Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,297
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,167
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,149
benedict

261,583
rahadian

240,940
bara

228,942
nabilalalala

216,884
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,191
suranto

100,765
admin

99,004
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Pengertian dan Hukum Penawaran

1. Arti Penawaran

Adanya permintaan belum mewujudkan adanya transaksi jual beli di pasar tanpa adanya penawaran. Penawaran diperlukan untuk memenuhi permintaan. atau, adanya permintaan mendorong penjual untuk menyediakan dan menawarkan barang dagangannya. Penawaran adalah sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan penjual pada harga. waktu, dan tempat tertentu.

2. Faktor-faktor yang menentukan Penawaran

Hasrat para penjual untuk menawarkan barang dagangannya pada tingkat harga tertentu ditentukan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut:

a. Harga Barang itu sendiri
Bila suatu harga barang naik misalnya, jeruk harganya naik dari Rp 10.000,-/kg menjadi Rpl2.000,-/kg. Keadaan tersebut mendorong petani jeruk untuk meningkatkan produksinya sehingga penawaran jeruk di pasar bertambah. Sebaliknya, bila harga jeruk turun dari Rpl0.000,-/kg menjadi Rp7.000,-/kg, petani mengurangi produksi jeruk sehingga penawaran jeruk di pasar turun.

b. Harga Barang lain yang Terkait
Andaikan harga apel Rp 10.000,-/kg. Kalau pemerintah menaikan pajak impor buah-buahan seperti apel, harga apel impor bisa menjadi misalnya Rp 20.000,-/kg. Konsumen apel impor akan beralih kepada apel dalam negeri yang harganya jauh lebih rendah misalnya Rp 8.000,-/kg. Hal ini akan mengakibatkan permintaan jeruk lokal meningkat dan hal ini mendorong petani untuk menaikan produksi, baik jumlah maupun mutunya sehingga penawarannya meningkat.

c. Biaya Produksi
Sekiranya biaya produksi mobil naik yang disebabkan kenaikan harga bahan baku, suku cadang, dan upah buruh akan mengakibatkan peningkatan harga pokok produksi sehingga jumlah penawaran mobil di pasar akan berkurang. Selain itu, tingkat suku bunga bank pun ikut mempengaruhi harga pokok produksi. Hal tersebut mengakibatkan penawaran mobil berkurang.

d. Tujuan Perusahaan

Tujuan perusahaan mempengaruhi jumlah hasil produksi dan sekali mempengaruhi jumlah penawaran di pasar. Ada perusahaan yang memproduksi barang secara massal, tujuan perusahaan ini adalah untuk menjamin para pekerja terus melaksanakan tugas, tanpa PHK, dan memperoleh laba. Kebijakan perusahaan tersebut dapat meningkatkar produksi dan penawaran.
Disamping itu, ada perusahaan yang tujuan pokoknya mencapai laba maksimum bukan output yang maksimum jumlah produksi akan ditentukan sedemikian rupa sehingga tercapai keuntungan optimum. Kalau perla kapasitas produksi tidak semua digunakan. Kebijakan perusahaan ini mengakibatkan penawaran tidak maksimum.
Ada pula perusahaan milik pemerintah seperti badan usaha milik negara (BUMN) yang tujuan pokoknya melayani kepentingan umum. Perusahaan ini berusaha meningkatkan produksi sesuai kebutuhan masyarakat. Dengan demikian fungsi pelayanan publik dapat dilaksanakan, namun laba pun tetap diusahakan agar jalannya roda perusahaan tersebut dapat dipertahankan Kebijakan dan tujuan perusahaan tersebut mengakibatkan kapasitas produknya dan penawaran barang meningkat.

e. Kebijakan Pemerintah
Kebijakan pemerintah mencapai swasembada pangan dengan jalan menghentikan impor beras mengakibatkan petani bergairah meningkatkan produksi beras. Di pulau Jawa dan Bali usaha meningkatkan produksi dilakukan secara intensif dengan menggunakan bibit unggul, pupuk, dan pengairan yang teratur. Di luar pulau Jawa seperti Kalimantan dan Papua dilakukan perluasan areal pertanian baru. Usaha tersebut didukung oleh kebijakan penentuan harga dasar gabah kering sehingga penawaran beras meningkat dan lancar.

f. Penggunaan Teknologi
Peralatan produksi yang sederhana akan menghasilkan output yang rendah, baik jumlah maupun mutunya. Hal itu akan mengakibatkan jumlah penawaran rendah. Lihat saja alat tenun bukan mesin (ATBM) yang digunakan penenun untuk menghasilkan kain dalam jumlah sedikit karena proses lama dan kualitasnya pun sederhana. Sebaliknya, penggunaar teknologi modern, dalam proses produksi seperti alat tenun mesin (ATM). misalnya, akan menghasilkan produksi lebih cepat, lebih baik, dan lebih banyak. Dengan demikian, penawaran pun akan meningkat karena proses produksi lebih cepat dengan biaya yang relatif lebih murah.

3.   Hukum Penawaran
Hukum penawaran perubahan menjelaskan hubungan antara perubahan harga dan perubahan penawaran. Hukum penawaran menyatakan bahwa bila hal-hal lain tetap, hila harga naik penawaran akan bertambah dan bila harga turun penawaran akan berkurang.

Pengertian dan Hukum Penawaran, 5.0 out of 5 based on 1 rating

Penulis :
Telah menulis sebanyak 39 artikel
Mendapatkan 143 komentar
  Rating tulisan 5 dari 5

2 Comments

  1. DINA PUTRI ELSA

    December 18, 2011 at 4:33 am

    tujuan nya digunakan penawaran tuch pa?
    bs g di jlskn lbh lgkp ge?
    8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. Finnanovianantya

    April 23, 2014 at 7:50 am

    Hukum penawaran menyatakan bahwa….

    A . Jumlah barang yang ditawarkan berhubungan searah dengan harga
    B. Jumlah barang yang ditawarkan berhubungan terbalik dengan harga
    C. Penawaran berhubungan lurus dengan harga
    D. Penawaran berhubungan terbalik dengan hrga..

    Tolong dijawab

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>