Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,297
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,181
dwi

313,549
adit

310,104
resta-andara

275,157
benedict

261,583
rahadian

240,940
bara

228,942
nabilalalala

216,884
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,191
suranto

100,765
admin

99,004
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Hukum permintaan dalam pasar

1. Arti Permintaan

Permintaan yaitu jumlah barang atau jasa yang ingin dibeli pada berbagai tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu.

2. Pembagian Permintaan

a. Berdasarkan kemampuan atau daya beli

Berdasarkan kemampuan atau daya beli, permintaan dibagi menjadi permintaan potensial, permintaan efektif, dan permintaan absolut.

1) Permintaan Potensial

Permintaan potensial adalah permintaan yang masih berbentuk keinginan atau belum direalisasikan oleh konsumen.

2) Permintaan Efektif

Permintaan efektif adalah permintaan yang diikuti oleh daya beli.

3) Permintaan Absolut

Permintaan absolut adalah permintaan yang tidak diikuti dengan kemampuan untuk membeli.
Contoh, seseorang berkeinginan membeli dan memiliki mobil, tetapi dia tidak ada kemampuan untuk membeli mobil tersebut.

b. Berdasarkan jumlah permintaan

1) Permintaan Individu

Permintaan individu adalah permintaan seseorang terhadap suatu barang/jasa pada harga, saat dan tempat tertentu.

2) Permintaan Masyarakat

Permintaan masyarakat adalah permintaan sejumlah individu terhadap suatu barang/jasa pada harga, waktu, dan tempat tertentu.

3. Faktor-faktor yang Menentukan Permintaan

Setelah membahas macam-macam permintaan. kita perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang memerlukan permintaan. Faktor-faktor yang memerlukan permintaan adalah harga barang itu sendiri, harga barang substitusi, jumlah penduduk. selera masyarakat, dan peradaban.

 

a. Harga Barang itu Sendiri

Pada saat tingkat harga barang menurun. sedangkan hal-hal lain tetap, maka permintaan akan meningkat. Sebaliknya, bila harga barang itu naik permintaan turun.

b. Harga Barang Substitusi

Bila harga barang lain yang memiliki keterkaitan dengan barang tersebut naik, maka permintaan terhadap barang tersebut akan naik. Contoh, bila harga bahan bakar gas naik, orang akan beralih ke minyak tanah sehingga permintaan terhadap minyak tanah akan naik. BBM adalah barang substitusi BBG.

c. Jumlah Penduduk

Bila jumlah penduduk naik, maka permintaan terhadap benda dan jasa naik. Keadaan tersebut akan mengakibatkan kenaikan harga, bila hal-hal lain tidak berubah (Ceteris paribus).

d. Selera Masyarakat

Bila selera masyarakat terhadap suatu barang naik, permintaan terhadap barang tersebut akan naik dan dan diikuti dengan kenaikan harga. Sebaliknya, bila selera masyarakat terhadap barang tersebut turun, maka akan diikuti dengan menurunnya permintaan dan harga barang tersebut.

e. Pendapatan

Bila pendapatan individu dan masyarakat naik, daya beli dan permintaan terhadap barang dan jasa akan naik. Sebaliknya, karena krisis ekonomi, pengurangan jam kerja, dan adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) mengakibatkan pendapatan hilang atau turun, sehingga daya beli dan permintaan cenderung menurun.

4. Hukum Permintaan

Hukum permintaan menjelaskan hubungan antara harga dan permintaan. Hukum permintaan menyatakan bahwa bila harga mengalami kenaikan, permintaan akan mengalami penurunan. Demikian pula sebaliknya, bila harga mengalami penurunan, permintaan akan mengalami kenaikan. Hal ini dapat terjadi selama faktor faktor lain tetap (ceteris paribus).

Hukum permintaan tidak berlaku, bila hal-hal lain berubah. Misalnya pendapatan berubah. Contoh, pada saat harga kemeja @ Rp20.000.00 permintaan 40 buah. Namun, pada saat harga naik menjadi @ Rp22.000,00 permintaan turun menjadi 30 dengan demikian harga naik sebesar 10% (2.000/20.000 x 100%), sedangkan permintaan mengalami penurunan sebesar 25% (10/40 x 100%). Namun bila pendapatan misalnya naik rata-rata 20%, sedangkan harga naik 10%, belum tentu permintaan stabil atau naik. itulah sebabnya hukum permintaan (demikian pula hukum ekonomi lainnya) selalu didahului dengan ceteris paribus.

Penulis :
Telah menulis sebanyak 45 artikel
Mendapatkan 102 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>