Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,297
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,167
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,149
benedict

261,583
rahadian

240,940
bara

228,942
nabilalalala

216,884
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,191
suranto

100,765
admin

99,004
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Dampak globalisasi

Globalisasi telah menimbulkan dampak sangat berarti dalam dimensi kehidupan manusia. Globalisasi merupakan proses internasionalisasi seluruh tatanan masyarakat modern. Malcolm Waters mengemukakan bahwa ada 3 dimensi proses globalisasi yaitu globalisasi ekonomi, globalisasi politik, dan globalisasi budaya.

Dari segi dimensi globalisasi budaya muncul beberapa jenis space atau lukisan, seperti emospace, technospace, finanspace, mediaspace, ideaspace, dan sacrispace. Maka universalisasi sistem nilai global yang terjadi dalam dimensi kebudayaan telah mengaburkan sistem nilai kehidupan kehidupan manusia, khususnya negara berkembang, seperti Indonesia dalam menghadapi era pasar bebas.

Berikut dampak globalisasi di berbagai bidang:

a. Ekonomi, yaitu terbentuknya masyarakat global yang tidak lagi tergantung pada batas – batas wilayah. Dalam globalisasi bidang ekonomi telah terjadi perdagangan internasional, pasar bebas, dibentuknya kerja sama regional, bilateral, dan multilateral, berdirinya organisasi World Bank, World Trade Organization, Asian Free Trade Area, dan lainnya.

b. Ideologi, yaitu timbulnya dua ideologi besar menguasai dunia (liberal dan sosialis), dimana keduanya saling bertentangan. Ideologi liberal menganut paham kebebasan untuk setiap individu sebagai jalan mencapai kebahagiaan, ideologi sosialis mengekang kebebasan rakyat untuk mencapai masyarakat yang makmur. Globalisasi ini berdampak luas dalam upaya mewujudkan sistem politik, ekonomi, dan sosial budaya.

c. Politik, pengaruh globalisasi pada sistem politik berbagai negara yang berkembang seperti sistem politik demokrasi liberal, demokrasi Pancasila, sosialis, komunis, dsb. Salah satu contohnya Indonesia, yaitu terjadinya dinamika ketatanegaraan sistem politik yang mula – mula berbentuk demokrasi liberal, kemudian demokrasi terpimpin, dan demokrasi Pancasila yang dianut hingga sekarang.

d. Hankam, yaitu adanya upaya setiap negara mempertahankan kedaulatan negara melalui pembuatan sistem persenjataan maupun pemberdayaan rakyat dan tentaranya. Globalisasi bidang hankam pernah dirasakan masyarakat dunia, yaitu dibentuknya pakta pertahanan NATO, SEATO, WARSAWA, dsb. Bidang hankam Indonesia selain memperkuat berbagai sistem persenjataan di darat, udara, dan laut juga melakukan upaya keamanan rakyat semesta dan kedaulatan nasional. Negara Indonesia dalam partisipasi menjaga keamanan internasional, pernah mengirim Pasukan Garuda ke beberapa negara atas mandat Dewan Keamanan PBB.

e. Sosial, yaitu banyaknya nilai dan budaya masyarakat yang mengalami perubahan dengan cara meniru atau menerapkan secara selektif. Salah satu contoh perubahan ini, dengan hadirnya modernisasi segala bidang kehidupan, terjadi perubahan ciri kehidupan masyarakat desa yang tadinya syarat dengan nilai gotong royong menjadi individual. Timbul sifat ingin serba mudah dan gampang (instant) pada diri seorang. Dan juga masyarakat sudah banyak mengikuti budaya luar yang dapat berpenganih negatif/ positif.

Dampak globalisasi, 1.0 out of 5 based on 1 rating

Penulis :
Telah menulis sebanyak 49 artikel
Mendapatkan 588 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>