7, 2011 at 8:37 am

    hebat2,,, :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. iman

    July 7, 2011 at 1:53 am

    mas, aku pngen belajar bela diri, tapi aku ga taw blajar dmna?,,

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. ayotravelling

    October 25, 2011 at 3:22 pm

    yuk ikutan #rafting sabtu 29 Okt,hy 350rb/org tmsk bus. Daftar 3 org DISC 25000.hub 085312307071
    http://ayotravelling.com
    menyediakan
    wisata-anak-muda
    travelling-jomblo
    rafting
    jalan-jalan
    liburan

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>